Apa yang kita lakukan di dunia ini akan membangun rumah di Surga?Apa Benar?

1.Apa yang kita lakukan di dunia ini akan membangun rumah di Surga?Apa Benar?
jadi apa yang diperbuat,dilakukan di dunia ini akan memenuhi bangunan2 yang ada di Surga?

2.Apakah benar Firdaus sekarang sudah kosong?Surga penuh org?

3.apa benar hades letakanya dibawah bumi dan Taman Firdaus itu letaknya dibawah bumi juga?
ada beberapa ayat FT yg mengatakan segala yang berkuasa di langit,di atas bumi,yang dibawah bumi …
ada juga kisah cerita lazarus dan orang kaya yang melihat lazarus duduk dipangkuan bapa Abraham melihat ke seberang ada jurang maut yang memisahkan?

4.bagaimana kisah video dibawah ini,apakah Alkitabiah?gimana tanggapan mengenai video kesaksian dibawah ini?

Heaven and Hell, 1000 to 1 oleh Park Yong Gyu

Hal Ihwal Neraka 2 - Ps. Indri Gautama
mematahkan teori kaum calvinis sekali selamat tetap selamat,tanggapannya?

  1. jadi ingat kata2 besar upahmu di surga… jadi benar semakin besar pengabdian kita pada TUHAN semakin besar upah yang diberikan TUHAN pada kita… termasuk rumah…

Dalam konteks bahwa kita ini adalah milik Allah, maka apapun yang kita lakukan Allah tidak berkewajiban menyediakan upah ataupun hadiah. Jika ada, itu adalah anugerah semata.
Akan menjadi keliru jika kita melayani Tuhan karena upah.
Apa yang sudah kita terima, yaitu karya Yesus Kristus di atas kayu salib, itu jauh lebih besar dari upah manapun.

Alkitab tidak pernah bercerita tentang membangun rumah di sorga, yang ada adalah “di rumah Bapa-Ku ada banyak tempat (Yohanes 14)”.

Seingat saya memang Tuhan menyediakan tempat bagi kita.

14:2
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

14:3
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Dan tidak pernah menjanjikan rumah mewah ala Pantai Mutiara (yang ternyata ikut kebanjiran)…

Konsep yang salah…

Lazarus dan orang kaya dan pangkuan Abraham adalah perumpamaan Kerajaan Surga.

Jadi di sini perlu diingat kisah ini bukanlah kejadian aktual, tetapi gambaran dari kebenaran tentang Kerajaan Surga.

Berdasarkan ayat:

Mat 13:33 Dia membicarakan sebuah perumpamaan yang lain kepada mereka, “Kerajaan surga itu seumpama ragi, yang setelah mengambilnya, seorang wanita mengadukkannya ke dalam tiga sukat tepung adonan sampai teragikan seluruhnya.”
Mat 13:34 YESUS mengatakan semua hal ini dalam perumpamaan kepada kerumunan orang itu, dan tanpa perumpamaan, Dia tidak berbicara kepada mereka,
Mat 13:35 sehingga tergenapilah apa yang telah difirmankan melalui nabi ketika berkata, “Aku akan membuka mulut-Ku dalam perumpamaan, Aku akan mengucapkan yang tersembunyi sejak permulaan dunia.”

Dan ayat-ayat kisah di atasnya juga perumpamaan tentang Kerajaan Surga.

Lukas 16:1-13.

Lazarus, orang kaya dan pangkuan Abraham:

Luk 16:19 “Dan ada seseorang yang kaya, dia selalu mengenakan jubah ungu dan kain linen indah sambil bersenang-senang setiap hari dengan nikmatnya.
Luk 16:20 Dan ada seseorang yang miskin, bernama Lazarus, yang selalu terbaring di dekat pintu rumahnya, dengan dipenuhi borok.
Luk 16:21 Dan selagi penuh harap agar dikenyangkan dengan remah-remah yang jatuh dari meja orang kaya itu, sebaliknya malah anjing-anjing, sambil menghampiri, mereka menjilati boroknya.
Luk 16:22 Dan terjadilah bahwa orang miskin itu meninggal, dan dia dibawa oleh para malaikat ke pangkuan Abraham. Dan orang kaya itu juga meninggal, dan dikuburkan.
Luk 16:23 Dan di alam maut, ketika mengangkat matanya sementara berada dalam siksaan, dari jauh dia melihat Abraham dan Lazarus di pangkuannya.
Luk 16:24 Dan sambil berteriak, dia berkata: Bapak Abraham, berilah aku kemurahan dan suruhlah Lazarus agar dia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat menderita dalam nyala api ini.
Luk 16:25 Namun Abraham berkata: Nak, ingatlah bahwa engkau telah menerima hal-hal baikmu dalam hidupmu, sedangkan Lazarus hal-hal yang buruk. Dan sekarang ini dia dihibur, sedangkan engkau menderita.
Luk 16:26 Dan di samping semua hal ini, di antara kami dan kamu terbentang jurang yang besar, sehingga mereka yang ingin menyeberang dari sini kepada kamu tidak dapat menyeberang dan mereka yang dari sana pun tidak dapat menyeberang kepada kami.
Luk 16:27 Dan dia berkata: Jika demikian, aku mohon kepadamu, bapak, kiranya engkau mengutus dia ke rumah ayahku,
Luk 16:28 sebab aku mempunyai lima orang saudara, supaya dia bersaksi kepada mereka, sehingga mereka pun tidak masuk ke dalam tempat siksaan ini.
Luk 16:29 Abraham menjawab kepadanya: Mereka mempunyai Musa dan para nabi, biarlah mereka mendengarkannya.
Luk 16:30 Namun dia berkata: Tidak, bapak Abraham! Sebaliknya, jika ada seseorang dari antara yang mati pergi kepada mereka, mereka akan bertobat.
Luk 16:31 Dan dia berkata kepadanya: Apabila mereka tidak mendengarkan Musa dan para nabi, mereka tidak pula akan diyakinkan bilamana seseorang dapat bangkit dari antara orang mati.”

Lazarus, si miskin adalah kiasan gambaran orang kristen yang lapar dan haus akan kebenaran FT; bukan sepenuhnya pengertian harafiah.

bersambung…,

sambungan…,

Mat_5:3 “Berbahagialah orang yang miskin dalam roh, karena kerajaan surga adalah milik mereka.

Luk_6:20 Dan seraya melayangkan matanya kepada para murid-Nya, Dia berkata, “Berbahagialah kamu yang miskin, karena kerajaan Elohim adalah milikmu.

Mat_5:6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.

Luk_6:21 Berbahagialah kamu yang sekarang lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah kamu yang sekarang menangis, karena kamu akan tertawa.

Pro 2:1 Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam dirimu,
Pro 2:2 sehingga engkau mencondongkan telingamu kepada hikmat, engkau akan melapangkan hatimu kepada pengertian.
Pro 2:3 Sebab jika engkau meratap demi kearifan dan mengangkat suaramu demi pengertian;
Pro 2:4 jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam,
Pro 2:5 maka engkau akan memahami tentang takut akan YAHWEH dan memperoleh pengetahuan akan Elohim.

Mat 13:45 Lagi pula, kerajaan surga itu serupa dengan seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah;
Mat 13:46 yang setelah menemukan sebutir mutiara yang sangat mahal, sambil pergi dia menjual segala sesuatu sebanyak yang ia miliki, dan dia pun membelinya.”

Orang kaya adalah kiasan gambaran orang kaya yang tidak beriman.

Jas 1:9 Dan, biarlah saudara-saudara yang rendah berbangga dalam ketinggiannya,
Jas 1:10 dan orang-orang kaya di dalam kehinaannya, karena dia akan lenyap seperti bunga rumput.
Jas 1:11 Sebab matahari terbit dengan panasnya dan melayukan rumput serta menggugurkan bunganya, dan keindahan rupanya menjadi pudar. Demikian pula orang kaya akan dilenyapkan dari jalan hidupnya.
Jas 1:12 Berbahagialah orang yang tabah menanggung pencobaan, karena apabila telah teruji, maka dia akan menerima mahkota kehidupan yang telah Tuhan janjikan kepada mereka yang mengasihi Dia.

bersambung…,

sambungan…,

Jas 2:1 Hai saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman pada Tuhan kita YESUS Kristus yang mulia, janganlah kamu membeda-bedakan orang.
Jas 2:2 Sebab, bilamana seseorang dengan pakaian gemerlap bercincin emas masuk ke dalam sinagoga kamu, dan masuk juga seorang miskin dengan pakaian lusuh,
Jas 2:3 dan kamu memandang kepada yang mengenakan pakaian gemerlap serta berkata kepadanya, “Silakan engkau duduk di sini,” dan kepada yang miskin kamu berkata, “Berdirilah engkau di sana,” atau, “Duduklah di sini di dekat alas kakiku!”
Jas 2:4 Bukankah kamu telah membeda-bedakan dalam dirimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat?
Jas 2:5 Dengarlah, hai saudara-saudaraku yang terkasih, tidakkah Elohim memilih mereka yang miskin di dunia ini, agar kaya dalam iman, bahkan selaku para pewaris kerajaan yang telah Dia janjikan bagi mereka yang mengasihi-Nya?
Jas 2:6 Namun, kamu meremehkan mereka yang miskin. Bukankah mereka yang kaya menindas kamu, bahkan mereka itu menyeret kamu ke pengadilan?
Jas 2:7 Bukankah mereka itu telah menghujat Nama yang baik yang telah disebutkan atasmu?

Jas 5:1 Sekarang, marilah hai kamu yang kaya, menangislah dengan meratap atas kesedihan yang datang atasmu.
Jas 5:2 Kekayaanmu telah membusuk dan jubahmu telah menjadi makanan ngengat.
Jas 5:3 Emas dan perakmu telah berkarat dan karatnya akan menjadi kesaksian bagimu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah menimbun kekayaan pada hari-hari terakhir.
Jas 5:4 Lihatlah, upah para pekerja yang menuai ladangmu, yang telah ditahan olehmu, ia berteriak dan teriakan mereka yang menuai itu telah sampai ke telinga YAHWEH Semesta Alam.
Jas 5:5 Kamu telah hidup untuk kesenangan di atas bumi dan hidup bermewah-mewah. Kamu telah memuaskan hatimu seperti pada hari penyembelihan.
Jas 5:6 Kamu telah mengutuk, kamu telah membunuh orang benar, ia tidak melawan kepadamu.

Rev 3:17 Sebab engkau berkata: Aku kaya dan aku telah menjadi kaya, bahkan aku tidak mempunyai kebutuhan apa pun! Namun engkau tidak mengetahui bahwa engkau adalah orang yang malang dan menyedihkan dan miskin dan buta dan telanjang.
Rev 3:18 Aku menasihatkan kepadamu supaya membeli dari pada-Ku: emas yang telah dibakar oleh api agar engkau menjadi kaya, dan jubah-jubah putih agar engkau berpakaian dan rasa malu ketelanjanganmu tidak tampak, dan oleskanlah salep pada matamu agar engkau dapat melihat.
Rev 3:19 Siapa saja yang Aku kasihi, Aku tegur dan Aku hajar, karena itu giatlah dan bertobatlah.

bersambung…

sambungan…,

Apalagi sudah miskin juga tidak beriman.

Mat 25:29 Sebab, kepada setiap orang yang mempunyai, dia akan diberi dan dia akan berkelimpahan. Namun, dari orang yang tidak mempunyai, bahkan apa yang ia miliki, hal itu akan diambil dari padanya.

Luk 8:18 Oleh sebab itu, perhatikanlah bagaimana kamu mendengarkan; sebab siapa yang memiliki, kepadanya akan diberikan, dan siapa yang tidak memiliki, bahkan apa yang ia anggap memiliki, akan diambil dari padanya.”

Rom 10:12 Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani, karena Tuhan yang sama atas semua orang, adalah kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.

Posisi Lazarus, orang kaya dan (pangkuan) Abraham:

Orang kaya:
Luk 16:19 “Dan ada seseorang yang kaya, dia selalu mengenakan jubah ungu dan kain linen indah sambil bersenang-senang setiap hari dengan nikmatnya.

Luk 16:22 Dan terjadilah bahwa orang miskin itu meninggal, dan dia dibawa oleh para malaikat ke pangkuan Abraham. Dan orang kaya itu juga meninggal, dan dikuburkan.
Luk 16:23 Dan di alam maut, ketika mengangkat matanya sementara berada dalam siksaan, dari jauh dia melihat Abraham dan Lazarus di pangkuannya.
Luk 16:24 Dan sambil berteriak, dia berkata: Bapak Abraham, berilah aku kemurahan dan suruhlah Lazarus agar dia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat menderita dalam nyala api ini.

Orang kaya ini berada di neraka.
Apakah dia berada di neraka sekarang?
Belum, karena hari penghakiman belum tiba; sekarang dia ada di dalam dunia orang mati menunggu hari penghakiman. Inilah maksud perumpamaan; bukan kejadian aktual.

bersambung…,

sambungan…

Sama seperti setan yang menunggu waktu penghakiman:

Mat 8:28 Adapun Dia, setelah tiba di seberang, di wilayah orang Gergesa, datanglah menemui-Nya dua orang yang dirasuk setan, yang keluar dari pekuburan dengan sangat ganas, sehingga tidak seorang pun mampu untuk lewat melalui jalan itu.
Mat 8:29 Dan lihatlah, mereka berteriak sambil berkata, “Ada apakah dengan kami dan Engkau, hai YESUS Putra Elohim? Apakah Engkau datang ke sini sebelum waktunya untuk menyiksa kami?”

Jud 1:4 Karena ada orang-orang tertentu yang menyusup dengan diam-diam, mereka yang sejak dahulu telah terdaftar ke dalam penghakiman ini, yaitu orang-orang fasik yang menyelewengkan anugerah Elohim kita ke arah rangsangan badani, dan yang menyangkal Elohim sendiri, Majikan dan Tuhan kita, YESUS Kristus.
Jud 1:5 Namun aku ingin agar kamu mengingat hal ini, yaitu meskipun kamu mengetahui bahwa satu kali YAHWEH pernah menyelamatkan umat-Nya dari tanah Mesir, kali keduanya Dia membinasakan mereka yang tidak percaya.
Jud 1:6 Juga para malaikat, mereka yang tidak menjaga asal-usul mereka sendiri, malah telah meninggalkan kediamannya sendiri, Dia telah menahan mereka dengan belenggu abadi di bawah kekelaman, sampai pada penghakiman pada hari yang besar.

Jud 1:12 Mereka ini adalah noda dalam perjamuan kasihmu karena turut berjamu tanpa rasa malu dengan mengenyangkan diri mereka sendiri. Bagaikan awan yang tidak berair yang dilayangkan oleh angin, bagaikan pohon yang tak berbuah pada musim gugur, yang telah benar-benar mati, yang tercabut seakar-akarnya.
Jud 1:13 Bagaikan gelombang laut yang menghasilkan buih keaiban mereka sendiri. Bagaikan bintang-bintang yang beredar, yang bagi mereka telah disediakan pekatnya kegelapan untuk selamanya.

Mat 10:15 Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, pada hari penghakiman, negeri Sodom dan Gomora akan menjadi lebih ringan daripada kota itu.”

Mat 25:33 Dan sesungguhnya, Dia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya, tetapi kambing-kambing di sebelah kiri.

bersambung…

sambungan…

Mat 25:41 Lalu, Dia akan berkata pula kepada mereka yang di sebelah kiri: Enyahlah dari pada-Ku, orang-orang yang terkutuk ke dalam api kekal yang sudah disediakan bagi si iblis dan para malaikatnya.
Mat 25:42 Sebab, Aku lapar dan kamu tidak memberi makan kepada-Ku; Aku haus dan kamu tidak memberi-Ku minum;
Mat 25:43 Aku seorang asing, dan kamu tidak menyambut-Ku; telanjang, dan kamu tidak memakaikan Aku pakaian; sakit dan di dalam penjara, dan kamu tidak mengunjungi Aku.
Mat 25:44 Pada waktu itu mereka pun akan menjawab kepada-Nya dengan mengatakan: Tuhan, kapankah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau seorang asing, atau telanjang, atau sakit, atau di dalam penjara, dan kami tidak melayani Engkau?
Mat 25:45 Kemudian, Dia akan menjawab kepada mereka sambil berkata: Sesungguhnya aku berkata kepadamu, apa saja yang tidak kamu lakukan kepada seseorang yang terkecil ini, kamu juga tidak melakukannya kepada-Ku.
Mat 25:46 Dan mereka ini akan menuju ke dalam penghukuman kekal, tetapi orang-orang benar ke dalam kehidupan kekal.”

Rev 20:13 Dan laut menyerahkan mereka yang mati dari dalamnya. Dan maut serta alam maut menyerahkan mereka yang mati dari dalamnya, dan mereka masing-masing dihakimi sesuai dengan perbuatan-perbuatan mereka.
Rev 20:14 Dan maut serta alam maut dilemparkan ke dalam lautan api. Ini adalah kematian kedua.
Rev 20:15 Dan jika seseorang tidak didapati tertulis di dalam Kitab Kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api.

Rev_21:8 Namun bagi yang pengecut, juga bagi yang tidak percaya, dan yang merusak, dan bagi para pembunuh, dan bagi para pezina, dan bagi para penyihir, dan bagi para penyembah berhala, dan bagi semua orang yang berdusta, bagian mereka ada dalam lautan yang dinyalakan oleh api dan belerang, yang adalah kematian kedua.”

bersambung…

sambungan…

Semua orang mati di PL tidak pergi ke surga tetapi ke dunia orang mati di bawah bumi.
Dunia orang mati bukan neraka.

Gen 37:33 Dan dia mengenalinya, lalu berkata, “Jubah anakku! Seekor binatang buas telah memakannya. Pastilah Yusuf telah tercabik-cabik.”
Gen 37:34 Kemudian Yakub mengoyakkan pakaiannya dan mengenakan kain kabung pada pinggangnya dan berkabunglah dia berhari-hari karena anaknya itu.
Gen 37:35 Dan semua anak laki-lakinya dan anak perempuannya berupaya untuk menghiburnya, tetapi dia menolak untuk mendapatkan penghiburan, dan dia berkata, “Sebab, aku yang berduka akan turun ke alam maut demi anakku!” Demikianlah ayahnya menangisi dia.
Gen 37:36 Akan tetapi dia telah dijual oleh orang Midian ke Mesir, kepada Potifar, seorang pegawai Firaun, kepala para algojo.

Num 16:30 Namun jika YAHWEH mengadakan sesuatu yang baru, dan tanah mengangakan mulutnya serta menelan mereka dan segala yang mereka punyai, dan mereka turun hidup-hidup ke alam maut, maka kamu akan tahu bahwa orang-orang itu telah menghina YAHWEH.”
Num 16:31 Dan terjadilah, ketika dia selesai mengatakan semua kata-katanya itu, maka terbelah dualah tanah yang ada di bawah mereka,
Num 16:32 dan bumi mengangakan mulutnya dan menelan mereka serta seisi rumah mereka, dan semua orang yang dimiliki Korah, dan segala kepunyaan mereka.
Num 16:33 Dan turunlah mereka hidup-hidup serta segala yang mereka miliki ke dunia orang mati, dan bumi menutup di atas mereka dan memusnahkan mereka dari tengah-tengah jemaat itu.

Psa 141:7 Sebagaimana orang yang membajak dan menggemburkan tanah; demikianlah tulang-tulang kita diserakkan pada mulut alam maut.

bersambung…

sambungan…

Amo 9:2 Dan jika mereka menggali sampai ke alam maut, dari sana tangan-Ku akan mengambil mereka. Dan jika mereka mendaki ke langit, dari sana Aku akan membawa mereka turun.

Eze 31:16 Aku membuat bangsa-bangsa gemetar mendengar bunyi kejatuhannya, ketika aku melemparkannya ke alam maut dengan orang-orang yang turun ke liang kubur. Dan semua pohon di taman Eden akan merasa terhibur di bagian bumi yang paling bawah, pohon pilihan dan yang terbaik dari Libanon, semua yang minum air.
Eze 31:17 Mereka juga turun ke alam maut bersama-sama dengannya, kepada orang-orang yang terbunuh dengan pedang, dan mereka yang kekuatannya berada dalam bayang-bayang di tengah bangsa-bangsa itu.

Act 2:34 Sebab Daud tidaklah naik ke surga, melainkan dia sendiri berkata: YAHWEH telah berfirman kepada Tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku,

Lazarus:
Lazarus adalah kiasan gambaran orang kristen, bukan Lazarus saudara Maria dan Marta, yang dibangkitkan dari antara orang mati.

Semua orang kristen yang mati langsung ke surga mendapatkan tubuh yang baru.

1Th 4:14 Sebab, jika kita percaya bahwa YESUS telah mati dan telah bangkit kembali, demikian juga Elohim akan membawa bersama-Nya, mereka yang telah meninggal melalui YESUS.

Joh 14:2 Di rumah Bapa-Ku ada banyak tempat tinggal, dan jika tidak, telah Aku katakan kepadamu. Aku pergi untuk menyediakan tempat bagimu.
Joh 14:3 Dan jika Aku pergi serta menyediakan tempat bagimu, maka Aku datang lagi dan akan menjemput kamu kepada-Ku, supaya di tempat Aku berada, kamu pun berada.

bersambung…

sambungan…

2Ti 4:6 Sebab aku sudah dicurahkan, dan saat kepergianku sudah tiba.
2Ti 4:7 Aku telah bertanding pertandingan yang baik, aku telah mengakhiri perlombaan itu, aku telah memelihara iman.
2Ti 4:8 Selanjutnya tersedia bagiku mahkota kebenaran, yang Tuhan, Hakim yang adil, akan memberikannya kepadaku pada hari itu, dan bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan penampakan-Nya.

Rom_14:10 Akan tetapi, mengapa engkau menghakimi saudaramu? Atau, mengapa pula engkau memandang rendah saudaramu? Sebab kita semua akan berdiri di hadapan takhta pengadilan Kristus.

2Co_5:10 Sebab, seharusnyalah kita semua dibuat nyata di hadapan takhta pengadilan Kristus, sehingga tiap-tiap orang dapat menerima sesuatu pada tubuhnya, sesuai dengan apa yang telah dia lakukan, entah baik ataupun buruk.

2Co 5:1 Sebab kami tahu, bahwa manakala rumah tabernakel duniawi kita ini dibongkar, kita memiliki suatu bangunan dari Elohim, yaitu sebuah rumah yang tidak dibangun oleh tangan manusia, yang kekal, di surga.
2Co 5:2 Sebab juga, di sini kita mengeluh ketika merindukan untuk mengenakan tempat kediaman kita yang dari surga,
2Co 5:3 sekiranya demikian, maka dengan berpakaian kita tidak pula didapati telanjang.
2Co 5:4 Sebab juga, selagi berada di dalam tabernakel ini, kita mengeluh seraya terbebani, karena kita tidak ingin bertelanjang melainkan berpakaian, supaya apa yang bisa mati dapat ditelan oleh hidup.
2Co 5:5 Dan Dia yang telah menggarap kita untuk hal yang sama ini, adalah Elohim, yang juga telah memberikan kepada kita jaminan Roh.
2Co 5:6 Selanjutnya, sambil senantiasa berkeyakinan penuh dan seraya mengetahui bahwa selama berdiam di dalam tubuh ini, kami berada jauh dari Tuhan.
2Co 5:7 Sebab kami hidup oleh iman, bukan oleh penglihatan.
2Co 5:8 Namun, kami berkeyakinan penuh dan berpikir, lebih baik keluar dari tubuh ini dan berdiam bersama Tuhan.
2Co 5:9 Sebab itu pula, kami memiliki keinginan kuat untuk menjadi berkenan kepada-Nya, entah sementara berdiam ataupun ketika keluar.
2Co 5:10 Sebab, seharusnyalah kita semua dibuat nyata di hadapan takhta pengadilan Kristus, sehingga tiap-tiap orang dapat menerima sesuatu pada tubuhnya, sesuai dengan apa yang telah dia lakukan, entah baik ataupun buruk.

bersambung…

sambungan…

Jangan salah paham, orang kristen setelah dia mati tidak masuk ke dalam penghakiman/penghukuman.

Joh 5:24 Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, siapa yang mendengarkan firman-Ku, dan percaya kepada Dia yang telah mengutus Aku, ia memiliki hidup kekal dan tidak masuk ke dalam penghakiman, melainkan telah berpindah dari kematian kepada kehidupan.”

Rom 8:1 Oleh karena itu, sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus YESUS, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.
Rom 8:2 Sebab hukum Roh kehidupan di dalam Kristus YESUS telah membebaskan aku dari hukum dosa dan maut.

Tetapi langsung ke surga untuk mendapatkan upah/tubuh baru.

Rom_14:10 Akan tetapi, mengapa engkau menghakimi saudaramu? Atau, mengapa pula engkau memandang rendah saudaramu? Sebab kita semua akan berdiri di hadapan takhta pengadilan Kristus.

2Co_5:10 Sebab, seharusnyalah kita semua dibuat nyata di hadapan takhta pengadilan Kristus, sehingga tiap-tiap orang dapat menerima sesuatu pada tubuhnya, sesuai dengan apa yang telah dia lakukan, entah baik ataupun buruk.

Dan 12:3 Dan orang-orang yang bijaksana akan bercahaya bagaikan cahaya cakrawala. Mereka yang menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang selama-lamanya.

Pangkuan Abraham

Seperti Daud (PL) tidak ke surga:

Act 2:34 Sebab Daud tidaklah naik ke surga, melainkan dia sendiri berkata: YAHWEH telah berfirman kepada Tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku,

Kecuali diangkat hidup-hidup:

Henokh (PL):

Gen 5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Elohim, kemudian dia tidak ada lagi, karena Elohim telah mengangkatnya.

Elia (PL):

2Ki 2:11 Dan terjadilah, ketika mereka sedang berjalan dan berbicara, tampaklah, sebuah kereta yang berapi dengan kuda yang berapi datang, dan memisahkan keduanya, lalu Elia naik dalam angin badai ke surga.

bersambung…

sambungan…

Musa (PL):

Deu 34:5 Lalu, Musa, hamba YAHWEH itu, mati di sana, di tanah Moab, sesuai dengan firman YAHWEH.
Deu 34:6 Dan Dia menguburkannya di suatu lembah di tanah Moab, di seberang Beth-Peor dan tidak seorang pun yang mengetahui tempat penguburannya sampai hari ini.

Jud 1:9 Namun ketika Mikhael, penghulu malaikat, berselisih sambil bersitegang dengan si jahat mengenai mayat Musa, dia tidak berani menimpakan penghakiman dengan hujatan, sebaliknya dia berkata, “Kiranya YAHWEH menghardik engkau!”

Mat 17:1 Dan setelah enam hari, YESUS mengajak Petrus dan Yakobus dan Yohanes saudaranya dan membawa mereka naik ke sebuah gunung yang tinggi, secara tersendiri.
Mat 17:2 Dan Dia diubahrupakan di hadapan mereka, dan wajah-Nya bersinar seperti matahari dan jubah-Nya menjadi putih seperti cahaya.
Mat 17:3 Dan lihatlah, tampaklah kepada mereka Musa dan Elia sedang bercakap-cakap dengan-Nya.

Pada waktu Yesus mati di kayu salib, orang-orang kudus/orang benar yang mati di PL bangkit dari kubur; termasuk Daud.

Mat 27:50 Dan sambil berteriak lagi dengan suara nyaring, YESUS menyerahkan Roh-Nya.
Mat 27:51 Dan lihatlah, tabir di tempat suci terbelah menjadi dua dari atas sampai ke bawah, dan bumi terguncang, dan bukit-bukit batu terbelah,
Mat 27:52 dan kuburan-kuburan terbuka, dan banyak tubuh orang-orang kudus yang sudah meninggal dibangkitkan.
Mat 27:53 Dan, setelah keluar dari kuburan-kuburan sesudah kebangkitan-Nya, mereka masuk ke dalam kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.

Pada waktu naik setelah turun ke dunia orang mati untuk menginjil, Yesus membawa naik orang mati yang menerima Injil dan juga orang-orang kudus yang bangkit dari kubur.

1Pe 3:18 Sebab, Kristus juga telah menderita karena dosa-dosa sekali untuk selamanya, yang benar ganti yang tidak benar, supaya Dia dapat mendekatkan kita kepada Elohim, karena di satu sisi, telah dijadikan mati dalam daging, tetapi di sisi lain, dijadikan hidup dalam Roh.
1Pe 3:19 Dalam pada itu pula, ketika pergi kepada roh-roh yang ada di dalam penjara, Dia telah mengumumkan
1Pe 3:20 kepada yang dahulu tidak taat, ketika satu kali kesabaran Elohim menanti pada zaman Nuh, dengan dipersiapkan sebuah bahtera yang ke dalamnya hanya sedikit, yaitu delapan jiwa, yang telah diselamatkan dari air.

bersambung…

sambungan…

1Pe 4:6 Sebab untuk itu pulalah, di antara yang mati telah diberitakan injil, supaya di satu sisi mereka dapat dihakimi sesuai dengan manusia di dalam daging, tetapi di sisi lain mereka dapat hidup sesuai dengan Elohim di dalam Roh.

Joh 20:16 YESUS berkata kepadanya, “Hai Maria!” Sambil menoleh, maka dia berkata kepada-Nya, “Rabi!” Itulah yang disebut, “Guru.”
Joh 20:17 YESUS berkata kepadanya, “Janganlah menjamah Aku! Sebab Aku belum naik kepada Bapa-Ku. Namun pergilah kepada saudara-saudara-Ku, dan katakanlah kepada mereka, Aku naik kepada Bapa-Ku dan Bapamu, juga Elohim-Ku dan Elohimmu.”

Eph 4:8 Oleh karena itu Dia berkata, “Seraya naik ke tempat tinggi, Dia menangkap tawanan, dan memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.”

Menurut pendapat saya Abraham ketika dia mati di PL langsung ke surga, karena dia telah mengetahui Injil.

Gal 3:8 Dan kitab suci, yang melihat sebelumnya bahwa Elohim membenarkan bangsa-bangsa lain atas dasar iman, telah memberitakan sebelumnya kepada Abraham, “Segala bangsa akan diberkati di dalam engkau.”

Heb 11:17 Dengan iman, ketika diuji, Abraham telah mempersembahkan Ishak, dia mempersembahkan anak tunggalnya yang telah menerima janji-janji itu pula,
Heb 11:18 yang tentangnya telah dikatakan, “Di dalam Ishaklah, benihmu akan disebutkan,”
Heb 11:19 karena menganggap bahwa Elohim itu sanggup untuk membangkitkan pula dari antara yang mati, dari sanalah juga secara kiasan dia telah menerimanya kembali.

Jas 2:21 Bukankah Abraham, leluhur kita, dibenarkan atas dasar perbuatan-perbuatan ketika mempersembahkan Ishak, putranya, di atas mezbah?

Setahu saya tidak tertulis secara harafiah, namun Abraham sudah memiliki iman/Injil walaupun hidup di PL, sehingga pada waktu mati dia langsung ke surga.

bersambung…

sambungan…

Sama dengan posisi orang kristen (PB):

Col 3:1 Oleh karena itu, jika kamu telah dibangkitkan bersama Kristus, carilah hal-hal yang di atas, di tempat Kristus berada, di sebelah kanan yang diduduki Elohim.

1Th 4:14 Sebab, jika kita percaya bahwa YESUS telah mati dan telah bangkit kembali, demikian juga Elohim akan membawa bersama-Nya, mereka yang telah meninggal melalui YESUS.

Dan diteguhkan lagi dengan ayat-ayat di bawah ini:

Joh 8:51 Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang memelihara firman-Ku, ia sekali-kali tidak akan mengalami kematian sampai selamanya.”
Joh 8:52 Lalu orang-orang Yahudi itu berkata kepada-Nya, “Sekarang kami tahu bahwa Engkau kerasukan setan. Abraham sudah meninggal, juga nabi-nabi, dan Engkau berkata: Jika seseorang memelihara firman-Ku, ia sekali-kali tidak akan mengalami kematian sampai selamanya.
Joh 8:53 Apakah Engkau lebih besar daripada bapak kami Abraham yang sudah meninggal dan para nabi yang sudah meninggal? Dengan siapakah Engkau menyamakan diri-Mu?”
Joh 8:54 YESUS menjawab, “Jika Aku memuliakan diri-Ku sendiri, kemuliaan-Ku itu tidak berarti; Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, yang kamu katakan bahwa Dia adalah Elohimmu.
Joh 8:55 Dan kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku telah mengenal Dia. Dan jika Aku berkata bahwa Aku tidak mengenal Dia, Aku akan menjadi sama seperti kamu, seorang pendusta. Akan tetapi Aku telah mengenal Dia, dan Aku memelihara firman-Nya.
Joh 8:56 Abraham, bapakmu, bergembira karena dia dapat melihat hari-Ku, dan dia telah melihatnya dan bersukacita.”
Joh 8:57 Kemudian orang-orang Yahudi itu berkata kepada-Nya, “Engkau belum mencapai lima puluh tahun, dan pernahkah Engkau melihat Abraham?”
Joh 8:58 YESUS berkata kepada mereka, “Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum Abraham ada, Aku ada!”
Joh 8:59 Oleh karena itu mereka memungut batu-batu supaya mereka dapat melemparkannya kepada-Nya. Namun YESUS bersembunyi dan keluar dari bait suci sambil berjalan menerobos di antara mereka, dan begitulah Dia berlalu.

bersambung…

sambungan…

Perhatikan ayat 51; Yesus menyatakan jika seseorang memelihara firman-Nya, ia sekali-kali tidak akan mengalami kematian sampai selamanya.”

Di sini jelas Abraham sudah memelihara firman-Nya: mempersembahkan Ishak karena Abraham mengimani Injil yaitu kuasa roh kudus membangkitkan orang mati.
Sehingga Abraham disamakan dengan orang kristen, ketika mati langsung masuk surga.
Bukan turun ke dunia orang mati, meskipun dia hidup di PL.
Sama juga dengan Henokh dan Elia yang diangkat hidup-hidup, demikian pula Musa tidak turun ke dunia orang mati.

Tetapi orang Yahudi membantah-Nya, dengan mengatakan bahwa Abraham sama saja dengan para nabi yang hidup di PL (orang-orang kudus/orang benar) yang juga turun ke dunia orang mati; di ayat 52 dan 53.

Dan di ayat 54 dan 55, Yesus kembali menjelaskan bahwa Bapa-Nya yang adalah juga Tuhan-nya orang Yahudi, yang mengutus Yesus mengajarkan demikian, supaya semua orang mengenal Bapa bahwa ajaran Yesus memang FT = Injil = iman kepada kuasa roh kudus yang membangkitkan orang mati.

Jika tidak demikian, berarti Yesus telah berdusta.

Dan ayat 56

Joh 8:56 Abraham, bapakmu, bergembira karena dia dapat melihat hari-Ku, dan dia telah melihatnya dan bersukacita.”

Abraham yang berada di surga menjadi saksi hidup dari penggenapan PL.
Bahwa siapa yang menerima kesaksian Yesus = Injil; memperoleh hidup kekal di surga.

Dan di ayat 57 dan 58; orang Yahudi masih belum puas.
Kembali Yesus menjelaskan kepada mereka.

bersambung…

sambungan…

Di ayat 59, orang Yahudi tetap tidak mau menerima dan mau melakukan kekerasan kepada Yesus.

Luk 16:26 Dan di samping semua hal ini, di antara kami dan kamu terbentang jurang yang besar, sehingga mereka yang ingin menyeberang dari sini kepada kamu tidak dapat menyeberang dan mereka yang dari sana pun tidak dapat menyeberang kepada kami.

Ayat ini menyatakan setelah penghakiman mendapat hukuman kekal, tidak dapat diganggu gugat lagi.

Mat_25:46 Dan mereka ini akan menuju ke dalam penghukuman kekal, tetapi orang-orang benar ke dalam kehidupan kekal.”

Mar_3:29 Namun, siapa saja yang menghujat terhadap Roh Kudus, ia tidak mendapatkan pengampunan selamanya, sebaliknya dia pantas mengalami hukuman kekal.”

2Th_1:9 yaitu mereka yang harus membayar hukuman kebinasaan kekal dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,

Heb_6:2 tentang ajaran baptisan-baptisan dan tentang penumpangan tangan dan tentang kebangkitan yang mati serta tentang hukuman kekal.

Jud_1:7 Seperti halnya Sodom dan Gomora dan kota-kota di sekitarnya yang gayanya serupa dengannya, yang menyerahkan diri kepada percabulan dan mengumbar kedagingan yang aneh, mereka dipertontonkan sebagai contoh orang-orang yang menjalani hukuman api yang kekal.

Joh 9:4 Seharusnyalah Aku mengerjakan pekerjaan-pekerjaan dari Dia yang telah mengutus Aku selama hari masih siang. Bila malam tiba, tidak seorang pun dapat bekerja.

Heb 12:16 Jangan ada seorang pun yang menjadi pecabul, atau yang tidak senonoh, sebagaimana Esau yang menyerahkan hak kesulungannya demi sepiring makanan.
Heb 12:17 Sebab kamu telah tahu pula, bahwa kemudian, ketika ingin mewarisi berkatnya, dia ditolak, sebab ia tidak menemukan tempat pertobatan, sekalipun telah mencarinya dengan cucuran air mata.

Luk 16:27 Dan dia berkata: Jika demikian, aku mohon kepadamu, bapak, kiranya engkau mengutus dia ke rumah ayahku,
Luk 16:28 sebab aku mempunyai lima orang saudara, supaya dia bersaksi kepada mereka, sehingga mereka pun tidak masuk ke dalam tempat siksaan ini.
Luk 16:29 Abraham menjawab kepadanya: Mereka mempunyai Musa dan para nabi, biarlah mereka mendengarkannya.
Luk 16:30 Namun dia berkata: Tidak, bapak Abraham! Sebaliknya, jika ada seseorang dari antara yang mati pergi kepada mereka, mereka akan bertobat.
Luk 16:31 Dan dia berkata kepadanya: Apabila mereka tidak mendengarkan Musa dan para nabi, mereka tidak pula akan diyakinkan bilamana seseorang dapat bangkit dari antara orang mati.”

Tuhan menginginkan iman dari hati nurani yang murni bukan karena melihat dan takut.

1Ti 3:9 sambil memelihara rahasia iman dengan hati nurani yang murni.

2Ti 1:3 Aku mengucap syukur kepada Elohim, yang kepada-Nya aku beribadah sejak nenek moyangku dengan hati nurani yang murni, bahwa tiada henti-hentinya aku memelihara kenangan mengenai engkau dalam permohonan-permohonanku siang dan malam,

Heb 10:22 marilah kita mendekat dengan hati yang tulus, dalam jaminan iman yang teguh. Dengan dibersihkannya hati dari hati nurani yang jahat, dan dengan dibasuhnya tubuh dengan air yang murni,
Heb 10:23 marilah kita memegang teguh pengakuan pengharapan yang tiada terombang-ambing, karena Dia yang berjanji adalah setia.

Rom 13:5 Oleh sebab itu, perlu sekali untuk tunduk bukan hanya karena murka, tetapi juga karena hati nurani.

Jas 1:21 Sebab itu, dengan menyingkirkan segala kotoran dan banyaknya kejahatan, terimalah dengan kelemahlembutan firman yang ditanam, yang dapat menyelamatkan jiwamu.

Janganlah mempunyai hati sekeras batu.

Mat 3:8 Oleh karena itu, hasilkanlah buah-buah yang sepadan dengan pertobatan.
Mat 3:9 Dan janganlah berpikir untuk mengatakan kepada dirimu sendiri: Kami mempunyai seorang bapak: Abraham! Sebab, aku berkata kepadamu, bahwa Elohim sanggup mengangkat anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
Orang jahat menuntut tanda/penglihatan; apakah sesudah dia melihat, menjamin dia dapat percaya/beriman??
Sama sekali tidak!

Mat 12:38 Kemudian beberapa ahli kitab dan orang-orang Farisi menjawab, dengan berkata, “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari-Mu.”
Mat 12:39 Dan seraya menanggapi, Dia berkata kepada mereka, “Generasi yang jahat dan pezina menuntut suatu tanda, dan suatu tanda tidak akan diberikan kepadanya kecuali tanda Nabi Yunus.

Joh 12:37 Namun, meskipun Dia telah melakukan demikian banyak tanda di hadapan mereka, mereka tetap tidak percaya kepada-Nya,
Joh 12:38 sehingga perkataan Nabi Yesaya dapat digenapi, yang ia katakan: “Ya YAHWEH, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan, kepada siapakah tangan YAHWEH telah disingkapkan?”

Mat 13:58 Dan di sana, Dia tidak banyak melakukan mukjizat, karena ketidakpercayaan mereka.

Joh 20:29 YESUS berkata kepadanya, “Hai Tomas, karena engkau telah melihat Aku, engkau telah percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat tetapi percaya.”