apa sebab ada dan makin ber (+) banyaknya denominasi?

apa penyebab ada dan makin bertambahnya banyaknya denominasi

ada suatu pertanyaan yg membuat penasaran… yaitu kenapa ada denominasi di protestan kenapa bukan hanya 1 protestan saja (ada banyak jenis protestan) dan kenapa denominasi itu terus berkembang (variannya)? pertanyaan begini perlu untuk menyadari apa sebenarnya motivasi membuat denominasi baru? dan apakah benar statement yg penting YESUS/ statment bhineka tunggal ika dalam protestan?

mungkinkah sebuah pernyataan yg teoritis, retorika belaka jika ada yg mengatakan:

  1. yg penting yesusnya,
  2. bukan agama yg menyelamatkan, tapi YESUS.

yg membuat seolah2 perbedaan itu tidak penting, atau bahkan tidak ada, namun pada kenyataannya denominasi terus berkembang. hal yang kontradiktif dengan kenyataan. biasanya denom baru menyebut dirinya pembaharu, pencerah, atau kembali ke yg benar. yg disayangkan lagi adalah, tidak jarang dari atara denom saling mengkafirkan, dan mengejek satu sama lain.

mari kita koreksi diri, apakah bener2 kita satu dalam KRISTUS? atau jangan2 hanya retorika, toritis dengan standar kelewat tinggi? atau juga hanya pembelaan pribadi… dan mari berfikir, apa motivasi mendirikan gereja/denominasi baru? kenapa harus baru, kenapa harus pisah? bahkan tidak jarang hanya karena tidak cocok dengan pendeta, mereka memisahkan diri. dan apa bener bikin gereja baru itu menggiurkan? ada 10 orang kaya, maka akan tambah satu orang kaya, pendetanya. :slight_smile:

kita semua umat Tuhan, seharusnya bersatu seperti harapan YESUS sendiri, supaya dunia tau YESUS putra Allah. dengan demikian kita menjadi saksi KRISTUS.

[i]Yohanes 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Yohanes 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.[/i]

salam

di FK ini, gua ngeliat yang konsisten cuma Pakbrengos seorang…!

gmn menurut kalian ‘yang menghalalkan denominasi’…??

kenapa denominasi itu terus berkembang (variannya)?
krn pengetahuan kita belum sempurna (1 Kor 13:9 dan 12). Jadi wajar banyak tafsir pada hal2 yg belum sempurna tsb. Sama spt anak sekolah yg pengetahuannya belum sempurna, bisa terjadi saling berbeda penafsiran atas ajaran gurunya. Nanti kalau sudah di Surga kita baru akan mengenal dengan lebih sempurna. Yg penting utk keselamatan yakni Kristus. Sehingga yg penting berpusat pada Kristus, memiliki hubungan pribadi dgn Kristus. Yg penting Kristusnya.

apa ya korelasi antara belajar dengan banyak denom? apa belajar harus pecah2? maksud saya apa yg menjadi alasan bikin denom baru?

“Gereja2 baru” ataupun “denom2 baru” khususnya yang biasanya terjadi di type “gereja2 Bapak-anak-Mantu” itu kan jelas motivasinya, nggak jauh2 dari “mamon” lah… :slight_smile:

yang penting Yesus-nya, yang penting Yesus-nya, yang penting Yesus-nya…! ini kata2 yang lugu…!

padahal Yesus sendiri menginginkan semua diselamatkan dan memperoleh pengetahuan kebenaran!
Yesus TIDAK PERNAH mengatakan “Yang penting ‘Aku’…!”

1 Tim 2:4 “yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.”

apakah ayat ini utk melegalkan ‘denominasi’ baru…? denominasi ‘papah - mama - anak - mantu’…?

dalam ayat tsb tidak secuil pun mengartikan YESUS meng-ijin-kan ‘denominasi’…!!

Alkitab tidak mungkin benar di ayat A dan Salah di ayat B…!

Yesus menghendaki Jemaat-Nya => SATU…!

Yohanes 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Yohanes 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

apa ya korelasi antara belajar dengan banyak denom?
krn latar belakang denom antara lain oleh krn perbedaan tafsir.
apa belajar harus pecah2?
yg merasa itu terpecah kan kamu.
maksud saya apa yg menjadi alasan bikin denom baru?
perbedaan tafsir.
"Gereja2 baru" ataupun "denom2 baru" khususnya yang biasanya terjadi di type "gereja2 Bapak-anak-Mantu" itu kan jelas motivasinya, nggak jauh2 dari "mamon" lah
nah kalau yg ini memang ga benar. Biarlah Tuhan yg menghakimi org yg motivasinya kpd mamon.
padahal YESUS sendiri menginginkan semua diselamatkan dan memperoleh pengetahuan kebenaran! YESUS TIDAK PERNAH mengatakan "Yang penting 'Aku'..!"
Bagaimana dgn kata2 Yesus,"di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa." Centernya jelas Yesus, bukan Paus, ataupun Maria.

Yohanes 14:6
Kata YESUS kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Lagi2 pusatnya Yesus, bukan Paus, ataupun Maria.

Kisah 4:11 Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan–yaitu kamu sendiri–,namun ia telah menjadi batu penjuru.
4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Again, pusatnya Yesus, bukan Paus, ataupun Maria.

1 Tim 2:4 "yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran."
Kebenaran...Kata YESUS kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Kembali lagi, berpusat pada Yesus.
dalam ayat tsb tidak secuil pun mengartikan YESUS meng-ijin-kan 'denominasi'..!!
ayat itu utk mengarahkan iman kita pada Yesus, "yg penting Yesus nya".

Sedangkan ayat ttg alasan banyak denominasi sudah saya jawab di post sebelumnya:
krn pengetahuan kita belum sempurna (1 Kor 13:9 dan 12). Jadi wajar banyak tafsir pada hal2 yg belum sempurna tsb. Sama spt anak sekolah yg pengetahuannya belum sempurna, bisa terjadi saling berbeda penafsiran atas ajaran gurunya.
Nanti kalau sudah di Surga kita baru akan mengenal dengan lebih sempurna.
Yg penting utk keselamatan yakni KRISTUS. Sehingga yg penting berpusat pada KRISTUS, memiliki hubungan pribadi dgn KRISTUS. Yg penting Kristusnya.

Alkitab tidak mungkin benar di ayat A dan Salah di ayat B..!
siapa juga yg bilang Alkitab salah di ayat B?
YESUS menghendaki Jemaat-Nya => SATU..!
Satu apa dulu? satu bangsa?satu bahasa?
Yohanes 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
Tidak dibilang harus satu denominasi tuh...Tidak dibilang harus satu tafsiran juga tuh.

Ini khas Indonesia, terutama di pulau Jawa… ;D
Dan di ras tertentu… (ras saya sendiri, jadi jangan bilang saya rasis ya… ;D)

Jawaban ane sederhana:

Yang satu gila kekuasaan yang lainnya gila uang

Bukankah sejarah gereja selalu dipenuhi oleh hal2 semacam itu? Memalukan saja memang…masa ga beda sama agama seberang :’(

Koreksi diri masing2 gak perlu merasa benar sendiri. Tp susah…namanya kecap emang ga ada yg no 2 :char11:

antara lain ya… :slight_smile: jadi krn beda tafsir jadi banyak denom ya… ? so, siapa yg bener nih jadinya? kalau semua disertai ROH KUDUS, berarti semuanya bener ya… meskipun beda2.
alkitabnya jamin bener, tapi tafsir ga dijamin bener, jadi dijamin bener ga ya ajarannya?

iya, itu memang menurut saya mas… jadi ga pecah ya namanya… ? trus apa donk istilah yg tepat untuk menyebut denom yg memisahkan diri? mohon pencerahan dari pelaksanan denom nih… supaya ga salah sebut…

beda tapsir = denom baru ya…

semua selamat, semua sama, semua satu dalam KRISTUS… walau satu babtis selam, babtis percik, satu babtis sah menurut a, satu sah menrut b, satu hari sabtu, satu hari minggu, semua samaa… saja, ga penting itu perbedaan, karena semua samaaaaa… semua samaaaa, beda tapsir ga penting, tapi memisahkan diri, buat denom baru ya… :slight_smile:

hahahaha… kok kesitu mas, apa hubungannya antara pusat nya YESUS dengan paus dan maria… kok bicara itu mas… wah…kok jadi sensitif sih? :slight_smile: saya kan orang luar protestan yg penasaran , apa sih motivasi.penyebab denom bertambah terus,

pusatnya YESUS, YESUS versi a, b, c… heheheheh… pusatnya YESUS, YESUS yg penting, kalau memang begitu mengapa kalian harus pisah… reniungkan pertanyaan saya: kalau yang penting ikut yesusnya, kenapa harus pisah2… apa motivasinya, apakah dengan pisah jadi lebih bener… toh pusatnya YESUS.

hahahaha… iya deh… buat lo lah pokoknya… :afro:

jadi kayaknya yg terbaru yg paling bener dari yg ada kali ya…

jadi sodara sendiri ga yakin akan kebenaran ajaran yg sempurna… gimana sodara mau jadi pekabar injil?

(btw, yg bener nih ga yakin?secara…, orang protestan kalau kothbah huebaaat2 semangatnya, keyakinannya terasa menggetarkan yg nglihat lho…)

coba lihat doa YESUS berikut ini:

Yohanes 17:21supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Yohanes 17:23Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

brother… kita tahu bahwa kita belum memenuhi harapan YESUS tuhan kita… umat Allah memang belum bersatu… bukan perkara protestan banyak jenisnya, namun sesungguhnya antara katolik dan protestan itu juga adalah perpecahan… protestan dan katolik sesungguhnya adalah satu, dari sumber yg sama…

so, itulah yg membuat ada gerakan oikumene… walaupun gerakan itu baru hanya sebatas retorika. kita seharusnya menyadari, dan memperbaiki… bagaimana pun perpecahan adalah kelemahan umat KRISTUS (katolik dan protestan) seyogyanya kita berusaha bersatu… mengusahakan kesatuan bukan hal yg buruk dan dilarang Tuhan. tapi dengan kesatuan umat KRISTUS, kita memberi kesaksian pada dunia, bahwa umat KRISTUS umat yg rukun, bersatu, dan menggambarkan ajaran yg sempurna, bukan ajaran kira2… ajaran KRISTUS kepada kita.

salam…

siapa Paulus… siapa barnabas… siapa Petrus… siapa apolosssssss…
???
bukankah yang terpenting adalah Kristus yang diberitakan???

memang ga penting siapa yg mengabarkan, tapi apa yg dikabarkan…

tapi kalau yg diberitakan beda???

si a: ajaran yesus adalah a,b,c,d
si b: ajaran yesus adalah a,b,c,d
si c: ajaran yesus adalah a,b,c,d
si d: ajaran yesus adalah a,b,c,d

it’s okay… :slight_smile:

tapi kalau

si a: ajaran yesus adalah a,b,d,s
si b: ajaran yesus adalah a,x, y,z
si c: ajaran yesus adalah 1,2,3,4
si d: ajaran yesus adalah j,k,l,a

gimana tuh? mana yg bener? :slight_smile:

kalau yg penting adalah kristus yg diberitakan? jadi apa pentingnya denominasi? kenapa jadi getol sekali dan sibuk berjuang buat denom baru? nah itu yg ingin kita tau papa motivasinya? bukankah yg penting yesusnya?

Dulunya saya tdk begitu paham denominasi… saya anggap semua gereja sama… hehe…

Ya, sy jg bingung mengapa kl pengajaran B itu seharusnya A dan A seharusnya C… :cheesy:

faktor penyebabnya mungkin:

  1. Kekecewaan thdp pengajar
  2. Pemahaman berbeda

Kalau tdk menimbulkan kerisuhan & perpecahan saya anggap sah2 saja (selama msh sejalur) krn seperti halnya zaman Yesus… ada yg sbg pengikut Yohanes pembaptis dan ada jg yg mengikut Yesus
(+) ada jg cerita murid Yohanes yg mau mengikut Yesus

dan saya kira setelah Kenaikan Yesus Kristus hal ini msh terjadi krn dukungan dr 12 rasul + Paulus… :slight_smile:

kenapa beda tafsir…? apa Roh Kudusnya beda…?

lah kalo nga terpecah2 apa namanya begini…!

banyak contoh, misal…
Jl. Bekasi Timur No. 16 = Gereja GKI
Jl. Bekasi Timur No. 18 = Gereja GPIB
Jl. Bekasi Timur No. 20 = Gereja HKBP
Jl. Bekasi Timur No. 25 = Gereja GPDI

coba dijelaskan yang dimaksud contoh (konkret) diatas…!

lah gembala sidang kamu “DR. Stepen Tong” selalu mengatakan bahwa jemaat gereja GRII-nya adalah ‘Gandum’…!

menurut kamu gimana tuh…?

yang jadi pertanyaan “yang diluar itu siapa”…??

apakah 1 Tim 3:15 “Gereja-Nya Tiang Penopang dan Dasar Kebenaran” yang anda maksud ‘di luar’…??
apakah Mat 16:19 “Alam Maut tidak akan menguasai Gereja-Nya” yang anda maksud ‘di luar’…??

Ayat yg sama dipake member katolik di thread sebelah. Pasti bermaksud jualan gereja katolik dan menganggap diri sebagai yg punya syurga dan menganggap non katolik masuk neraka ;D

Post power syndrome :tongue:

Bertambahnya manusia percaya Yesus…
Bertambahnya panggilan Tuhan kepada seseorang untuk jadi penggembala umatNya :afro:

jadi krn beda tafsir jadi banyak denom ya.. ? so, siapa yg bener nih jadinya? kalau semua disertai ROH KUDUS, berarti semuanya bener ya.. meskipun beda2. alkitabnya jamin bener, tapi tafsir ga dijamin bener, jadi dijamin bener ga ya ajarannya?
mana yg benar ya antara thomist dan molinist?semua disertai Roh Kuduskah? berarti semuanya benar meskipun saling bertentangan?masa Roh Kudus saling bertentangan siy?
iya, itu memang menurut saya mas.. jadi ga pecah ya namanya.. ? trus apa donk istilah yg tepat untuk menyebut denom yg memisahkan diri?
trus apa dong istilah utk Molinist dan Thomist itu yg saling pengajarannya saling bertentangan tsb ?
semua selamat, semua sama, semua satu dalam KRISTUS.. walau satu babtis selam, babtis percik, satu babtis sah menurut a, satu sah menrut b, satu hari sabtu, satu hari minggu, semua samaa... saja, ga penting itu perbedaan, karena semua samaaaaa... semua samaaaa, beda tapsir ga penting, tapi memisahkan diri, buat denom baru ya...
yg penting satu agama, satu Paus, satu Magistreum, ajaran saling bertentangan juga ga masalah ya?ajaran saling BERTENTANGAN ga penting, yg penting masih satu Paus, satu Gereja...begitu ya?hahahaha....

Mengenai Freewill dan Predetination serta Grace sudah ada Ketetapan dari Magisterium Gereja:
http://www.newadvent.org/cathen/06689a.htm
http://www.newadvent.org/cathen/06689x.htm
http://www.newadvent.org/cathen/06259a.htm
http://www.newadvent.org/cathen/12378a.htm

Sedangkan Thomist dan Molinist sudah dianggap selesai:
http://www.newadvent.org/cathen/10437a.htm
http://www.newadvent.org/cathen/14698b.htm