Apakah Allah di PL dengan Tuhan Yesus itu sama?

Salam kenal semuanya om, tante dan teman2. Maap saya masih newbie dan msh banyak yang belum saya ketahui. Mohon bimbingannya.
Pertanyaan: Allah dalam perjanjian lama itu kok tampak kejam dan otoriter? Sedangkan dalam perjanjian baru Tuhan Yesus itu tampak sabar dan penuh kasih? Apakah Allah dalam perjanjian lama itu sama dengan Tuhan Yesus dalam perjanjian baru?

Kejam dan otoriternya di mana?

yang jelas Allah itu satu bro…

ajaran tentang Nya bisa banyak.

PL taurat PB ajaran yesus…

dan ajaran Yesus itu kegenapan hukum taurat.

ya seperti suka menghukum orang, menurunkan tulah, air bah, mengizinkan israel berperang dll. Sedangkan Yesus kok selalu mengampuni orang dan menyembuhkan orang? Sepertinya bertolak belakang gitu?

Roma 5
5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,

Manusia memang patut menerima murka Allah. Semua kejadian pada jaman PL agar digenapi pada diri Kristus. Pelanggaran dan hukuman yang ada agar Kasih Karunia yang ada dalam Kristus menjadi nyata. Itulah tujuannya bro. Jadi Allah PL dan Allah PB sama. ^-^

Salam

yang digenapi apa nya bro?

Roma 5
5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,

Manusia memang patut menerima murka Allah. Semua kejadian pada jaman PL agar digenapi pada diri KRISTUS. Pelanggaran dan hukuman yang ada agar Kasih Karunia yang ada dalam KRISTUS menjadi nyata. Itulah tujuannya bro. Jadi Allah PL dan Allah PB sama. ^-^

Salam
[/quote]
terimakasih bro santo, tp kok saya masih kurang puas ya? Hehehe… :slight_smile:

Kurang puasnya di mana? Apakah manusia berhutang KASIH kepada Allah? Bukannya manusia yang mengkhianati Allah lebih dulu?
Dalam PL pun, Allah tidak melakukan penghukuman yang sembarangan, Hukuman yang diberikanNya adalah Adil dan Benar.

Salam

sama, yaitu : KASIH.

Itu kacamata manusia,
Ini kacamata Tuhan :

  1. Agar umatnya KUDUS = persekutuan di dalam Tuhan.
  2. Allah itu cemburu.

salam

Ia saya belum puas karna dalam PL ulangan 19:21 disebutkan nyawa ganti nyawa dsb, sedangkan dalam PB matius 22:39 kasihilah musuhmu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri. Statement ini bagi saya sangat bertentangan sekali, dan terkesan kok Allah PL itu kok kejam seperti Allah nya agama sebelah? Sedangkan Tuhan dalam PB itu terkesan sangat baik dan murah hati. Kalau oknumnya sama, kenapa mengeluarkan statement yang bertentangan gt ya om tante teman?

Mata ganti mata, gigi ganti gigi, nyawa ganti nyawa bukankah suatu hukum yang adil? Agar orang tidak semena-mena menghilangkan nyawa orang lain?

Hanya saja ketika kita menerima anugrah keselamatan di dalam Kristus, apakah kita berhak menuntut pembalasan yang didasarkan hukum yang adil? Kristus sudah membayar semua kerugian kita, jadi kita tidak lagi diperbolehkan menuntut balas, Tuhan lah yang akan menjadi hakim dan pembalas kejahatan.

Roma 3
3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

Roma 3
3:26 Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.

Roma 12
12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

Salam

Kalau kaya gt berarti hukum PL tidak berlaku lg dong? Trus bukti Allah PL itu kasih apa buktinya? Sepertinya tidak ada kata maaf bagi Allah PL terhadap musuh2nya, langsung main hukum aja?

Hukum Taurat memang sudah digenapi dalam diri Yesus, yang tertinggal adalah inti dari hukum Taurat yakni Hukum Kasih.

Buktinya Allah tetap sama:

Keluaran 15
15:13 Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang kudus.

Keluaran 20
20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

Anda dan saya ada sekarang adalah bukti kasih Allah dari dahulu kepada nenek moyang kita.

Allah kan tidak berhutang maaf kepada manusia? Allah yang Kudus tidak dapat bersatu dengan dosa. Bukti bahwa Allah adalah adil dan kasih, orang2 yang mati sebelum jaman Yesus juga menerima kabar keselamatan yang sama agar dapat dihakimi secara adil.

1 Petrus 3
3:18. Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Salam

Lalu Allah PL itu sama atau tidak dengan Allah agama sebelah?

Sepanjang perjalanan bangsa Israel pada PL, menunjukkan KASIH SETIA ALLAH.
Penghukuman bagi bangsa lain : untuk menunjukkan bahwa hanya ada satu ALLAH yang benar, ALLAH bangsa Israel, Allah MAHA KUASA yang disebut oleh bangsa Israel :YAHWE

Catatan :
Bangsa2 timur tengah pada PL menyembah allah-allah lain.
Hukum Taurat diberikan melalui Musa, setelah bangsa Israel dibebaskan (merdeka) dari perbudakan bangsa mesir yang menyembah dewa2.
HT pada PL diberikan kepada bangsa Israel sebagai tuntunan untuk persekutuan dengan Yahwe (KUDUS).

Bahas di treat sendiri.

salam

Allah hanya 1 untuk semua manusia. Hanya saja setiap manusia mempunyai pengenalan kepada Tuhan yang berbeda-beda. Persoalannya adalah siapakah yang memperoleh pengenalan yang benar?

Sudah dinyatakan bahwa Yesus adalah JALAN dan KEBENARAN dan HIDUP.
Tanpa Yesus, tidak ada yang mengenal Allah yang benar.

Salam

Om tante teman, bisa buktikan ayat2 yang menyatakan Allah PL sama dengan Tuhan Yesus? Biar saya makin mantap. :slight_smile:
Lalu berarti Allah PL itu 1000% bedakan dgn allah agama sebelah? <— Ok saya setuju dgn yg ini :slight_smile:

Yup sama…

Ho 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.

Lu 2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Isa 63:8-9

Bukankah Ia berfirman: “Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,” maka Ia menjadi Juruselamat mereka dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

Isa 46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Sejak zaman purba kala sampai selama lama… Yesus tetap Allah yang menyelamatkan :wink:

Hi kura2, Allah di PL ada Allah Bapa dan Allah Anak dan Allah Roh Kudus.
Allah di PL bukan kejam dan sadis,bangsa Israel dipilih Tuhan menjadi bangsa pilihan Tuhan,Allah selalu menjaga supaya Israel harus taat pada Tuhan,kenyataannya Bangsa Israel senantiasa tidak taat,dan selalu maunya sendiri,Tuhan sudah memperingatkan untuk tidak mengikuti allah bangsa lain yang merupakan penyembahan berhala,dan menyakiti hati Tuhan,tetapi mereka selalu membangkang,makanya Tuhan selalu mengatakan tidak boleh membawa barang atau apapun milik bangsa lain yang telah di taklukkan Israel, tetapi mereka selalu sembunyi2 mengambil barang dan perempuan2 bangsa lain,achirnya mereka jatuh dalam dosa penyembahan berhala.

Dalam hal ini kita harus menilai secara mata Tuhan,membasmi sampai habis dan tidak boleh mengambil barang yang Tuhan tidak setuju, cobalah kita melihat pada keadaan kita sekarang.
Tuhan mengatakan kawin seiman,seringkali kita mengabaikan,sehingga timbul konflik2 yang membuat kita sendiri kelabakan,saya sering menemukan pasangan demikian.
Artinya kita tidak boleh kompromi, akibatnya kita bisa melihat contoh2 hidup dari israel dulu yang kompromi,selalu berachir dengan kesalahan yang menjadi penyesalan.

Di PB Tuhan datang untuk menggenapkan penebusan dan menggenapkan hukum taurat dalam hukum kasih, Tuhan Yesus tetap bisa marah pada saat orang2 berdagang dalam bait Allah, kita tidak bisa mempertanyaan tindakan Tuhan tanpa melihat tujuan Tuhan. :cheesy:

Di PL seringkali ada huruf besar MALAIKAT TUHAN, ini adalah Tuhan Yesus, di alkitab chinese,lebih jelas menunjukkan Bapa, dan Anak,jadi kamu tidak bingung,kalau tidak mengerti bhs chinese,bisa tanya orang yang mengerti,jadi jelas bagi kamu,memang paling baik pakai alkitab selain yang indo,chibese dan inggris sangat2 membantu kita sewaktu membaca alkitab. :cheesy: