Apakah gereja Katolik Roma adalah penerus gereja mula-mula yang (paling) sah?

Apakah Gereja Katolik yang berpusat di Vatikan di bawah pimpinn Paus (a.k.a Gereja Katolik Roma) adalah penerus yang paling sah gereja mula-mula, yang didirikan oleh Roh Kudus melalui para Rasul? Dari mana dasarnya?

Tidak ada angin dan guntur, tetapi orang membeli payung dan jas hujan…

Banyak orang merasa pandai kitab suci, seperti seorang bergelar Ahli Taurat, banyak yang merasa hidup paling kudus dan paling mentaati peraturan gerejanya seperti mereka yang disebut Farisi. Tetapi apakah Ahli Taurat dan Farisi dipuji Allah?

Yakobus 3:17-18
Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.

Tidak ada yang paling sah antar semua Gereja Katolik, baik Roma maupun Orthodox :smiley:

Semuanya saling mengakui dan menghargai status dan tahkta Gereja Apostolik masing-masing, namun ada istilah Primus Inter Pares :slight_smile:

Salam

memangnya kalo iya kenapa & kalo engga kenapa sih?

apakah Gereja Katolik penerus gereja mula-mula…? ada banyak tools untuk menelusurinya… karena sejak petrus dan para rasul… mereka sudah mempraktikan yang namanya suksesi…

Tahta Paus Santo Petrus 32-64/67 (?) diteruskan ke Paus Santo Linus 67-79 kemudian diteruskan ke Paus Santo Anakletus 79-88, dan seterusnya…

Yohanes rasul juga meneruskan “ilmunya” kepada murid2nya kepada ignatius, dan ignatius kepada policarpus…

semua bisa kita telusur dari banyak tools… kemudian pertanyaannya, kalau bukan Roma Katolik penerus Petrus, siapa lagi??? ada yang tau? atau ada yang nekad tidak tau malu mengklaim? :smiley:

Baik Orthodox maupun Rome, masing-masing memiliki Suksesi Apostolik. ini bisa ditelusuri lho… :slight_smile:

dan dasarnnya dari Kristus sendiri. Dimana Kristus menyuruh Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya.