Apa itu NAFSU KEDAGINGAN ?

Yesus pernah berkata : Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya (Mat.5:28)

Paulus mengatakan: “Maksudku ialah hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging” (Gal 5:16).

Keinginan daging, orang sering mengatakan ‘nafsu kedagingan’ .

  • Pernyataan Yesus diatas menjelaskan bahwa memandang persempuan serta menginginkannya dalam arti pandangan dengan nafsu sex (ini keinginan daging)
  • Paulus dalam pernyataannya itu maksudnya agar nafsu kedagingan itu harus dikendalikan (tidak diperturutkan) .

Pertanyaannya :

  • Apa sih NAFSU (KEINGINAN) DAGING itu menurut pandangan Kristen ?
  • Apakah NAFSU DAGING ini sama dengan FALLEN STATE (DOSA ASAL) ?

numpang lewat…

Keinginan daging :
Rm. 8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

contohnya : di Galatia 5
5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu:
percabulan,
kecemaran,
hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala,
sihir,
perseteruan,
perselisihan,
iri hati,
amarah,
kepentingan diri sendiri,
percideraan,
roh pemecah,
5:21 kedengkian,
kemabukan,
pesta pora
dan sebagainya.
Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

semoga membantu :slight_smile:

Salam

“Keinginan” adalah bentuk pikiran yang menginginkan sesuatu’
“Keinginan daging” adalah yg terbesit dari benak pikiran untuk memenuhi keinginan daging (nafsu sex, nafsu makan,nafsu kaya,nafsu terhormat/jabatan dsb.)
Kenapa baru keinginan kok sudah disebut berseteru (melawan) terhadap Allah, mohon penjelasan ?

Itu saya sudah tahu kalau itu sudah menjadi perbuatan daging. yang saya tanyakan itu tentang sebuah keinginan (nafsu) kedagingan, dan apakah itu sama dengan fallen state (dosa asal) ?

Begito bro…

Keinginan merupakan spirit yang bersumber dari pandangan yang berlawanan dengan kehendak ALLAH. Dan itu sangat berhubungan dengan dosa asal.

Salam,

Matius 15: 18 - 19 "Tetapi apa yang keluar dari mulut BERASAL DARI HATI dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari HATI timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Sy kongsi dgn anda ttg kenyataan dari Yesus yg berlainan dr kenyataan Paulus…Yesus berkata dr Hatilah timbul semua perbuatan jahat…jadi dosa kedagingan itu berasal dr HATI…sy megukuhkan kenyataan ini dgn perumpamaan yesus sendiri bhawa:

Mat. 7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.

Mat. 7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

keinginan (nafsu) punya mobil, keinginan (nafsu) berhubungan badan dengan istri, keinginan (nafsu) makan enak , apakah semua itu berlawanan dengan kehendak Allah ? dimana berhubungannya dengan dosa asal ?

Dosa masuk melalui pikiran, menjadi keinginan.
Yak. 1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

............ keinginan (nafsu) kedagingan, dan apakah itu sama dengan fallen state (dosa asal) ?
kalau yang anda maksud "dosa asal" yang berasal dari Adam, yang dikenal dengan dosa warisan/turunan, jelas berbeda kan? Sedang dosa Adam dan Hawa sendiri jelas merupakan keinginan daging mereka sendiri.

2Kor. 11:3 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.

salam

Ternyata sebuah keinginan itu belum melahirkan dosa sebelum dibuahi (menjadi perbuatan), tapi kenapa Paulus berpendapat itu sudah melawan Tuhan ? mohon penjelasannya bro…

Artinya "keinginan (nafsu) itu tidak sama dengan dosa asal ya ?

Manusia diciptakan sesuai dengan Gambar Tuhan.
Salah satunya yang diberi olehNYA, adalah mempunyai “keinginan”.
Apakah “keinginan/nafsu” itu dosa?

salam :wink:

Justru itu yang saya tanyakan bro, bahkan saya tidak setuju yg dikatakan Paulus baru keinginan kok sudah dianggap menentang Tuhan…

Bisa tunjukkan ayat yang dimaksud?

salam

Pada mulanya tidaklah demikian sebab kenyataan itu ada setelah manusia sudah berdosa.
Dalam satu kesempatan, Yesus Kristus mengatakan:

Mat. 22: 29-32
Yesus menjawab mereka: “Kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah!
Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.
Tetapi tentang kebangkitan orang-orang mati tidakkah kamu baca apa yang difirmankan Allah, ketika Ia bersabda:
Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup.”

Artinya, pandangan saudara di atas itu disebabkan oleh karena pandangan saudara yang telah dipengaruhi oleh dosa sedangkan pandangan Yesus Kristus mengacu kepada pandangan ALLAH yaitu bagi orang hidup (tidak mati/dosa)

Salam,

Lalu gimana kalau KEINGINAN itu mendorong pandangan yg berpihak kepada Allah…

saya kira anda semua perlu belajar sifat2 makhluk yg dicipta Allah: MALAIKAT, MANUSIA, JIN & HAIWAN…sy melihat topik ini tdk ubah spt topik yg sebelah berkenaan dosa asal… anda mempersoalkan DOSA2 ADAM DAN HAWA… Adam itu adalah MANUSIA PERTAMA dicipta…maka apakah SIFAT2 MANUSIA ITU…

Apakah sifat manusia itu hanya diciptakan dgn hanya ada NAFSU shj atau ada AKAL?
Apakah sifat malaikat itu dicipta tidak mempunyai NAFSU yg mjdkannya makhluk ciptaan Allah yg sentiasa taat dan bersih dr dosa…

Apabila anda memahami sifat2 makhluk ciptaan Allah ini sy yakin anda tdk sibuk menyalahkan Adam dr menuruti nafsunya sehingga mjd MANUSIA PERTAMA YG MELAKUKAN DOSA HANYA KRN DIA ADALAH MANUSIA PERTAMA YG DICIPTAKANsy yakin kalau sy adalah manusia pertama yg dicipta Allah…sdh tentu sy mjd org pertama dimuka bumi berbuat dosa…

Roma 2:1 Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.

Cukup setelah anda memahami KONSEP PENCIPTAAN MANUSIA…dan anda mengerti mengapa setiap org tidak bisa mjd SUCI…

Note: sebenarnya ini bukan utk vbn shj…tp utk semua cuma guna quotenya shj… :slight_smile:

Nih yang disampaikan Paulus : Rm. 8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

Jangan oot (menyimpang) bro, konteks Matius 22:29-32 itu tentang ahli taurat yg hendak mencobai Yesus hakekat hari kebangkitan kelak, mereka menceritakan tentang seorang perempuan yang ditinggal beberapa suami mati, lantas mereka bertanya ikut siapa perempuan itu saat kebangkitan. Jadi penjelasan anda itu tidak ada hubungannya dengan pokok bahasan kita …

keinginan/kehendak adalah pemberian Tuhan.
keinginan/kehendak itu sendiri bukanlah dosa.
keinginan/kehendak ibarat pisau ditangan seseorang, bisa untuk kebaikan, bisa juga untuk kejahatan.

Keinginan/kehendak yang sesuai dengan KEHENDAK TUHAN adalah keinginan ROH.
keinginan/kehendak yang melawan KEHENDAK TUHAN adalah keinginan DAGING seperti ayat yang anda berikan. (Rm 8:7)

semoga jelas dan membantu.

salam :wink:

Jika amarah dengan bumbu dendam plus sumpah serapah dilakukan tuhan sendiri terhadap musuh-2nya, terhadap pendosa… Apakah itu bisa disebut keinginan roh ?

@ long-along.

Untuk mengerti Firman yang terdapat dalam KS, harus melihat sesuai konteks dan tujuanNYA.

salam :slight_smile:

Lalu dari mana datangnya keinginan itu? >>>> HATI :afro:

Menurut anda keinginan Roh itu selaras dgn kehendak Tuhan… dan itu dinyatakan Paulus disini:

Galatia 5:22 - 23 “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah-lembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.”

Jadi keinginan yg baik itu berasal dr hati yg baik…maka sudah tentu apa yg ada dr hati itu akan membawa kpd perbuatan/sikap/tindak balas (daging)…kpd suka menolong, suka bersedekah atau bisa sy katakan membawa kpd daging itu melakukn perbuatan baik…

Jadi perbuatan (Daging kita) tidak sekadar membuat perlakuan yg bertentangan dgn kehendak Tuhan…Tapi keinginan roh yg baik itu akan turut membawa org itu akan melakukan perbuatan baik…

“Untuk mengerti Firman yang terdapat dalam KS, harus melihat sesuai konteks dan tujuanNYA”-----
Ya kamu benar… Silahkan jelaskan…