Apa batasan Reformed dalam memilah-milah ajaran lisan rasuliah.

Protestan (bro Petra) mengakui tradisi lisan para rasul tetapi batasannya belum tahu.

Contohnya,

menurut protestan merayakan natal adalah tradisi lisan para rasul, yg meskipun tidak alkitabiyah(tak ada perintah tertulis untuk merayakan) tapi boleh dilakukan.

Sedangkan ajaran mariologi yg adalah ‘berawal’ pada tradisi lisan para rasul yg begitu mencintai Bunda Maria, ditolak oleh protestan karena mereka menganggap ajaran itu buatan manusia yg ditambahkan kemudian (added on later).

Kedua ajaran ini (natal, mariologi) sama-sama berpijak pada tradisi lisan yg tidak tertulis di alkitab. Tapi yang satu di terima, yg lain di tolak.

Apa batasanya protestan menolak dan menerima ajaran lisan rasuliah…?

Thread ini adalah pecahan dari :

Aku, firman Tuhan, akan menghakimi mereka, yakni rasul-rasul yang didapati atas namaKu tidak mengutamakan memberitakan Injil pada masa Kristen mula-mula, tetapi mengacau orang-orang yang menerima hidup dalam Dua Kasih Terutama.

Mulai merasa sebagai nabi, bro?

Batasannya adalah alkitab. Hal itu melanggar alkitab atau tidak.

Seperti yang anda contohkan:

  • natal, tidak ada dalam alkitab. Benarkah demikian? Bukankah malaikat “berpesta” ketika Yesus lahir kedunia? Kata memang tidak ada, tetapi even ada. Meskipun demikian harus diakui budaya natal adalah budaya “asimilasi”, dan ini juga berasal dari katholik, tetapi batasan itu tidak dilanggar, kenapa? Karena saat natal jemaat hanya melakukan ibadah dan ucapan syukur dan mengenang kelahiran Yesus dan anugrah Allah. Bagian alkitab manakah yang dilanggar??

  • mencintai maria. Siapa bilang tidak boleh? Siapa bilang dilarang? Sama seperti israel mencintai abraham, dan musa. Siapa yang melarang? Tidak ada. Jangan salah. Kamipun mengasihi maria bunda Yesus, sebagai wanita yang terpuji dan terpilih. Bukan mencintai dan mengasihi nya yang tidak boleh. Tetapi membuat patungnya untuk sujud dihadapannya, melakukan doa dan permohonan kepada dia, menjadikan maria sebagai perantara antara manusia dan Allah, mendaraskan doa yang lebih sering dari doa kepada Yesus, mengangkatnya lebih tinggi dari seharusnya bahkan menganggapnya sebaga “ratu sorga, bunda Allah”, itu yang tidak boleh karena "“memang tidak boleh oleh Yesus sendiri dan oleh hukum Allah.” Lihat 10 perintah, lihat kitab nabi2, lihat surat rasul paulus pada jemaat diroma, lihat kejadian sadrakh mesak abednego, lihat kejadian pendudukan babel atas israel, lihat kejadian salomo, lihat bagaimana Allah marah karena bangsa israel melakukan “asimilasi budaya dalam bait Allah”, masihkah puluhan kasus dalam alkitab tidak menjelaskan hal itu buat anda?? Tidakkah itu menjadi batasa yang jelas buat anda??

Nah sudah jelaskah batasannya?
Contoh lain: budaya tari jaipong, boleh, tetapi ritual selamatan sebelum acara itu, itu dilarang.
Budaya ibadah ucapan syukur boleh, tetapi sembahyang ditempat yang dianggap keramat untuk “selamatan desa”, dan memohon bantuan kepada “yang baurekso” disana dengan doa kristenpun tetap DILARANG KERAS!!
Budaya tari jaran kepang, boleh. Tetapi “kesurupan dan ritualnya DILARANG”!!
Budaya gotongroyong boleh, tetapi gotong royong untuk memberikan “sesajen kepada laut” adalah “maksiat dihadapan Tuhan”.

Saya kira batasan2 ini sangat jelas sekali…

Shalom

Maaf, bro josh ini protestan bukan.
Apa betul jemaat protestan hanya melakukan ibadah ???
Tidak ada acara lain ? sinterklass ? tukar kado ? kebiasaan pagan ??

Merayakan natal tidak tertulis di alkitab dan seharusnya jika protestan merayakan juga itu namanya mereka melakukan sesuatu hal yg tidak alkitabiyah.

Makanya bro seharusnya membuka mata lebih lebar lagi, sebab tujuan thread ini tidak lain adalah untuk MEMBUKA mata kaum protestan yg suka teriak alkitabiyah tapi melanggar aturan yg dibuat mereka sendiri.

Inti thread ini :

Jika natal boleh (padahal tidak tertulis), mengapa doa salam maria tidak boleh ?

Jika natal boleh , mengapa tradisi tak tertulis dari para rasul (Mariologi, communion of saint, berdoa untuk orang mati, dll dll…di tentang ?

Mengapa memilah-milah padahal bobotnya sama ?

Keduanya sama-sama tidak tertulis, tapi yang satu di terima, dan yang lain di tolak.
Itu intinya…

Bro, jangan masuk ke ranah seperti ini lagi.
Kita sudah bosan menjelaskan masalah patung maria ini.

Patung maria tidak untuk disembah.

Bersujud di depan patung bukan bermakna menyembah patung itu.
Sebab jika YA, maka, bersujud di depan altar akan bermakna menyembah altar.
Dan bersujud (sungkem) di depan ibu akan bermakna menyembah ibu.

Saya juga tidak pernah memohon doa kepada Bunda Maria, tetapi memohon bantuan doa dari Bunda maria.
(nanti jangan ngomong : bunda maria sudah mati,… ah capek deh!)

Bunda maria tidak menggantikan peran YESUS sebagai perantara, melainkan untuk membantu kita.
Sama seperti ketika anda meminta bantuan pendeta anda untuk didoakan.

Umat katolik tidak menganggap bunda Maria lebih tinggi dari seharusnya, karena memang bunda Maria lebih tinggi dari semua mahluk.
Penghormatan kita terlihat lebih tinggi dari seharusnya, tetapi tetap kita tidak menghormati bunda Maria seperti kita menghormati Tuhan sendiri.

Bunda Maria dihormati setinggi-tingginya, tetapi tetap masih dibawah penghormatan terhadap Tuhan.

Bunda Maria memiliki tempat tersendiri di hati kami, sedang Tuhan juga ada tempat tersendiri, dan keduanya memiliki tingkat yg berbeda.

Kata “ratu sorga”, “bunda surgawi”, tetap saja diperbolehkan karena itu cuma wujud penghormatan saja.

Bandingkan ketika anda memiliki wanita pujaan, anda tentu memuja dia dengan sebutan-sebutan berlebihan seperti : Ratu-ku, Buah hati ku, bahkan puisi “hidupku terasa hampa tanpamu”

Iya toh ???

Makanya jadi orang itu yang “biasa aja” bro…

Mengerti ya bro…??

Kalau kurang jelas saya tidak tahu lagi harus bilang apa, mungkin bro harus konsultasi dulu dengan MAXIM dan APPLES. he he he …

Spertinya, Mereka lebih tahu katolik daripada umat katolik sendiri…

bukan kah manusia yang paling besar yang pernah dilahirkan oleh perempuan adalah Yohanes Pembabtis, ya??

Udah tanya Jesus ?
Mana yang lebih dihormatiNya, ibuNya atau Johanes Pembaptis ?

Ada-ada aja ,

YESUS itu Allah , untuk apa menghormati manusia ? ;D ;D ;D

Justru Dia yang harus dihormati ;D

Pertanyaan aneh dari orang buta tetapi mengaku melihat ;D

Matius 11:11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

yang ngomong Yesus tuh.

Inilah jawaban yang tak menjawab, orang ngomong orang terbesar dijawab lebih dihormatiNya, betul-betul singa, si asal mangap!

Jangan suka nyelonong lagi, nanti kalau salah malu maluin dan main pelintir lagi.

Kel 20:12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu

Ul 5:16 Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Mat 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Menurut pemikiran anda, Jesus yang adalah manusia yang tidak menghormati ibuNya sendiri ?
Coba dipikir lagi sebelum ngomong, biar ngga malu-maluin.

Manusia paling besar yg pernah dilahirkan oleh perempuan itu adalah YESUS sendiri…

YESUS itu memiliki ibu, namanya Maria.

ps. untuk bro Heretics, sori saya skip saja komentarmu ya, jangan marah loh,… jari saya capek mengetik.

Katanya dia moderator suatu forum

Aneh juga ada moderator tidak bisa membedakan 2 kata di atas ;D

Sepertinya hanya mitos

Saya sebenarnya cenderung mengabaikan komen asal seperti anda bro.

Tetapi coba pahami ini, supaya sedikit cerdaslah otakmu itu.

Apa pengertian yang terbesar itu ? Terbesar menurut siapa? Apa mungkin seseorang yang tidak dihormati oleh RAJA (orang penting) dianggap ‘terbesar’. Apa pengertian terbesar yang ditujukan kepada Johanes Pembaptis itu? Coba saya ingin melihat kadar intelektual anda bro. Silahkan…

Saya kharismatik. Dulu saya ikuti itu, dulu, karena belum tahu dan menganggap itu sebagai budaya yang lucu.

Saya tidak berusaha masuk keperdebatan itu bro. Saya hanya menjelaskan apa yang tidak boleh sejauh yang saya tahu. Gt bro. Intinya tetap saja apa yang saya nyatakan disana adalah apa yang anda tanyakan. Dan sudah saya bericontoh asimilasi budaya indonesia yang sama seperti yang anda tanyakan. Saya kira itu sangatlah jelas bro. Nah posisinya seperti itu.
Jadi kalau misalkan belum jelas silahkan anda tanyakan bagian mana yang krg jelas? Karena contoh asimilasi budaya juga sudah saya berikan lebih dari satu.

maap, saya cuma ngikut omongan-Nya Yesus. :slight_smile:

Setuju Bro Heretics, lebih tepat lagi : Singa buta yang mengaku penunjuk jalan!

Anda cuma mampu caci maki dul? Ngga ada sisa lagi isi otaknya ya?

Parragh sekaleee

Saya orang baru di sini bro! tapi saya lihat bahwa anda betul bro! mitos yang ada di mana saja, kapan saja, reply siapa saja, mungkin karena minum cocot cola!

Anda pikir dengan mengganti nickname, tingkah laku anda tidak bisa dimonitor oleh momod dul (ngedabrus/jet lele) ? Tidak punya malukah anda pamer kebodohan di forum ini ?