APA YANG MENJADI PENGGERAK KEHIDUPAN KITA ?

Apa yang menjadi penggerak kehidupan kita ? Kamus mendefinisikan kata kerja menggerakkan sebagai mengarahkan, membimbing, mengendalikan. Contoh :

• Apa yang menggerakkan andong berjalan = Kusir kuda !
• Apa yang membuat mobil berjalan = Supir dibelakang setir !
• Apa yang membuat bola masuk gawang = Kaki manusia !
• Apa yang menggerakkan kehidupan manusia = Tujuan Hidupnya !

Adalah suatu fakta banyak orang digerakkan oleh Tujuan Hidupnya. Ada ratusan kondisi yang menggerakkan kehidupan seseorang kita melihat beberapa contoh kondisi yang mempengaruhi kehidupan seseorang akan :

  A. BANYAK ORANG DIGERAKKAN OLEH PERASAAN BERSALAH

Mereka akan menghabiskan seluruh hidupnya dengan tekanan dan bayangan bersalah, mereka mencoba lari dari perasaan itu dan berusaha menyembunyikan rasa bersalah, penyesalan, rasa malunya maka sepanjang umur hidupnya terus saja dibayangi oleh perasaannya itu tanpa disadari mereka sedang menghukum dirinya, maka orang-orang seperti itu telah menutup masa depan yang Allah rencanakan bagi hidupnya. Ingat Filipi 4 : 4 , bersuka citalah dalam Tuhan , sebab Tuhan sudah mengampunimu …… Mazmur 103 : 1-5,12 .

B. BANYAK ORANG DIGERAKKAN OLEH PERASAAN MARAH DAN KEBENCIAN

Ada banyak orang hidupnya sudah dikuasai perasaan marah dan benci karena peristiwa masa lalunya yang menyakitkan, dendam kepada persitiwa di masa lalunya, orang seperti itu sepanjang umur hidupnya akan diisi kepahitan, sehingga apa yang nampak baik dari tingkah lakunya maupun ucapannya diwarnai oleh kepahitan dan umpatan-umpatan kotor, bagi yang tidak terungkap dengan menyimpan dalam hatinya karena tipe orang yang introvert, kerugian orang yang hidupnya digerakkan oleh hal ini adalah mencelakakan dirinya dengan berbagai macam penyakit dan yang pasti rencana Allah dalam hidupnya tidak bisa dinyatakan, masa depannya dihancurkan oleh dirinya sendiri. Alkitab menyatakan “ hanya orang bodoh saja yang mati sebab sakit hatinya.” Ayub 5:2

    C.  BANYAK ORANG YANG HIDUPNYA DIGERAKKAN OLEH RASA TAKUT

Mereka hidup selalu dalam ketakutan, atau kecemasan, kebanyakan oleh karena pola mendidik orang tuanya yang selalu mengintimidasi, menakutinya, atau tumbuh dalam lingkungan yang menuntut hidup dengan peraturan-peraturan yang ketat (keras) bisa juga karena traumatic atas kegagalan masa lalunya entah dalam usaha, atau kegagalan cinta yang mengecewakannya, tetapi bisa juga karena factor genetic yang menciptakan seseorang menjadi penakut. Orang dengan kecenderungan demikian akan kehilangan kesempatan yang Tuhan sudah buka bagi jalan hidupnya. Yakobus 1:6-7 mengatakan seseorang yang bimbang, khawatir dan ragu-ragu seperti ombak yang diombang-ambingkan angin maka orang itu tidak akan mendapatkan apa-apa.

D. BANYAK ORANG DIGERAKKAN OLEH MATERIALISME

Kecenderungan banyak orang hidupnya adalah mengejar target atau keinginan-keinginannya yang berhubungan dengan materi seperti uang, kekayaan, barang-barang mewah, dll.Orang seperti ini focus hidupnya hanya untuk mengejar dan mencapi apa yang diinginkannya sehingga segala daya usaha dan upaya dicurahkan agar apa yang diinginkannya itu tercapai, orang tipe seperti ini sulit untuk mengikuti kehendak dan rencana Tuhan bagi hidupnya, walau sebetulnya kehendak Tuhan pada akhirnya jauh lebih indah dan mulia dari apa yang dicita-citakannya, itulah sebabnya firman Tuhan dalam Lukas 12:16-21. “… Hai engkau orang bodoh, pada malaam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, da apa yang telah engkau sediakan, untuk siapakah itu nanti?.. Firman Tuhan ini mengingatkan hidup ini bukan hanya untuk mengejar uang saja, semuanya jadi sia-sia kalau segala kekayaan yang dihimpunnya tidak bisa dinikmatinya. Pengkotbah 6:1-2 .

E. BANYAK ORANG HIDUPNYA DIGERAKKAN OLEH KEBUTUHAN AKAN PENGAKUAN

Pengakuan sebagai orang penting atau pengakuan sebagai pahlawan, baik bagi keluarganya maupun komunitas dimana dia berada, kecenderungan orang seperti ini adalah ingin diperhatikan, ketika berbicara, maunya pendapatnya yang dipakai, didengar atau orang seperti ini berusaha menyenangkan hati orang-orang yang ada disekitarnya agar dia bisa disebut pahlawan, pikirnya adalah bagaimana menyenangkan hati orang-orang sehingga tidak sempat memikirkan apa yang Tuhan kehendaki dalam hidupnya karena hati dan pikirannya hanya untuk memikirkan bagaimana menyenangkan hati orang-orang agar diakui sebagai pahlawan.
Yang paling berbahaya kalau menyenangkan hati orang-orang yang suka judi, suka mabuk maka untuk menyenangkan hatinya ikut-ikutan judi atau mabuk! Matius 6:24 mengatakan tidak seorangpun bisa mengabdi kepada 2 orang tuan.

Dan ada banyak contoh kehidupan orang-orang yang hidupnya digerakkan oleh berbagai latar belakang berbeda-beda, tetapi semuanya tidak membawa hidup seperti yang diinginkan Tuhan atau ternyata apa yang diduga membawa kepada satu kehidupan yang berbahagia kenyataannya mengecewakan. karena tidak hidup menurut Tujuan yang sudah Tuhan tetapkan.

Bagaimana caranya mengalami kehidupan yang pasti membawa kepada kebahagiaan sejati, bahkan lebih dari apa yang diimpikannya? ( Efesus 3:20.) adalah Apabila hidup kita menurut kehendak dan rencana –Nya . Yaitu “ Hidup menjadi Berkat “ ( hidup jadi Garam dan Terang dunia ) Tuhan sudah memberikan petunjuk-petunjuk untuk kita menuju kepada apa yang Tuhan sudah rencanakan sejak kita masih ada didalam kandungan ibu kita. Mazmur 139:13-16.

Ada 5 manfaat kehidupan yang digerakkan oleh “ Tujuan Allah dalam kehidupanNya “ Yaitu “ Hidup Jadi Berkat “

  1. Membuat hidup ini jauh lebih bermakna / berarti kalau kita tahu dan mengenali dengan benar tujuan Allah dalam hidup kita baik secara umum seperti Yeremia 29:11 katakan atau secara khusus bagi hidup kita Yesaya 43:7 / Roma 8:30 / 1 Petrus 2:9. Hidup jadi bermakna ketika mengetahui ada Tujuan Allah dalam hidupnya, seseorang akan memiliki gairah hidup kalau tahu hidupnya berarti, langkah yang harus diambil orang itu adalah tanggalkan beban yang merintangi dibawah kaki Yesus baik itu perasaan bersalah, marah dan kebencian, perasaan takut, keinginan akan meterialismenya, keinginan akan pengakuan dari orang lain, Tuhan Yesus akan memberikan kelegaan Matius 11:28.

  2. Dan jangan memandang akan besarnya persoalanmu, kebutuhanmu tetapi arahkan pandanganmu kepada KEBESARAN, KEMAMPUAN TUHAN ALLAHMU Sebab keadaanmu yang terus dipikirkan merupakan penghalang untuk kamu melihat akan KEBESARAN, KEMAMPUAN TUHAN ALLAHMU apabila kamu terus mengarahkan pandanganmu kepada keadaan dan masa lalumu, iblis akan menggunakan keadaanmu untuk menghancurkan hidupmu! Ingat Tuhan telah memberikan jaminan KEMENANGAN bagi mereka yang ada didalam Kristus 2 Korintus 2:14a. Tuhan telah menyelesaikan segala sesuatu diatas kayu salib bagi umatNya sehingga umatNya tinggal menerima jaminan Kemenangan asal umatNya taat akan pimpinanNya dalam perjalanan hidup ini, dan AKU membuat engkau melintasi bukit-bukit dibumi dengan kendaraan kemenangan. Yesaya 58:14. Hidup jadi bermakna apabila kamu mengarahkan pandanganmu kepada KEBESARAN, KEMAMPUAN TUHAN ALLAHMU, DIA berjanji untuk memimpin langkah demi langkah tidak semuanya sekaligus…. Tetapi langkah… demi langkah… yang akan kamu lewati bersama Tuhan adalah Mujijat karena Tuhan yang memimpin maka setiap hari kamu akan melihat Mujijat… Mujijat Tuhanmu.!

  3. Mengenali Tujuan hidup akan memudahkan kehidupan ini yang sebelumnya penuh dengan kesibukan dan jadwal-jadwal yang penuh, ketika kita tahu tujuan hidup yang Allah tetapkan bagi kita maka kita bisa mulai mengevaluasi agenda kehidupan dan pekerjaan kita lebih efisien dan terarah, mengkoreksi dan membuang hal-hal yang tidak bermanfaat dalam kehidupan kita dan mengganti kegiatan yang bermanfaat bagi tujuan hidup yang sudah Allah tetapkan, seperti membuang jam-jam nonton tv yang berlebihan diganti dengan mengikuti kegiatan dan aktifitas rohani seperti baca Alkitab, buku rohani, Doa dan ikut K.T.B yang akan membuat kita makin peka akan kehendak Allah dalam kehidupan kita. sebaliknya kalau kita sibuk tanpa tujuan akan membuang waktu saja (seperti gasing yang berputar kencang tetapi tidak ada kemajuan) Efesus 5:7 mengatakan , “ Sebab itu janganlah bodoh tetapi ketahuilah kehendakNya “

  4. Mengenali tujuan hidup membuat kita memiliki FOKUS hidup yang jelas sehingga energi terpusat kepada hal-hal yang efektif dan efisien seperti sinar matahari kalau difokuskan melalui kaca pembesar bisa membakar ranting-ranting kering, kalau cahaya difokuskan akan menghasilkan sinar laser yang bisa mengiris logam baja seperti mengiris tahu, itulah Kekuatan Hidup yang terfokus.

  5. Mengenali tujuan hidup akan MEMOTIVASI kehidupan kita, tidak ada energi yang dahsyat seperti ketika seseorang memiliki tujuan hidup yang jelas, sebaliknya kekuatannya akan memudar ketika seseorang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas, contoh ketika seseorang bangun pagi. Kalau sudah punya janji, orang itu dengan tergesa-gesa bangun, tetapi kalau tidak punya janji atau hari libur maka orang itu akan malas bangun.

Mengenali tujuan hidup yang jelas akan mempersiapkan kita kepada suatu kepastian hidup bukan hanya untuk sementara dibumi ini saja, tetapi sampai pada kekekalan, banyak orang memikirkan dan mempersiapkan hidup hanya untuk perkara-perkara dibumi ini saja, baik itu masalah reputasi, nama besar, gelar, pangkat dll. Yang akan berakhir setelah kita meninggal, bahkan jasa pahlawanpun kadang tidak mendapat penghargaan , dibuktikan anak keturunannya tidak mendapat perhatian, paling hanya medali jasa saja! Walau begitu beberapa banyak orang mengejar hal-hal seperti itu dengan rela mengorbankan segala sesuatu bahkan keluarga jadi korban. Tetapi kalau kita memiliki tujuan hidup dari Allah ada kepastian akan kehidupan sempai pada kekekalan sebab jalan-jalan yang ditunjukkan Tuhan kepada kita untuk kita jalani dengan taat dan setia akan menuju kepada kepastian sampai pada kekekalan. Oleh sebab itu mari fokuskan kepada TUJUAN HIDUP YANG ALLAH TETAPKAN. Bagi hidup kita, ingat setiap langkah hidup kita dalam pimpinanNya adalah Mujizat… setiap hari jika kita mau dipimpinNya setiap hari kita akan melihat MUJIZAT… TUHAN ! Amin.