apakah era Jurassic itu ada?

Pada kitab Kejadian 1:1-31 disitu dijelaskan bagaimana Tuhan menciptakan bumi dan segala makhluk yg menghuninya termasuk manusia, Adam & Hawa.

tapi yg kita lihat akhir ini melalui fosil2 dinosaurus termasuk ditemukannya fosil Hommo Sapiens disitus Trinil, Jateng yg mengarah pd teori Darwin.

tentunya dalam hal ini ane lebih percaya pd Alkitab sbg panduan iman ane tapi dlm hal ini fakta ilmiah jg berbicara seperti yg udah ane tulis diatas itu.

apakah makhluk2 yg belakangan ditemukan fosilnya itu emang betul2 ada dan kalo dikaitkan dgn yg ada di Kitab Kejadian itu apakah ada relevansinya?

Sudah sering dibahas…

Tentang teori Darwin, adalah ilmiah tetapi untuk manusia masih ada “missing link” yang menghubungkan manusia purba ke manusia modern dalam penemuan fosil. Jadi teorinya ada tetapi fosilnya ada yang missing alias tidak ditemukan sampai hari ini yang menghubungkan fosil purba dengan tulang manusia modern sekarang. Jika tidak ditemukan artinya fosil itu tetap jalurnya primata (gorila, simpanse, orang utan dll), bukan manusia dan primata satu moyang.

Hal ini tidak mengherankan sebab Alkiab mencatat hitungan mundur usia manusia sampai dengan keluarnya Adam dan Hawa dari Taman Allah di Eden itu sekitar 5000SM. Sedangkan peradapan manusia juga ditemukan ada sejak 5000SM juga. Kecocokan ini setidaknya memberi gambaran bahwa Adam dan Hawa keluar dari taman Allah di Eden dan sejak saat itu berkembang biak menjadi generasi kita, dalam kurun waktu yang singkat dari mengusahakan pengairan sawah, sampai hari ini kita menerbangkan orang ke angkasa dan memproduksi layar gambar yang tipis dan tajam, lagi 3D. Sangat cepat dibandingkan jutaan tahun lalu sebelum 5000SM fosil purba mainannya batu dan kayu sampai hari ini primata juga mainannya batu dan kayu. Jadi sebenarnya semua sudah sesuai dengan penanggalan Alkitab.

Sedangkan saat Adam dan Hawa di Taman Eden, tidak dicatat umurnya, dan lagi disana ada dua pohon yang diceritakan, satu pohon pengetahuan baik dan jahat, satunya lagi pohon kehidupan. Allah hanya melarang makan buah dari satu pohon dan pohon kehidupan tidak dilarang Allah untuk dimakan oleh Adam dan Hawa. Berapa usia Adam dan Hawa di Taman Eden?

Peciptaan dalam Kejadian 1 dan 2, ditulis bukan sebagai bukti sians atau naskah ilmiah, tetapi ditulis untuk menjelaskan bagaimana Allah menciptakan dunia dan menentapkan hukum-hukumNya. Allah menciptakan semesta dalam 6 hari, dan pada hari ke 7 berhenti, beberapa memegangnya sebagai hari (24 jam) dalam hitungan manusia, sedangkan beberapa lagi menterjemahkan kata Ibrani יום (yowm) sebagai masa atau kurun waktu (bukan hari) dan menyimpulkan alam semesta diciptakan Allah dalam 6 masa berbeda. Sekali lagi bukan sebagai buku sains, tetapi dituliskan untuk kita agar kita mengenal Allah dan kebenaranNya. Setiap masa penciptaan Allah menetapkan hukum-hukumNya yang berisfat jasmani dan juga rohani.

Jaman dinosaurus, didalam kitab Ayub 40:10-14 dituliskan demikian,

“Perhatikanlah kuda Nil, yang telah Kubuat seperti juga engkau. Ia makan rumput seperti lembu.
Perhatikanlah tenaga di pinggangnya, kekuatan pada urat-urat perutnya!
Ia meregangkan ekornya seperti pohon aras, otot-otot pahanya berjalin-jalinan.
Tulang-tulangnya seperti pembuluh tembaga, kerangkanya seperti batang besi.
Dia yang pertama dibuat Allah, makhluk yang diberi-Nya bersenjatakan pedang;”

Kuda Nil dalam teks Ibrani dituliskan בהנות (behemowth) dan KJV menterjemahkan apa adanya sebab mereka tidak paham binatang seperti apa itu pada masa KJV diterjemahkan pertama kali. Jika anda membaca diskripsi Kuda Nil versi Ayub, binatang pertama yang diciptakan Allah, tentu jauh dari gambaran Kuda Nil atau binatang di Kebun Binatang yang kita tahu, tetapi kalau digambarkan sketsa malah muncul sosok binatang yang kita sebut Dinosaurus.

Mengapa tidak diterjamahkan Dinosaurus? Sebab kata Dinosaurus baru dipakai dan disebut beberapa tahun kemudian setelah Alkitab KJV selesai dicetak.

Semoga mencarahkan…

^
trims gan atas pencerahannya dari apa yg ane tangkap dari tulisan ente adalah…

  1. Apa yg ditemukan di situs Trinil itu bukan (nenek moyang) manusia melainkan primata (yg skrg ada di bonbin).

  2. Tahun 5000 SM itu adalah awal dari keluarnya Adam & Hawa dari Taman Eden hingga kelahiran KRISTUS kemudian sekarang ini.

  3. Istilah Hari dalam Kejadian I tsb bukanlah hari menurut manusia (1x24 jam) melainkan periode/masa yg bisa aja lebih dari 100 tahun.

  4. Gambaran kudanil yg ada pd Ayub 40:10-14 adalah sebenarnya dinosaurus cuma mungkin pd saat Kitab tsb diterjemahkan belum ada padanan kata yg menggambarkan hewan apakah itu.

Jbu

Ya kalau fosilnya sudah ditemukan berarti memang ada, cuma mungkin namanya yang beda

GBU

kemungkinan ada, namun binasa waktu air bah Nuh
Fosil yg umurnya mungkin jutaan tahun itu krn Alkitab tdk mengisahkan berapa lama manusia dan binatang tinggal di tmn Eden, sampai akhirnya diusir keluar