Apa Tandanya bahwa kita adalah umat pilihan Tuhan ?

Efesus 1 :4

Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kira sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapanNya…

berdasarkan ayat di atas , manusia telah dipilih Tuhan sebelum dunia dijadikan…
yg jadi pertanyaan :
apa tanda nya yg membedakan bahwa si A dipilih dan si B tidak dipilih oleh Tuhan ?

Pada dasarnya sangat sulit untuk melihat tanda sekaligus menilainya… apakah ia dipilih atau tidak dipilih oleh Allah berdasarkan ayat di atas.

Sebab, konteks ayat tersebut bukan ditujukan sebagai alat untuk melihat dan menilai, apakah dipilih atau tidak dipilih Allah.

Tetapi ada ayat dalam 1Korintus 1 yang lebih mendekati dari maksud kamu… tetapi, media yang digunakannya-pun bukan orang lain, melainkan diri kita sendiri.

1Kor. 1:27-28
Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,

Dengan ayat di atas itu kita bisa mengukur diri sendiri…

Apakah hidup kita telah menjadi ‘bodoh’ karena Kristus?
Apakah hidup kita telah menjadi ‘lemah’ karena Kristus?
Apakah hidup kita telah menjadi ‘hina’ karena Kristus?
Apakah hidup kita telah menjadi ‘tidak berarti’ karena Kristus?

Jika semua ukuran itu telah kita alami, maka itulah TANDANYA, bahwa kita telah dipilih Allah untuk taat kepada Yesus Kristus.

1Ptr. 1:2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

Tetapi masalahnya: “Adakah kita mau menerima ukuran-ukuran itu?”

GBU

ROH KUDUS :afro:

caranya adalah…
apakah seseorang itu sudah sadar akan keberdosaannya…
kalau ia sadar maka ia akan meminta pertolongan penghapusan dosa.
TUHAN membuka hatinya untuk mengenal dosanya…
TUHAN menerima permintaan tolongnya dalam penghapusan dosanya…

tak semua orang tahu bahwa ia terhilang dan berdosa, itu lah yang membedakannya…
dan hanya TUHAN yang tau siapa yang berdosa dan terhilang…

hmmm… kristen sih ada ‘3’ bagian

yang terpanggil
yang terpilih
yang setia

tanda si A dan si B,… bisa dilihat dari tingkah lakunya,… perbedaan orang yang sudah menerima Yesus dan belum,… bisa di cari kok di thread yang lain,… tapi gak semua itu sama,… dah Tuhan selalu memperlakukan dengan sama

yang terpanggil,… terpilih,… setia,… sumpah baru dengar gw…

ada di alkitab, cari aja pake bible engine.
kalau susah… cari di kitab wahyu

Calvinisme - Predestinasi. Manusia telah dipilih Allah dari awal.

Satu hal yang dilupakan adalah bagaimana mengenali pilihan itu.

Kalau Anda seorang Karismatik, ini tidak begitu susah dijawab. Sebab Karismatik/Pantekosta mengharuskan seseorang menerima Roh Kudus dengan tanda yang nyata. Dan ini didapat langsung dari Tuhan, sebab Gereja tidak dapat menyiapkan Roh Kudus bagi seseorang. Setiap orang yang menerima Roh Kudus adalah pilihan Tuhan.

2 Kor 1:20-22 Sebab Kristus adalah “ya” bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan “Amin” untuk memuliakan Allah. Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.

Allah telah melihat semuanya sampai selesai, namun manusia harus menjalannya perlahan-lahan seiring dng waktu. Tabir waktu akan membuka perlahan-lahan apa yang sebenarnya keputusan Tuhan.
Selama manusia belum tahu keputusan Tuhan atas dirinya, maka yang dibutuhkan adalah kesetian menjalankan iman dan memegang Janji Keselamatan.

Mengenai predestinasi seharusnya dilihat untuk meneguhkan, bukan untuk menjadi pesimis karena tidak dipilih Tuhan. Itu sebabnya predestinasi pilihan menjadi rahasia Tuhan.

Semoga Posting ini bermanfaat.
Kasih Setia Tuhan beserta kita.

Tandanya: IMAN :afro:

Memang sukar untuk mengetahui siapakah umat pilihan :slight_smile:
Lukas 8:10 Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.

Mungkinkah ada yang menyangka dirinya sudah ada iman tapi padahal semuanya itu hanya diberikan dalam perumpamaan?
Firman dan Roh Kudus adalah jawabanku.

Sukar…kalau untuk mengetahui Si A , B dan C :mad0261:

Minimal … kita sendiri seharusnya “ngeh”… bahwa kita termasuk dlm orang pilihan /yang tertolak sbg orang pilihan ??? :smiley:

tandanya kita mengenali dosa-dosa kita…

Lukas 8:10 Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.

Memang sukar bagi mereka yang diberitakan dalam perumpamaan… Contohnya… sekalipun memandang, alice tidak melihat dan sekalipun mendengar, alice tidak akan mengerti… cuma contoh… :slight_smile:

Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.” Ibrani 12:5-6

Tuhan seakan-akan “memaksa” kita untuk mendekat kepadaNya lewat berbagai macam cara., bahkan terkadang keras caranya dan ga enak., namun itu semua demi kebaikan kita…

tandanya… kalau sudah di sorga hehe… :smiley:

lirik amazing grace (cuma sdikit hasil karya john newton ni) :wink:
Amazing Grace, how sweet the sound,
That saved a wretch like me.
I once was lost but now am found,
Was blind, but now I see.

T’was Grace that taught my heart to fear.
And Grace, my fears relieved.
How precious did that Grace appear
The hour I first believed.

Through many dangers, toils and snares
I have already come;
'Tis Grace that brought me safe thus far
and Grace will lead me home.

karna kasih karunia aku melihat jalan ke kerajaan sorga, kasih karunia juga yang menuntun ku pulang di mana aku berasal :afro:

gunakanlah kasih karunia itu…

Ada yang bilang kalau di Sorga nanti akan banyak yang nyanyi “Amazing Grace”.
Karena orang yang sampai ke sana merasakan begitu besar kasih Tuhan yang menyelamatkan sekalipun sebenarnya sebagai manusia yang berdosa tidak layak memperolehnya. Benar-benar Kasih karunia yang Amazing.

Nah… di neraka banyak yang nyanyi “My Way”. Kenapa? Karena mereka berjalan menurut pikiran dan kemampuan mereka sendiri tanpa mengandalkan dan mengikuti jalan Tuhan, makanya sampai deh di sana. oh… I did it My Way… :ashamed0004:

Chose wisely… :happy0025:

buat aq teringat waktu uda suara tinggi “I DID IT MY…WAY…” wkwkwkwk

LOL gw ngakak baca yang ini…bisa2 aja neh hans…

ehemm2…kayaknya ada yang seru nie…!!!
jadi ingat waktu YESUS dan murid2nya melewati padang bakum, trus YESUS berkata kepada murid2nya: “Lihatlah bunga bakum itu dan burung2 di udara tidaka ada yang memberi makan mereka dan tempat untuk mereka berlindung, tapi BAPA di surga memelihara mereka. apalagi kalian anak2 nya”.
jadi sdh jelas-kan kalau kita bukan hanya umat pilihannya tapi kita juga umat kesayangan-nya.
hehehehe :angel:

Mestinya bayangin dari ekspresi sombong bilang My way berubah jadi ekspresi nyesel n malu karena salah dah sampe ke neraka. whuaaaaaa… aaaa…