Apa kesalahan Saul dalam 1Samuel 13

hai teman2, mau tanya apa salahnya Saul dalam 1Samuel 13? apa karena ia tidak taat kepada Samuel atau ia salah dalam persembahan? maksud saya apa persembahannya bukan kepada Allah?

terimakasih.

P. Lama: I Samuel: 13
13:13 Kata Samuel kepada Saul: "Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya.

rasanya sudah jelas… kesalahannya adalah lebih mempercayai kehadiran Samuel dan korban bakaran daripada iman terhadap TUHAN… bila dia percaya pada kata2 TUHAN melalui Samuel yaitu “sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya” maka Saul akan selamat… kesalahan yang ini sangat fatal…

Kesalahan Saul adalah bahwa ia melanggar Imamat yang ditetapkan Tuhan, yang berarti juga tidak menghormati kekudusan Tuhan. Kita bisa lihat peristiwa sejenis sewaktu Uza secara refleks memegang tabut perjanjian (2 Sa 6:5-7). Kita bisa lihat juga peristiwa sejenis ketika seseorang yang tidak ditetapkan Allah memasuki kemah suci.

Seharusnya yang boleh mempersembahkan korban bakaran adalah Samuel tetapi Saul lancang melangkahi Samuel.

Bahwa kekudusan ditetapkan Tuhan melalui imamat, dan setiap orang beroleh kelayakan melalui Imamat. Itulah sebabnya setiap orang yang tidak menerima Tuhan Yesus Kristus yang ditetapkan sebagai imam dari seluruh umat manusia, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

@lbmagi
tks

@Dya^_^
oh melanggar imamat, sepertinya saya cocok dengan penjelasan melanggar imamat ini karena sebelumnya saya pikir apa kalau Saul yang mempersembahkan korban maka persembahannya itu maknanya jadi beda. tks

kesalahannya karena saul serakah ingin merebut kedudukan

GBU

korban bakaran itu hanya bisa dilakukan oleh seorg Imam