apa maksud dilaksanakannya event pembaptisan ?

ya silahkan deh kalo anda menganggap diri begitu
saya sih malas berbantah2 soal itu

anda ngaku2 baca dengan konsep netral?
padahal konsep anda baca Alkitab itu udah jelas dengan cara mengkotak2kan : ini perkataan Yesus, ini perkataan Paulus, seolah2 mereka berbeda sama skali
saya yakin kok anda ngga ngerti apa itu “kanon”, hal yang paling dasar skalipun

ini cara yang ngga dianjurkan gereja untuk baca Alkitab bro
makanya saya bilang dari awal tadi, anda mau baca Alkitab ribuan kali juga percuma kalo konsep yang anda pegang salah

so yang jelas buat saya anda ini “kosong ngga ada isi, tapi bunyinya nyaring”

silahkan berdiskusi dengan yang lainnya
saya akhiri sampai disini

iya gereja itu sudah terkontaminasi hellenisme … sebab itulah

sy malah melihat anda membaca tidak dalam konteks netral
anda membaca alkitab dari sudut pandang islam
kenapa saya bisa bilang begitu
karena saya bukan kristen dari lahir
jadi saya membaca alkitab ibarat membaca komik

jadi bisa anda kita lihat, anda tidak netral tapi mengatakan orang terpengaruh hellenisme
menrut saya anda mebaca terpengaruh islam
simple kan
;D ;D ;D

@ atas
tinggal anda poles dengan belajar karakter bahasa ibrani dan Arab … jangan samain dengan bahasa Indonesia

tinggal anda poles juga belajar logika sedikit pasti ngerti maksud saya
;D ;D ;D

Kalo saya sih tanpa bawa2 nama Paulus, yg ada di pendapat saya : itu segala macem ritual corporeal (mao itu sunat kek, baptis kek, mandi kembang kek, dll) TIDAK PUNYA ARTI APA APA terkait masuk sorga. Mao dijalanin silahkan - gak mao dijalanin juga gpp.

IMO, Itu cuma TANDA dari pov suatu kelompok, nggak ubahnya seperti seragam suatu perusahaan. So, kalimat yg pas : “tidak berseragam spt yg kami tentukan [kamu tidak bisa masuk di kelompok/perusahaan kami]” BUKAN “[kamu tidak bisa kaya]” :smiley:

seperti misalnya ada orang ISlam berkata "apa artinya kamu bersyahadat kalo kamu masih pergi ke dukun ??". itu bukan peniadaan syahadat.

Q : Kata siapa orang HARUS bersyahadat ? kata siapa orang HARUS ke gereja ?
A : kata orang (mr.X) dan orang percaya mr.X

Semua bangunan2 utk ritual masing2 kepercayaan itu semua sudah terkontaminasi. Untuk apa orang menunjuk : [gereja itu sudah terkontaminasi hellenisme] yah ? :rolleye0014: