Apa Pengaruhnya Mendoakan kebaikan orang lain atau tidak di mata Tuhan ?

Apa Pengaruhnya mendoakan kebaikan orang lain atau tidak mendoakan ? bukankah walaupun jika kita 10000 kali mendoakan pun, namun jika kehendak kita bertentangan dengan kehendak Tuhan, maka doa kita nggak akan digubris Tuhan kan ?

misal
kita mendoakan teman kita Herman agar bisa cepat dapat jodoh paling lambat tahun depan, mengingat usianya sudah 35 tahun.
namun jika Tuhan berkehendak Herman dapat jodoh umur 50 tahun, apa artinya doa kita ? apa gunanya doa kita ?
gw tidak menuntut bahwa setiap doa kita harus dikabulkan oleh Tuhan, fokusnya bukan pada hal tsb, namun pada fungsi doa itu sendiri .

lebih kontras lagi nih, jika Tuhan ingin Herman jadi perjaka tua sampai mati, apa gunanya doa kita ?? doa kita bisa apa ? mau doa siang malam, mau doa 7 turunan, kalo Tuhan sudah berkehendak, maka si herman ya tetap aja jadi perjaka tua… ;D

mending nggak usah berdoa aja dong, toh kalo kehendak doa kita tidak sama dengan Tuhan, maka tidak bakal dikabulkan …

biarkan aja kehendak Tuhan terjadi tanpa campur tangan doa kita ,gimana ?

emangnya kalo kita berdoa rame2 , terus kehendak Tuhan bisa berubah ?

gw beri contoh ekstrimnya lagi nih …

kalo kita kumpulkan seluruh penduduk dunia ini yg berjumlah 6.000.000.000 jiwa misalnya, terus mereka semua berdoa rame2 secara terus menerus agar dunia ini tidak bakal kiamat, namun jika Tuhan sudah berkehendak dunia akan kiamat, maka doa seluruh penduduk dunia sejumlah 6.000.000.000 jiwa walaupun secara terus menerus juga kagak bakal digubris oleh Tuhan, betul nggak ?? ;D

so, what is pray for ??

doa, adalah komunikasi antara dua pribadi yang saling mengasihi

jawaban atas doa ada 3 : ya, tunggu ato tidak …

ya, berarti Tuhan sudah berkehendak atas permohonan kita

tunggu, berarti belum waktunya kita menerima permohonan doa tersebut

tidak, berarti Tuhan tidak mengijinkan dan mengabulkan permohonan tersebut, karena Tuhan memilik suatu rencana lain yang lebih indah dibandingkan permohonan yang kita minta.

yang diilustrasikan bro Zenith, mgkn penyebabnya seperti yang ditulis oleh Nabi Yesaya :

"Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaranNya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga ia tidak mau mendengar, ialah segala dosamu." (Yes.59:1-2).

jadi percuma saja, seorang berdoa dengan menitikan air mata dan darah, tapi orang tersebut tetap melakukan dosa.

ga betul,
lebih bae mencoba daripada ga mencoba
tuhan melihat hati seseorang

mengapa doa tidak dikabulkan ,tuhan punya alasan sendiri
dan ujung-ujungnya semuanya indah…
and tuhan lihat hati seseorang bukan dari keegoisan orang tersebut
tuhan mengabulkan doa asal kita minta sesuatu yang baik bukan untuk keegoisan kita
dan tidak mengharapkan doa itu dikabulkan atau engga
yang penting kita tiap hari meminta dalam doa
seperti seorang anak meminta kepada bapanya
lama-lama pasti permintaan itu diturutin tapi ga semuanya
karna bapa tau yang terbaik buat anaknya

kalau doa jangan minta yang muluk-muluk
kalau misal minta supaya ga kiamat lebih baik minta supaya kita semakin dekat dengan dia dan kuat mempertahankan iman kita …

yang simple ajah gitu…
tuhan bukan budak kita yang harus ngasih semua yang kita minta ^^

ora et labora"

@Zenith
Karena Tuhan bukan cuma melihat isi doa kita tp lbh dr itu, hati kita.
Seperti contoh yg kamu kasih ttg mendoakan teman spy dapet jodoh, mungkin apa yg kita doakan gak sama dgn yg Tuhan inginkan tp Tuhan melihat kasih kita kpd teman kita itu yg memberi nilai plus buat kita di mata-Nya.

Doa yg dijawab sesuai dgn apa yg kita mau memang enak dan baik tapi yg lbh penting dr itu adl kasih kita kpd org itu yg mendasari doa kita.
Saat Tuhan bilang ‘kasihilah sesamamu manusia spt dirimu sendiri’, Dia sekedar meminta kita utk mempraktekkan kasih, bukan utk menjanjikan pasti doa kita dijawab ‘IYA’.
Contoh dr mempraktekkan kasih: membawa teman dlm doa.

Jadi apakah doa kita sesuai kehendak Tuhan, dijawab ato nggak dllsb, gak sepenting kasih kita kpd teman kita yg mendasari doa kita itu.

Di doakan spy orang yang di doakan mengerti kehendak Tuhan

jadi inget lagu

Regina - Doa mengubah segala sesuatu…

pada dasar nya Tuhan mau kita selalu bersandar pada Dia… bukan mengandalkan kekuatan kita…
itu tok…

Kenyataan-Nya, kita tidak selalu tahu rencana TUHAN atau anggaplah kita merasa tahu, tapi belum tentu itu beneran rencana TUHAN.

Dalam situasi ketidakpastian, lebih baik memilih optimis dibanding pesimis dengan terus menyampaikan harapan kita. Yang mengetahui kepastian hanyalah TUHAN, entah itu kepastian terjadi atau kepastian tidak terjadi.

Mengapa terus berdoa? Karena itu jalan satu-satunya ketika tidak ada jalan untuk menunjukkan bahwa kita tidak pernah akan menyerah…

Mendoakan orang lain salah satu bentuk kasih terhadap sesama, yang juga berarti bentuk kasih kepada Tuhan.

Salam

kalau mau dikabulkan Kita harus mendoakan yang sama dengan kehendak tuhan,
karna kehendak tuhan pasti jadi, sebab tuhan tak pernah gagal

GBU