Apa tanda-tanda sudah dilahirkan kembali ?

Banyak orang kristen merasa sudah dilahirkan kembali.
Pertanyaan: Apa tanda-tanda seseorang sudah dilahirkan kembali ?

Topik ini sangat penting, maka perlu kita tanggapi dengan serius, sebab Alkitab mengatakan: Seseorang yang tidak dilahirkan kembali dia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. (yoh.3:3)

  • Bagi yang tahu jawabannya, harap menanggapi.
  • Bagi yang merasa pernah mengalami, harap sharing pengalaman.
  • Bagi yang kurang paham dan mau mengajukan pertanyaan, silahkan bertanya jangan malu-malu.
  • Bagi yang mau membelokkan topiknya, mengaitkan ke-denom yang dia kurang suka, guna melampiaskan unek-unek kebenciannya, tidak ada tempat di topik ini.
  • Sebagai orang kristen, saya harap berdiskusi dengan sopan, dan jangan menyombongkan diri dan merendahkan yang lain.

Terima kasih, silahkan dimulai.

Hidup dengan damai dan mengejar kekudusan berdasarkan iman yang benar.

Salam

Ibr 6
6:4 Sebab * mereka yang pernah diterangi hatinya,

  • yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan
  • yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,
    6:5 * dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan
  • karunia-karunia dunia yang akan datang,

Rom 8
8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.

8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

1 Yoh 5 : 2 – 4 Tanda2 anak Allah.
5:2 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.

5:3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,

5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

1 Yoh 3 : 9 Benih ilahi ada di dalam anak Allah
3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.

II Timotius 2 tanda orang percaya
2:7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

Titus 1 tanda orang percaya
1:9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

Kolose 3 TANDA ORANG PERCAYA
3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

Kolose 3 TANDA ORANG PERCAYA
3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

1 Yoh 3 : 10 tanda anak Allah dan anak setan.
3:10 Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis:
setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.

1 Yoh 1, 2, 3 banyak mengaarkan tentang tanda tanda orang yang telah lahir kembali.

Yohanes 10:3
Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.

Ini adalah yang paling jelas.
Orang percaya mendengar suara Tuhan melalui Firman Tuhan , dimana mereka dengan taat dan tekun mempelajari Firman Tuhan.

Penuh warna warni, dengan aneka bold dan underline.
Menandakan gurunya sama.

Dooooooh…

Dear RITA,

Terima kasih.
Anda berusaha menjawab dengan meluangkan waktu, memberikan banyak ayat-ayat.
Hendaknya fokus yang ditanyakan, supaya topiknya bisa mendapatkan kesimpulan yang positip.

Dengan banyaknya ayat-ayat yang anda berikan itu, tidak salah tentunya,
akan tetapi tidak semua ayat terkait pada pokok persoalan, sehingga biasanya orang malas membacanya.
Sebaiknya berikan satu atau dua ayat saja yang langsung menjawab pokok persoalan.

Marilah kita fokus ke pokok persoalan yang ada di topiknya.
Seperti kalau kita mau memasukkan benang ke lobang jarum, jangan ujung benang dibiaskan, akan tetapi lebih difokuskan ke satu titik.

Demikian nasehat saya, dan terima kasih atas ayat-ayat yang anda berikan, yang cukup bagus itu.

Dear Mala,

Memang benar, seorang yang sudah lahir kembali,
hidupnya lebih damai dan jijik melakukan dosa.

Terima kasih atas sharing anda.

Kalau sy ,rasa nya seperti ank hilang yg sudah menemukan rumah bapa,seperti kembali ke tmpt yg sememang nya sy berasal… susah di ungkapkan dgn kata2… perasaan tsb. :angel:

Dear Lily,

Saya dapat memahami, ketika anda lahir baru, betapa suka cita anda, sehingga tidak ada satu katapun yang tepat yang bisa mengungkapkan kegembiraan yang ada di hati anda.

Terima kasih Lily.

Aku rasa tanda org lahir baru: ya tinggal didalam Tuhan.
Org itu percaya akan siapa Yesus sesungguhnya (Tuhan, Messiah, juru selamat, ga ada jalan ke Bapa selain lewat Tuhan Yesus).

Aku rasa org lahir baru itu berbuah (sabar, kasih, pemaaf, preseverance, (lupa buah roh lainnya)).

Setiap saat dia komunikasi / jalin hub. dgn Tuhan ga cuma saat2 tertentu saja.
Dia ninggalin masa lalunya. (Kan sdh mati)
Dia hidup seperti Tuhan Yesus (kan dia lahir dari Allah)

Dear Salt,

Didalam uraian anda ada dua istilah yang perlu diperjelas.
Yang pertama: LAHIR BARU, dia tinggal didalam Yesus dan dia berbuahkan buah-buah Roh.
Yang kedua: PERCAYA, kepada Yesus dan dia akan dibekali dengan beberapa karunia.

Banyak orang beranggapan dan merasa kalau orang sudah percaya kepada Yesus, lalu sudah mendapatkan beberapa karunia, seperti karunia bahasa Roh, mengusir setan, penyembuhan dsb., dia sudah lahir baru.
Paham ini menurut saya, tidak benar.

Yang anda katakan bahwa lahir baru, berarti dia sudah tinggal didalam Yesus dan berbuahkan buah-buah kasih, itu yang benar.

Memang karunia-karunia diberikan kepada orang yang percaya guna menarik orang lain yang tidak percaya menjadi percaya dan mau mengikut Yesus.
Mrk.16:17.
Tanda-tanda ini akan menyertai orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru dsb.

Dari sini jelas bahwa orang hanya bermodal percaya tidak berarti dia sudah lahir baru.

Demikian, semoga berkenan, kalau ada pertanyaan, silahkan.

Kebetulan pertanyaan yang saudara @mbah.Sam ajukan, terdapat didalam buku salah satu hamba Tuhan yang berjudul Becoming a New Person Jilid 1, BAB 4 (Kelahiran Kembali dan Kemenangan serta Bab 5 Tujuh Tanda Kelahiran Kembali) halaman 78-126…Alangkah baiknya, saudara dapat memilki buku tersebut sebagai refrensi…Saya hanya menuliskan kembali secara ringkas dengan gaya bahasa sendiri dengan editan disana-sini tanpa mengurangi makna yang dismapaikan mengenai salah satu tanda kelahiran kembali yaitu “KEMENANGAN”…

Salah satu tanda kelahiran kembali yaitu kemenangan yang mana orang yang dilahirkan kembali selalu hidup dalam kemenangan…( 1 Yohanes 5 : 4 mengatakan, " sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita)…Seseorang yang telah menang akan menebarkan “keharuman” Kristus dan ALLAH selalu membawa kita di jalan kemenanganNYA (2 Korintus 2:14 Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana)…Aroma yang dibicarakan Paulus disini adalah aroma dalam keharuman Kristus dari sutau persembahan hidup yang menang dalam setiap situasi…Paulus juga menggunakan kata “aroma” di Filipi 4 : 18 ketika menunjuk kepada persembahan kasih jemaat Filipi yang, walaupun miskin, namun sangat bersemangat untuk memberi…Namun seorang Kristen yang kalah yang tidak punya aroma untuk ditebarkan…Yang dapat ditebarkan adalah semacam miasma (menyemprot “parfum” keramahtamahan atau daya tarik alami), bau busuk dari sifat egoisnya yang lama

Setelah berkemenangan, kehidupan orang tersebut akan menjadi bukti dan saksi Kristus atas hidupnya (1 Tesalonika 2 : 10 2:10 Kamu adalah saksi, demikian juga Allah, betapa saleh, adil dan tak bercacatnya kami berlaku di antara kamu, yang percaya), (Kisah Para Rasul 20 : 33 , 2 Korintus 7 :2)…Dalam kelahiran kembali, terdapat empat aspek hidup berkemenangan yaitu : Kemenangan atas dosa, Tak Ada yang Mustahil Bagimu (Kekuatan), Menghasilkan Buah, Sukacita…Empat aspek hidup berkemenangan yang saya tuliskan sebelumnya, akan saya jelaskan dibawah ini…(Bersambung)

Kelahiran Kembali- Empat Aspek Hidup Berkemenangan

  1. Kemenangan Atas Dosa

Kita memaklumi, tentu saja, bahwa ada tahap-tahap pertumbuhan rohani. Orang Kristen yang masih baru mungkin masih melakukan hal-hal yang salah akibat ketidaktahuan dan ketidakdewasaan mereka, dan tidak semestinya dari niat yang jahat…Paulus sering menggunakan ungkapkan “tidak tauhkan kamu?” kepada mereka yang belum dewasa…Orang Kristen yang masih baru memang sering lalai dalam hal-hal tertentu, dan kita harus bersabar dengan mereka jika hati mereka benar walaupun kadang mereka terjatuh…Bagi orang Kristen yang sudah lama, bagaimanapun juga, tidak dapat menggunakan ketidakdewasaan rohani sebagai alasan untuk kesalahan mereka atau untuk kegagalan dalam menjalani kehidupan yang berkemenangan

Bagi orang Kristen yang sudah dilahirkan kembali, kemenangan atas dosa merupakan tanda (Yohanes 8 : 36 Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.)…Jika kita tidak dikendalikan oleh dosa, dosa tidak dapat memaksa kita untuk melakukan hal-hal diluar kehendak kita…Karena Kristus telah memerdekakan kita, kehendak kita bebas untuk melakukan apa yang baik dimata ALLAH…Kemenangan atas dosa, tentu saja tidak datang dari kekuatan manusia tetapi dari Roh ALLAH yang diam di dalam diri kita…Itulah artinya diselamatkan oleh AnugerahAnugerah ALLAH bagi kita adalah anugerahNya dalam bentuk hidup baru di dalam Kristus…Hidup baru disertai kuasa yang membawa perubahan dan memampukan kita, yang menyelamatkan kita dari kuasa dosa hari lepas hari…Sehingga hidup kita dapat menjalani kehidupan kekudusan sesuai dengan standar ALKITAB…

Kekudusan bukan berarti lenyapnya kecenderungan daging untuk berbuat dosa dalam diri kita dan bukan berarti bahwa daging tidak menggoda kita untuk berbuat dosa, atau dunia tidak menarik baginya, atau Iblis tidak akan mengupayakan yang terbaik untuk menjatuhkan kita…Jika kita berkata bahwa kita tidak berbuat dosa atau tidak memiliki kecondongan untuk berbuat dosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam diri kita ( 1 Yohanes 1 : 8)…Yang dimaksudkan adalah kita menang hari demi hari, saat demi saat, oleh AnugerahNya cukup untuk kita mengatasi kecenderungan untuk berbuat dosa…(Bersambung)

  1. Tak Ada Yang Mustahil BagiMu (Kekuatan)

Kita sering mengangap bahwa kata-kata Yesus, Takkan ada yang mustahil bagimu” menunujukkan kepada mujizat-mujizat , tetapi itu suatu kesalahan besar (Matius 17 : 20, Markus 9 : 23, Lukas 1 : 37)… Takkan Ada yang mustahil bagimu, memang kita memiliki kuasa atas roh-roh jahatTetapi lebih dari itu, kita dapat menang dalam setiap situasi…Tak ada musuh di dunia ini yang tak dapat dikalahkan oleh kuasaNYa, apakah itu kedagingan, diri sendiri ataupun Iblis…Kata-kata itu juga memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan sehari-hari seorang Kristen

Setiap hari tidak ada yang mustahil bagi AndaJIka ALLAH menghendaki kita melakukan sesuatu, kita dapat melakukannyaJika Ia memberi kita perintah, Ia juga akan memampukan kita untuk melakukannyaJika Ia menyuruh kita untuk mengasihi, Ia akan menguatkan kita untuk mengasihi orang yang sulit dikasihi…Jika ia menghendaki kita supaya menjadi kudus, Ia memberi kita kuasa kekudusan…Oleh karena itu, jika ALLAH memiliki kuasa dan kita memiliki komitmen, adakah alasan untuk kegagalan atau kekalahan???Banyak orang Kristen tidak memiliki kuasa, karena mereka tidak menerapkan kebenaran ini dalam kehidupan mereka…Jika kata-kata “takkan ada yang mustahil bagimunyata dalam kehidupan kita, kita akan mampu memenuhi setiap tugas yang dipercayakan kepada umatNya di hari-hari terakhir ini termasuk menyebarkan injil keseluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu tiba kesudahannya (Matius 24 : :14)…

Kita akan mendapati bahwa segala rintangan dapat diatasi…Mengusir setan dan menyembuhkan orang yang sakit digenapi lewat kuasa yang sama dari ALLAH…Tetapi jika kata-kata itu tidak nyata didalam kehidupan kita, atau jika kita tidak hidup dalam kekudusan yang praktis, maka adalah mustahil untuk berkemenangan dalam sisi apapun dari kehidupan kita…Kata-kata ini pertama-tama mesti diterapkan kita di dalam hati kita dulu, lalu kita akan mendapati bahwa memang tidak ada yang mustahil di dalam kehidupan rohani ini… Sesudah itu baru kita dapat menerapkan ke luar, dengan mengusir setan atau menyembuhkan yang sakit

Yang mana lebih sulit, mengusir setan atau hidup kudus?? Yang mana membutuhkan kuasa lebih besar??setiap orang pernah mencoba untuk hidup kudus memahami bahwa keduanya sama-sama sulit, sama-sama mustahil…Kuasa ALLAH yang dahsyat dibutuhkan untuk mengasihi orang yang sulit dikasihi, demikian juga kuasa yang sama dibutuhkan untuk menyembuhkan orang lumpuh…JIka anda tidak pernah mengalami kuasa itu di dalam diri anda, tentu saja Anda tidak dapat menerapkannya ke luar …Walaupun keduanya adalah pekerjaan kuasa ALLAH, yang satu di dalam dan yang satu di luar, apakah itu berarti bahwa keduanya adalah manifestasi dari kuasa ALLAH yang sama??Apakah itu berarti bahwa, umpamanya, orang yang menyembuhkan dengan kuasa ALLAH pasti adalah orang yang kudus??Yesus memperingatkan kita bahwa tidak selalu demikian adanya

Sangat mengherankan adalah mungkin untuk melakukan pekerjaan eksternal yang besar untuk ALLAH, tanpa kekudusan internal…Ini adalah sesuatu yang perlu dipahami dengan baik jika kita tak ingin tertipu, atau menipu diri sendiri, di zaman yang gelap seperti sekarang ini…Ini sebabnya Yesus berkata (Matius 7 : 21-23)…Orang-orang itu telah belajar untuk melakukan pelbagai macam mujizat di dalam nama Yesus, tetapi mereka yang hidupnya tidak tunduk kepada kehendak ALLAH, tidak akan mendapat bagian di dalam kerajaan surga…

Paulus menyatakan hal yang sama (1 Korintus 13 ; 1-2)…Jadi janganlah kita dengan bodohnya membayangkan bahwa jika kita dapat berbahasa lidah, atau melakukan mukjizat-mukjizat, maka kita berkenan kepada ALLAH, atau menganggap itu semua bukti kelahiran kita kembali…Kita “tidak berguna” (1 Korintus 13 :2) di hadapanNya (dan tentu saja tak ada anak ALLAH yang “tidak berguna” kepadaNYa) jika kita tidak memiliki kasihNya, kekudusanNYA, kepenuhan hidupNya di dalam kita, sekalipun kita memiliki iman yang dapat memindahakan gunung…Ini menunjukkan kemenangan internal atas dosa adalah jauh lebih penting daripada manifestasi mukjizat secara eksternal… (Bersambung)

  1. Menghasilkan Buah.

Jika kita mengaku lahir baru sebagai orang Kristen, apakah kita berbuah, dan buah kita tetap?? Berbuah adalah tanda lain dari kelahiran kembali…(Yohanes 15 :16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.)…Jika anda berbuah, Bapa akan memberikan apa saja yang anda minta kepada-Nya dalam nama YesusTak ada yang mustahil bagi anda, karena anda akan menerima apa yang anda minta…Seperti itulah kuasa yang kita butuhkan untuk menghadapi kenyataan hidup sehari-hari…Kata “apa saja” mencakup segala situasi…Setiap hari yang baru memiliki situasi dan tantangan yang unik…Kita perlu menghadapi setiap situasi, konflik, tekanan, dan pencobaan baru

Dalam setiap keadaan kita memiliki jaminan bahwa apapun yang kita minta, akan kita terima, supaya kita dapat menang atas dosa dan berbuah bagi Tuhan…Ini tidak berarti bahwa kita boleh meminta mobil mewah, atau kemewahan lainnya…Jika kita mengira bahwa ALLAH akan memberikan kita apa saja yang kita minta untuk memuaskan keinginan dan keserakahan kita, itu berarti kita belum memahami Kitab Suci sama sekali…Kita harus belajar untuk menganggap barang-barang duniawi dan sementara ini ( seperti : uang, rumah, mobil, gengsi, dan lain-lain) tak lebih dari sampah apabila dibandingkan dengan hal-hal yang kekal…Apa yang diinginkan oleh manusia rohani bukanlah berkat materi tetapi kemenangan, dan, kerenanya, jaminan terus-menerus akan doa terjawab…

  1. Sukacita

Orang yang dikalahkan tidak memiliki sukacita…Ia menunujukkan wajah yang suram, bukan wajah yang berseri-seri…Sukacita bisanya tidak datang pada orang yang baru saja gagal ujian atau kalah dalam pertandingan…Kekalahan membawa kesedihan, namun Tuhan ingin kita memiliki sukacita…Namun sukacita dirasakan dan dimiliki bagi orang telah menang ( Yohanes 16 :24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu)…Apakah ALLAH membawa kita dalam kemenangan supaya kita dapat berbual??Tidak, tujuannya adalah untuk menyebarkan keharuman kehidupan Kristus kepada orang lain, sehingga mereka dapat ditarik untuk mengenal DIA

Sukacita yang diberikan-Nya kepada kita meluap kepada orang lain, menyegarkan dan menguatkan mereka…Sukacita kita menguatkan mereka yang lemah, dan membangkitkan semangat yang patah…Sukacitamu, bagaimanapun juga, walaupun tidak diniatkan mungkin akan menimbulkan kecemburuan pada orang yang tiada sukacita dan kemenangan…Baru-baru ini saya mendengar kesaksian seseorang yang pernah memiliki kesulitan untuk hidup berkemenangan…Jika melihat orang melakukan hal yang sedikit lebih baik daripadanya, itu sudah cukup untuk menimbulkan rasa kurnag enak didalam dirinya…Jika anda terus-menerus kalah, wajar kalau anda merasa tidak enak berada ditengah-tengah orang-orang yang tampaknya hidup berkemenangan…Bahkan ada yang menjauh diri dari dari orang-orang yang hidupnya tampak berkemenangan…

Orang-orang Kristen yang menerapkan perkataan Yesus dalam hidupnya tidak akan mengenal kekalahan lagi bukan berarti bahwa ia kebal dari penderitaan, kesakitan, kesusahan, kehabisan akal atau penganiyaan…Sewaktu-waktu ia mungkin dijatuhkan, tetapi tidak selamanya tergeletak (2 Korintus 4 : 7 -10)…Hidup yang berkemenangan bukanlah hidup yang mudahKemenangan menyatakan secara tidak langsung adanya peperangan…Bagaimana mungkin ada kemenangan tanpa ada peperangan??dan peperangan rohani tidak pernah mudah…Semakin besar peperangannya, semakin besar kuasa yang dibutuhkan untuk menang…Semakin besar tantangannya, semakin besar pula anugerah ALLAH yang sediakan…Dengan cara ini kita bertumbuh dari kekuatan demi kekuatan…Sesudah satu tahap kemenangan, tantangan yang lebih besar menghadang kita, maka kita masuk ketahap kemenangan yang lebih besar lagi…

Menurut Katolik, tanda lahir baru adalah hidup dengan damai dan mengejar kekudusan, berdasarkan iman yang benar.

Orang yang sudah lahir baru akan dikaruniai 7 karunia Roh Kudus.

Penjelasan silahkan klik disini.

Salam

Intinya lahir baru itu menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat

Meninggalkan manusia lama dan lahir kembali menjadi manusia baru, karakternya diubahkan menjadi mirip Kristus

Karena itu kalau ada yang ngaku ikut Yesus namun tak terjadi perubahan dalam dirinya, patut dipertanyakan

  1. Aku yakin aku tidak lagi nyebut karunia 2
  2. Aku rasa lahir baru itu dia menunjukan buah2 roh didalamnya (kasih, memaafkan, sabar, lupa)

Dear Salt,

Uraian saya sepaham dengan anda, coba anda baca pelan-pelan penjelasan saya.

Orang kalau sudah lahir baru akan membuahkan, buah-buah Roh, yaitu : Kasih, sabar dsb.
Sedangkan kalau orang percaya, akan dibekali dengan karunia, bahasa Roh, mengusir setan dsb.

Dua hal ini harus dibedakan, sebab banyak orang kalau sudah bisa berbahasa Roh, mengusir setan dsb. ,dia menganggap sudah lahir baru.

Bro Sam, presektif pikiran kita berbeda, anda menanyakan tanda tanda orang yang telah lahir kembali, sehingga Firman Tuhan yang menjelaskan kepada anda, apa tanda tanda orang yang telah lahir kembali.

Suka cita, buah2 roh merupakan kewajiban kita.

Dear RITA,

Yang anda katakan itu benar, orang yang sudah lahir baru mempunyai buah-buah Roh, berupa kasih, kesabaran, suka cita dsb.
Dimana perbedaan pikiran anda dan saya, sama bukan !