apa yg kamu pikirkan akan kamu lakukan?

jadi kepingin tau pendapat masyarakat di forum ini nih :

kalau umpama saja tiba2 suatu malam kamu melihat suatu penampakan dari seseorang kerabat dekat yg baru / sudah meninggal, hal apa yg terbersit pertama kali di pikiranmu yg akan kamu lakukan?

monggo di-share mas-mas, mbak-mbak, om-om, tante-tante…

:mad0261: :happy0065:

kita berandai-andai saja deh, tapi kalau mungkin ada yg punya pengalaman pribadi boleh juga di-share.
.
sedikit saya kasi ilustrasi yg lebih jelas :
.
bila ada sanak saudara yg baru meninggal 3 hari yg lalu, (misal ayah) di tengah suasana yg masih berduka, tiba2 muncul sosok bayangan beliau (yg baru meninggal) sedang berada di dalam kamarnya / di ruang makan / duduk di ruang tamu / dll.
.
apa yg kira2 rekan2 disini akan lakukan?
.
apakah berdoa > mendoakan beliau yg telah meninggal? (kalo iya, doanya bgaimana?)
.
apakah melakukan “pengusiran” seperti mengusir hantu / kuasa2 gelap dengan kata2 :
“dalam nama Yesus, pergilah engkau!!!” ( atau yg sejenisnya )
.
atau ada tindakan yg lain?
.

mengingat banyak sekali post di forum ini yg menyebutkan : tidak boleh berhubungan dengan arwah / roh orang mati.
.
apa yg seharusnya kita lakukan sebagai yg mengaku “Kristen”
monggo dipersilahkan. …

  1. Cari-cari di alkitab… ayatnya mana ya… tentang S.O.P menghadapi Arwah (laki/perempuan?) yang dalam posisi duduk… (15 menit) → kalau udah tidak nemu

  2. Telp pendeta yg paling ahli… SMS, BBM, miskol, eh… ternyata jam 2 malem… udah tidur atuh… (15 menit lagi…)

  3. Berdoa pada Tuhan mohon petunjuk & bimbingan roh kudus: “Apa yang harus saya lakukan?” (bisa 15 menit atau malah lebih…) kalau pakai doa-nya panjangan lagi biar khusyuk…

  4. Nah… ketika tetap belum mendapat jawaban lagi… coba lihat di kursi itu… eh… Udah Hilang… ehehe…

gimana mas?

  1. Itu enak lho…
  2. Soalnya: tetep udah berusaha melakukan sesuatu
  3. tapi tetep tidak melanggar apa-apa yang diyakininya sendiri.
  4. eh… habis sibuk-sibuk… udah ilang…
  5. win-win solution kan? hehe…

Mungkin yang akan saya lakukan adalah mengucek-ngucek mata saya, beneran gak nih ada sodara yg br meninggal lg duduk2 di kursi…
trus klo beneran dan yakin itu ada… :monkeys54: :monkeys54: kaburrrr…

Saya mohon tanya dulu pada TS yang beragama Katolik. Menurut aturan Gereja anda berapa lama arwah orang baru mati bisa gentayangan di dunia apa 3 hari, 40 hari? Dan kenapa bisa gentayangan, mis arwah orang Katolik yang mati penasaran karena dibunuh, atau sang arwah minta dibuatkan Misa untuk keselamatan jiwanya atau bagaimana? Terimakasih.

Salam

Jujur banget nih jawabannya kalau itu sodara.
kalau itu orang tua yg dekaat sekali sm kita, gmn?
.
namanya jg ber-andai2???

iya sih bro…
.
tapi kok rasanya itu respon yg kurang natural.
.
hihi hi…
.
anyway… thanks ya sdh reply yg pertama.

salam juga bro bud,
jujur aj, sy ga tau ada aturan baku spt yg bro maksud :

coz, saya buta soal aturan dunia arwah tuh…
.
terlepas dari hal diatas itu, kayaknya ga ada hubungannya deh…
.
maaf ya bro, saya cuma kepingin tau aja, apa yg bakal muncul di benak rekan2 (termasuk dirimu) secara spontan.
.
begitu…
monggo…

Ok…Terimakasih :slight_smile:

Karena saya tidak berdoa kepada orang mati, tidak percaya arwah orang mati masih bisa gentayangan di dunia orang hidup, maka jika ada “penampakan” kerabat yang baru mati saya langsung berdoa pada Tuhan kiranya Tuhan menjauhkan saya dari dalam pencobaan dan melepaskan saya dari yang jahat…

Salam

thank you bro…
saya menghindari diskusi yg “berat” karena bisa mengarah ke “debat kusir” yg ga habis2.
.
saya tanya dikit ya,

yg bro maksud dgn “yang jahat” itu apakah sosok “penampakan” itu?
.
kalau iya, darimana bro bisa menyebutkan “penampakan” itu adalah "yang jahat?

Tq.
Salam…

klo saya sih … pertama sudah pasti kaget… kedua klo bisa berkomunikasi ya ngobrol aja maunya apa…?? ^^

Ya karna saya tidak percaya, arwah kerabat saya yang sudah mati gentayangan didunia orang hidup jadi kalau ada sesuatu yang mirip kerabat saya yang sudah mati itu pasti bukan kerabat saya melainkan bisa roh jahat, atau halusinasi dst maka saya memohon dalam doa pada Tuhan supaya saya jangan kiranya dibawa dalam pencobaan dan supaya saya dilepaskan dari segala yang jahat. Demikian. Terimakasih.

Salam

he he he. …
.
brarti bro lumayan berani kalo bisa komunikasi.
.
mantap bro…

trima kasih atas jawabannya bro.
.
saya menghargai pendapat dan jawabanmu bro.
.
salam

saya mau share sedikit aja.
.
pernah suatu malam pas saya berdua dgn 1 orang teman lg tugas kerja di sumbawa, kami tidur di rumah teman penduduk lokal.
.
waktu habis nonton tivi di ruang tengah, kami mau masuk k kamar melewati ruang tamu. dan teman sy yg sama2 dr surabaya kaget sampai pucat… karena di ruang tamu, ada seorang bapak2 tua lagi duduk2. (di rumah itu tidak ada orang lain sebelumnya) >>> nah loo…
.
karena teman saya kaget, saya ikutan panik dan takut juga lho. hi hi hi. …
akhirnya kami berdua berdoa Bapa Kami berkali kali bersama sampai kami berdua tenang. (masalahnya cuma itu yg spontan kami inget)…
setelah berdoa, kami beranikan diri untuk melihat lagi… sdh hilang deh…
.
besoknya, temen sy yg punya rumah bilang kalo itu mendiang bapaknya setelah kami ceritakan ciri2nya.
.
» saya cuma mau bilang bahwa dalam situasi begitu, panik, kaget, takut, panik, kita harus tetap ingat bahwa kita ini anak Tuhan. kuasa Tuhan jauh lebih besar dari apapun dan akan melindungi kita dari apapun, kapanpun, dimanapun.
.
he he he. …
monggo kalau ada yg punya pengalaman, jg boleh di-share…
.