APA ITU DOSA ?

YESUS KRISTUS jelas Tuhan dan manusia. Jadi setelah Firman itu menjadi manusia dan balik ke Sorga, inilah penggenapanNya bahwa manusia ke Sorga (karena YESUS KRISTUS adalah manusia, disamping keAllahanNya).

Sangat adil !! Alam semesta dan isinya ini milik Allah ! Jika ada orang yg numpang hidup didalamnya lalu berbuat baik atau jahat suka2 dia, sedang dia tidak mengakui Allah sebagai satu2nya Master of universe, maka apa perlunya Allah dengan orang ini ?? Apakah kebaikannya akan dipandang oleh Allah ??

Bos ditempat anda bekerja juga gak akan respek pada anda sedikitpun kalo dia tahu anda tidak memandang dia sebagai atasan anda, bahkan anda lebih suka menentang dia !
Gak peduli anda termasuk pegawai yg baik atau yg buruk kinerjanya !

Belum tentulah, tergantung sistem kerjanya bossnya apa, task oriented atau social oriented, kalau task orientied ya meskipun ga ada hubungan sosial yang penting tugas beres seneng2 aja.

Meskipun ada catatan sejarah bahwa kebiasaan menghukum pelaku kejahatan di mesir jaman Firaun adalah digantung, apakah anda bisa membuktikan kalo para penyihir mesir itu dihukum dengan cara yg sama dengan penjahat2 lainnya ??

Bisa, kan ada data sejarah dan budayanya bahwa cuma ada 2 jenis hukuman di Mesir.

Apakah benar kata “digantung” dalam al kitab anda itu adalah sama persis dengan prosesi penggantungan para penjahat Mesir ??

Ya iyala, masa ya iyadong? Adanya aja tralala bukan tradongdong…

Para penyihir Firaun itu bukan sekedar melakukan kejahatan kecil ! tapi kejahatan yg sangat besar di mata Firaun, subversif, makar, pengkhianatan dan penistaan terhadap Firaun dihadapan khalayak ramai ! Itu kejahatan yg sangat2 serius !

Seserius-seriusnya harus mengikuti hukum yang berlaku, apakah kalau misalnya ada yang mau membunuh presiden di Indonesia terus hukumannya mati jadi dicacah2 terus dibakar (meskipun itu serius lho mau membunuh presiden)? ya tidaklah, tetap mengikuti hukum budaya dan sejarah yang berlaku.

Maka masuk akal kalo Firaun memberi hukuman / siksa yg amat berat bagi mereka ! Dipotong satu tangan dan satu kaki secara timbal balik, lalu disalibkan sampai mati ! Itu siksaan sangat menyakitkan bagi mereka, mati secara perlahan dengan sangat kesakitan berdarah2 ! Itu juga sekaligus shock terapi bagi para penonton !

Jelas Firaun tidak segoblok anda kira untuk memberi hukuman pada para pengkhianat yg menampar mukanya di depan umum, dengan hukuman biasa2 saja seperti yg diberikan pada para penjahat jalanan !

Tidak masuk akal, tidak ada bukti sejarah dan budaya, alias hanya kira-kira Anda saja…

Lagipula kata DIGANTUNG itu maknanya apa ?? Harus digantung di lehernya kah , seperti hukuman gantung yg ada saat ini ???

Dalam konteks budaya Mesir saat itu, ya digantung seperti biasa, bukan disalibkan dengan Ankh, karena Ankh adalah benda suci, tidak dipakai untuk menghukum.

Bukankah orang yg disalib itu juga dalam kondisi digantung ?? Gak percaya ? coba cek Injil anda ! cari tahu apakah disalib itu dalam posisi digantung ? berdiri menginjak tanah ? duduk di kursi ? jongkok ? atau tiduran terlentang di lantai ???

Memang, disalib itu dengan digantung, tapi digantung belum tentu disalib. Dan kasus budaya Mesir yang dimaksud “dihukum gantung” bukanlah “disalib”.

Siapa berkata YESUS telah memberikan pengajaran yg lengkap ??? Buka injil anda ! YESUS meramlkan datangnya paraclete, karena YESUS merasa tidak bisa berlama2 lagi hidup diantara murid2nya sedangkan masih banyak lagi yg belum dia ajarkan pada mereka ! Jadi apakah ajaran yg dibawa YESUS sudah sempurna ??.............. BELUM LAH !!

Saya setuju dengan Anda, belum semuanya diberikan, karena itu:
Berarti apa artinya “mengenapi” kalau ternyata belum lengkap diberikan? pastinya bukan melengkapi dunk?

Yahudi itu menerima hukum2 material dari Tuhan ! Sementara pengikut YESUS menerima ajaran spiritual ! Selama mereka hidup terpisah dgn ajaran masing2, maka masing2 mereka tidak menerima aturan2 Tuhan yg menyeluruh, baik sebagai bekal hidup di dunia materiil maupun untuk menyongsong kehidupan spiritual di akherat, selain ajaran yg sepotong2 saja ! Faktanya, Kristen menolak menjalankan Taurat padahal mereka nggak punya konsep tentang aturan tata kemasyarakatan, sementara Yahudi ogah menerima injil yg banyak mengajarkan tentang kebangkitan kerajaan Tuhan yg tidak didunia ini tempatnya !

Islam yg menyatukan kedua ajaran itu !
Tidak bisa tidak ! Itu fakta yg tidak bisa ditentang kebenarannya !

Menyatukan, sehingga timbullah distorsi dan kontradiksi karena dua sumber dengan doktrin yang tampaknya berbeda dipaksakan menjadi satu dengan sembarangan… Harusnya kalau mau menyatukan belajar dengan lebih baik doktrin masing-masing, karena hakekatnya doktrin Yahudi dan Kristen sama (namun sulit bila dilihat hanya sekilas, harus mendalam sekali). Lagipula menyatukan koq milih-milih, kenapa beberapa aturan Hukum Taurat dibuang/tidak dilakukan?

Jadi datangnya Islam dari Allah itu adalah suatu keniscayaan yg pasti harus ada setelah Yahudi dan Kristen !

Mengenai ini mungkin saja… timbulnya Saksi Yehova, Mormon, etc juga adalah hal yang sama harus ada untuk menyaring orang beriman.

Berat ?? ha…ha…

Heran ? mereka itu sebenarnya mau baca atau mau olah raga angkat beban ya ??
Kok pake berat segala ??

Angkat beban, terus ditaruh dikaki YESUS KRISTUS

Begitu sentimennya Anda terhadap saya sampai semua pernyataan saya harus dilawan yach? Santai saja, saya lho cuma awam biasa, don’t be naive…

Nah tuh ! memilih nggak tahu itu juga tidak berguna bagi Dia Yg maha tahu kan ?? makanya itu juga nggak beliau lakukan !

Berguna lah, agar manusia mendapat pengharapan didalam Beliau. Tidak menjadi pasif pasrah…

Emang kodratNya berasal dari mana ?? dari Dia sendiri atau diluar Dia ?

Kalo diluar Dia, ya benar ! itu namanya dikungkung kodrat !

Kan anda sendiri juga yg mengatakan, Tuhan harus setia pada aturanNya sendiri !
Lha kenapa kok juga dikungkung oleh aturan ??

Itu kan lebih suka memilih, bukan dikungkung.
Kalau saya lebih suka memilih sayur bening untuk makan nanti malam, apa berarti saya dikungkung sayur bening?

Best Regard,
Daniel FS

@Daniel Fs

saya undang anda untuk berdiskusi dalam thread takdir dan pilihan bebas manusia.

thread ini biar ditutup aja.

wassalam

kerjaan 1000 itu tahun adalah “bonus” bagi orang percaya

Rev 20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,

Rev 20:3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

Rev 20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

Rev 20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

Rev 20:6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Rev 20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya,

Rev 20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.

isi pulsa aja ada bonus, masa sie orang percaya ga dikasih bonus sama TUHAN YESUS

habis kerajaan 1000 tahun

Rev 20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.

Rev 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Rev 20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Rev 20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

Rev 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

habis itu, hidup bersama-Nya selama-lamanya

Rev 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.

Rev 21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Rev 21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.

Rev 21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."

mengenai thread ini digembok…

saya minta masukan dari rekan2 FK sekalian

apakah pertanyaan sudah terjawab secara tuntas?

GBU

@Daniel FS

nyolong satu komentar deh buat penutupan…

hukum salib itu kalo dalam terminologi orang arab bukan sekedar dipantek di palang yg saling menyilang, seperti bentuk salib dalam gereja2 atau ankh (salib sucinya orang mesir)

salib itu terambil dari makna hukuman mati dengan cara mematahkan kaki hingga keluar sumsum (Sulb)
yg pasti tubuh terhukum akan digantung diatas sebuah tonggak kayu, nggak masalah bagaimana bentuk tonggaknya, karena bentuk2 itu tidak penting

saksi yahova meyakini kayu salib yg digunakan untuk menghukum mati Yesus tidak berbentuk silang (cross) melainkan hanya sebuah tonggak kayu yg lurus.
dan itu sudah cukup disebut disalibkan !

ada dua jenis kematian dari prosesi hukuman salib ini

pertama :
mati dengan cara yg lama dan menyakitkan, yaitu kehabisan darah, kelaparan dan dehidrasi, atau dimangsa binatang buas
ini terjadi bila kaki terhukum tidak dipatahkan, sehingga kakinya masih bisa menyangga beban tubuhnya.

kedua :
mati lebih cepat karena kehabisan nafas
ini terjadi karena kaki2nya dipatahkan, sehingga beban berat badannya hanya disangga oleh tangan yg tergantung, yg mengakibatkan paru2 korban terhimpit dan dia akan segera mati tercekik tidak bisa bernafas

dalam kasus penyihir Firaun sesuai informasi Al Quran, yaitu kaki dan tangan dipotong timbal balik, yaitu jika tangan kanan dipotong, maka kaki kirinya juga dipotong, lalu tangan dan kaki yg tersisa digantung pada sebatang tonggak, maka itu sudah memenuhi syarat untuk disebut dihukum salib !
karena mereka digantung diatas tonggak dan sumsumnya otomatis keluar dengan dipotongnya tangan dan kaki mereka

Tentang hukuman yg ditetapkan Firaun,
rupaanya anda melupakan kalo jaman dulu seorang raja (apalagi yg tiran seperti Firaun) dia sendiri adalah hukum itu !
jadi apapun yg keluar dari mulut sang raja, itu merupakan hukum yg harus dipatuhi bawahan

jadi tidak ada alasan untuk menyatakan Firaun harus tunduk pada aturan hukum yg ada !
emang jaman Firaun aturan hukum harus dibikin DPR dulu apa ??

apalagi tidak ada catatan bahwa Firaun adalah raja yg taat hukum, baik hati dan demokratis
yg ada malah sebaliknya, raja bengis yg tega mengeluarkan perintah untuk membunuh semua bayi laki2 bani israel

ok ! cukup

thread ditutup aja !

@Nying-nying: topik tentang hukuman salib cukup menarik. Bagaimana kalau dilanjutkan di thread baru?

udeh mau diclosed yah…

kesimpulannya gemana? :coolsmiley:

@nying_nying

Mekso amat penjelasan salibnya.

@lukas
Mungkin kesimpulannya: “Pokoknya apapun jawabannya, benar atau tidak benar, tetap salah…”

Best Regard,
Daniel FS

bro Daniel bisa tolong bantu saya

untuk menjelaskan secara sederhana apa itu dosa (dari sudut teologia)

agar Thread ini bisa ditutup dan statusnya terjawab

GBU

Atas mandat Anda, Yang Mulia Moderator tonypaulo,

Seperti ada tertulis, bahwa definisi dosa adalah,

1Yoh 3:4
4. Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.

dan hanya dapat ditebus/diampuni melalui Darah KRISTUS,

Mat. 26:28
28. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Ef 1:7
7. Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

1Ptr 3:18
18. Sebab juga KRISTUS telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,

Case solved and closed…

Best Regard,
Daniel FS