Apa Benar Kristen tidak boleh bergaul dengan non Kristen ?

Waduh bro, jadi deg-degan gue bacanya…

Terjemahan Baru Indonesia (LAI) - 2 Korintus 6: 14 - 17

  1. Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
  2. Persamaan apakah yang terdapat antara KRISTUS dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?
  3. Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.
  4. Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, Firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.

Terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari (LAI) - 2 Korintus 6: 14 - 17

  1. Janganlah mau menjadi sekutu orang-orang yang tidak percaya kepada YESUS; itu tidak cocok. Mana mungkin kebaikan berpadu dengan kejahatan! Tidak mungkin terang bergabung dengan gelap.
  2. Tidak mungkin KRISTUS sepakat dengan Iblis. Apakah persamaannya antara orang Kristen dengan orang bukan Kristen?
  3. Apakah hubungannya antara Rumah Tuhan dengan rumah berhala? Kita ini Rumah Tuhan, yaitu Allah yang hidup. Allah sendiri berkata, "Aku akan tinggal di tengah-tengah mereka, dan hidup bersama-sama mereka. Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.
  4. Sebab itu, tinggalkanlah orang-orang yang tidak mengenal Allah itu, dan pisahkanlah dirimu dari mereka. Janganlah berhubungan sama sekali dengan yang najis, maka Aku akan menerima kamu.

King James Version - 2 Corinthian 6: 14 - 17

    1. Be ye not unequally yoked together with unbelievers: for what fellowship hath righteousness with unrighteousness? and what communion hath light with darkness?
  1. And what concord hath CHRIST with Belial? or what part hath he that believeth with an infidel?
  2. And what agreement hath the temple of God with idols? for ye are the temple of the living God; as God hath said, I will dwell in them, and walk in them; and I will be their God, and they shall be my people.
  3. Wherefore come out from among them, and be ye separate, saith the Lord, and touch not the unclean thing; and I will receive you.

Apa Benar Kristen tidak boleh bergaul dengan non Kristen ?

menurut anda pasangan hidup itu adalah teman?

oia mungkin bro baru yah, coba dibaca peraturan Forum ini

bahwa anda tidak diperkenankan membawa ayat2 kitab lain selain Alkitab

dan sumber lain yang mengundang diskusi lintas agama, karena itu bukan forum lintas agama

mohon kiranya dapat dimengerti yah bro

dan selamat bergabung di FK ini

GBU

GBU

:slight_smile: udah saya edit bro,…

@Kursilistrik: Konteks pasangan tidak seimbang dalam ayat tersebut adalah pasangan hidup, bukan teman bergaul. Kalau tidak salah, di Islam juga ada statement yang hampir sama, muslimah tidak boleh menikah dengan ahlul kitab supaya akidahnya tidak berubah.

Dalam Islam dibolehkan menikahi wanita dari Ahlul kitab (Al-Maidah ayat 5), yang dilarang adalah menikahi penyembah berhala.

yah si bro…

lebih “seram” dong “kita”…ga cuma deg-degan

:slight_smile:
GBU

bergaul… boleh :wink:

yang ngga boleh :azn:

“MenggaXXi dan digaXXi…” alias jadi pasangan hidup (saling bergaul sbg suami-isteri)

@Kursilistrik: terimakasih atas referensinya. Itu berarti artikel di majalah yang saya baca tidak benar.

Jadi jika muslimah dinikahi laki-laki Ahlul Kitab gimana?bisa ga?ato HANYA laki-laki islam dibolehkan menikahi wanita Ahlul Kitab?(sory cuma bercanda.ga ditanggapi juga ga apa-apa.hehe)

Re: Apa Benar Kristen tidak boleh bergaul dengan non Kristen ?

interupsi tuhan…pada penciptaan yg akan datang,tolong ya kami ini diciptakan SATU WARNA saja,biar gampang dalam bergaul soalnya yg sekarang ini banyak manusia saling membedakan antara manusia yg satu dgn yg lainnya…kami bingung nih kok jadi begini yaaaahhh…

oh ya sekalian aja minta ma tuhan…tuhan tolong bilangin ke pak guru n bu guru disekolah kami supaya kami diajarkan satu mata pelajaran aja yahh,dari sd smp sma sampai university sekalianpun pelajarannya berhitung aja…jadikan nanti kami semua kalo UN bisa lulus semua…horeeeeee kami lulus…
terimakasih tuhan…

Maaf, tadi saya salah paham.
Menurut Kursilistrik, muslim boleh menikahi ahlul kitab(wanita).
Artikel yang saya baca melarang muslimah dinikahi ahlul kitab(pria).
Konteksnya mungkin hampir sama dengan ayat yang dibicarakan.

Paulus menuliskan itu kepada orang2 di Korintus. Korintus adalah sebuah kota di selatan Yunani. Lokasinya yang berada di tepi pantai membuat Korintus menjadi kota pelabuhan yang besar. Korintus memiliki 2 pelabuhan besar sehingga dia menjadi pusat perdangangan antara Asia dan Roma. Kondisi sosial di Korintus yang penuh dengan gemerlapan, juga penyembahan berhala (ingat kuil dewa Apollo) dan pusat prostitusi waktu itu karena banyaknya kapal yang singgah dan saudagar kaya yang siap menghabiskan uangnya disitu.

Dengan latar belakang ini, Paulus menuliskan surat ini kepada orang-orang yang masih ber-Tuhan di Korintus. Paulus sangat mewanti-wanti orang-orang beragama itu untuk tidak jatuh/ikut kedalam pengaruh sosial yang pada waktu itu sangat buruk. Jadi saudara-saudara non-kristen, jangan khawatir…kami umat kristen tetap akan selalu menjalin hubungan dengan saudara2 non-kristen…hubungan yang baik, hubungan persaudaraan, karena kami tahu, Tuhan yang kami sembah bukan hanya Tuhan orang kristen…tetapi Tuhan milik kita semua, Tuhan yang ingin kita saling mengasihi kebajikan dan bukan mengasihi kefasikan.

Iya, kalau dalam Islam memang yang dibolehkan menikahi ahlul kitab hanya kalangan pria saja. sementara kalangan wanita muslimah tidak diperbolehkan. Meski demikian sangat jelas dilarang memaksakan agama Islam kepada wanita-wanita ahlul Kitab yang telah di nikahi. Nabi Muhammad saja (jgn disebut Memed ya :slight_smile: ) yang diberikan hadiah oleh kerajaan habbasyah (ethiopia) seorang perempuan bernama Maria al-Qibty, seorang kristen koptik untuk dijadikan istri, tidak pernah dipaksa masuk Islam. Maria Al- Qibty bahkan dimerdekakan. Maria Al-Qibty inilah yang menyebarkan ajaran kristen koptik di mesir saat Islam membebaskan semenanjung Arabia :slight_smile: .

ayat di atas uda di jelasin ama senior2 di sini dimana pada mulanya bro kursilistrik mengira ayat2 itu bermakna Kristen tdk boleh bergaul dgn non kristen. Eh kebetulan sy ingat pernah baca di sirah nabawiyah dimana Abu sufyan bin harb pergi ke Medinah guna memperbaharui perjanjian hubaydiyah, dia singgah kerumah putrinya ummu habibah yg adalah istri nabi. Takkala dia akan duduk di atas tikar Rasullulah, Ummu habibah langsung melipatnya. Dan Abu sufyan langsung bertanya apakah engkau benci kepadaku atau engkau benci aku duduk di atas tikar ini ? Ia menjawab " Tikar ini adalah tikar Rasullulah sedangkan engkau seorang musrik yg najis".
Bagaimana penafsiran bro kursilistrik ?

Dalam kisah Ummu Habibah , kejadian tersebut memang ada, di mana Ummu habibah tidak memperbolehkan ayahnya yang datang berkunjung untuk duduk di atas tikar rasulullah, dengan mengungkapkan " Ini adalah tikar Rasulullah, sedangkan engkau adalah seorang laki-laki yang musyrik lagi najis. Saya tidak menyukai engkau duduk di atas tikar Rasulullah." (Dengan periwayatan mutafaq alaiqh, periwayatan yg sangat kuat).

Kenajisan yang diungkapkan oleh Ummu habibah dalam tata bahasa Arab terhadap ayahnya adalah “bermakna rijs 'amali (perbuatan yang najis)”, sehingga dia tidak diperkenankan duduk di tikar rasulullah. Adapun asbabun (penyebab hakiki) daripada tindakan Ummu Habibah adalah, lebih disebabkan, Abu Sufyan datang ingin memperbarui perjanjian hudabiyah, padahal perjanjian tersebut sudah dikhianati secara amali dan aini (tindakan nyata & terlihat mata) oleh orang-orang Quraisy di mekah, dengan menyika para tawanan yang muslim, menjarah harta kaum muslimin di mekah, dan melakukan pengusiran dan pembunuhan kaum muslimin yag ingin berkunjung ke Mekah. Padahal saat itu kaum muslimin dengan teguhnya memegang perjanjian itu dengan menunda pelaksanaan haji.

Jadi pengungkapan najis di sini terlebih pada sebagai respon atas tindakan orang-orang Quraisy yang dipimpin Abu Sufyan yang telah mengkhianati perjanjian Hudaibiyah.

boleh dong bro…yuk gaul yuk… :smiley:

maksudna apa neh bos ?

maksudnya orang kristen boleh bergaul dengan orang non kristen… :smiley:

ya ga bs dong menggauli non kristen klw bukan muhrimnya :cheesy:"agama sepupu"mode on ;D

bergaul? boleh koq, teman ku kebanyakan juga non Kristen

tapi kalau sudah masalah pasangan hidup, chrisma setuju dengan konteks ayat yang dikutip