Apa motivasi orang2 mempermasalahkan denom yang mengharamkan rokok ?

  1. kaga alkitabiah ?
  2. pengen orang kristen pada ngerokok ?

silahkeun dijawab…
:rolleye0014:

  1. Supaya jangan sok suci dan sok pinter.
  2. Agar tidak sembarangan bikin ‘fatwa’
  3. Agar tidak tercampur antara aturan kesehatan dan ajaran agama.
  4. dst

ok good poin. :afro:

tanya… conto kasus no 3:
lu punya anak, terus anak lu ngerokok… lkaga boleh dilarang biar kaga keliatan sok suci and sok pinter ?

Lanjutmya…

  1. Biar nambah postingan lagi biarpun topik sebelumnya belum kelar, sebenarnya tanpa postingan baru pun bisa diambil kesimpulan dan membuat inti permasalahan menjadi acuan jawaban secara bijak… Tapi gak lah ya, gak mungkin kale… ;D
  2. Tambah rame… :cheesy:
  3. Biar heboh heboh hebooh…
  4. Silahkan dilanjutken

Yuk mari… :happy0025:

Mohon tanya…Apakah denomnya sis Ling-ling mengharamkan rokok? Jika ya bisa tolong kasih bukti yang mencantumkan dengan jelas “pengharaman” rokok di denomnya sis tersebut…

Sebagai contoh bukti… “pengharaman/pelarangan/pantangan” penggunaan (alat) kontrasepsi yang diterapkan di Gereja Katolik itu jelas tercantum dalam dokumen Gereja sumber: DASAR LARANGAN GEREJA KATOLIK TERHADAP PENGGUNAAN KONTRASEPSI - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Salam

gereja gw kaga mengharamkan rokok, cuman menganjurkan jangan merokok…
terus juga kaga boleh merokok saat komsel, diruangan gereja, dll… tapi kaga mengharamkan.

trit gw buka sebab gw pengen taw alesan sodara2 kenapa permasalahin denom yang mengharamkan rokok.
setau gw sih; advent, karismatik kayaknya ya ? [ga jelas juga seh gw]

kalu opini gw sendiri; denom kesepakatan lembaga memutuskan untuk mengharamkan rokok tujuannya demi kebaikan jemaat juga… and pedoman alkitabiahnya:

  • ‘merusak bait Roh Kudus’
  • penguasaan diri - keterikatan.
  • daripada uangnya bwat beli rokok, mbok ya disumbangkan aje ama fakir tuh yang butuhin sesuap nasi.

gw rasa si pencipta gagasan ‘pengharaman rokok’ kaga mikir sok suci, apa dah…
[opini aje seh, gw kan bukan mereka si penggagas…]

jadi emang tradisi, peraturan2 baru dibentuk tujuannya bwat tertib, teratur, kebaikan, keadilan, kasih…
tapi proses selanjutnya selalu ada:

  • pro kontra
  • gunain peraturan itu bwat cari2 masalah pada orang lain.
  • pihak kontra juga gunain peraturan itu menyudutkan sipembuat [denom].

kalu adanya kayak begitu… sama aje bertengkar hal sia2 dooong ya kan ya kan ?

12:57 Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?

udehan membentyurkan ayat satu dengan lainnya:
14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.
vs
6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

masing2 lakuin pembenaran doktrinnya… ;D

tapi gw penasaran pengen taw motivasi, alesan2 lainnya pada sodara2 sekalian yang mempermasalahkan denom yang mengharamkan merokok…
jadi silahkeun aja… and kamsia masukannya…

Lu nanyanya kan ‘Apa motivasi orang2 mempermasalahkan denom yang mengharamkan rokok ?’
Jadi jawabannya sehubungan dengan pertanyaan elu dong, jangan OOT lah.
Kalo anak gua dilarang juga kaga bakalan gua bilang jangan ngerokok itu dosa.
Gitu jawab nya.

Udah paham?

ya udeh, kalu anak lu ngerokok… jangan lu larang… :smiley:

Baca lagi jawaban gua di atas :

Lu nanyanya kan 'Apa motivasi orang2 mempermasalahkan denom yang mengharamkan rokok ?' Jadi jawabannya sehubungan dengan pertanyaan elu dong, jangan OOT lah. [b]Kalo anak gua dilarang juga kaga bakalan gua bilang jangan ngerokok itu dosa.[/b] Gitu jawab nya.

Udah paham?

ok bos… thanks masukannya. lu orang konsekwen… gw yang miskom bacanya. :afro:

gw bantu dukungan dalam hati dah, semoga anak cucu lu semuanya perokok aktif and berat… [berdosa kaga ya kalu menginginkan dalem ati semoga anak cucu orang lain jadi perokok berat and aktif? sebodo ah… jangan ngatur2 yak] :azn:

Sama di gereja saya juga demikian

trit gw buka sebab gw pengen taw alesan sodara2 kenapa permasalahin denom yang mengharamkan rokok. setau gw sih; advent, karismatik kayaknya ya ? [ga jelas juga seh gw]

Wah kalau belum jelas, seyoginya hati-hati dan sebaiknya jika benar gereja Advent dan gereja-gereja Karismatik sebagai lembaga “mengharamkan” rokok biar mereka saja (kalau ada) yang bikin thread seperti ini sebab tentu mereka yang paling tahu ajaran-ajaran gerejanya masing-masing. :slight_smile:

kalu opini gw sendiri;

Saya setuju dan sepaham dengan sis kalau atas nama pribadi-pribadi, tetapi kalau mengatasnamakan sebuah denominasi, apalagi denominasi lain, barangkali kita harus lebih hati-hati…

tapi gw penasaran pengen taw motivasi, alesan2 lainnya pada sodara2 sekalian yang mempermasalahkan denom yang mengharamkan merokok...

Ya penasaran adalah wajar dan beropini juga baik…saya hanya bertanya dan memberikan masukan. Terimakasih mau menjawab saya.

Salam

kamsia brow. :happy0062:

disini gw posisinya sebagai pihak ketiga yang pengen taw motivasi orang2 yang mempermasalahkan denom yang mengharamkan rokok…

Re: Apa motivasi orang2 mempermasalahkan denom yang mengharamkan rokok ?

yang merah = my target, opini individu mereka [yang anti keputusan denom]… kaga perlu mereka sebutin denomnya juga… pure pendapat mereka aja kenapa.
yang purple = not my target include gw bukan mewwakili denom yang mengaharmkan itu.

gw diposisi pihak ketiga aje.

and dibalik semua… tujuan gw begini kira2; ‘KENAPA SELUMBAR DIMATA SODARAMU KELIHATAN, BALOK DIMATA SENDIRI KAGA’…
kalu kalian [yang anti keputusan denom] mempermasalahkan denom itu, tapi kalian sendiri melarang ANAK CUCU ngerokok… apa bedanya dengan denom yang dipermasalhkan…
[padahal keputusan itu juga bukan bwat denom lain… bwat denomnya sendiri… urusan mereka sendiri… ]

begitu penjelasannya.
:slight_smile:

oya satu lagi… kalu motivasi orang2 yang mempermasalahkan denom yang mengharamkan rokok itu berhadapan dengan ayat ini begimane?

4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

silahkeun sodara2… :wink:

Saya ingat di gereja saya pernah dikhotbahkan, jangan kita menambah2kan pengajaran, terutama berkaitan dengan haram mengharamkan. Pengkhotbah itu bilang kalau dia tidak setuju merokok disebut dosa, tapi kalau kita tahu merokok itu tidak baik bagi kesehatan ya jangan merokok. Beliau berkata bahwa dia tidak merokok, bukan karena rokok itu haram, tapi dia ingin memuliakan Allah dengan tubuhnya, dengan cara menjaga kesehatan, yakni salah satunya dengan tidak merokok.

Pada jaman penulisan Alkitab, rokok belum dikenal. Zat adiktif yang dikenal saat itu adalah alkohol, yang ditemukan dalam anggur, misalnya. Alkitab tidak pernah melarang orang minum anggur atau jenis minuman beralkohol lain, tapi dengan tegas mengecam kemabukan. Kenapa bisa mabuk, tentunya karena kebanyakan alkohol. Dan kalau jumlah alkohol terlalu banyak tentu mengganggu kesehatan.

Orang yang tahu minum alkohol kebanyakan dapat merusak kesehatan, tapi tidak bisa lepas dari kebiasaan buruk, menandakan orang yang tidak dapat menguasai diri. Kalau kita baca di Galatia 5:23, penguasaan diri adalah salah satu ciri buah Roh. Dengan demikian, orang yang tak mampu menguasai diri artinya tidak hidup oleh Roh.

Prinsipnya sama untuk kebiasaan merokok. Kalau merokok terus padahal tahu itu merusak kesehatannya, dan juga menguras keuangannya, artinya orang itu tidak dapat menguasai diri.

Rokok tidak menyebabkan kita menjadi jauh atau menjadi dekat dengan Allah. Sebaliknya (ini pandangan saya bukan denominasi tertentu) keterikatan kita terhadap rokok, terutama yang perokok berat, menunjukkan ada masalah dalam kerohanian kita. Dengan kata lain, merokok tidak menyebabkan kerohanian kita terganggu, tapi bisa jadi merokok merupakan dampak/akibat kerohanian yang terganggu.

Saya sendiri kurang setuju kalau ada yang mendoktrinkan rokok itu haram. Itu sama saja menambah2 ajaran yang berasal dari manusia, bukan dari Allah. Masalahnya adalah pada kerohanian si perokok, ada apa sehingga Ia tidak dapat menguasai diri?

Jadi, motivasi saya yang mengkritik (istilah di topik ini “mempermasalahkan”) denominasi yang “mengharamkan” rokok adalah agar orang tidak terjebak ke dalam legalisme seperti yang dilakukan orang Farisi pada jaman Yesus.

very good poin… thanks masukannya brow :happy0062: