Apa Sih Perbedaan orang kristen dengan orang yg tidak percaya tuhan ?

Apa Sih Perbedaan orang kristen dengan orang yg tidak percaya tuhan ?

saya seorang kristen sejak lahir
Namun sekarang saya rasa saya telah kehialangan sebagian besar kepercayaan saya
mengapa ? karna saya mengalami banyak masalah dalam hidup saya.

disini saya hanya berusaha untuk mencari sebuah jawapan yg mungkin dapat mematahka keraguan saya
mohon kiranya dapat membantu saya. kalo ada yg dapat memberi saya jawapan yg saya butuhkan

dan sekarang ada bermacam macam pemkiran di kepala saya yg menghilangkan rasa percaya saya

- mengapa ata penconaan ?
jawapan yg sering saya dapat : untuk mengetahui seberapa besar iman kita

pertanyaan saya : bukankah tuhan maha tau ? apakah tuhan tidak tau sebesar apa iman seseorang,
sehingga harus di mencobai ?

- apa yg bedanya orang percaya dengan orang yg tidak percaya ?

orang percaya diberikan kesehatan ? ya orang tidak percaya juga bisa sehat
orangpercaya diberkati dg harta ? ya orang tidak percaya juga bisa
orang percaya bisa berhasil dalam hidup ? ya orang tidak percaya juga bisa
orang percaya sayang terhadap sesama ? tidak semua orang tidak percaya ada juga yg baik

Jadi kenapa Harus percaya ?

jawaban yg sering saya dapat : itu karna kita tidak melaksanakan perintahnya
ok untuk jawapan ini saya setuju … memang tidak ada manusia yg tidak berdosa
tapi…
bagai mana dg orang yg tidak percaya ??? mereka juga bisa menikmati apa yg dapat di nikmati orang yg percaya?

contoh : kesehatan … kebahagiaan… harta … dlll

jadi apa bedanya ? :rolleye0014:

mengapa ada percobaan?
krn kita dlatih utk makin dewasa dan makin mengandalkan Tuhan dalam hidup kita bro…

bedanya org percaya dengan tidak percaya?
hasil akhirnya beda bro… ketika kita org percaya meninggal krn kita percaya dan krn kasih karunia Tuhan kita masuk surga… :slight_smile:

urusan surga …
bagai mana mau beroikir kesana kalo di dunia nyata … sama saja seperti orng yg tidak percaya ???

ada perkataa yg sering saya dengar :

kita ini adalah anak raja
raja disini adalah maha kuasa …artinya berkuasa atas segalanya … betul nggak ?

sekarang mari kita lihat seorang anak gunernur ( walaupun nakal sekali) contohnya
apakah dia sama dengan anak seorang petani ? tentu tidak

nah bagai mana kalo kita adalah anak seorang raja yg maha kuasa ?
Mestinya sih tidak akan sama dg orang yg tidak memiliki bapak …

jadi kenapa ?

urusan sorga itu penting sekali.
karena kehidupan kita di dunia ini paling banter 7o taon sudah itu mati. kehidupan setelah kematian ini adalah kehidupan yang kekal. .

ketika kita mati, jasad kita dikubur/kremasi, tetapi roh kita tidak mati, roh kita tetap hidup dan tidak akan mengalami kematian lagi.
tempatnya hanya ada di: sorga atau neraka.

orang yang tidak percaya, dia tidak memikir sorga. yang penting hidup hari ini untuk hari ini.

kita yang percaya TUHAN YESUS KRISTUS, dan menerima TUHAN YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT PRIBADI, kita punya kepastian, setelah mati, kita - roh kita - tinggal bersama BAPA DI SORGA.

ikut YESUS tidak sia sia, ada jaminan keselamatan kekal, tidak ada satu nabi, rasul, pendeta, ulama dapat memberikan jaminan keselamatan kekal selain TUHAN YESUS KRISTUS.

Yoh 14:6 Kata YESUS kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

salam

Perbedaannya: pada CARA-nya aja bro…

Tujuan hidup hampir semua manusia sama kok: NEVER ENDING IMPROVEMENT of QUALITY of LIFE

(Kristen= KR, Tidak Percaya Tuhan= TPT)

  1. KR: percaya Konsep bahwa Tuhan yg maha mencipta, mengutus Yesus anakNya, untuk menyelamatkan MANUSIA, blablabla…
    TPT: Konsep nya beda, tidak mengganggap adanya Supreme Being, tetapi MANUSIA tetap harus hidup ada aturannya, saling membantu, blablabla…

  2. KR: Law & Ordernya: Alkitab & Firman Tuhan → Reward & Punishment: Surga & Neraka
    TPT: Law & Order: UU, Konstitusi, atau apalah… → Reward & Punishment: Merit system & Penjara, dll.

  3. KR: Tindakan Manusia yang Baik & Benar → karena sesuai Perintah Tuhan
    TPT: Tindakan Manusia yg Baik & Benar → karena yg memberi impact positif bagi lingkungannya, blabla…

  4. KR: Tindakan yang Salah & Jahat → karena melanggar Perintah Tuhan
    TPT: Tindakah yg Salah & Jahat → karena memgakibatkan dampak Negatif bg org lain & lingk, blabla…

  5. dan seterusnya…

Sehingga TIDAK DAPAT DITARIK KESIMPULAN yg Hitam-Putih mana YANG LEBIH BAIK.
Sebab:

  1. Org KR yang percaya tapi Omdo alias Tidak melaksanakan panduan hidupnya: Bejat juga kelakuannya
  2. Org KR yang percaya dan melaksanakan panduan hidupnya: Tindakannya Baik & bermanfaat bagi lingkungan
  3. Org TPT yg tidak percaya mistik, & apalagi melanggar norma & UU setempat: pasti Bejat kelakuannya
  4. Org TPT yg tdk percaya mistik, tetapi tindak-tanduknya mengikuti Norma & kepantasan yang berlaku: Tindakannya bisa Baik & bermanfaat juga bagi lingkungannya.

Jadi, inti nya Bukan pada Percaya / Tidak Percaya Tuhan → TAPI PADA KELAKUAN dan NIATAN HATI-nya..

Kalau masalah bro yg berulang2 mengalami kendala / musibah (pencobaan mnrt istilah bro…), saya rasa selama manusia masih bernafas, selalu mengalami nya bro…
Yg tidak mengalami adalah kalau yg sudah ko’it… hehe…

Tinggal bagaimana cara kita menyelesaikannya aja…
Barangkali, perlu me-REFLEKSI-kan diri, apakah ada tindakan2 saya yang kurang tepat, sehingga menimbulkan implikasi buruk pada saya sendiri?
Parameter-nya boleh kalau mau pakai Alkitab atau Kitab Suci, atau Norma sosial, atau parameter lainnya.

Sehingga, mudah-mudahan Bro bisa memutuskan Suatu Langkah Perbaikan, yg mudah-2an dampaknya positif.
(istilah nya org yg percaya agama: mendapat wahyu rohkudus… hehe.)

Dan, mnrt saya, Bro mau pindah-pindah keliling dari KR, TPT, Agama A, B, C, TPT lagi, KR lagi, muter-muter terus… selama KITA SENDIRI TIDAK MELAKUKAN REFLEKSI dan KOREKSI atas pengalaman Hidup kita di masa lalu, gue rasa SAMA AJA HASILnya BRO… cuma beda gaya & model-nya aja hehe…

Salam,

beda bgt bro, ketika kita uda ada jaminan keselamatan, kita percaya akan hal itu, hati kita akan dlingkupi dengan damai sejahtera, sukacita dan ucapan syukur krn di luar sana org berbuat baik utk selamat tp kita berbuat baik krn uda selamat

kita memang anak Raja di atas segala raja… anak raja pun bukan berarti bebas dari masalah.
bagaimana anda bisa yakin anda sbg anak raja kl dari anda aja masih ragu dengan apa yg anda percayai?

anak raja itu artinya kl kita punya masalah, kita bs share ama raja, dia yg beri nasehat dan petunjuk kepada kita…raja yg kita punya adalah Yesus Raja di atas segala raja…

saya tidak percaya adanya pencobaan Tuhan, melainkan lebih meyakini adanya konsekuensi logis akibat pilihan seseorang.
contoh: saya mencontek saat ujian, lalu ketahuan guru, terus dihukum harus merangkum buku tertentu di perpustakaan → hukuman ini (buat saya) bukan pencobaan dari Tuhan, tapi hasil dari perbuatan saya (yaitu mencontek)

pertanyaan saya : bukankah tuhan maha tau ? apakah tuhan tidak tau sebesar apa iman seseorang, sehingga harus di mencobai ?

lebih baik jangan terus mempertanyakan itu…iman Anda bisa benar2 habis ;D ;D ;D
tenang saja, Tuhan itu tidak kurang kerjaan kok…lebih baik kerjakan keselamatanmu daripada terus menerus mempertanyakan emosi dan tindakan Tuhan.
percayalah…Anda (dan saya) tidak akan pernah mengerti 100%. ingatlah tentang keterbatasan kita dalam memahami Tuhan.

Jadi kenapa Harus percaya ?

tidak ada yang mengharuskan untuk percaya, Mas… :ashamed0004:
itu PILIHAN ANDA…mau percaya atau tidak itu terserah Anda. tapi ingat juga konsekuensi logisnya.

memilih untuk percaya Tuhan dan berusaha melaksanakan perintah-Nya →
konsekuensi: dibantu saat hidup di dunia dan kelak bisa bersatu dalam kekudusan-Nya (amin)

memilih untuk tidak percaya Tuhan dan selalu melawan perintah-Nya →

konsekuensi: tidak dibantu saat hidup di dunia → silakan cari bantuan dari sesama manusia yang sama2 memiliki keterbatasan, plus kelak terpisah dari kekudusan-Nya

Sippp… mbak hello… saya spendapat dgn mbak…

Cuma, agar lebih objektif diskusinya, saya usul:

Kita TIDAK BERHAK men-judge / prejudice bahwa YANG TIDAK PERCAYA TUHAN itu IDENTIK dgn MELANGGAR PERINTAH TUHAN lho…

Secara global, setuju gak kalau TIDAK PERCAYA TUHAN kita define sbg TIDAK SEPENDAPAT DENGAN KONSEP SUPREME BEING pada BEBERAPA AGAMA yang ada.

Jadi BELUM TENTU selalu korelatif terhadap Kelakuan NEGATIF lho… tetapi TIDAK SEPENDAPAT…

Sesuai topik yang dimaksud apa sih perbedaan orang Kristen dengan orang yg tidak percaya tuhan ?
Perbedaan disini sangat mendasar antara orang Kristen yang percaya Tuhan, dan orang yang tidak percaya Tuhan.

orang yang tidak percaya Tuhan saya bagi menjadi dua bagian sbb:

  1. Yang pertama dia adalah orang yang sejak lahir tidak percaya Tuhan.

  2. Dan yang kedua adalah orang Kristen yang menjadi kristen yang tidak percaya kepada Tuhan. Jadi dapat dikatakan orang yang sudah menjadi kristen menjadi orang kristen tetapi tidak percaya kepada Tuhan.

Perbedaan yang sangat mendasar ini adalah hal yang penting sekali dalam membandingkan orang kristen yang sejati dengan agama-agama lain yang tidak percaya Tuhan adalah kesadaran bahwa perbedaannya mayoritas terletak dalam hal-hal doktrinal.

Ada beberapa perbedaan antara lain sbb:

Orang yang tidak percaya Tuhan.

Orang tidak percaya Tuhan mempunyai keyakinan kepercayaan bahwa mereka dapat menyelamat dirinya sendiri bisa melalui perbuatan baik / usaha sendiri. Karena itu setiap orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri / perbuatan baiknya sendiri tidak mungkin memperkenankan Tuhan karena mereka tidak memiliki Juruselamat.

Orang Kristen yang percaya Tuhan.

Tentang keselamatan.

Kristen mengajarkan keselamatan karena JASA penebusan KRISTUS. Selanjutnya, kita menerima keselamatan itu dengan IMAN kepada Kristus.

Yoh. 14:6Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”

Gal. 2:16Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorangpun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.

Ef. 2:8Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,2:9itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Jadi dari ayat diatas kita dapat mempelajarinya bahwa kita selamat sama sekali bukan karena perbuatan baik. Dan bahkan bukan juga karena IMAN + PERBUATAN BAIK, tetapi hanya karena IMAN saja.
Orang Kristen tidak mempercayai bahwa manusia bisa diselamatkan dengan berbuat baik / tidak ada usaha atau andil dari manusia .

Mari kita lebih teliti lagi bahwa seorang imam dalam PL adalah seorang pengantara antara manusia dan ALLAH. Orang tidak bisa menghampiri Allah semaunya saja tanpa seorang imam. Tetapi setelah Yesus menyelesaikan pekerjaan penebusan dosa manusia, Ia lalu menjadi IMAM BESAR bagi kita.
Setelah Yesus menjadi IMAN BESAR / perantara antara kita dan ALLAH, maka tidak boleh lagi ada IMAM sekarang. Karena IMAM / perantara hanya boleh satu.

1Tim. 2:5Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus.

Karena itulah salahlah agama katolik masih memiliki IMAM sampai sekarang. Oleh karena itu agama katolik mempunyai IMAM sendiri bukan Yesus sebagai perantara antara kita dan Allah.

Jadi perbedaan antara orang kristen dan orang yang tidak percaya sangat jelas dan orang katolik tergolong pada point ke dua diatas yaitu orang katolik adalah orang Kristen yang menjadi kristen yang tidak percaya kepada Tuhan karena mempunyai IMAM sendiri dan bisa dikatakan juga orang yang sudah menjadi kristen, tetapi tidak percaya kepada Tuhan.

Weleh weleh mas hawk, hehe…

kok ujung-ujungnya ke situ lagi to mas…

Sbnrnya saya sering bingung, Catholicism itu SEBERAPA HEBAT-nya sih mas?
sampai harus diserang bertubi-tubi & sampai dikuliti kalimat-demi-kalimat gitu?

Mereka itu kayaknya biasa aja kok, gak hebat-hebat banget seperti yg sampeyan bayangkan.

Jadi, kalau memang Catholicism itu memang payah & ngawur gitu, biarin aja bro… entar kan ambruk sendiri.
Rakyat, alias masyarakat awam, itu pinter-pinter lho sekarang. Mereka bisa menilai kok.
Jadi, tidak perlu di-bangun opini ke arah tertentu terus.
Jangan menganggap masyarakat awam ini TIDAK CERDAS lho… itu kata Tukul: Under-Istimit…
Itu kan jaman dulu alias paradigma jadul… hehe…

Persis lah, spt Denom-denom sempalan baru yang niatnya cuman cari tambahan omzet perpuluhan.
Coba, sebagian besar rontok sendiri juga kan? tanpa perlu diserang terus-terusan.
Malah biasanya, denom-denom gurem ini yang kotbah-nya offensif banget thd denom induknya, ya maklum, kan mau nambah omzet, kejar setoran bro… hehe…

Salam,

btw, kasian mas Ranggax ah…, pertanyaannya belum kejawab oleh mas Hawk.

sekedan meklarivikasi pertanyaan saya di awal :

Poinya adalah

disini saya tidak berusaha untuk mengintimidasi orang lain dg pemikira pemikira saya
tapi justru tujuan saya adalah mencari satu jawaban yg dapat mengembalikan kepercayaan saya
semua yg saya tulis disini adalah semua keraguan yg ada di dalam hati saya saat ini
karna menurut saya apabila masih banyak keraguan yg tidak terjawab mustahil akan bisa percaya

saya adalah orang yg percaya tuhan
namun seiring dengan waktu dan berbagai kejadian dalam hidup saya mengalami krisis kepercayaan
dikarnakan saya merasa tidak ada perbedaan yg mendasar antara percaya dan tidak percaya
ya sebagianya seperti yg saya tulis di atas

Jadi sekarang ini saya bertanya pada diri saya sendiri kenapa harus percaya dan menjadi orang kristen ?

Dan mengenai beberapa pos diatas yg membahas tentang orang kr yg tidak menjalankan dg hati ( kristen ktp)
itu saya sangat mengerti maksudnya

tapi … kita ambil lah contoh orang kr yg paling taat yg ada di dunia ini… apakah dia tidak pernah sakit atau menderita ? karna setahu saya rasul paulus pun mempunya penyaki yg tidak sembuh sampai dia meninggal

nah dikarnakan banyak pertanyaan seperti itu… makanya saya menjadi bimbang da balik lagi “kenapa harus” percaya

Dan Mengenai pos diatas tentang surga itu penting
ya saya setuju … dansaya yakin semua manusia mau masuk surga … tidak terkecuali penjahat :coolsmiley:

tapi didunia ini banyak yg menawarka surga lewat agama agama yg ada
semua pada akhirnya ajaranya menawarkan surga…

dan masalahnya semua mengganggab dialah yg paling benar kalo di tanya pada pemeluknya masing masing. … betul tidak ? kalo enggak percaya tanya aja deh sendiri :happy0025:

nah jadi masalahnya kembali lagi yaitu keraguan
ya seperti yg saya alami sekarang ,dalam hal ini saya sebagai orang kristen.

saya telah berusaha menanyaka ke beberapa pdt. namun saya masih belum beruntung karna belum menemukan jawabaj yg saya cari
ya semoga di forums ini saya mendapatka sedikit jawaban yg memuaskan yg dapat di terima kebenaranya

dan semoga tidak seperti jawaban yg sering saya dapat
diantaranya :

-kamu akan sembuh… ko belum sembuh… belum waktunya … kapan waktunya… enggak tau ???
-kamu akan di berkati… makan aja susah… belum waktunya … kapan waktunya… enggak tau ???

  • dan bla bla bla

nb: sekali lagi disini saya tidak berusaha untuk mengintimidasi orang lain dg pemikira pemikira saya
tapi justru tujuan saya adalah mencari satu jawaban yg dapat mengembalikan kepercayaan saya

ranggax, yang anda tuliskan itu semua menjurus pada kehidupan fana ini saja

anda mendapat kesulitan hidup. … bukan hanya anda, tetapi semua manusia mengalami kesulitan hidup. ada yang berat ada yang ringan.
dan juga hewan hewan juga mengalami kesulitan hidup. OK ?

jadi tidak usah lagi memikirkan apakah ini cobaan atau bla bla bla …karena semua manusia bahkan hewan mengalami kesulitan hidup.

mengenai agama, didunia ini ada banyak agama yg ditawarkan.

berbicara agama, berarti berbicara ttg hari akhir bukan ? hari akhir yg masih tidak jelas didepan

dihadapan anda, disodor kan begitu banyak agama.
anda bisa memilih, mana agama yang menurut anda yang yang paling benar
tetapi ingat juga, apa yang anda anggap paling benar, belum tentu kebenaran dihadapan TUHAN.

mas, mengenal TUHAN itu butuh waktu yang panjang
terkadang melalui lembah air mata
penderitaan
kesesakan

disitulah, kelak anda akan mengenal DIA YANG HIDUP itu

lihatlah mazmur Daud 23

1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

jangan pikir, mazmur daud ini ada karena daud hidup senang bergelimang harta dunia

tidak

Daud mengalami berbagai kesesakan di dalam hidupnya

daud mau di bunuh oleh Raja Saul
daud mau di bunuh oleh anaknya sendiri
daud melihat anaknya mati ditangannya
daud harus berperang melawan bangsa asing yang mau menghancurkan israel

Pengenalan akan Tuhan, itu tidak akan terjadi di masa suka ria
melainkan, biasanya terjadi di lembah kekelaman, di masa sukar

semoga anda mengerti tulisan saya

GBU.

btw, ranggax apakah anda Kristen ???

scara kasat mata tidak ada… karena dimata dunia, atau didunia mereka itu sama aja, butuh makan butuh minum, bergerak, bekerja, bercanda dan bla bla…

mungkin perlu anda mengungkap kembali permasalahan hidup anda…

Tuhan tidak akan mencobai kamu… [b]Dia mengasihi kamu, selalu mencari kamu melalui Roh KudusNya…

dan betapa senangnya Dia saat menemukan anda…[/b]

(percaya gak percaya ya?)

matius 18:12-14
18:12 "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya
sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi
mencari yang sesat itu?

18:13 Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar
kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak
sesat.

18:14 Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."

Tuhan TIDAK AKAN MENCOBAIMU, DAN TAKKAN PERNAH MENCOBAIMU…

dunia sudah mempunyai ketentuan2nya sendiri, yang Allah juga telah memberi gambaran akan itu…
dari berbagai macam jenis dan warna dalam kehidupan, kesakitan dan penderitaan…

[i]3;17 …dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu

3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;

3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu…
kejadian 3:17-19[/i]

namun didalam YESUS memberimu penghiburan, dan harapan agar tak engkau sperti kehilangan arah, agar masalah2mu tidak engkau sampaikan kepada penguasa dunia, yang membawa kepada kebinasaan…

contoh nya malah ikut minum2an keras, narkoba, atau suicide bila sampai pada tingkat depresi tingkat tinggi…

Matius 11:28-30

[i]11:28 Marilah kepada-Ku , semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan. "[/i]

yup, kepercayaan itu bukan yang dipaksakan… namun bekerja didalam dirimu sendiri…
jadi gak usah memaksakan diri untuk menjawabnya knapa tidak percya…

tidak ada bedanya… sbab masalah mu mungkin telah menutupi semuanya, hingga tidak ada spasi untuk mengurusi apa yang membuatmu percaya, dan apa yang tidak membuatmu percaya…

Anda salah duga kalau saya menyerang? posisi TS sekarang ini juga sama dengan umat katolik, lihat pada point yang kedua penjelasan saya.

Orang bisa saja menjadi Kristen namun bisa saja dalam pertumbuhan imannya mati, karena imannya tidak bertumbuh dengan benar dapat dikatakan juga ia adalah orang Kristen dan menjadi Kristen tetapi tidak percaya kepada Tuhan.

Apakah ada kata-kata saya yang salah? Bagi kita orang Kristen harus merasakan pengalaman dalam pertumbuhan iman dengan Kristus, dan perlu kita membangun menasihati dan mendorong iman yang tidak bertumbuh agar bisa mengalami pertumbuhan iman lagi.

Sebab pengalaman dalam pertumbuhan iman dengan Kristus harus dialami oleh siapa saja, walaupun bukan orang percaya, baik orang yang setelah dewasa baru mengenal Kristus maupun yang telah menjadi Kristen sejak lahir.

Jadi, bukan berarti kalau seseorang telah menjadi Kristen sejak lahir tidak bisa mengalami/tidak perlu mengalami pertumbuhan iman dengan Kristus, begitu juga sekarang TS walaupun sudah menjadi Kristen dalam pertumbuhan iman dengan Kristus mengalami krisis kepercayaan, dan jangan salah sangka bahwa pertumbuhan iman itu tidak dapat diwarisi.

Jadi pengalaman dengan Kristus harus ada menuju kedewasaan iman. Dan berawal dari suatu peristiwa yang disebut sebagai "KELAHIRAN BARU ATAU KELAHIRAN KEMBALI", walaupun khatolik adalah agama Kristen yang sudah beribu-ribu tahun sejak lahir namun mereka tidak berawal dari suatu peristiwa yang disebut sebagai “KELAHIRAN BARU ATAU KELAHIRAN KEMBALI” berarti mereka belum menjadi orang Kristen yang sejati alias Kristen KTP. Kekristenan yang sejati tidak dapat diwarisi, oleh sebab itu semua orang Kristen yang sejati harus memulai kekristenannya dari titik nol yang sama,. yaitu “kelahiran baru”

Lamanya usia Kekristenan seseorang yang selama ini dibanggakan orang katolik sebagai agama yang lebih tua tidak secara otomatis mengubah status seseorang dari Kekristenan yang semu itu, berarti boleh dianggap sebagai orang Kristen yang semu yang dibangunnya berdasarkan adalah Kekristenan yang palsu atau semu itu.

Dengan kasaksian-kesaksian kita melalui tulisan kita juga telah bersaksi tentang kasih karunia Kristus dalam hidup kita. Dan yang jelas banyak penolakan2 dari kalangan2 anti Kristus adalah resiko karena kita bukan melawan daging namun roh roh yang di dunia yang tidak kelihatan ini.

Tuhan Yesus berkata utk mengikuti Dia, kita harus mau memikul salib kita.

ini pertanyaan yg saya anggap lucu…

kenapa ?
justru saya orang kristen dan saya tela beberapa kali mengikuti pendalaman alkitap
tapi justru itulah kadang menimbulkan beberapa pertanyaan

sebagai contoh ni

pada kitap kejadian di uraikan bahwa manusia pertama adalah nabi adam dan hawa
dan mereka mempunya anak … betul ? kalo enggak percaya baca kitab kejadian
yg ganjilnya adalah anak adam ini laki laki
pertanyaan ya adalah:
bagai mana bisa kalo laki laki mempunyai keturunan ? sehingga manusia banyak seperti sekarang ?
saya rasa dalam alkitap tidak ada di jelaskan mengenai hal ini ? terutama di kristen

yg di jelaskan adalah
adam di ciptakan dan hawa di ambil dari tulang rusuk adam
selanjutnya mereka mempunyai anak laki laki
dan tihak pernah di ceritakan kalo adam dan hawa mempunyai anak lagi
nak seterusnya hanya di ceritakan manusia beranak cucu sampai sekarang ?

nah masalahnya bagaimana mungkin anak laki laki bisa beranak cucu kalo tidak ada wanitanya ? ( jangan di jawab kalo itu kuasa tuhan… kenapa ? karna enggak ada di dalam alkitap)

adakah yg bisa menjelaskanya ?

maaf apakah kamu sering ke gereja ? dan membaca alkitab ?
kalo ya
kamu pasti sering membaca di alkita tentang pencobaan yg di ijinkan tuhan
ya contohnya
pada kisah ayub
pada kisah yusup
pada kisah daud
dan mash banyak lagi bla bla

bagai mana bisa kamu bilang “TIDAK AKAN MENCOBAIMU, DAN TAKKAN PERNAH MENCOBAIMU.”
maaf bro untuk masalah ini saya tidak setuju

mas ranggax,

Justru disitu lucunya mas…
Banyak teman-teman kita menganggap ALKITAB atau KITAB SUCI lainnya sebagai DOKUMEN HISTORIS yang ke-Akurat-annya mendekati sempurna, karena dianggap diturunkan langsung oleh Pencipta-nya.

Sehingga, dibaca, ditelaah, dibolak balik, dibaca maju mundur, naik turun, huruf-demi-huruf harus di PERSIS-kan banget, sehingga muncul INTERPRETASI HARAFIAH (TEKSTUAL) yang di TELAN MENTAH-MENTAH dan di PAKSA TELAN sebagai KEBENARAN REALITA KASAT MATA.

Pertanyaan sjenis spt Anda ini banyak lho mas:

  • Masa Adam dari lempung & ditiup?
  • Anaknya Adam & hawa laki semua → gimana beranaknya?
  • Umur Abraham dkk 800 tahun? emang dinosaurus?
  • Maria di hamili oleh Tuhan sendiri? hehe…
  • dan lainnya…

Nah, Kalau Anda TETAP TERJEBAK dalam Pengertian Tekstual Naif seperti itu, pasti banyak timbul keraguan & pertanyaan yang tidak terjawab → maka ada DUA PILIHAN biasanya:

  1. Mempertanyakan & pindah ke tempat lain krn tidak nemu jawabannya… ATAU
  2. di Telan mentah-mentah & pasang Kacamata Kuda… alias Buang Bodi dgn kalimat andalan: Kita Harus meng-Iman-i Firman Tuhan apapun itu… hehe…

Nah, kalau pendapat saya ada DUA HAL mas:

  1. tentang pencobaan / kendala hidup yg anda hadapi: sudah ada di posting saya yg page 1

  2. Tentang Pertanyaan Kalimat-kalimat di Alkitab:
    a. Buku itu adalah Panduan Hidup & Contoh keteladanan positif & negatif
    b. Buku itu BUKAN S.O.P (Standar Operating Procedure) yang harus diikuti Huruf per Huruf,
    sebab jelas: setting lokasinya di Arab, tahunnya bbrp ribu SM sampai sekian ratus Masehi.
    kalau mau diikutin, berarti saya & anda DILARANG memakai Celana dalam dari Karet alias kolor, karena Yesus tidak memerintahkan atau mencontohkan pakai Kolor dari karet.
    c. Banyak konotasi & kiasan di kalimat2 itu → silakan diinterpretasikan secara Terbuka & rendah hati.
    itu aja kok kuncinya…
    Lho interpretasi nya macam-macam dong… ya jelas… emang kita robot?
    Lho mana yang benar? beberapa interpretasi yg berbeda bisa benar & bisa salah…
    Percayalah bahwa: KALAU BENAR: yang benar itu INTERPRETASI-nya, bukan AYAT-nya
    demikian pula : KALAU ANEH/SALAH: yang aneh itu INTERPRETASI-nya, bukan AYAT-nya
    karena Ayat itu cuman SEKUMPULAN HURUF yang TIDAK BERMAKNA, kalau tidak DIBACA & DIPIKIR oleh manusia model kita-kita ini…

d. Yang penting juga: Sekalinya sudah meng-Interpretasi-kan, marilah KONSISTEN dan KONSEKUEN dengan Runutan ke-ber-iman-an tersebut, dan AMAL-kan-lah di kehidupan sehari-hari kita…
Jadi maksud saya, Jangan Standar Ganda (Hipokrit) dan Omdo… hehe…

Udah dulu mas… panjang euy…

Salam

yang pertama :

  1. avatar anda berbau non-k

  2. anda mengaku kristen, tapi anda tidak mengerti isi alkitab. Bahkan soal adam dan anaknya saja anda tidak mengerti.

  3. orang kristen tidak pernah menyebut adam sebagai nabi. Adam bukan nabi, never ever. Dari sini, sudah kelihatan, kalau anda tidak mengenal konsep nabi didalam kristen

kesimpulan saya, anda non-K

mata yg tajam skali bro bejo…momod n mimin, coba diperiksa ranggax ini