Apa sih definisi " LAHIR BARU " ?

Apa sih definisi " LAHIR BARU " ?

Terimakasih.

GBU !

Yohanes
1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Tentang definisi Lahir Baru, artikelnya panjang…
Bisa dibaca di http://www.sarapanpagi.org/lahir-baru-vt909.html#p2492

Kelahiran Baru.

1 John 5 : 1 Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya.

Seseorang yang dilahirkan kembali adalah peristiwa yang nyata dan besar dalam kerajaan Sorga. Bahkan ada saksi yang menyaksikan.

1 John 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga:

  1. Bapa,
  2. Firman dan
  3. Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.

5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]:

  1. Roh dan
  2. air dan
  3. darah dan ketiganya adalah satu.

1 John 5 : 12 Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.

Selama hidup baru ini tetap berlangsung dan tumbuh dengan sehat, ketiga kesaksian kelahiran baru akan tetap nyata dan segar dalam hidup kita. Tiga saksi ini terus menerus memancarkan kesaksiannya tengtang kehidupan kita selama hidup yang baru masih “menyala” didalam kita. Tetapi selekasnya hidup yang baru ini terganggu maka kesaksia dari tiga saksi ini juga menjadi remang remang – kabur, dan kalau hidup baru didalam orang ini sudah tiada lagi, mati, maka kesaksian kesaksian tiga saksi ini juga lenyap.

SAKSI.
Apakah saksi itu??
Saksi ialah seorang atau suatu benda yang membuktikan suatu perkara dari seseorang.

SIAPAKAH SAKSI ITU??
Di Surga : Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh
Di bumi : Air, Darah, dan roh.

Bersaksi dari hal apa??
Dalam rencana Allah, manusialah pusat pemikirannya. Bukan zaman, bukan binatang atau pohon atau gunung atau emas dan sebagainya. Semesta alam dan seisinya akan lalu, habis dan bahkan langitpun lenyatp, tetapi hanya manusia (roh) tinggal kekal dalam neraka atau sorga bumi baru dengan Allah.

Jadi semua ini menyaksikan manusia.

  • manusia yang dilahirkan dari Allah (yang percaya pada Anak Allah memiliki kesaksian dalam dirinya.

1 John 5 : 10 Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya

  • ada hubungan antara saksi saksi di bumi dan saksi saksi di Sorga. Saksi di bumi adalah tanda dari kesaksian di Sorga.
  1. KESAKSIAN ALLAH BAPA.

Ayub 1 : 8 Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.

Sesudah Allah memeriksa ayub, didapatinya suatu kehidupan yang benar, sehingga DIA dapat bersaksi dari ayub, bahwa ia seorang yang benar.

Bagaimana dengan kita?? Apakah kita juga berdiri dengan benar dihadapan Allah yang dapat melihat dan mengetahui segala perkara, juga pikiran kita??
Allah sudah memeriksa semua manusia dan IA berkata : semua manusia sudah berbuat dosa (Roma 3 : 23) dan upah dosa adalah maut (roma 6 : 23).

Lalu bagaimana kita dapat berdiri benar dihadapan Allah?? DENGAN KELAHIRAN BARU. Dilahirkan kembali berarti berpindah dari kerajaan gelap masuk dalam kerajaan Terang, berarti menjadi Anak (angkat) Allah dan didalamnya termasuk pemberesan dosa, sehingga selamat.

Andaikata segera sesudah lahir baru lalu mati > masuk Sorga.
Karena segala dosa dosanya sudah disucikan oleh Darah Yesus -

Wahyu 1 : 5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya –
(:6 )dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, – bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

Yang sudah disucikan dari dosa – tiada kenajisan lagi – baru boleh masuk sorga

Wahyu 21 : 27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

percisny spt yang diakatakan YESUS kpd Om Niko :smiley:

1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi.
2 Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.”
3 Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”
4 Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?”
5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Allah jadi saksi dari kelahiran baru ini.

Ia menyaksikan bahwa semua dosanya sudah lenyap, ia menjadi bersih, suci, seolah olah belum pernah berbuat dosa.
Wahyu 3 : 4 Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu… INILAH TANDA KESAKSIAN ALLAH BAPA ATAU TANDA AIR.
Mat. 3 : 15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanes pun menuruti-Nya.

TANDA AIR BERARTI KEBENARAN DIHADAPAN ALLAH.

Kis. 2 : 38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Sesudah kita dibaptiskan kembali, kita menjadi putih bersih / suci (ingat Naaman, sesudah dipermandikan di s.yordan, daging kilutnya menjadi baru seperti bayi, seolah olah dilahirkan kembali) 2 Raja 5:14 Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

Yohn 13 : 10 Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua.

Sesudah mandi, kita masih harum berjalan diatas bumi dan kadang kadang kaki kita jadi kotor kembali. Bagian yang kotor saja yang perlu dibersihkan lagi, supaya kembali suluruh tubuh menjadi brsih.
Begitu pula setelah dibaptis (dan lahir baru ) kita sudah jadi suci (ada tyanda air, ada kesaksian Allah Bapa bahwa kita didapati dalam kebenaran.

Tetapi sesudah itu kita masih harus hidup didalam dunia yang penuh dosa.

kadang kadang kita berbuat dosa lagi, maka kesaksian Allah tentang kebenaran kita hilang, sebab kita tidak lagi berdiri benar di hadapan Allah. TAK ADA LAGI TANDA AIR dalam diri kita. Wai kalau mati dapa saat itu, dapat diumpamakan seperti anak terhilang yang mati di negeri asing, mati dalam dosa.

Wahyu 21 : 27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.
Andai klata dosa diijinkan masuk (karena kita sudah bertahun tahun mengenal Allah) , maka setan akan protes dengan keras pada Allah. Setan akan berkata, kalau dia dengan dosa boleh masuk, maka Engkau Allah, harus adil dan mengijinkan saya (iblis) juga masuk surga. Kalau ini terjadi, maka surga akan kembali berobah menjadi neraka. . tidak mungkin. Dosa tidak boleh masuk. Anak Allah yang tunggal sekalipun waktu (dosa umat manusia) ditolak oleh Allah sehingga Yesus berseru : Bapa Bapa, mengapa ?Engkau meninggalkan Aku??
Mat. 27 : 46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku.
Sebelumnya Ia tak pernah ditinggalkan BapaNya.
Biarpun kita sudah dipakai dengan heran, penuh mujijat dan kuasa, mengajar luar biasa dan sebagainya, kalau tetap menyimpan atau berbuat dosa, tidak mau bertobat, Allah akan menolak kita dengan keras. Hal ini sudah diperingatkan Tuhan Yesus.
Mat. 7 : 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!
Tak ada dosa yang boleh disimpan. Sedikitpun tidak. Jangan beri tempat pada iblis. Setiap dosa harus diakui, dibereskan dan memohon ampun.
Dosa harus dibasuh kembali oleh darah Yesus, supaya kita kembali dalam kesucian penuh dari Allah. Jangan simpan dosa.

Efe. 4 : 26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu
, 27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Amsal 6 : 27 Dapatkah orang membawa api dalam gelumbung baju dengan tidak terbakar pakaiannya?
28 Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya?

Amsal 28 : 13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Sebenarnya sangat sederhana…
ketika kita sudah mengerti dan mengenal TUHAN… ketika kita sudah meninggalkan cara hidup kita yang lama… ketika kita sudah menempatkan TUHAN sebagai yang utama dalam hidup kita bukan lagi keegoisan…
ditandai dengan curahan ROH KUDUS yang TUHAN berikan dalam hati kita…
itulah saat kita “LAHIR BARU”…

Sebagai tambahan :
inilah yang terpenting… akankah kita tetap menjaga dan menempatkan TUHAN sebagai yang utama dalam hidup kita sampai kita menyelesaikan peran hidup kita sampai akhir…??? sebab banyak yang sudah menerima tapi kemudian menolakNYA karena keduniawian yang sesaat…

Semoga bisa menjadi masukkan…
TUHAN YESUS memberkati…

Lahir baru secara sederhana yaitu menjadi anak Bapa, karena kita menerima Roh Anak.

GBU