APA SEBENARNYA YANG MAU DIBANGUN OLEH GEREJA ? CURHAT

sbg umat Kristus saya merasa heran jika melihat umat lain spt suatu yayasan yg terkenal yg tdk pernah membangun satupun tempat ibadah mereka di indonesia ! tetapi terkenal membantu yg memerlukan.

mereka membangun sekolah2 utk golongan tak mampu, rusun2 murah buat orang miskin, merehab
rumah kumuh penduduk2 miskin, mereka malah membangun perumahan utk korban tsunami aceh.
org miskin yg tdk kuat berobat/operasi tinggal minta bantuan malah sampai diantar jemput ke
rumah sakit, relawan2 mereka mengumpulkan sampah utk didaur ulang dan dari hasil yg dijual bisa
membantu lagi orang2 miskin. dll. dan membantu orang2 miskin di lebih dari 60 negara di bidang
pendidikan, kesehatan ,perumahan, dan lingkungan agar rakyat miskin bisa mendapat sentuhan kasih.
mereka hanya dipimpin seorang wanita tua, kurus dan tdk berpendidikan tinggi,
yg setiap hari berpakaian itu2 saja dan hanya makan sayuran/vegetarian.

Perilaku sebaliknya malah saya lihat pada kalangan gereja, tempat2 ibadah ada yg dibangun
begitu megah dengan pilar2 seperti istana negara.
ada gereja di jakarta yg membeli properti milyaran di luar negeri.

ada gereja yg berencana membangun tempat ibadah seluas 25 hektar tentu punya dana milyaran

apa sebenarnya yg mau dibangun oleh gereja2 ini, gedung yang megah spt istana negara ?
tempat pendeta berkoar2 memberitakan Injil di gedung megah ? dengan pendengarnya orang2
itu juga, mayoritas bangsa miskin ini tidak pernah datang kesitu dan pemimpin2nya tidak
pernah mau menjalin keakraban mengunjungi orang2 miskin yg menderita dan butuh pertolongan ?

lalu bagaimana dengan rakyat miskin yang seharusnya dibangun ?
Yakobus 1:27 Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah
mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya
sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.”

sejak zaman Taurat, Allah selalu memerintahkan agar orang2 miskin dibantu
yakni suku Lewi, janda2, anak yatim dan orang asing yg miskin.
dan Tuhan berkali2 murka kalau mereka diterlantarkan.

di kitab Maleachi 3:10 Tuhan murka kpd bangsa Israil yg tidak memberi perpuluhan kpd
suku Lewi yg miskin.

ini kalau saya bandingkan dgn perjuangan yayasan umat seberang membantu orang2 miskin di negeri ini
rasanya tidak berkualitas. gereja masih belum mengerti apa yang seharusnya dibangun agar
nama Kristus dimuliakan,

Matius 25:44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat
Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau
dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku
berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah
seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Tidak bisakah gereja membangun “lumbung2 penyimpanan” untuk keluarga2 miskin yang butuh
makanan sehari2 atau “rumah2 penampungan” untuk tuna wisma ? Bayangkan jika ditengah2
masarakat yang miskin terdapat ribuan tempat seperti ini untuk membantu sesama saudara,
bukankah nama Tuhan akan dipermuliakan oleh “Lazarus2” ?

CNN Hero Narayanan Krishnan


mudah sekali sihhh menjawabnya… sebab orang2 Tzuchi itu menjawab panggilan TUHAN… sedangkan umat kristen masih belum bisa mendengar suara TUHAN… karena sibuk membangun benteng yang menutupi hati mereka…^^

@bushman
pekerjaan iblis adalah ketika mendorong anak Tuhan(supaya jatuh) sudah tidak bisa lagi , maka iblis akan menarik orang tsb dengan sekuat tenaga.

jangan mudah terprovokasi dengan data, narasi, dialog, debat antar anak Tuhan di manapun saja, karena anak Tuhan sekalipun bukanlah jaminan semua perkataan adalah dari inspirasi ROH KUDUS, saya pribadi melihat bahkan sebaliknya, banyak anak2 Tuhan yang tidak sadar bahwa perkataannya, tindak tanduknya, bahkan perbuatannya ditunggangi oleh setan, kenapa bisa begitu ?

karena masih banyaknya kedagingan, saya ambil dari istilah watchman nee, istilahya adalah KARNAL atau Kristen kedagingan. masih banyak anak2 Tuhan yang perlu dimurnikan, dibakar dalam tungku Tuhan lebih lagi.
Kristen KARNAL inilah yang menyebabkan banyak batu sandungan antar sesama anak Tuhan sendiri, dan mencemari banyak Firman Tuhan untuk dibuat menjadi kepentingan hatinya sendiri.

itu sekilas fakta dari sebagian besar anak2 Tuhan di bumi, bahkan di forum tercinta ini.

anda bisa perhatikan orang2 anak Tuhan yang menulis tentang isu2 seperti ini hanya orang2 tertentu, yang suka menghembuskan isu ini naik dan memblow up kasus2 isu keuangan, perpuluhan, anti teologi kemakmuran dsb.
anda bisa amati sendiri, orangnya ya itu-itu saja, dan beberapa pendatang baru yang ga ngerti apa2 sebagai penggembira saja.

Member2 ini bisa di lihat dengan mudah dan mempunyai kubu sendiri, saling menyokong dan saling memberi tepuk tangan satu sama lainnya bahkan ada member yang sering ngepost tentang perpuluhan mulu ga bosen2 dan motifnya adalah menyebarkan pemahaman sendiri dengan ad hominem, bahkan member yang notabene ‘senior’ ada dibalik mereka.

hati-hatilah dan selektif dalam menerima berita dan isu2 sensitif ini,tanya Tuhan ROH KUDUS apakah kebenarannya dan apakah ditunggangi motif lain seperti sakit hati dan cinta uang.

dan jika memang benar beritanya demikian, apakah hak kita untuk menghakimi hamba Tuhan lain mengingat bahwa kita ini juga sama-sama hambaNya ?namanya manusia, semua orang punya kelemahan dan berpeluang untuk jatuh, dan semakin tinggi level seseorang semakin kuat terpaan angin kepadanya ditiupkan.
justru tugas kita untuk saling menguatkan dan mendukung dalam doa, bantu memerangi segala yang bukan dari Tuhan, bukan malah memojokkan, membuat pahit orang banyak (apsintus), menghakimi yang bukan tugas kita, itu semua keji dihadapan Tuhan.

menuju ke pokok bahasan anda tentang tzu chi dan kemiskinan :

yayasan ini beraliran agama budha, yang berbeda jauh dengan konsep Kekristenan, mereka bisa mencapai surga / kehidupan yang lebih baik dengan melatih diri dan amal baik / kebajikan mereka, atau mereka akan terdepak dengan yang namanya reinkarnasi tingkat rendah, nasib malang, penyiksaan neraka dsb
intinya adalah mereka ‘dipaksa’ untuk mencapai sesuatu yang baik atau mereka musnah lewat yg namanya kebajikan.

berbeda dengan konsep Kekristenan kita, memang semua krn anugrah dan pengorbanan kasih lewat yang namanya iman oleh satu orang, maka seseorang akan diselamatkan dan masuk surga, itu adalah jaminan.

anda bisa lihat dari cara kerjanya, ROH KUDUS membongkar dan membangun dari dalam keluar sedangkan yang lain bekerja secara terbalik, dan satu hal penting : ROH KUDUS bekerja dengan tuntas.

secara kasat mata yang bekerja dari luar kedalam itu seperti kesimpulan anda, tapi kemurnian hati hanya Tuhan yang tahu.
saya juga punya sahabat2 beraliran agama tsb, memang saya akui mereka sangat dermawan, dan baik hati, tapi Tuhan tidak melihat kebaikan seseorang melainkan hati termasuk motivasinya.

tentang kemiskinan,
saya tahu ayat2 yang anda pakai itu benar, bahkan para rasulpun sepakat dalam pelayanannya untuk tidak melupakan orang2 miskin, bahkan ada pembagian khusus untuk pelayanan orang miskin, tetapi apa yang Yesus katakan tentang kemiskinan ?

Matius
26:11 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu.

bahkan Yesus menegur murid2 yang mengecam wanita yang mencurahkan minyak mahal ke kepala Yesus, karena minyak itu bisa dijual dan dialokasikan utk menolong org2 miskin.

lebih lanjut…
firman ini bisa kita lihat sehari-hari disekeliling kita, apa itu ?
kemiskinan selalu ada di sekeliling kita di jaman maju ini,bahkan setelah Yesus sekalipun melakukan penebusan dikayu salib 2000 th yll, apa artinya itu?

artinya bahwa Tuhan bergerak bukan oleh karena kemiskinan dan kebutuhan hidup seseorang atau sekelompok bangsa sekalipun, tetapi Tuhan bergerak karena IMAN seseorang.

Lukas 18
18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

maka akan tergenapi ayat ini, perihal kemiskinan dan kebutuhan orang banyak :

Matius
6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Tuhan ingin kita mencari pribadiNya dulu, bukan fokus kepada kemiskinan (masalah),karena Tuhan bergerak lewat yang namanya IMAN. dan ini adalah hukum universal didunia ini.
Jadi fokus utama gereja adalah IMAN, bukan kemiskinan, setelah itu barulah kemiskinan lewat yang namanya penginjilan atau penjangkauan melalui firman Tuhan ataupun kita sebagai garam / berkat di sekeliling, bisa berupa kemanusiaan dsb.

Dalam Matius yang anda kemukakan itu fokus utama bukan karena orang miskinnya tapi fokus utama adalah Tuhan itu sendiri, melayani karena Tuhan bukan melayani (atas nama) karena kebajikan (kemanusiaan).

bagaimana kita bisa menyelamatkan / menolong hidup saudara2 kita jika kita tidak beriman dahulu pada Kristus ? bisa2 saudara2 non Kris akan bertanya apakah anda yakin masuk surga, dan kita akan jawab “tidak tahu” jika dasar IMAN kita sendiri tidak dibangun terlebih dulu. jika seandainya kita melakukan peperangan kemiskinan ini TANPA KRISTUS, apalah artinya?sama saja dengan badan kemanusiaan dunia,maka pertanyaannya…kemajuan apa yang badan kemanusiaan telah lakukan perihal kemiskinan dunia?

saya trenyuh dan mengelus dada ketika ada member di forum ini yang mengaku berkarya lewat badan tsu zhi ini daripada berkarya lewat gereja.
apa yang akan beliau capai dengan berkarya lewat badan kemanusiaan? mungkin bisa sesaat kemiskinan itu lenyap tapi segera dan pasti timbul lagi, bisa nama baik, bisa reputasi,bisa belas kasihan.
tapi saya katakan kepada anda bahwa semuanya itu akan sia-sia tanpa nama KRISTUS dimuliakan.

anda pernah membaca kisah diAlkitab, ketika ada seseorang yang buta semenjak lahirnya di sembuhkan?untuk apakah Tuhan menciptakan orang cacat ? jawabnya adalah UNTUK KEMULIAAN NAMA TUHAN dinyatakan. (Yohanes 9:3)

Injil / kabar baik / Firman Tuhan akan sendirinya membawa segala kepenuhanNya tentang kemakmuran,kesembuhan,keselamatan ketika Ia dikabarkan.

Jadi saya boleh jawab dalam pengetahuan saya, tugas GEREJA yang UTAMA adalah MEWARTAKAN KABAR BAIK kepada setiap orang seperti yang Tuhan amanatkan, maka dengan sendirinya Roh Tuhan akan memerangi segala kemiskinan dan segala yang jahat dibumi.

bagaimana jika kita sebagai umat tidak tahu apa2 tentang Kristus? maka tugas Gereja pun memberikan pengajaran sebagai dasar Iman yang sehat.
Ga semudah dan sesimpel yang kita perkirakan kan ?

1 Petrus 4:17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?

yang jadi pertanyaan… yang manakah yang tidak percaya akan injil ALLAH…???

Simple aja christianity not churchianity :afro:

thats very inspiring man !
people with christianity or people of churchianity

Ane coba komen dari sudut pandang lain :

IMO, apa yg masbro @bushman kalahari (unik banget namanya) kemukakan di atas adalah “benar” tapi itu bukanlah “kebenaran”. Kenapa bukan kebenaran? Karena “data-data” yg masbro masukkan hanya berdasarkan apa yg masbro tahu saja. Apakah masbro pernah melakukan penelitian atau survei berapa banyak orang kristen di seluruh dunia baik individu, gereja, yayasan/organisasi atau bahkan suatu negara melakukan hal-hal yg dilakukan oleh Yayasan Tzu*Chi dan bahkan lebih dari itu? Silahkan masbro memulainya dengan google.

Kita ambil contoh Ibu Teresa (misalkan katolik & kristen dianggap satu karena sama-sama percaya Yesus Kristus), pada saat kematiannya, Ibu Teresa telah membuka 517 misi menyambut orang miskin dan sakit di lebih dari 100 negara (info dari google). Itu baru satu orang saja, masbro.

Ane bukan bermaksud memperbadingkan kebaikan apa yg sudah dilakukan Yayasan Tzuchi dengan Ibu Teresa tapi kurang etis rasanya mengeneralisasi permasalahan berdasarkan fakta-fakta yg terlalu sedikit dan tidak membatasi ruang lingkup permasalahan. Sehingga sadar atau tidak sadar, IMHO, masbro sudah “mencap” seluruh orang kristen di indonesia (individu ataupun golongan) tidak lebih baik daripada Yayasan Tzuchi. CMIIW.

saya mohon tanya apakah
mother teresa is the greatest HOAX ? bukan saya yg bilang tetapi dari ribuan sumber2 di internet
yg menyelidikinya konon tdk pernah membangun satupun RS di india, org2 miskin diberi obat kadaluarsa dan “ditahan” utk propaganda mencari donatur diatas lantai, sedangkan sewaktu dirinya sakit minta diinap
di RS nomor satu di AS.

ya benar ada 517 coba anda baca lagi nasib mereka :
The research paper claims that the celebrated nun had 517 missions in 100 countries at the time of her death, but that the majority of patients were not cared for properly and many were left to die, according to the university website. In addition, the Vatican is said to have ignored a doctor’s assertions when it concluded that a Mother Teresa miracle healed a woman who had tuberculosis and an ovarian cyst.

http://www.huffingtonpost.com/2013/03/04/mother-teresa-myth_n_2805697.html

http://keepglennbeck.com/worldview-times/article.php?articleid=883

http://natureorgod.lefora.com/2010/11/28/mother-teresa-the-greatest-hoax/
http://motherteresawasafraud.blogspot.com/
http://indianrealist.com/2008/12/21/hoax-of-mother-teresa/
http://natureorgod.lefora.com/2010/11/28/mother-teresa-the-greatest-hoax/

sorry bukan anti katolik hanya berikan fakta2.

@bushman kalahari :

Langsung ke topik ya. Ane juga sewaktu mo copas soal bunda teresa juga sempat tentang itu. Kalo masalah itu jadi ganjelan, bagaimana dengan Bill Gates? Silahkan masbro membaca selengkapnya di wikipedia tentang apa yg sudah Bill Gates lakukan untuk dunia.

SEKALI LAGI, ane tidak bermaksud berdebat soal kebaikan siapa yg paling mulia. Tuhanlah yg menilai. Maksud ane adalah supaya jangan sampai kita mengeneralisasi permasalahan hanya dari sudut pandang kita hingga mengeluarkan pernyataan hanya berdasarkan data/informasi yg terbatas.

yg saya tau si bill tuh memperkenalkan oral sex nya dgn monica lewinski ke seluruh dunia

orang2 yayasan non kristiani memang banyak yg kebajikannya berlebih.
tetapi kita diselamatkan oleh darah Domba Allah bukan oleh kebajikan kita.
toh cuma Yesus yg berkuasa bangkit dari kematian mengalahkan maut.

trit ini dibuat sekedar perbandingan, bukan utk memuji2 perbuatan mereka.
dlm pandangan pribadi saya sesuai dgn iman kristiani mereka tdk akan mengenal
kebangkitan orang mati oleh Yesus Kristus. mereka hanya mengenal kebangkitan
orang mati utk DIHAKIMI oleh YHWH sesudah 1000 tahun pemerintahan KRISTUS.

intermezzo, yg u mksd itu bill clinton bukan bill gates…hehe…
monggo lanjutkan

and menurut saya, jawaban sangat lengkap dan detail sudah ditulis oleh bro PI…silahkan dibaca dan diresapi…

@bushman kalahari :

apa sebenarnya yg mau dibangun oleh gereja2 ini, gedung yang megah spt istana negara ?
tempat pendeta berkoar2 memberitakan Injil di gedung megah ? dengan pendengarnya orang2
itu juga, mayoritas bangsa miskin ini tidak pernah datang kesitu dan pemimpin2nya tidak
pernah mau menjalin keakraban mengunjungi orang2 miskin yg menderita dan butuh pertolongan ?

Ane sedikit paham kalo masbro sedang mempertanyakan kondisi & kegerakan gereja yg dalam pandangan masbro seperti melenceng dari tujuan yg semula seperti pada gereja ketika jaman para rasul. Tapi apakah SEMUA GEREJA di Indonesia spt yg masbro katakan. Apakah masbro pernah mengadakan riset & survei seluruh gereja di Indonesia dari sabang sampai merauke dan menemukan bahwa memang benar gereja-gereja di Indonesia spt yg masbro sangkakan?

ini kalau saya bandingkan dgn perjuangan orang2 tzuchi membantu orang2 miskin di negeri ini
rasanya tidak berkualitas. gereja masih belum mengerti apa yang seharusnya dibangun agar
nama Kristus dimuliakan,

Jadi menurut masbro, sejak agama kristen masuk ke indonesia berabad-abad yg lampau hingga saat ini, seluruh gereja Tuhan MASIH BELUM MENGERTI apa yg seharusnya dibangun agar nama Kristus dipermuliakan?

Yayasan Tzu Chi merupakan salah satu jawaban konkrit atas berbagai kesulitan hidup yg dihadapi rakyat miskin negeri ini. Yayasan ini merupakan lintas agama dan tidak memandang SARA utk menjadi anggota.
Di dalam yayasan ini kami merupakan sekumpulan kecil masyarakat yg terketuk hatinya utk berbuat lebih banyak dalam mengamalkan kebajikan yg dapat dinikmati banyak orang yg tidak mampu. Salah satu prinsip kami adalah banyak mendengar kebajikan, tapi lebih banyak berbuat kebajikan . Kami berusaha utk menjadi garam atas negeri ini yg sudah terlalu banyak dirundung musibah. Inilah memang salah satu cara kami memuliakan & menyenangkan hati Tuhan.

Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Tuhan ingin kita mencari pribadiNya dulu, bukan fokus kepada kemiskinan (masalah),karena Tuhan bergerak lewat yang namanya IMAN. dan ini adalah hukum universal didunia ini.
Jadi fokus utama gereja adalah IMAN, bukan kemiskinan, setelah itu barulah kemiskinan lewat yang namanya penginjilan atau penjangkauan melalui Firman Tuhan ataupun kita sebagai garam / berkat di sekeliling, bisa berupa kemanusiaan dsb.

Bro PI, ayat ini konteksnya lebih ke arah kekuatiran ( orang-orang yg kuatir akan hidupnya ), shg Tuhan Yesus mengeluarkan firman ini.
Kalau ttg iman, karena saking berimannya sebagian org kristen, ada yg gak masuk surga.

Mat 7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan , bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Mat 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan! "

Bisa di bayangkan, iman seperti apa sampai mengadakan mujizat dan bernubuat demi nama Tuhan?
Kalau hukum universal iman, gimana bro, yg namanya teroris? mereka mengimani kalau membunuh org yg tidak sepaham dengannya masuk surga, dan itu mereka lakukan sampai hari ini, karena imannya.

Menurut saya, dengan menjadi terang dan garam dunia melalui perbuatan baik, maka orang bisa memuliakan Tuhan.
Mat 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Memang kemiskinan sll ada di sekitar kita, kalau kita tdk melakukan apa2, apakah kita bsa di sebut org beriman? Paulus aja menyebutkan iman tanpa perbuatan mati, dan yang terbesar dari Iman, Perbuatan, Kasih adalah kasih.
Tuhan Yesus selama di dunia banyak melayani orang2 buta, lumpuh, orang miskin, dan hatinya sering tergerak oleh belas kasihan.
Sampai saat ini memang banyak gereja terlena dengan membangun gereja, memperbagus sound system, dan jarang memperhatikan orang tidak punya, tak heran kasih Kristus jarang di kenal org.
Boleh berfokus pada iman, tapi bukan iman teori, iman himbauan, melainkan iman dalam bentuk perbuatan nyata.

bagaimana kita bisa menyelamatkan / menolong hidup saudara2 kita jika kita tidak beriman dahulu pada Kristus ? bisa2 saudara2 non Kris akan bertanya apakah anda yakin masuk surga, dan kita akan jawab "tidak tahu" jika dasar IMAN kita sendiri tidak dibangun terlebih dulu. jika seandainya kita melakukan peperangan kemiskinan ini TANPA KRISTUS, apalah artinya?sama saja dengan badan kemanusiaan dunia,maka pertanyaannya.....kemajuan apa yang badan kemanusiaan telah lakukan perihal kemiskinan dunia?

Kalau menolong hidup saudara yg tidak beriman, maka berbuat baik lah semampu kita. Biarlah iman kita di nyatakan mll perbuatan baik kita, pasti mereka ada terbantu.
Kalau menyelamatkan orang, kita tdk bisa, bro, karena kita bukan Mesias. Lagian Mesias yang telah mati bagi semua orang di dunia aja blm tentu mau di terima mereka.
Kalau ada nonK yg tanya apakah kita yakin masuk ke surga, seharusnya karena anda percaya Kristus, jawab percaya, kalau ada pembicaraan yang tidak bisa kita jawab, jujur aja blg pengetahuan kita kurang memuaskan, bikin janjian ketemuan lagi, selanjutnya kita bawa teman, atau pembimbing rohani yang telah berpengalaman dan berhikmat utk menjawab, pasti mereka akan memaklumi.
Sebelumnya maaf jika ada kesalahan… :slight_smile:

kalau menurut anda yang mana dulu mengasihi Tuhan dengan segenap hati atau mengasihi sesama kita ?
GBU

kalau mengutip kata2 anda “sejak agama Kristen masuk ke indonesia berabad-abad yg lampau” apakah
anda menunjuk gereja katolik yg masuk duluan di zaman kolonial, anda toh bisa lihat sendiri apa yg dibangun
gereja tsb selain sekolah2 mahal buat segelintir kaum priyayi dan org2 kaya. lainnya apa ? bangunan2 katedral yg megah ? terus menjadi penonton aksi kolonialisme selama 3.5 abad ?. coba anda jelaskan apa
yg dibangun gereja tsb utk rakyat banyak di zaman tsb.

imho mengasihi sesama = mengasihi Tuhan
tidak mengasihi sesama = tidak mengasihi Tuhan