Apa itu covenant? (Partnership dengan Tuhan)

Kita sebagai Kristen pasti sudah berkali-kali mendengar bahwa Kekristenan adalah tentang menjalin sebuah hubungan dengan Tuhan. Alkitab menggambarkan hubungan kita dengan Tuhan sebagai hubungan sahabat, ayah dengan anak, dan guru dengan murid. Tetapi ada sebuah hubungan antara manusia dengan Tuhan yang jarang kita sadari yang sebenarnya juga dibahas oleh Alkitab, yaitu hubungan Partnership antara Tuhan dengan manusia. Sebuah partnership adalah ketika dua pihak bekerja sama untuk sebuah tujuan bersama.

Pada mulanya, Tuhan menciptakan dunia dengan penuh potensi yang baik, dan Dia menciptakan manusia untuk mengembangkan potensi dari dunia ciptaanNya (Kejadian 2:15). Namun, manusia memberontak—mereka ingin melakukan keinginan egoisnya sendiri. Pemberontakan manusia ini menyebabkan dunia akhirnya menjadi tempat yang korup, penuh dengan ketidak adilan dan kematian. Alkitab mengatakan bahwa seluruh umat manusia meninggalkan partnershipnya dengan Tuhan (Roma 3:23).

Akhirnya, Tuhan memilih seseorang atau sekelompok kecil orang untuk membuat sebuah perjanjian baru—perjanjian ini dinamakan sebuah covenant. Pada covenant tersebut, Tuhan memberikan sebuah janji kepada manusia dan Dia meminta manusia untuk memberikan sebuah komitmen kepadaNya. Tujuan dari covenant antara Tuhan dan sekelompok kecil orang ini adalah untuk memperbaiki hubungan Tuhan dengan seluruh umat manusia lainnya.

Di dalam Alkitab diceritakan ada 4 covenant yang Tuhan buat dengan manusia: covenant dengan Nuh, covenant dengan Abraham, covenant dengan Bangsa Israel, dan covenant dengan Raja Daud.

Baca artikel lengkap nya di: Apa itu COVENANT? (Partnership dengan Tuhan)

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :smiley: