APA ITU DOSA ?

saya mau nanya kepada rekan Kristen

Apa itu dosa dalam ?? (perspektif Kristen tentunya )

Apa konsekwensi dari dosa ?

apa2 saja yg termasuk perbuatan dosa ??

apakah dosa itu ada penggolongan2nya ?

mohon pencerahannya …

:azn:

secara umum dosa adl pelanggaran terhadap suatu aturan atau kaidah tertentu, konsekuensi dari dosa sdh tentu adl hukuman, dlm perspektif kristen yg saya pelajari, adl kesalahan, pelanggaran, secara konseptual bermakna “meleset dari sasaran atau jalan yang benar”.

pelanggaran pertama yg dicatat dlm alkitab, adl ketika hawa terbujuk sang ular utk memakan buah ttg pengetahuan yg baik dan yg jahat, yg kemudian diberikan pd suaminya Adam, ini tercatat di kitab kejadian.

konsekuensi dari pelanggaran tsb adl hukuman mati dari sudut pandang Allah sbg pencipta, namun kehidupan spt Allah dari sudut pandang si Iblis (yg diwakili seekor ular).

penggolongan dosa dalam alkitab disebutkan, saya ga hafal ayatnya, tp bunyinya spt ini : ada dosa yg membawa maut tapi ada dosa yg tidak membawa maut.

kalau anda tanya apa saja, wah banyak banget, tp apapun tindakan yg tidak kena sasaran, tidak sesuai dgn prinsip dan hukum ilahi tentunya disebut dosa.

Saya menggunakan kata2 populer saja

keluar dari Jalan Lurus

keluar dari Jalan Lurus, tentunya jadi tidak tepat sasaran.

karena sudah keluar dari Jalan Lurus, maka TUHAN memperjelas apa saja yang diperbuat manusia itu sudah tidak baik lagi, untuk memperjelas itu dibuatlah Hukum.
Contoh:
Kalau ada cahaya, maka dibuatlah batu supaya kelihatan bayangannya batu itu.

  1. Melanggar/berontak kemauan TUHAN
  2. Keadaan melawan sesuatu yang baik
  3. Bisa juga orang yang lemah/penakut
  4. Keadaan yang berseberangan
  5. Keadaan melawan hak-hak azasi manusia

sudah dicerahkan kah?

Pelanggaran pada ketetapan Allah.

Apa konsekwensi dari dosa ?
Maut/kematian fisik dan atau masuk Neraka
apa2 saja yg termasuk perbuatan dosa ??
Semua pelanggaran ketetapan Allah
apakah dosa itu ada penggolongan2nya ?

mohon pencerahannya …
:azn:

  1. Dosa biasa, tidak mendatangkan maut/kematian fisik.
  2. Dosa yang mendatangkan maut/kematian fisik, misalnya dosa seks dapat menyebabkan terjangkitnya HIV
  3. Dosa kekal,tidak terampuni,yaitu menghujat Roh Kudus.

Best Regard,
Daniel FS

Dosa : suatu keadaan dimana terpisah dr kasih Allah

Apa konsekwensi dari dosa ?
maut
apa2 saja yg termasuk perbuatan dosa ??

menolak kasih Tuhan

apakah dosa itu ada penggolongan2nya ? mohon pencerahannya ....:azn:

Tidak, sebab dosa ya’ dosa

dosa bagaikan api
dosa bagaikan duri
dan dosa membawa ke jurang
ke jurang yang dalam
di mana di situ ada banyak dendam
di situlah dosa akan memakan

akan tetapi hanya kasih lah yg menutupi dosa
bukan oleh air mata akan tetapi oleh suatu tindakan
di situlah darah suci terkucur
dan pengampunan bergema
hai kita selaku manusia ,janganlah lupa akan pengorbanan NYA
ingat lah karena kerajaan Allah sudah dekat.

Secara umum saya ringkas jawaban2 yg masuk,

a) Apa itu dosa dalam Kristen ?

  • pelanggaran terhadap suatu aturan atau kaidah tertentu,
  • keluar dari Jalan Lurus
  • Pelanggaran pada ketetapan Allah.

b) Apa konsekwensi dari dosa ?

  • hukuman / maut / mati fisik
  • tidak tepat sasaran.
  • masuk Neraka

c) apa2 saja yg termasuk perbuatan dosa ??

  • apapun tindakan yg tidak kena sasaran, tidak sesuai dgn prinsip dan hukum ilahi
  • melanggar Hukum.
  • pelanggaran ketetapan Allah

d) apakah dosa itu ada penggolongan2nya ?

  • dosa yg membawa maut / kematian fisik
  • dosa biasa, yg tidak membawa maut / kematian fisik
  • dosa kekal, tidak terampuni, yaitu menghujat Roh Kudus.
  1. Melanggar/berontak kemauan TUHAN
  2. Keadaan melawan sesuatu yang baik
  3. Bisa juga orang yang lemah/penakut
  4. Keadaan yang berseberangan
  5. Keadaan melawan hak-hak azasi manusia

pertanyaan lanjutan :

  1. apa dan dimana hukum / ketentuan / ketetapan Allah yg tidak boleh dilanggar agar tidak terkena dosa ??

  2. apakah kematian fisik itu adalah efek dari dosa ??

a) jika ada anak bayi yg belum tahu apa2 mati secara fisik, apakah kematiannya disebabkan karena dosa si bayi tsb ?

b) jika ada orang suci mati secara fisik, entah karena lanjut usia atau dibunuh orang, apakah kematiannya itu juga akibat dari dosanya ?

  1. apa hukumannya bagi dosa yg biasa / yg tidak membawa akibat kematian fisik ?

  2. Apakah dosa biasa / yg tidak membawa akibat kematian fisik, akan lebur begitu saja setelah si pelaku dijatuhi hukuman di point 3) ?

  3. apakah dosa yg membawa maut, berakhir begitu saja urusannya ketika si pelaku telah mati secara fisik ?

  4. Dosa2 apa saja yg membuat orang masuk neraka ?

  5. benarkah orang yg penakut itu juga termasuk perbuatan dosa ? mengapa dosa ?

Alkitab secara keseluruhan konteks dan makna.

2) apakah kematian fisik itu adalah efek dari dosa ??

Tidak selalu. Kematian adalah ketetapan Allah untuk manusia, namun kadangkala dosa (yang membawa maut) dapat mempercepatnya selepas dari pengaruh mematikan secara eksternal.

a) jika ada anak bayi yg belum tahu apa2 mati secara fisik, apakah kematiannya disebabkan karena dosa si bayi tsb ?

Tidak selalu.

b) jika ada orang suci mati secara fisik, entah karena lanjut usia atau dibunuh orang, apakah kematiannya itu juga akibat dari dosanya ?

Tidak selalu.

3) apa hukumannya bagi dosa yg biasa / yg tidak membawa akibat kematian fisik ?

Jika tidak ada pertobatan dan pengampunan dosa, semuanya berujung pada Neraka.

4) Apakah dosa biasa / yg tidak membawa akibat kematian fisik, akan lebur begitu saja setelah si pelaku dijatuhi hukuman di point 3) ?

Tidak, sudah terlambat bila masuk Neraka, pintu kasih karunia pengampunan dosa telah tertutup.

5) apakah dosa yg membawa maut, berakhir begitu saja urusannya ketika si pelaku telah mati secara fisik ?

Tidak, karena itu dampak tambahan dosa yang membawa maut, karena itu di atas saya sebutkan akibat dosa bisa maut/mati fisik dan atau Neraka. Bisa mati fisik+Neraka, bisa Neraka saja.

6) Dosa2 apa saja yg membuat orang masuk neraka ?

Semua dosa.

7) benarkah orang yg penakut itu juga termasuk perbuatan dosa ? mengapa dosa ?

Ketakutan secara tidak langsung adalah pengakuan bahwa kekuasaan Allah tidak dapat melindungi manusia dari mara bahaya (bentuk ketidakpercayaan pada sifat Allah), ketakutan tidak berguna, dari pada takut lebih baik sigap/siaga/melakukan yang terbaik yang memang lebih berguna.

Best Regard,
Daniel FS

Hukum KASIH :afro:

2) apakah kematian fisik itu adalah efek dari dosa ??
Yup!! salah satunya bukan satu satunya efek dr dosa manusia I :coolsmiley:
a) jika ada anak bayi yg belum tahu apa2 mati secara fisik, apakah kematiannya disebabkan karena dosa si bayi tsb ?

krn bayi jg manusia…tentu terkena imbasna :smiley:

b) jika ada orang suci mati secara fisik, entah karena lanjut usia atau dibunuh orang, apakah kematiannya itu juga akibat dari dosanya ?

efek dr dosa manusia I

3) apa hukumannya bagi dosa yg biasa / yg tidak membawa akibat kematian fisik ?

hampir semua mengalami kematian fisik

4) Apakah dosa biasa / yg tidak membawa akibat kematian fisik, akan lebur begitu saja setelah si pelaku dijatuhi hukuman di point 3) ?

sekalipun si pelaku sudah mendapat hukuman secara fisik (ex: penjara/ hukum cambuk) dosanya tetap melekat…ngga langsung lebur (Kudus)…krn dosa itu hubungannya dg berbuat salah thd Allah bukan pd manusia :wink:

5) apakah dosa yg membawa maut, berakhir begitu saja urusannya ketika si pelaku telah mati secara fisik ?

Ngga… krn masih ada penghakiman kekal,ntar Yesus yang jadi Hakimnya :*

6) Dosa2 apa saja yg membuat orang masuk neraka ?

semua dosa ngefek … ke sono :smiley:

7) benarkah orang yg penakut itu juga termasuk perbuatan dosa ? mengapa dosa ?

sbb orang penakut …itu artinya orang yang tidak percaya kalo Allah itu sanggup tolong dia… krn itu dia takut… kalo2 masalahnya kaga… goal

@Daniel :

1) apa dan dimana hukum / ketentuan / ketetapan Allah yg tidak boleh dilanggar agar tidak terkena dosa ??
Alkitab secara keseluruhan konteks dan makna.
apa maksudnya hukum / ketentuan / ketetapan Allah dalam Al Kitab secara keseluruhan konteks dan maknanya yang tidak boleh dilanggar ?? apakah maksudnya harus dijalankan keseluruhan konteks dan makna juga, agar tidak terkena dosa ?

apakah maksudnya kematian adalah ketetapan Allah bagi manusia ?
apa yg ditetapkan Allah dari kematian manusia itu ?
Tanggalnya ?
Harinya ?
Jamnya ?
tempatnya ?
sebab2nya ?

jika sudah ditetapkan oleh Allah, mengapa bisa dipercepat datangnya dengan dosa ?
apakah ketetapanNya bisa diintervensi oleh manusia ?

kenapa tidak selalu ?
kalau tidak selalu, berarti ada kasus tertentu, seorang bayi yg mati, dimana kematiannya adalah sebab dari dosanya ?
kasus seperti apa itu contohnya ?

sama dengan pertanyaan mati bayi.
Kasus seperti apa ada orang suci yg mati fisik karena dosanya ?

apakah mereka yg tidak bertobat itu akan kekal di dalam neraka ?
termasuk jika orang yg bersangkutan hanya sekali2 berbuat “dosa biasa” tetapi sepanjang hidup dia tidak meminta pengampunan, apakah dia juga akan dimasukkan ke neraka ?
apakah dia akan kekal dalam neraka seperti penghujat roh kudus, ataukah hanya sementara saja di neraka ?

dengan kata lain, dia akan kekal dalam neraka ??
meskipun misalnya dosa yg diperbuatnya hanya beberapa kali mencuri makanan karena miskin dan kelaparan, tapi dia tidak sempat bertobat hingga ajalnya datang ?

apa kriteria tingkat kesalahan pelaku dari dosa yg membawa maut, ketika dia :

  1. mati saja
  2. mati + neraka
  3. tidak mati + neraka

dan siapa yg menetukan kriteria2 itu ?

kekalkah mereka semua disana ?
apakah ada kelas2 penghuni dalam neraka ?

jika saya takut terhadap seseorang yg mengancam nyawa keluarga saya, maka saya pergi menghindari orang tersebut, apakah ketakutan saya ini juga termasuk dosa yg membawa ke neraka ?

jika saya yakin bahwa kekuasaan Allah akan selalu melindungi saya dari mara bahaya, maka saya tidak takut berdiri di atas rel dan menghadang kereta api yg sedang melaju kencang ke arah saya. Apakah perbuatan saya ini adalah perbuatan yg baik dihadapan Allah, karena saya sama sekali tidak takut dan tidak meragukan akan kekuasaanNya yg akan selalu menolong saya ?

@alice :

Apa itu HUKUM KASIH ??

berarti semua mahkluk itu berdosa ?
hewan dan tumbuhan juga berdosa kah, karena mereka mati secara fisik ?

apakah sang bayi itu dimasukkan neraka karena itu ?
mengapa Tuhan tidak memberi kesempatan pada si bayi untuk bertobat sehingga tidak masuk neraka di usia yg teramat dini, bahkan belum tahu apa2 ?

lalu buat apa menjadi orang suci ??

hampir semua ?
apa yg sedikit dari yg tidak mengalami kematian fisik ?

jika saya mencuri barang anda, apa yg dirugikan disisi Allah dari perbuatan saya pada anda ?

berapa lama di neraka ?
dengan dasar apa Yesus menghakimi ?

semua dosa kekal di neraka ?

kata Yesus, anda bisa minum racun untuk menguji iman
dan pernah meminta orang kaya untuk menjual seluruh harta untuk syarat mengikuti dia

jika itu dihadapkan ke anda sekarang ini, apakah anda tidak takut untuk melaksanakan semua itu ?

kalo takut apakah anda juga termasuk berdosa yg akan menyeret anda ke neraka ?

Panjaaaang penjelasannya. Nanti aja kalau saya punya waktu lebih.

apakah maksudnya harus dijalankan keseluruhan konteks dan makna juga, agar tidak terkena dosa ?

Ya.

apakah maksudnya kematian adalah ketetapan Allah bagi manusia ? apa yg ditetapkan Allah dari kematian manusia itu ? Tanggalnya ? Harinya ? Jamnya ? tempatnya ? sebab2nya ?

Bukan demikian, maksudnya ketetapan Allah adalah bahwa semua manusia pada akhirnya mati fisik.

jika sudah ditetapkan oleh Allah, mengapa bisa dipercepat datangnya dengan dosa ? apakah ketetapanNya bisa diintervensi oleh manusia ?

Sudah dijelaskan diatas, makna nya berbeda dengan yang Anda mengerti.

Bayi yang diminumin darah.

Orang yang dulunya pezina, terjangkit HIV, kemudian bertobat kepada Yesus Kristus dan hidup kudus dalam Kristus sampai ajalnya.

Ya.

termasuk jika orang yg bersangkutan hanya sekali2 berbuat “dosa biasa” tetapi sepanjang hidup dia tidak meminta pengampunan, apakah dia juga akan dimasukkan ke neraka ?

Ya.

apakah dia akan kekal dalam neraka seperti penghujat Roh Kudus, ataukah hanya sementara saja di neraka ?

Kekal.

Ya.

Tampaknya Anda kurang menyimak posting saya, dosa dapat mengakibatkan mati fisik dan atau Neraka, sehingga cuma ada 2 opsi:

  1. Neraka ==> bila hanya melakukan dosa biasa.
  2. Mati fisik+Neraka ==> bila sering/kadangkala pernah melakukan dosa maut.
dan siapa yg menetukan kriteria2 itu ?

Allah.

Kekal.

apakah ada kelas2 penghuni dalam neraka ?

Ada.

jika saya takut terhadap seseorang yg mengancam nyawa keluarga saya, maka saya pergi menghindari orang tersebut, apakah ketakutan saya ini juga termasuk dosa yg membawa ke neraka ?

Ya.

jika saya yakin bahwa kekuasaan Allah akan selalu melindungi saya dari mara bahaya, maka saya tidak takut berdiri di atas rel dan menghadang kereta api yg sedang melaju kencang ke arah saya. Apakah perbuatan saya ini adalah perbuatan yg baik dihadapan Allah, karena saya sama sekali tidak takut dan tidak meragukan akan kekuasaanNya yg akan selalu menolong saya ?

Tidak, ini bentuk dosa yang lain yaitu “mencobai Allah”, secara analogi harus tetap stabil di jalan lurus jangan ke kiri atau ke kanan. Misalnya: kalau terlalu rendah diri jadi minder, terlalu tinggi hati menjadi sombong, yang pas di tengah-tengah saja.

Best Regard,
Daniel FS

saya tidak tau apa itu dosa…yang saya tau bahwa saya sudah tidak mengenal yg namanya dosa…

Yup!! :wink:

Hukum kasih:

Hukum I :Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Hukum II : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

YUP!!
Krn Alkitab yang sy percayai mengatakan demikian: Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.

Tidak, sekalipun mereka mati secara fisik .

bayi tersebut manusia bukan??
kalo Iya… artinya kaga luput dr ke_mati_an :smiley:

Yang sy imani: ngga semua bayi terjun ke sono, krn seorang bayipun tetap butuh juruselamat…mll imna orang tuanya… yang mengimani juruselamat… itulah bayi tersebut dpt terbebas dr kematian kedua :coolsmiley:

tentu akan medapat upahnya… sbg orang suci yi : kehidupan kekal di sorga (dibebaskan dr kematian kedua)

Yup!!
krn ada tokoh2 Alkitab yang langsung diangkat ke sorga like: henokh dan elia

2 Raja 2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

Ge 5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Sodara bukan berdosa kepada Alice… ttp kepada Allah …
koq??

Krn Ada tertulis:
Ex 20:15 Jangan mencuri.

Ketika sodara mencuri … itu artinya sodara melanggar perintah Tuhan, dan ketika sodara melanggar perintah Tuhan… itu artinya sodara tidak mengasihi Tuhan … (pelanggaran hukum kasih I)
Joh 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

dan melanggar perintah Allah juga untuk mengasihi sesamanya (hukum II)

Joh 12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Roma 2

14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

semua dosa… berakibat kematian kekal… tidak ada dosa berat , tidak ada dosa ringan … semua dosa butuh penebusan :smiley:

ayat yang ini?? :coolsmiley:
Mr 16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

racun disitu… berbicara ttg ajaran sesat…
maksudna demikian: sekalipun sy mendengar ajaran sesat… ajaran sesat kaga mencederai sy, krn sy memiliki Roh Kristus yang tolong sy sbg filternya… :coolsmiley:

yang ini?? :coolsmiley:

Mat 19

21 Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”
22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

dlm ayat sebelumnya,kalo sodara bisa mencermati… bhw dia menujukkan kepada Yesus… seolah2 semua yang dilakukan itu bisa membayar sorag… (hidup kekal) dengan segala yang ada padanya

16 Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

dan …

20 Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?”

krn itu muncul kalimat sindiran Yesus kpd pemuda itu dlm ayat berikutnya yi ayat 20 & 21

jika itu dihadapkan ke anda sekarang ini, apakah anda tidak takut untuk melaksanakan semua itu ? kalo takut apakah anda juga termasuk berdosa yg akan menyeret anda ke neraka ?

Sy kaga takut… :smiley:
Sya percaya banget bahwa Yesus sudah menyelamatkan hidup saya sekarang… sorga bagi sy … sudah pasti…
Semua itu bukan krn sy lebih rohani dr sodara … ttp jrn semata2 krn Yesus… darahNya itu yang menjadi jaminan buat sy…

Apa yang perlu ditakutkan… :smiley:
krn dlm Yesus ada sebuah kepastian ttg masa depan kekal :azn:
Sorga itu adalah Kasih Karunia :afro:

Tuhan Yesus memberkati :wink:

@Daniel FS

kalo begitu apa sekarang anda menjalankan seluruh konteks dan makna hukum2 dalam al kitab ?

Kapan dan sebabnya tidak diketahui ?
Semacam cek kosong yg harus diisi sendiri tgl dan nominalnya ?

Bayi diminumi darah ?
Itu salah yg kasih minum ? atau salah bayi yg meminumnya ?
Apakah bayi berdosa karena menelan apa yg dimasukkan kedalam mulutnya oleh orang lain ?

apa kalau tidak terjangkut HIV dia tidak mati fisiknya ??

Lalu dimana adilnya Tuhan ??
Jika dosa sekecil itu dihukum sama dengan dosa yg besar ??

Tapi toh manusia itu mati juga kan ??
Lalu dua opsi nya mana ??
Hanya satu opsi…… mati fisik + neraka

Dimana ? ayatnya ?

Bagiamana kelas2 itu ?

kenapa kasus pertama beda dengan kasus kedua ??

jika pada kasus pertama, kalo saya tidak menghindar saya tahu saya pasti mati konyol, mengapa berbeda dgn kasus kedua, yg juga mati konyol ??

lalu dalam kasus kedua, ada perintah dalam Injil anda untuk minum racun maka anda tidak akan mati kalau percaya pada Tuhan.

Apa bedanya ayat itu dengan kasus kedua ??

@Lucifill5566

saya tidak tau apa itu dosa...yang saya tau bahwa saya sudah tidak mengenal yg namanya dosa...

yah itu namanya konyol !
tidak mengenal yg namanya dosa, juga tidak tahu apa itu dosa ?
itu namanya orang buta yg main tabrak sana sini, tanpa tahu kalo nabrak2 itu adalah perbuatan tidak baik !

@Alice

Hukum kasih:

Hukum I :Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Hukum II : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

kalau Allah memerintahkan untuk menghukum mati orang yg telah membunuh orang lain,
apakah anda akan mengasihi terdakwa itu ??
bagiamana mengasihinya ?

Apakah Abraham, Ishaq, Yakup, Musa, Daud, solomo, Yohanes pembabtis, Maria ibu Yesus, murid2 Yesus, Paulus, Penulis Injil, apakah mereka semua juga tak luput dari dosa ?
Dan konsekwen dengan perkataan anda, semua dosa, besar dan kecil adalah neraka.
Apakah mereka itu sekarang kekal di neraka ?

Bukankah mereka itu semua adalah makhluk ?
Anda bilang diatas semua makhluk itu bedosa bukan ?

emang bayi itu udah mati kan ?………apakah dia dimasukkan neraka ?

mana ayat injil yg keterangannya menjurus keargumen anda itu ?

jadi kalo orang Tua si bayi bukan Kristen, maka bayi tersebut kekal di neraka ? dan tidak selamat dari kematian kedua ??

tapi tetap mati di dunia karena dosa kan ??
sedang semua dosa upahnya neraka !

Lalu lebih suci mana Henoch dan Elia dibanding Yesus ?
Bukankah Yesus juga pernah mati 3 hari ??
Sedangkan kedua orang itu bahkan tidak pernah mati fisik, yg diakibatkan dari dosa waris?
Kenapa keduanya kebal dari dosa waris, sementara Yesus tidak ?

Atas dasar apa Tuhan butuh dikasihi oleh manusia ?

.

jadi siapa sebenarnya hakim akhir jaman itu ?

  1. BUKAN YESUS, TETAPI INJIL

Yoh 12 :47-48
Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

  1. ALLAH ------ > Roma 2 : 16
  2. YESUS ???

bagiamana penebusan itu ?

dimana ada kata2 “ajaran sesat” ??
apakah mengusir setan, berbicara dalam bahasa2 lain dalam mar 16:17 itu arti kiasan atau harfiah ?
jika harfiah kenapa ayat 18 nya diartikan kiasan ?

Betul ayatnya

kalo begitu apakah menyedekahkan seluruh harta itu sudah anda lakukan sekarang ini ??

jika belum, menunggu apa ??
apakah takut ??
dosa dong !
neraka dong ?

Ya.

Ya.

Semuanya, ya bayinya ya orang yang meminumkannya dosa, disengaja atau tidak disengaja dosa adalah dosa.

Maksud saya maut/mati fisik adalah kematian yang dipercepat seperti konteks posting saya diatas (diatas Anda sudah mengerti koq sekarang jadi tidak mengerti lagi… aneh…)

Dihukum tidak sama karena ada tingkatan hukuman, inilah yang membedakan dosa kecil dengan dosa besar, justru disitulah ke Maha Adilan Tuhan, kalau salah/berdosa dan tidak ada tebusan ya dihukum, tidak ada peng-iba-an apalagi KKN.

Sudah saya jelaskan diatas, bahwa yang dimaksud “mendatangkan maut” adalah mempercepat kerusakan tubuh/percepatan kematian.

1. Tentang Penebusan Hukuman

Yes 1:27
27. Sion akan Kubebaskan dengan penghakiman yang adil dan orang-orangnya yang bertobat akan Kubebaskan dengan tindakan yang benar.

Rm 5:16
16. Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.

2. Tentang Tingkatan Neraka

Mat 10:15
15. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu."

Kata “lebih ringan” menunjukkan adanya tingkatan/kelas hukuman.

3. Tentang Dosa Maut/Tidak Maut

1Yoh 5:16-17
16. Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.
17. Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.

Dan segudang ayat lainnya.

Dosa yang lebih berat mengalami kondisi lebih buruk dari dosa yang ringan (Mat 10:15, lihat diatas).

Bedanya tergantung dari hati dan perbuatan, apakah sedang “mencobai” Allah atau tidak, jelas kalau menubrukkan diri pada KA adalah keinginan mencobai Allah (meskipun kadangkala orangnya merasa tidak, namun dari perbuatannya kentara) lagipula hal itu dapat disebut percobaan bunuh diri. Misalnya banyak evangelist pedalaman yang tidak tahu kalau sedang diracun namun tetap selamat setelah menegak racun tersebut (juga Paulus pernah digigit ular beludak namun tidak meninggal), Umat Kristen diharuskan untuk mempertahankan hidup karena kehidupan adalah anugerah dan sarana bagi umat untuk menghasilkan buah, namun Umat Kristen seharusnya juga tidak keberatan untuk mati kapan saja dan dimana saja.

Flp 1:21
21. Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
22. Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.
23. Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus–itu memang jauh lebih baik;
24. tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu.

Best Regard,
Daniel FS

Ya…iyalah… caranya memintakan pengampunan kepada Tuhan untuk orang itu
spt yang Yesus ajarkan

Lu 23:34 Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

ato like… Abraham berdoa syafaat untuk sodom dan gomora

Dengan penebusan … mereka bisa lolos…itupun berlaku untuk sodara dan sy :afro:

re_post, alice wrote:
“Krn Alkitab yang sy percayai mengatakan demikian: Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.”

seorang jelas… manusia bukan hewan atopun juga tumbuhan :smiley:

“roh” manusia itulah yang ada dlm ke_kekal_an nantinya… bisa apik kekal (neraka) ato hidup kekal ( sorga)

[Quote]Yang sy imani: ngga semua bayi terjun ke sono, krn seorang bayipun tetap butuh juruselamat…mll imna orang tuanya… yang mengimani juruselamat… itulah bayi tersebut dpt terbebas dr kematian kedua[Quote]
mana ayat injil yg keterangannya menjurus keargumen anda itu ?
[/quote]

[/quote]
Ac 16:31 Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Belum tentu… ditengah jalan orang tuanya bertobat , terima Yesus…maka spt dikatakan dlm Ac 16:31 :wink:

Yup!!
Tetap melewati kematian fisik ttp tidak kematian rohnya… krn ini yang terpenting :smiley:

Kudus Yesus… krn memang Dia Yang Maha Kudus…
sekalipun keduanya tidak melewati kematian fisik … ttp darah mereka tidak bisa mengampuni dosa manusia…
sedang Yesus… darahNya yang tercurah … untuk mengampuni manusia seluruh dunia (yg percaya) termasuk sy dan sodara (itu kalo sodara mau diampuni :D)

Krn Allah menginginkan sebuah persekutuan dengan manusia…yang mengasihi Dia bukan yang memberontak thd Dia :afro:

Firman Allah… Siapa Dia… Yesus sendiri… Yesus adl Firman Allah yang hidup :afro:

penebusan … dlm bahasa sy pengorbanan yang menggantikan sodara dan saya

ada yang harafiah ada yang memiliki makna rohani :coolsmiley:

Sekalipun sy menyedekahkan semua harta milik sy bahkan nyawa sy pun sy serahkan sbg korban… itu tetap tidak bisa mencapai kesempuranaan /membayar sorga… :smiley:
Ttp krn Iman kepada juruselamat

Krn itu lebih baik…menikmati hidup dengan mengandalkan Tuhan
sambil menikmati berkat Tuhan :wink:

Tit 3:5-7

pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus, yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita, supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita.

Eph 2:9-10

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Di dalam Yesus …kaga perlu takut … lawong baik mati … maupun hidup… semua HOKI :afro: