Apa yg hrs saya lakukan? Suami memiliki WIL

Rekan2 seiman dalam Kristus,
Saya mohon bantuannya atas permasalahan yg saya alami saat ini. Saya menikah 9thn dgn dikaruniai 1 anak laki2 usia 8thn. Saya baru saja mendapat pengakuan dr suami bhw dia memiliki WIL setelah saya mendapati bukti smsdan saat saya tny maukah dia meninggalkan WIL itu dan dia menjwb dia tdk akan meninggalkan saya maupun WIL tsb dgn alasan ingin berbuat adil. Suami saya orgnya keras dan jauh dari Tuhan. Dia menganggap perselingkuhannya adalah hal yg wajar utk seorg laki2. Saya mohon bantuannya solusi apa yg hrs saya ambil. Saya sdh berserah kpd Tuhan dan saya mohon masukan yang bermanfaat dari rekan2 sekalian. Bantu saya dalam doa. Terima kasih. Gbu.

Saya ingin mengetahui ttg masalah ekonomi keluarga, apakah Anda sebagai isteri punya penghasilan sendiri?.

Betul. Saya pencari nafkah tunggal. Suami sy tdk bekerja dan semua kebutuhan sy yg penuhi bahkan gaji sy 60% habis olehnya. Dia otoriter dan sy sama sekali tdk berkutik hrs nurut apa yg dia mau. Tlg bantu sy. Skrg dia tdk mau meninggalkan wilnya dan juga saya. Dia mau dua2nya dgn alasan spy fair. Sy sakit sekali mengdengarnya sdgkan sy sdh menikah resmi di gereja dgnnya.

Memang tidak mudah untuk menyadarkan seseorang, yang jelas dari cerita kamu menunjukkan bahwa suami kamu termasuk orang yang kurang memiliki rasa tanggung jawab (maaf bukan menghakimi, just my opinion), ada baiknya secara bertahap kamu berusaha membangun rasa tanggung jawab suami, mungkin bisa minta bantuan melalui pihak-pihak yang disegani oleh suami.

Suami tidak bisa menggunakan alasan keadilan untuk tidak meninggalkan wil-nya, karena dengan mempunyai wil saja sudah menunjukkan bahwa suami sudah berlaku tidak adil terhadap kamu.

Mungkin salah satu alasan yang membuatnya mempertahankan kamu adalah secara financial masih bergantung terhadap kamu, kalau memungkinkan kamu beri semacam shock terapi, yaitu dengan tegas kamu meninggalkan suami dan stop suport keuangan apabila suami tidak melepaskan wilnya.

banyak kasus seperti itu, suami2 kecanduan sex jadi budak sex dosa selingkuh dengan wanita2 lain,
ada istri setia mendoakan suaminya bertahun2 akhirnya suaminya bertobat kembali kepada istrinya,

istri yang setia pasti menunggu suaminya pulang walau hati sangat sakit menangis sambil doa terus,
TUHAN YANG MAHA KASIH pasti mendengar mengabulkan doa istri yang setia sehingga suami tobat,

doa: TUHAN YESUS tolong tobatkan suaminya & persatukan kembali suaminya dengan istrinya amin.

Apa sis Relunghati78 sudah pernah konseling ke hamba Tuhan digerejanya?coba konseling ke hamba Tuhan yang digereja sis dl,bagaimana saran yg diberikan sama hamba Tuhan tsb,kemudian sis Relunghati78 juga tetep berdoa supaya Tuhan mengampuni dan menyadarkan kembali suami sis,sambil coba diajak bicara suaminya,masa sudah salah mempunyai WIL tp make uang hasil kerja keras sis Relunghati78 buat dihabiskan sama WILnya? coba tanyakan sama suaminya sis bagaimana pendapat anak kalian kalo ngeliat dia seperti itu?apa tidak pedulikah dengan perasaan istri sama anaknya sendiri?

Sy setuju bgt…

Pegang prinsip:

  1. Katakan kepada suami bahwa isteri (Anda) tidak akan mau suami punyai isteri ke-2 dan ke sekiannya.
  2. Suruh suami memiliki: pilih isteri sah atau pilih yang dia suka sekarang ini.
  3. Ceritakan masalah ini kepada hamba Tuhan di tempat Anda berbakti, mohon bantuannya untuk konseling/berbicara langsung: Hamba Tuhan-Anda-suami Anda.
  4. Buatkan tabungan khusus dan jangan sampai suami tahu hal ini, bila dekat dengan orang tua Anda/saudara kandung Anda yang dapat diandalkan, buku tabungannya disimpat di tempat keluarga yang dapat diandalkan/diperyai. Ini penting persiapan untuk masa depan Anda+anak.
  5. Bila suami Anda tetap tidak mau memihak kepada Anda, tantang dia untuk keluar dari rumah dan jangan pulang bila masih tetap hidup dengan pilihannya sekarang ini.
  6. Jangan lupa berdoa terus-menerus untuk masalah ini agar Tuhan Yesus memberikan jalan yang terbaik.

Terakhir posisi Anda saat ini di mana, mungkin ada rekan konselor yg dpt membantu Anda dari beberapa pusat konseling yang ada.
GBu

Terima kasih atas semua masukannya utk saya. Ya saat ini hny Tuhan yg dpt saya andalkan. Saya hny bs menangis mohon agar kuasa Roh Kudus menerangi mrk berdua. Sy sakit mendengar suami berkata kl wilnya menuntut wkt suami sy lbh byk lg pdhal wil itu tau kl pacarnya itu suami org. Suami sy setiap hari memang plg tp selalu larut mlm. Hati sy tersayat2 setiap mlm menunggu suami plg dan membayangkan dia sedang bersama wilnya. Wilnya itu msh muda baru lulus SMA bbrp thn lalu dan skrg sdh bekerja. Utk info saja, hub sy dan suami normal. Kami msh ada wkt jln berdua tiap weekend dan maaf, hub suami istri pun msh normal. Sy tdk mengerti mengapa di luar sana terrnyata dia menjalin hub dgn wil. Sy sebenarnya sempat berpikir utk meninggalkannya spy dia jera tp sy ga mau anak sy sedih krn dia dekat sekali dgn papanya. Apakah sy hrs terus bersabar smp Tuhan menjwb doa saya?

Ada orang tua berkata bahwa rumput di sebelah rumah tetangga lebih hijau. Wanita lain di luar isteri sendiri lebih baik???
Inilah sifat egois laki-laki… heemmm mungkin termasuk wanita juga ya…

Hmmmm… ada yang saya tidak mengerti… disatu pihak anda bilang … anda yang mencari nafkah… suami tidak bekerja… tapi dipihak lain kok bisa suami menghabiskan 60% penghasilan anda… dimana uang penghasilan seharusnya anda yang memegang dan mengendalikannya… pembiaran seperti ini adalah salah satu permasalahan anda… sedangkan seharusnya suami yang mencari nafkah namun sang suami mau membagi cinta sementara dia sendiri menyakiti anda… hmmm… fairnya dimana nya yaahhh… sepertinya anda butuh dukungan keluarga untuk segera mengambil keputusan…

Ya suami mengontrol seluruh hdp saya. Dia mendikte semua gerak gerik saya. Sy yg cari uang, dia yg lbh byk menghabiskan dan sy tdk pernah berani melawan. Seelama ini sy hny pasrah dan tnyata dia memiliki wil di luar. Mungkin rekan tak percaya, tp itulah kenyataannya. Tp sekedar info, dia memang tdk pegang uang secara lgs. Smua sy yg lgs belanjakan kebutuhan hdp dia. Dia perlu apa sy yg beli. Sy juga bingung apa yg dicari oleh wil itu dr suami sy. Kalo soal uang rasanya tdk. Sy mhn doa agar mereka bs dilepaskan dr kuasa kegelapan.

Bila Relunghati78 ingin mendapatkan analisa dan solusi sederhana, dapat menghubungi [email protected] karena ada beberapa hal tidak dapat ditulis di forum ini.

[email protected] akan mencoba memberikan pandangan tentang apa & bagaimana hal yg demikian itu menjadi kenyataan.

Ibu relung yang dikasihi Tuhan.

Tentu apa yang ibu lakukan sudah benar yaitu berserah pada Tuhan Yesus.

Saya terpikir, kenapa suami ibu punya wanita lain, saya rasa wanita itu dinafkai oleh suami ibu dari hasil keringat ibu mencari uang.

Bagaimana kalau jangan kasih uang sama suami, kalau perlu makan dirumah tentu dikasih tapi jangan dikasih uang saku apa2. Mungkin selingkuhannya akan meninggalkan suami ibu karena tidak lagi dinafkai dan akhirnya suami Ibu kembali kerumah.

suamimu tidak akan meninggalkanmu karena dia menganggapmu bukan sebagai istri tapi sebagai ibunya (seorang ibu yang menghidupinya), karena dia mengganpmu sebagai seorang ibu maka dia berpikir dia berhak mencari kekasih. Jadi pemecahan masalahnya jadilah kekasihnya, berusahalah untuk lebih romantis dari WIL-nya, maka dia akan perpaling dari WIL-nya. Selain itu usahakan carikan dia pekerjaan tetap, karena biasanya orang yang kecanduan sex adalah mereka yang kurang kerjaan.

saya berdoa untuk ibu… Smoga Tuhan Yesus membukakan jalan terang utk permasalahan ibu dan anak…

Tuhan Yesus memberkati

yg ingin saya tanyakan adalah bagaimana kondisi komunikasi anda dgn suami?
krn komunikasi itu penting dlm suatu hubungan…
jika anda sibuk bekerja mencari uang utk kebutuhan keluarga, mungkin yg terjadi adalah
suami anda merasa kesepian dan mencari WIL (utk memenuhi kebutuhan sosialnya)…
atau mungkin suami merasa anda tidak dpt lg memberikan kebahagiaan utknya jika
sering terjadi keributan di rumah sehingga dia tidak betah di rumah…

banyak hal yg bisa membuat hubungan suami istri menjadi buruk n harus di cek
kesalahan apa karena biasanya ada kontribusi dari kedua pihak…
anda mungkin adalah sebagai penyebab dari semua ini n anda harus dgn rendah hati mengkoreksi diri juga,
jgn selalu anda merasa bahwa andalah victim/korban dan menunggu suami berubah…
kesalahan inilah yg harus diubah…

suami tidak memiliki pekerjaan saja menurut saya itu membuat dia bosan di rumah dan
mecari kesibukan lain, sayangnya dia salah jalan…
Bantulah suami anda mencari pekerjaan atau mendukung hobby nya (pria suka hobby dan
terkadang hobby pun bisa menghasilkan uang)
Buatlah kondisi dimana suami anda akan bahagia atau sibuk sehingga ia melupakan kesenangan
dengan WIL nya itu…

GBU

yang dilakukan : mengampuni dan mendoakan spy tuhan mengubahkan hatinya , tanyakan kenapa dia selingkuh ? apa yang kurang dr relung hati ? apa kurang dlm memberi perhatian? dll…

Didoakan dengan Doa Bapa Kami setiap hari bu, semoga bisa membantu memperbaiki keluarga Anda…

Romo saya pernah cerita, pernah ada ibu-ibu yang datang minta doa, suaminya punya wanita lain, untuk mencukupi kebutuhan keluarganya teman saya usaha kelontongan dirumah, tapi usahanya gak laku2 (pembeli jarang ada yang mampir). Dikasih Romo doa Bapa Kami, disuruh didoakan setiap harinya dengan iman…Tadinya dia bingung, kenapa disuruh doa Bapa Kami. Setelah diberi penjelasan oleh Romo, baru dia mau nglakuinnya…

Kira-kira begini doanya:
Bapa Kami yang ada di Surga,
Dimuliakanlah nama-Mu,
Datanglah kerajaan-Mu,
Jadilah kehendak-Mu,
Di atas Bumi seperti di dalam Surga,
Berilah kami rejeki pada hari ini, juga orang-orang yang ada di sekitar toko kami termasuk orang yang lewat di toko kami,
Dan ampunilah kesalahan kami,
Seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami, termasuk pasangan hidup saya yang sangat saya kasihi,
Dan janganlah masukkan kami berdua ke dalam pencobaan,
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.
Amin…

Setelah lama, Romo kebetulan ketemu dengan wanita itu, tanya gmn kabarnya. Wanita itu terus bilang klo keluarganya sekarang sudah jauh lebih baik…

btw sis, kamu berhak untuk menceraikan suamimu.

Kalau butuh lebih lanjut PM saya, saya bisa jelaskan kenapa. (bukan cuma legalistik diambil dari satu ayat waktu Kristus bilang gak boleh cerai kecuali perzinahan)