apa itu Firman?

BTW, aku baru sadar klo aku ga terlalu ngerti apa artinya Firman. Aku cuma tau Firman itu ya Tuhan Yesus. Aku lihat Yahoo, Firman itu Roh Allah. Srmakin agak bingung nih. Aku yakin Roh Allah itu Roh Kudus, kan?

well, aku percaya trinity /tritunggal. Genesis 3:22 “then the Lord God said behold the man has become like one of Us in knowing good and bad”. Us itu Bapa, TY, dan RK kan?

Lagian aku sgt percaya Tuhan ga bohong. Jadi pasti pas TY doa ke Bapa itu bukan akting tapi beneran ngomong.
Pusing sih ttg Tuhan ada trinity tapi one. Tuhan juga jadi satu dalam kita kan? Org bukan percaya Yesus sering mencoba melihat Yesus dlm diri kita. Apakah seperti itu juga mengenai trinity? Melihat Bapa dlm Yesus? (Pas makan terakhir, para murid TY mau lihat Bapa trs TY bilang Bapa dan TY adalah 1).

Well, ttg trinity aku bisa baca di forum ini (aku tau itu sdh dibahas). Aku hanya mau menjelaskan klo aku ga ngerti ttg arti Firman (ok, Firman itu TY). Trs klo firman itu perkataan Tuhan bukan?

Firman itu ya kata-kata. Kata-kata saya itu ya firman saya. Firman Tuhan itu berarti kata-katanya Tuhan. Firman Allah itu ya kata-katanya Allah.

Alkitab itu firman Allah, kan?
Tapi alkitab itu bukanlah Tuhan Yesus, kan?

Berdasarkan Yohanes 1:1, pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Yohanes 1:14, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Anyway, intinya. Yesus itu dulu adalah Firman dan jadi manusia. Aku ngerti Firman=Tuhan. Tapi apakah sama Firman=Allah berkata?

Alkitab itu buku. Buku itu berisi kesaksian tentang Allah dan Firman-Nya.
Kalo Alkitab itu 100% firman Allah juga tidak tepat karena ada perkataan Iblis di dalamnya.
Makanya jadi orang Kristen itu jangan Sola Scriptura, karena itu ajarannya Luther, bukan ajarannya Gereja Kristen.

Amsal 8:22
TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.

Kata “menciptakan” dalam bahasa Ibrani ditulis “qanah” yang maksud kata itu memperoleh sesuatu dengan apa yang keluar dari diri kita, seperti dipakai untuk menjelaskan peristiwa akuisisi, membeli sesuatu, menebus sesuatu, dan sejenisnya yang menunjukan ada yang kita keluarkan untuk mendapatkannya. Kata itu berbeda dengan kata Ibrani “bara” yang artinya menciptakan sesuatu dari tidak ada menjadi ada, atau “yatsar” yang artinya membentuk sesuatu dari yang sudah ada.

Karena itu terjemahan NIV menterjemahkan, “The LORD brought me forth as the first of his works, before his deeds of old;” dan KJV menterjemahkan “The LORD possessed me in the beginning of his way, before his works of old.” Keduanya memiliki pemahaman sama bahwa ada sesuatu yang keluar dari diri Allah membentuk sebuah gambaran keberadaan Firman, sehingga kita semua mengatakan bahwa Firman itu keluar dari Allah. Karena Firman itu keluar dari Allah, atau terlahir dari Allah, maka disebut juga sebagai Anak Allah.

Amsal 8:30 menuliskan, “aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya

Firman itu telah menjadi manusia dan Ia disebut Anak Allah, yang ada sebelum dunia ada, yang awal dan akhir, dari kekal kepada kekal.

Kata permulaan, yang pertama dan sebagainya dalam Amsal 8, adalah gambaran bahwa telah ditetapkan Allah bahwa segala sesuatu diciptakan melalui Firman, pertama-tama adalah ber-Firman, dan jadilah kehendakNya.

Firman dan kata-kata Allah itu serupa tetapi juga berbeda. Allah tidak berkata-kata seperti manusia dengan lidah dan pita suara, tetapi Ia adalah sosok yang wujudnya tidak seperti salah satu ciptaanNya. Allah telah menetapkan hukumNya, bahwa segala sesuatu ada itu karena Firman, Kolose 1:17 menjelaskan, “Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.” untuk memberi gambaran bahwa segalanya dimulai dari Firman dan segala sesuatu ada didalam Firman.

Untuk memahami tentang Firman, maka manusia menerima hikmat untuk mengambarkan secara sederhana bahwa Firman itu seperti halnya kata-kata, demikian kehendak Allah dinyatakan dalam kata-kata yang disebut Firman. Tetapi kita harus ingat, Allah tidak berpitasuara, sehingga yang dikonotasikan kata-kata Allah, untuk mengambarkan Firman bukanlah seperti manusia berkata-kata, sehingga kita rancuh antara Yesus = Firman artinya Yesus = audible suara Allah???

Jadi siapa itu Firman? Firman adalah Allah (Yohanes 1:1), yang lahir/keluar dari Allah dan selalu bersama-sama dengan Allah. Kata “diciptakan” dalam Amsal 8:22, jangalah diartikan sama seperti Kejadian 1 tentang penciptaan semesta, sebab Ia tidak diciptakan tetapi dilahirkan. Misteri tentang sebutan Anak Allah, Anak Tunggal Allah, adalah bahwa Firman itu berasal dari Allah, dengan memakai kata “qanah” bukan kata “bara” atau “yatsar” untuk mengambarkan tentang Firman Allah.

Memang terjemahan terkadang tidak sekaya bahasa aslinya. Bahasa aslinya ada kata Qanah, bara atau Yatsar. kita yang tidak terlalu paham bahasa aslinya cenderung untuk menganggap Firman adalah kata, sesuai dengan pelajaran waktu kita terima di sekolah dasar yang tentunya tidak di rancang untuk sedalam itu.

Firman adalah Perkataan atau ucapan yang keluar dari mulut yang berpengaruh/punya kuasa
semisal raja , mentri dlsb.

namun ada dua pengertian yang disebut firman Allah
Firman Allah = perkataan yang keluar dari mulut Tuhan

Firman allah = sang firman itu sendiri alias Tuhan yesus

akan tetapi
[b]Bukan semua nas/ayat yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )[/b]

Tuhan yesus memberkati

Han

Firman ALLAH itu kata2 Allah yang hidup mengajari kita bgm manusia itu hidup berkenan kepada Allah , contoh pelaksana : Yesus

Yesus itu Firman Allah yg hidup

Firman itu Logos / Logika / Akal / Hikmat

kata-kata bukan Firman, tetapi dengan kata-kata (atau tulisan) kita dapat menerima Firman (Logos)
atau dengan kata lain : kata-kata adalah sarana untuk menyampaikan Firman

Yesus itu Firman / Logos / Logika / Akal / Hikmat Allah yang menjadi manusia.

Salam :slight_smile:

Terima kasih buat penjelasanNya.
memahami alkitab agak sulit karena cara pandang yg berbeda

Tidak juga, hanya saja semua jawaban diatas itu belum dirangkai, jadi kelihatannya beda-beda, sebenarnya semua itu satu rangkaian dan satu pemahamaan pengajaran. Karena jawabnya singkat maka isinya sepenggal-penggal saja… Seperti mengambarkan gajah, ceritanya bermacam-macam ada yang cerita ekornya, kakinya, kukunya, perutnya, telinganya ada yang kepalanya mungkin juga ada yang siluetnya saja…

Jika digereja anda ada pelajaran alkitab atau doktrin dasar Kekristenan, sebaiknya anda ikut saja, disana biasanya dijelaskan secara utuh.

sedikit sumbangan pemikiran:

Firman dapat berarti:

  1. Logos
  2. Rhema

selanjutnya silahkan terserah kalau ada yang mau membahasnya :slight_smile:

sebenarnya klo pakai kemampuan sendiri agak sukar. Karena kesombonganbdiri sendiri. (How come Tuhan punya Anak, Firman adalah Tuhan?) Ga bisa di mengerti tanpa dibimbing RK

jadi, berdasarkan definisi di atas…

kalo ada tulisan: “Tuhan berfirman…”

terus terjemahannya / artinya apa yah?

“Yahweh berfirman” atau “Bapa berfirman”

Yesaya 55:11, saat Bapa menghendaki sesuatu, ia menyatakan lewat FIRMAN, dan FIRMAN itu akan melakukan kehendak Allah dengan sempurna.

saya ber-firman maksudnya adalah menyampaikan firman/logos/logika/akal/hikmat saya.
bisa melalui ucapan, tulisan, kreasi, karya, dll

kalo TUHAN bisa juga menyampaikan Firman-Nya dalam wujud maupun penciptaan

Salam

Tidak juga sis.
How come kunci punya anak? How come tangga punya anak? How come panah punya anak?
How come “kemarin sore” juga bisa punya anak?

Apakah perlu bimbingan “Roh Kudus” untuk memahaminya? Saya kira kamus malah bisa lebih berkuasa daripada “Roh Kudus” loh.

Biasanya kalopun kita dapet kesulitan, itu karena kitanya sendiri yang bikin-bikin sulit.
:slight_smile:

Tuhan itu maha kuasa loh!
Aku memahami Tuhan itu trinity. Jadi Roh Kudus itu juga Tuhan.
mana mungkin kamus lebih pintar dari Tuhan?

Lha itu buktinya bisa bikin kunci beranak, tangga beranak, dan panah beranak…

Masa menurut anda Tuhan gak bisa beranak?

;D

Firman Allah = Tuhan Yesus
Firman Tuhan = Firman Tuhan Yesus
TY adaalah wujud nyata dari apa yg Bapa kehendaki, mis: kalo kita menghendaki sesuatu kan biasanya kita ungkapan dgn kata2. Nah isi hati Allah itulah yg diwujudkan oleh TY. Jadi kalo kita belajar FT artnya kita belajar karakter TY itu artinya uga kit abelajar ttg isi hati Allah Bapa.

Semoga membantu. GBU