APAKAH BISA UMAT KRISTEN SETELAH WAFAT DI BAKAR ?

Dear Saudara & Saudari

ada yang ingin saya tanyakan
apakah bisa kita umat kristen setelah wafat
jenazah kita di bakar/ dikremasi
mohon bantuan penjelasannya
Tuhan Yesus menberkati

Saya berpendapat, bisa dikremasi, nggak ada larangannya.

Di bawah ini, kopipes diskusi babarapa tahun lalu:

Agaknya sulit memberi pandangan tentang Kremasi yang “berterima” karena yang namanya manusia pasti ada yang pro dan kontra. Permasalahan ini pun menyangkut situasi dan kondisi, dengan perkataan lain, ada hal-hal tertentu yang mempengaruhi “boleh atau tidak” orang Kristen dikremasi.

Studi kasus I:
Orang Kristen meninggal di Singapore, lahan untuk kuburan tidak tersedia, kalau pun ada, harganya 'nggak bakal terjangkau orang biasa, lagi pula pemerintah Singapore mengharuskan kalangan Kristen dan Buddha/Hindu untuk “kremasi”. Apakah keluarga yang ditinggalkan 'ngotot minta si almarhum tadi dikubur? Lha, duitnya mana…?

Studi kasus II:
Orang Kristen meninggal di atas kapal di tengah laut lepas, katakanlah Samudra Pasifik. Untuk mencapai kota persinggahan pertama saja memerlukan waktu berminggu-minggu. Apa yang harus dilakukan oleh nakhoda kapal? Menguburkan, mengkremasikan, atau bahkan menceburkan/menenggelamkan jenazahnya?

Studi kasus III:
Orang Kristen meninggal di gurun pasir, lanjutannya bisa dikarang sendiri … :smiley:

Bagaimana dengan Alkitab?
Saya tidak menemukan di dalam Alkitab suatu ketentuan dimana orang yang mati itu harus dikubur dan tidak boleh dikremasi atau sebaliknya.
Sebaiknya kita harus memperhatikan situasi dan kondisi seperti kasus I hingga III di atas karena kita harus bijaksana dalam menerapkan firman Allah dalam segala situasi dan kondisi.

Ga pa-pa bro, tapi setau saya dikremasi bukan lebih mahal biayanya?

bisa iya, bisa engga…tergantung harga tanahnya.

kalo lebih mahalpun…urang awak dagang, bilang : rugi dimuka, untung make.