apa YESUS punya freewill ?

Dia GAK BISA ataukah GAK MAU berbuat dosa ? :slight_smile:

====edit====

atau setidaknya berbuat yg diluar kehendak Allah.

salam.

scara simplenya, illustrasinya

Pohon belimbing bisa ga berbuah rambutan?

Jawabnya tentu tidak.

Tubuh terdiri dari badan dan roh.
Dlm kasus Yesus, rohNya adalah roh Allah sendiri meski wujud/ badannya adalah sosok manusia.
Karena itulah Ia benar-benar manusia dan juga benar-benar Allah.

Jadi saya kembalikan: apakah Allah berbuat dosa? :slight_smile:

jadi ?

YESUS gak bisa berbuat dosa ? (gak punya freewill) ?
(tentunya freewill disini ttg keinginan berbuat kehendak Allah atau tidak)

pohon belimbing punya freewill tidak , untuk tidak berbuah belimbing?

bukan tidak punya freewill.
tapi pengetahuan yang sempurna hanyalah milik Allah, sehingga Allah tidak mungkin salah.

Allah menciptakan manusia secitra denganNya, sehingga dengan demikian kodrat manusia adalah kebaikan (bukan keburukan).
Btw, bro odading mengerti makna freewill ?
Kalau belum, saya coba bantu…

Jujur, saya baru diskusi dengan teman katolik beberapa waktu yg lalu, dan saya baru paham apa arti freewill yg bener. :smiley:

manusia punya freewill tidak, untuk beranak monyet ? :slight_smile:

Yesus sebagai manusia punya kehendak bebas, tetapi Ia meletakkan kehendak bebas dalam ketaatan kepada kehendak Bapa:

36 Kata-Nya: “Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.”

nah, ini berhubungan dengan kodrat yang saya sebutkan di atas. :wink:

Dosa adalah perbuatan diluar kehendak Tuhan

Yesus itu Tuhan jadi semua perbuatanNya pasti didalam kehendakNya.

terus terang saya gak tau makna freewill yg benar.
yg saya tau cuma bahwa freewill itu kehendak bebas seorang manusia :slight_smile:
(sekali lagi - tentu dlm lingkup melakukan kehendak Allah ato tidak).

cuma, saya merasa - YESUS itu sepertinya punya freewill.
Dia “masih bisa” (ada kemungkinan) - utk membangkang Allah.
Tapi Dia tidak melakukannya - dan buat saya, disinilah “pelajaran” yg bisa diambil.

apakah maksudnya khusus utk YESUS, kodratnya gak bisa berbuat dosa ?

oh ya… saya akan seneng, kalo There bisa bantu ttg makna freewill ?

salam.

makasi theresa.

salam,

tuh…
Udah anda jawab sndiri, mengapa anda bertanya?

keliatannya Yesus memang punya freewill ?
namun Dia PILIH untuk selalu patuh dgn kehendak BapaNYA ?

makasi laskar atas masukannya.

salam.

saya bertanya, dude (herlino) malah bertanya :
post 1 : Pohon belimbing bisa ga berbuah rambutan?
post 2 : pohon belimbing punya freewill tidak , untuk tidak berbuah belimbing?

lalu saya TANYA :
manusia punya freewill tidak, untuk beranak monyet ?

malah dibilang sebuah jawaban … :slight_smile:

cuma, saya merasa - YESUS itu
sepertinya punya freewill.
Dia “masih bisa” (ada
kemungkinan) - utk
membangkang Allah.

QUOTE…

Moso, Yesus membangkang pada Hakikat diriNya sendiri?

aku kasih isi nya aja,

Bgini kata Yesus:

“Aku dan Bapa Adalah SATU,”

Aku ada didalam Bapa dan Bapa ada didalam Aku,

Apa yg Bapa lakukan itu yg dilakukan Anak.

tuh kan… masih nanya … :cheesy:

menurut saya, ini adalah sebuah pengajaran.

apabila manusia hidup didalam Bapa, maka Bapa hidup didlm manusia.
Dgn demikian apa yg menjadi kehendak Bapa, maka manusia akan melakukan kehendak Bapa.

saya coba bantu luruskan ya… :slight_smile:

Allah menciptakan manusia secitra denganNya. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna, sebab memiliki akal budi, lain halnya dengan makhluk lainnya.

Ketika kita dihadapkan pada berbagai pilihan, tentulah kita akan mengambil mana yang terbaik bagi kita.
di sinilah akal budi bekerja. Namun akal budi tidak sempurna, karena akal budi kita tergantung pada tingkat pengetahuan yang kita miliki dan terkadang bersifat subjektif.
Setelah akal budi memilih, barulah kehendak bekerja.

Freewill sebenarnya adalah kehendak bebas berbuat utk menunjukkan kodrat/ jati diri, di mana jati diri/ kodrat manusia td adalah kebaikan.
Jadi sebenarnya, freewill itu kehendak utk berbuat kebaikan.

contoh: kalau libur, mau ngapain?

  1. main game
  2. tidur
  3. nonton tv
  4. ngedrug/ ngobat

dari pilihan di atas, freewill seharusnya memilih nmor 1-3, bukannya nmor 4.
Bila memilih nmor 4, ada kehendak lain yg bekerja, dan jelas itu menyimpang dari kodrat.

Pengertian yang selama ini kita dapatkan, sepertinya byk yg salah. :slight_smile:

owh, jadi tret ini masih tahapan pengenalan Yesus ya?

Oke deh, Trisaapril yg jelasin deh…

Go ahead…!

@ odading

se7
Nyambung nich bro laskaria :smiley:

Yesus memiliki freewill :afro:

Mat. 9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"* --lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:/“Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”
Mrk. 2:10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:
Luk. 5:24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"* --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:/“Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”