apa itu kristen koptik?

http://m.inilah.com/read/detail/1842133/Kristen-koptik-mesir-berduka
Di link mengenai kristen koptik ini kenapa ada yg nyembah manusia? Apa itu kristen koptik?

Apakah yg mbaksis maksud itu dari kalimat ini :
“Puluhan ribu warga Kristen Koptik di Mesir memenuhi St Mark’s Cathedral di Kairo untuk mengucapkan perpisahan mereka kepada Paus Shenuda III.”

Menyembah manusia? Status hidup atau mati?
Sah-sah aza menyembah manusia yg masih hidup.

secara definitif, Kristen Koptik itu Kristen yg bertempat di Mesir. dibawakan oleh Rasul Markus, murid Yesus, seperti halnya Gereja Katolik yg dibawakan oleh Rasul Petrus

mereka sendiri gak mau gabung ama Katolik Roma krn menganggap mereka sama dgn bangsa Romawi yg menyalib Yesus

sekarang nama Koptik lagi terkenal dgn munculnya film Innocence of Muslims dgn tersangka bernama Nakoula alias Sam Bacile yg kebetulan menganut Koptik

utk mempelajari lebih lanjut tentang gereja Timur, silahkan Anda tanyai saja roderick, dia tuh penganut Orthodox lho :afro:

btw gambar org yg lagi duduk itu bukan manusia yg disembah ;D tp lebih tepatnya lagi adlh pemimpin agama mereka sendiri, namanya Paus Shenouda III (sekarang udah diganti ama Paus Theodoros II)

heran aja, masak pemimpin agama aja dikira manusia yg disembah. ;D

kalo pemimpin agama dibilang sesembahan, berarti jangan kan gereja Koptik, bahkan gereja2 Katolik, gereja2 reformator, bahkan sampe gereja2 Karimatik pd (maaf) nyembah manusia juga donk ;D

trus kalo dibilang nyembah manusia, berarti ntar yg mimpin kebaktiannya begimana coba ;D

Btw, apa ga salah mbaksis bikin trit ini di sini? Ini kan forum terbuka bagi non kristen?

TS-nya adalah kristen. Yang dibahas juga tentang kristen, di luar negeri lagi. Apa karena ada “mesir”-nya yg notabene mayoritas muslim? Atau salah taruh?

doi awalnya ngikut di trit ini trus nanya2in soal gambar2 yg ada di trit itu: 99 Cahaya Di Langit Eropa: Kerudung Bunda Maria Bertuliskan Tulisan Arab ? - Non-Kristen - ForumKristen.com
al hasil, dia pun bikin trit ini buat nanya lebih lanjut ;D

Ya, nanya lewat topik itu dan sekalian aja.
Maaf kalau salah alamat
Anyway, aku jadi penasaran pendapat kristen lain bukan mau menghakimi namun menanyakan

Apa itu aliran koptik?

[quote author=shadowing link=topic=51290.msg966086#msg966086 date=1387889743

Menyembah manusia? Status hidup atau mati?
Sah-sah aza menyembah manusia yg masih hidup.
[/quote]
Kalau kristen ga boleh nyembah manusia deh setau saya, kan?
Nyium kaki = nyembah kan?

Koptik bukan aliran, tapi salah satu tahta Rasul, yaitu Rasul Markus.
Katolik Roma itu tahta Rasul Petrus.
Koptik itu tahta Rasul Markus, murid Rasul Petrus.

Mencium kaki itu bukan bentuk penyembahan. Kalo mencium kaki itu penyembahan maka banyak orang tua menyembah bayi mereka sendiri.

Ooh… begitu… numpang nanya pak Roderick. Kalo Maronite nyang di Libanon serta negara-negara Timur Tengah yang lain bagaimana ? Apakah ajaran/ liturgi/ apapun itu sama dengan saudara-saudari kita di Mesir? Tahta siapa itu ? Oh iya, saya tertarik juga dengan istilah ‘tahta’ apakah makna tahta yang Bapak maksud ? Terimakasih sebelumnya…

AFAIK teologinya sedikit berbeda karena yang di Mesir dalam hal kodrat Kristus nya. Ini disebabkan karena Koptik itu termasuk non-Kalsedon, sedangkan Maronit berada dibawah Roma, yang tentunya mengakui konsili Kalsedon. Untuk masalah liturgi, baik itu Roma, Orthodox Timur, Koptik, semuanya bisa dikatakan serupa karena jelas bahwa liturgi/komuni/ekaristi adalah inti ibadahnya. Kalopun ada perbedaan, sifatnya tidak mendasar dan biasanya berkaitan dengan budaya setempat.

Untuk masalah "takhta"bisa dilihat dari perkataan Kristus sendiri,

Mat 19:28 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Jadi memang Tuhan Yesus itu memberikan takhta kepada kedua belas murid-Nya, kecuali Yudas yang diganti oleh Matias.
:slight_smile:

Takhta yang terutama memang adalah takhta Petrus, baik yang di Roma, yang di Antiokhia, maupun yang di Yerusalem.

Selain tahta kepada kedua belas Murid, ada juga tahta bagi ke 70 murid.

Anda bisa search disini,

Sejarah Gereja Kristen sangatlah kaya dan luas. Kekristenan bukan sekedar Roma Katolik - Protestan - Karismatik saja, tapi benar-benar jauh lebih luas dari yang dahulu saya bayangkan.

Anda bisa menyusuri sejarah Gereja Orthodox disini,

http://orthodoxwiki.org/Timeline_of_Church_History