Apakah berperang dosa bagi Tuhan?

Soalnya kalau Indonesia tidak ikut berperang bisa tidak merdeka.Tapi di Alkitab. Keluaran 20:13 Jangan membunuh.bERPERANG ADA PEMBUNUHAN BERARTI PEJUANG KITA YANG MEMBUNUH PENJAJAH DENGAN TUJUAN MERDEKA berdosa. :angel: :angel: :ashamed0004:

Tolong pendapatnya.Bangsa Israel kan disuruh Tuhan jadi nggak papa berperang.Tapi Indo. :char11:

tergantung
Berperang lawan siapa ???harus spesifik
dan menurut siapa
gbu

Tergantung juga berperang bagi apa/siapa yg dibelanya…^^

“Jangan Membunuh” itu mah maksudnya jangan menghabisi nyawa seseorang secara direncanakan lebih dahulu dan dengan kebencian.

Dimanapun, perang memang merupakan hal yang sangat mengerikan. Kita sebagai orang Kristen tidak seharusnya menginginkan peperangan terjadi. Namun, kita juga harus realistis, dalam dunia yang sudah jatuh dan dipenuhi oleh orang-orang jahat, perang sulit untuk dihindari bahkan kadang perang diperlukan untuk menjadi solusi agar kejahatan tidak semakin besar. Misalnya : perang saudara di Amerika Serikat, bisa dikatakan berhasil menghentikan praktek perbudakan terhadap warga kulit hitam di sana, atau seperti contoh yang kamu sebutkan perang bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
Selalu kita harus menyadari bahwa perang terjadi karena upah dosa, di Alkitab dapat kita temui beberapa kisah perang, misalnya antara orang Israel dengan bangsa-bangsa lain, bahkan di akhir zaman, saat kedatangan Yesus yang kedua kali pun akan diwarnai perang, perang harmageddon. Namun, ada maksud dan tujuan yg jelas mengapa perang-perang itu terjadi, yaitu demi kebaikan yang lebih besar.

Lalu apa yang harus kita lakukan seandainya negara kita kelak memutuskan untuk berperang melawan bangsa lain?
Sebagai warga sipil bukan pemutus kebijakan, yang saya lakukan adalah tunduk pada keputusan pemerintah dan mendoakan para pemimpin agar diberi hikmat oleh Tuhan agar menyelesaikan konflik secara cepat dan tepat, juga mendoakan keselamatan para militer yang sedang bertugas, dan tidak lupa berdoa agar korban perang tidak banyak. Kalau memiliki keahlian, mungkin dapat menjadi tenaga medis untuk para korban perang.

Pengkhotbah 3: 8
ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.

perang melawan penjajah y boleh itu bnar
memang pd jesus dia tdk d suruh bapa utk brperang tp lbh mengalah. Jesus memang tdk dtakdirkn perang fisik. Beda dgn nabi agama sblah. Tp inti nya perang atasnama menyingkrkn penjajah boleh. Tp kl kamu penjajah n perang itu dosa.