Apakah benar Petrus pernah ke Roma?

Apakah benar dalam sejarah Alkitab Petrus pernah pergi ke Roma untuk menjadi bishop I di Roma.

Dalam Sejarah Kitab Suci tidak pernah tertulis bahwa Petrus pergi ke Roma sebagai bishop I di Roma.
Kalau tidak salah hanya Tradisi Katolik saja secara turun temurun berpendapat bahwa Petrus pernah menjabat sebagai bishop1 di Roma.

  • Dalam surat Petrus juga tidak disebut apa-apa tentang hal itu.

  • Dalam Gal 2:7-8, dikatakan bahwa Petrus adalah rasul untuk orang Yahudi, bukan Non Yahudi, ini tidak memungkinkan Petrus untuk menjadi bishop di Roma!

  • Surat Roma ditulis oleh Paulus kira-kira pada tahun 58 M (berarti termasuk diantara ‘masa jabatan’ Petrus, yang menurut gereja Roma Katolik berlangsung tahun 42-67 M), tetapi dalam Roma 1:7, Paulus hanya menujukan suratnya kepada ‘kamu sekalian’ dan tidak menyebut nama Petrus, juga dalam Roma 1:11-13, ia tidak minta ijin ‘bishop Roma’ itu untuk mengunjungi jemaatnya diRoma.

Dan juga, apa gunanya Paulus pergi ke Roma kalau disana sudah ada Petrus?

  • Paulus dipenjarakan di Roma selama 2 tahun (mulai 61 M; bdk. Kis 28:30) dan selama itu ia menulis beberapa suratnya, seperti: Efesus, Filipi, Kolose, Filemon. Dan dalam surat-surat itu ia menyebut nama banyak orang-orang yang bekerja dengan dia, tetapi tidak menyebut nama Petrus. Ini adalah sesuatu yang aneh, kalau Petrus menjadi bishop di Roma pada saat itu.

  • Dalam Surat 2 Timotius ditulis oleh Paulus pada saat pemenjaraannya yang ke dua sesaat sebelum ia mati pada tahun 67 M (bdk. 2Tim 4:6-8). Dalam 2Tim 4:10-11, Paulus berkata bahwa semua meninggalkan dia kecuali Lukas. Dimana Petrus pada saat itu? Kalau ia sudah mati, mengapa Paulus tidak menyebut-nyebut kematian ‘bishop I Roma’ itu? Kalau pada saat itu Petrus masih hidup, bagaimana mungkin ia tidak mengunjungi / menyertai Paulus, sehingga Paulus berkata bahwa semua telah meninggal-kannya, kecuali Lukas?

Jadi Kesimpulannya:
Bahwa Petrus tidak pernah pergi ke Roma, apalagi menjadi bishop I di Roma!

kulo masih menunggu arah diskusi thread ini ke mana.

ijin duduk di pinggiran dan menjerang kopi.

Diskusi sambil ngopi sedapnya, mantap tu…