apakah gereja sidang jemaat kristus itu sesat?

katanya komunitas ini terbentuk tanpa adanya pendeta/pembimbing rohani. mereka menafsirkan berdasarkan Alkitab ,dan tidak ada perayaan paskah dan natal. tapi mereka percaya Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat.
mereka percaya Allah Tritunggal Bapa,Anak, Roh Kudus adalah( Satu Tuhan dan Satu Pribadi yang sama). mereka ditanya aliran apa,katanya tidak ada aliran,terus ditanya lagi apakah protestan,ngaku iya. kata mereka kita ini bagian dari Allah.

mohon penjelasan teman FK,mengenai GSJK ini,soalnya beberapa pengertian mengenai Tritunggal ,mereka agak kebingungan dan tidak begitu jelas memahami tentang Tritunggal Allah dalam Kristus.

mereka datang ke berbagai tempat,mengajarkan pengertian Alkitab dan mendatangi kaum muda ,langsung membahas soal Alkitab.

saya tanya ke Tuhan, orang ini dari gsjk sesat apa bukan ya? orangnya baik,ramah tapi pemahamannya ternyata beda dengan yang saya pahami tentang Tritunggal (1 Allah 3 kepribadian berbeda)

tolong bagi yang memahami aliran ini,bisa diinformasikan.terima kasih!Gbu all

Saya tidak tahu tautan ini nyambung atau tidak dengan yang Anda maksud tapi silahkan dibaca-baca di SINI.

Satu lagi, tautan dari sarapanpagi.org, klik di SINI.

Selamat menambah wawasan!

Mereka penganut Oneness Pentecostalism

Oneness: Satu Allah, Satu Substansi, Tiga Manifestasi (bisa berapapun)
Trinitas: Satu Allah, Satu Substansi, Tiga Hypostasis Unik

Pentecostalism: wajib dibaptis dalam Roh Kudus dengan bukti berbicara bahasa lidah

makasih banyak info url-nya.
ok menurut bro ,gimana pandangan bro pada gereja ini? benarkah sesuai iman kristen?

Tritunggal itukan 1 Tuhan 3 pribadi berbeda (iman kristen yang diakui oleh umat kristen) sedangkan gsjk 1 Tuhan 1 Pribadi yang sama.

menurut bro ,gimana pandangan bro pada gereja ini? benarkah sesuai iman kristen?

Tritunggal itukan 1 Tuhan 3 pribadi berbeda (iman kristen yang diakui oleh umat kristen) sedangkan gsjk 1 Tuhan 1 Pribadi yang sama.

Kalau benar demikian maka jelas itu adalah bidat yang menolak ajaran Tritunggal mas.

berarti sesat ya,menyimpang dari kebenaran Alkitab itu sendiri.

kemarin aku didatangin orang gsjk ,dan mereka bahas soal banyak hal,aku sendiri diam saja,ga banyak ngomong, dengarin aja ,apa yang dia ngomong,tapi aku tanya balik hal hal yang memang menyangkut keimanan Kristen itu sendiri.
akhirnya temu titik perbedaan,disitu gak lama orang gsjk ini ,alasan sudah mau pergi,karena waktu jalan jalannya sudah habis.(dia sendiri ga bisa jawab pengertian Allah Tritunggal) disitu saya punya firasat ,ini orang ngaku Kristen,percaya Yesus itu Tuhan,tapi gak jelas tentang Tritunggal. mungkin sesat.

gsjk ,tentang Tritunggal 1 Allah,1 Pribadi yang sama(3 PribadiNya itu Satu Pribadi yang sama)
iman Kristen 1 Allah,3 Pribadi berbeda(ketigaNya punya kedudukan,kuasa,dll yang sama)
tapi ada iman kristen yang dulu saya percayai 1 Tuhan/Allah,3 PribadiNya itu sama jadi Satu bukan tiga)

tritunggal dan oneness beda2 tipis…
tapi terus mencap orang yang menganut oneness itu sesat rasanya terlalu berlebihan…

yang penting mereka itu percaya Yesus sebagai Tuhan
kalau percaya Yesus bukan Tuhan nah itu udah pasti sesat

1 Like

saya kurang sreg ah dengan men-sesat-sesatkan orang lain…
kaya kita ini udah pasti engga sesat aja…

mending cari yang singset-singset aja yuk…
biar seksi…

salam

1 Like

Penjelasan saya mungkin saja salah dan berbeda dengan yang dipaparkan oleh Bro Phantom.

GSJK hanyalah gereja biasa, sama seperti gereja Anda dan saya. Mereka bergabung ke dalam PGI.

Ada alasan-alasan tertentu kenapa mereka tidak merayakan Natal. Kalau tidak salah, mereka berprinsip jika kelahiran Kristus akan lebih baik dialami di dalam hati oleh setiap orang percaya dan setiap hari. Jadi bukan mereka menolak merayakan Natal oleh karena berkaitan dengan pagan atau apalah.

Mereka tetap merayakan Natal, kok. Mereka tetap saling berkunjung atau mengunjungi saudara-saudara yang open house. Hanya saja ibadah raya ditiadakan. Jadi mirip dengan beberapa gereja aliran kharismatik, dimana ibadah raya ditiadakan.

Mungkin lebih tepat jika dikatakan mereka memperingati (bukan merayakan) Natal secara batiniah, bukan lahiriah.

Hal yang mirip-mirip juga ditemui pada perayaan paskah. Salah satu contoh jika mereka merayakan (dibaca memperingati paskah) adalah dengan adanya Perjamuan Kudus.

Kalau mengenai bahasa roh, setahu saya mereka malah tidak mementingkan bahasa roh (berbeda dengan penjelasan dari Bro Phantom).

Mengenai hukum Taurat, hampir sama dengan umumnya denominasi kekristenan, yaitu masa hukum Taurat sudah berlalu.

Satu hal yang saya salut dari mereka. Mereka sangat rajin membuka kursus-kursus Alkitab. Berkunjung dari rumah ke rumah (mirip-mirip SSY) dan gratis. Tapi rasanya mereka tidak berusaha mengajak orang-orang yang dikunjungi untuk berjemaat atau berpindah ke tempat mereka. Keanggotaan jemaat tetap dikembalikan kepada gereja masing-masing.

Kalau mengenai konsep tritunggal, saya sendiri berpendapat sama dengan HenHen.

Cuma sekali lagi, mungkin saja saya salah. Saya lupa-lupa ingat, mana yang GSJA dan mana yang GSJK. Yang jelas salah satunya kharismatik (dan seingat saya [walau mungkin salah] GSJA-lah yang kharismatik).

1 Like

Justru saya berpendapat sebaliknya…
Yang menuduh orang lain sesat ialah mereka…
Trinitas itu dogma pagan, kata mereka…
Susah kalu bukan trinitarian…

Lha, ssy juga percaya Yesus Tuhan (Lord)…
Mormon percaya Yesus itu Tuhan dan Allah…
Islam tidak keberatan kalu Yesus itu Lord…
Hindu juga percaya Yesus itu Lord…
Jadi anda mau membuktikan apa sih…

kalau dituduh ya puji Tuhan
biarkan saja
emang kalo dituduh harus nuduh balik

SSY percaya Yesus itu Tuan, bukan Tuhan, dalam arti sesungguhnya
mereka percaya Yesus itu diciptakan, artinya Yesus itu bukan Allah/Tuhan, sebab mana ada Tuhan diciptakan, kan Tuhan sumber segalanya, mereka juga percaya Yesus itu “semacam malaikat”

plus mereka sangat menekankan bahwa mereka adalah saksi YHVH, yang mereka percaya dibaca Yehoah, bukannya saksi Yesus
adakah mereka masih bisa dibilang pengikut Kristus? (Kristen) seharusnya mereka disebut pengikut Yehova (terlihat dari namanya sekarang kan)
coba aja tanya mereka, apakah mereka mau disebut Kristen :slight_smile:

[i]They believe that Jehovah is the only true God, the creator of all things, and the “Universal Sovereign”. They believe that all worship should be directed toward him

Jehovah’s Witnesses believe that Jesus is God’s only direct creation

They believe that references in the Bible to the Archangel Michael, Abaddon (Apollyon), and the Word all refer to Jesus[/i]


Mormon punya kitab Mormon yang disetarakan dengan canon yang ada sekarang
itu eksklusif hanya mereka yang mengakuinya
entah kalau hal itu masih diperbolehkan mengingat dari mulanya 100% Kristen setuju dengan canon yang ada sekarang ini

tapi kalo soal mempercayai Trinitas, pengertian mereka saya lihat beda2 tipis laaaa

This conception differs from the traditional Christian Trinity; within Mormonism, the Father, the Son, and the Holy Ghost are not said to be one in substance or essence; instead, they remain three separate beings, or personages, completely united in will and purpose, as one God


Soal Islam, Hindu, saya ngga komen karena ngga boleh :slight_smile:
tapi sebenarnya itu udah jelas diluar Kristen kok
mereka nggak pernah mengakui Yesus itu Tuhan, apalagi menyembahNya
masa masih perlu penjelasan

Konsekuensi logisnya begitu. Dari sudut pandang trinitarian, oneness adalah sesat. Dari sudut pandang oneness, ajaran tritunggal yang sesat.
Cuma memang tidak harus selalu disampaikan di depan publik “Ajaran ini sesat, ajaran itu sesat, dst”.

Salam

dulu saya pernah jadi umat Kristen, yang memegang oneness 1 Tuhan dan 1 Pribadi yang sama (karena ketigaNya jadi satu) ,terus ada anak Tuhan lain yang ngomong ,konsep tritunggal yang benar itu 1 Tuhan 3 pribadiNya berbeda tapi dalam 1 kesatuan Allah yang memiliki 3 pribadi. (tugas pribadiNya itu berbeda beda,apa yang dilakukan Bapa,Anak dan ROH KUDUS) ini konsep tritunggal yang diakui seluruh umat Kristen di dunia dan yang paling benar sesuai Alkitab.

jadi konsep Tritunggal itu yang sesuai Alkitab yang mana sih? kalau salah satu salah mengerti ,apakah imannya diperhitungkan dan keselamatannya hilang? karena dianggap sesat/tidak sesuai Alkitab di hadapan Yesus nanti?

Coba baca ini http://www.sarapanpagi.org/tritunggal-mahakudus-vt7890.html

Salam

ngga harus selalu begitu

sebab baik trinitas maupun oneness itu kan cuma rumusan, dibuat dengan harapan bisa mengerti “misterinya” Tuhan

saya bukan setuju sama oneness
tapi entah, kalau bilang dia sesat apalagi sampe ngga masuk sorga segala ya kayaknya ngga begitu juga
toh dia juga mengakui esensinya yaitu Yesus sebagai Tuhan
saya juga yakin ini bukan ujian tertulis masuk sorga

Trinitaslah yang benar karena prinsipnya mendekati apa yang tertulis di alkitab :

1Yohanes 5
7. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
8. Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

ya itulah
apakah dengan nggak mengerti hal itu jadi batal masuk sorga? saya bilang sih kagak

Sederhananya begini.
Tidak setuju oneness, setuju tritunggal.
Oneness tidak benar (sesat), tritunggal benar.

Memang tidak harus diungkapkan di luar melalui tulisan, ucapan, dll. Tapi yang terjadi di pikiran Anda adalah yang seperti saya sampaikan di atas. Kita tidak bisa mengakui oneness dan tritunggal benar semua. Hanya bisa ada satu yang benar, atau keduanya salah (sesat).

Salam

iya pernah denger juga sih …kata pdt saya …sewaktu Watchmann Nee yg mimpin …gereja tsb masih oke lah …namun ketika diteruskan Witness Lee dan penerus2 lainnya …jadi menyimpang… namun sy tidak terlalu paham secara detail…dikenal juga sebagai gereja polis (kota)