Apa itu Kudus?

Saya tidak mengerti dengan penjelasan diatas, sebab bagi saya jelas sekali ada keterkaitannya antara keduanya. Sebab orang yang tidak berdosa dapat dikatakan sebagai orang kudus.

Tolong jabarkan lebih detail semua orang percaya yg bagaimana yang kudus di Mata TUHAN?

Maksud yang lebih kongkret bagaimana?

Darah YESUS telah menguduskan manusia segala jaman, apakah berarti manusia dengan sendirinya telah kudus dan tidak perlu mengusahakan kekudusan hidup?

Semoga anda mau menjelaskan

Salam

Maksud yang lebih kongkret bagaimana?

Maksudnya klo yg ini bisa di contohkan yaitu: Santa/ Santo

perbutan baik yang kita usahakan… tidak bisa menambahi …kadar kekudusan

Forum ini ada masalah,tidak semua kalimat bisa diposting.Mudah mudahan bisa normal kembali.

Salam

kalau berkurang bisa yack?? ;D

@Clay

Quote from: Robin Tweety Kudus tidak ada kaitannya dengan tidak berdosa.

Saya tidak mengerti dengan penjelasan diatas, sebab bagi saya jelas sekali ada keterkaitannya antara keduanya. Sebab orang yang tidak berdosa dapat dikatakan sebagai orang kudus.
Quote from: Robin Tweety
Semua orang percaya adalah kudus dimata Tuhan.
Tolong jabarkan lebih detail semua orang percaya yg bagaimana yang kudus di Mata TUHAN?
Quote from: Robin Tweety
kekudusan adalah keterpisahan kita dari dunia dan dikhususkan bagi Tuhan.
Maksud yang lebih kongkret bagaimana?

Statement anda yg mengatakan “orang yg tidak berdosa” tidak didukung oleh Alkitab karena tidak ada orang yang tidak berdosa

Roma 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.
Imamat 20:26 : Kuduslah kamu bagiKu, sebab Aku ini, TUHAN, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.

I Petrus 2:9 :Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib“

Kata kudus dalam Bible perjanjian lama dan baru bisa diartikan “khusus” atau dipisahkan atau “being set apart” atau istilah dalam dunia akademis “distinction” or “high distinction”.
Kudus artinya dipisahkan untuk suatu maksud-maksud tertentu. Jika sesuatu itu kudus, maka ia tidak dapat lagi digunakan untuk sesuatu hal yang bukan bagi pelayanan kepada Tuhan didalam setiap aspek kehidupan ,atau bisa dikatakan hiduplah didalam roh bukan kedagingan.
Allah memanggil bangsa Israel kudus karena mereka dipanggil untuk hidup terpisah dari bangsa-bangsa disekitar mereka yang lain, dan dengan pembedaan dan hak istimewa itu datanglah panggilan untuk hidup kudus. Orang-orang Israel dipisahkan Tuhan untuk Tuhan. Allah mengatakan di Imamat 20:26, “Kuduskanlah kamu bagi-Ku dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain supaya kamu menjadi milik-Ku.”

Jadi jelas bahwa konteks kudus disini bermakna keterpisahan dari hal hal yang bersifat duniawi (bukan dunia) ini dan dikhususkan bagi melayani Tuhan.

Quote from: Robin Tweety Kekudusan juga bukan karena diangkat oleh gereja tetapi oleh darah YESUS

Darah YESUS telah menguduskan manusia segala jaman, apakah berarti manusia dengan sendirinya telah kudus dan tidak perlu mengusahakan kekudusan hidup?

Tugas manusia didalam hal kekudusan :

• Memiliki kekudusan - . 1Kor 3:17; Ibr 3:1
• Memperoleh buah-buahan yang membawa kepada kekudusan . Rom 6:22
• Harus mengejar kekudusan - . Ibr 12:14
• Harus menyerahkan anggota tubuhnya menjadi senjata utk kekudusan- . Rom 6:19
• Harus beribadah kepada Allah di dalam kekudusan - . Luk 1:75
• Harus mempersembahkan tubuhnya kepada Allah di dalam kekudusan- . Rom 12:1
• Harus menjadi kudus di dalam seluruh hidupnya. 1Pet 1:15
• Harus di dalam kekudusan seumur hidupnya. Luk 1:75
• Harus berusaha menyempurnakan kekudusan . 2Kor 7:1
• Akan terus menguduskan dirinya. Wahy 22:11

Jadi jelas bahwa proses sanctification adalah keharusan bagi setiap orang percaya yang sudah dikuduskan oleh Allah didalam Yesus Kristus.

Salam

Salam Kasih dalam nam TUHAN kita YESUS KRISTUS. Saya bersukacita membaca penjelasan anda karena menyadari pada akhirnya ada kesamaan antara kita, setelah banyak sekali perbedaan yg tampak dalam debat Iman antara Katolik dan Protestan.

Tapi sebelumnya saya mohon maaf saudaraku, atas dosa yang terjadi dalam diri saya karena dalam hati saya telah terlebih dahulu menuduh kamu, dan berprasangka buruk tentang dirimu. Maafkan saya …
Menyadari bahwa kita sama2 telah dibaptis dalam nama Bapa, Putra dan ROH KUDUS maka sesungguhnya kita menjadi satu saudara.

Baiklah saudaraku mari kita saling menguatkan, saya setuju dengan pendapat anda diatas. Memang benar seperti kata anda: konteks kudus disini bermakna keterpisahan dari hal hal yang bersifat duniawi (bukan dunia) ini dan dikhususkan bagi melayani Tuhan.

Untuk hidup kudus kita perlu menanggalkan diri kita yang lama –berikut dengan segala dosa dan kebiasaan negatif, untuk hidup sebagai manusia baru di dalam ROH KUDUS dan hidup di dalam rasa hormat pada Tuhan (2Kor 7:1) sehingga kita dapat memiliki buah-buah Roh (Gal 5:22-24). Meninggalkan manusia lama adalah konsekuensi dari pembaptisan kita, seperti yang difirmankan oleh TUHAN kita

"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.Yohanes 3:5

Kita semua dipanggil untuk menjadi Kudus, karena itu marilah kita selalu berusaha untuk ‘meniru’ Allah yang kudus dan sempurna (1Pet 1:15-16; Mat 5:48) melalui teladan KRISTUS untuk kita terapkan di dalam perkataan, pikiran dan perbuatan kita. Kita memang perlu berjuang keras untuk menerapkan hal ini sebab memang tidak mudah untuk hidup kudus.

Rasul Yohanes menyebut ada tiga godaan utama di dalam hidup di dunia, yaitu keinginan daging, keinginan mata serta keangkuhan hidup (1Yoh 2:15) yang menyebabkan orang jatuh dalam dosa seksual, mengejar kekayaan, dan menjadi sombong. Oleh karena itu, untuk hidup kudus, Injil menasehatkan kita untuk mengembangkan tiga pola hidup Injili yaitu, kesucian (chastity), kemiskinan (poverty) dan ketaatan (obedience) yang bertentangan dengan ketiga pola hidup duniawi tersebut. Penerapan ketiga nasehat Injil ini dapat kita lihat sendiri di dalam hidup KRISTUS, yang merupakan intisari dari pengajaran utama-Nya yang dikenal sebagai Delapan Sabda Bahagia (Mat 5: 3-12). Semasa hidupNya di dunia, KRISTUS memiliki kelemahlembutan dan kesucian hati; Ia hidup miskin, Ia taat pada kebenaran sampai wafat di salib. Jika kita menyebut diri sebagai pengikut YESUS maka kita pun harus mengikuti pola hidupNya, yang mencerminkan kerendahan hati. Dengan mengikuti teladan YESUS ini, kita berjalan menuju kekudusan.

Jadi, kekudusan itu adalah karunia yang awalnya diberikan pada waktu kita dibaptis, yaitu pada saat kita meninggalkan manusia lama dan mengenakan KRISTUS. Selanjutnya kekudusan harus kita perjuangkan dan tingkatkan dengan tindakan kasih kepada Tuhan dan sesama, yang disertai dengan kemurnian hati, pola hidup sederhana -yaitu tidak mengikatkan diri pada kekayaan- juga diikuti ketaatan dan kesalehan; dan semuanya itu didasari oleh kerendahan hati. Jika kita terus menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari, dengan rahmat yang kita terima , maka kita akan bertumbuh di dalam kekudusan.

Tuhan kita memang Allah yang Maha Baik. Jika Dia memanggil kita untuk menjadi kudus, Dia juga menyediakan bagi kita jalan menuju kekudusan itu, yang memang harus ditempuh dengan perjuangan, namun Tuhan akan terus mendampingi dan memberi kekuatan, damai dan suka cita yang tidak bisa diberikan oleh dunia ini. Sekarang tergantung kita masing-masing, maukah kita menempuh jalan itu?

Salam

kekudusan ngga ada istilah kurang :coolsmiley:
ttp kudus atau 1/2 kudus 1/4 kudus dosa

Saya samapai terdiam membaca posting anda untuk robin , wah ini adalah orang yang telah di kuduskan oleh Roh Kudus, lain dengan postin anda yang lama.

Good , terima kasih.

coba lihat…
kekudusan itu ada ukurannya atau tidak

Ibr. 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

1Tim. 5:22 Janganlah engkau terburu-buru menumpangkan tangan atas seseorang dan janganlah terbawa-bawa ke dalam dosa orang lain. Jagalah kemurnian dirimu.

jadi kalau tidak bisa bertambah buat apa di kejar ?Ibr 12:14

wah :onion-head41: sis Rita nyindir liberty nich … :onion-head27:

kejar kekudusan : jangan berbuat dosa :wink:

kudus >< dosa 1/2 kudus, hampir kudus

@Clay,

Salam kasih kembali !

Didalam PL kata kudus berasal “qadosh” selain bermakna seremonial dimana para imam harus dipisahkan untuk pelayanan khusus mereka,juga mengandung arti bahwa umat Allah dipisahkan untuk melayani Allah dan bahwa mereka harus menghindari segala sesuatu yang tidak berkenan kepada Allah.

Didalam PB kudus berasal dari kata “hagios” juga mengandung dua arti :

1.Pemisahan dari perbuatan perbuatan berdosa dari dunia saat ini
2.Pengudusan bagi pelayanan kepada Allah

Didalam PB ada 3 pandangan yang penting tentang kekudusan :

I.Kita dikuduskan didalam kesatuan dengan Kristus.

Kita menjadi kudus melalui disatukannya kita dengan Kristus didalam kematian daan kebangkitannya.Kita telah mati terhadap “hidup dalam dosa” didalam kesatuan kita dengan Kristus yang telah mati bagi kita.Pengudusan haruslah dipahami sebagai maati terhadap dosa didalam Kristus dan bersama Kristus yang telah mati terhadap dosa.

Roma 6:10 Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.

Inilah makna kekudusan yang sejati.Tetapi satu hal yang juga penting adalah bahwa kekudusan tidak haanya bersifat pribadi tetapi juga kita dikuduskan melalui persekutuan dengan orang orang yang bersama-sama dengan kita didalam Kristus (saudara seiman).

II.Kita dikuduskan melalui sarana kebenaran.

Yoh.17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran

Kita harus bertumbuh didalam pengudusan melalui Alkitab Firman kebenaran itu sendiri. Bahwa Alkitab merupakan sarana utama yang digunakann Allah untuk menguduskan umat Nya diajarkan didalam 2 Tim.3:16,17.

III.Kita dikuduskan oleh iman

Kis.26:18 untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan.

Iman adalah juga sarana didalam pengudusan.Kita terus hidup didalam kesatuan dengan Kristus melalui sarana iman tersebut,karena tanpa iman tidak ada yang berkenan bagi Allah. Kristus berdiam didalam hati kita melalui iman (Ef.3:17).

Hanya iman yang bekerja oleh kasih (Gal.5:6).Iman menghasilkan perbuatan (1 Tes.1:3).Tujuan perintah Allah bagi kita adalah kasih,yang timbul dari hati yang suci,dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ichlas (1 Tim1:5).
Jadi kita tidak saja dibenarkan oleh iman tetapi juga dikuduskan melalui iman percaya kita.

Salam
GBU

Jangan GR ah, untuk clay.

Saya conform dengan makna kekudusan disini :slight_smile: TUHAN YESUS MEMBERKATI kita sekalian yang sungguh2 melakukan dan mengejar kekudusan dalam seluruh kebenaranNYA. Amen.