Apakah hari sabbath itu "Sabtu" atau "Minggu"

Mohon penjelasan secara faktual (bukan dari pendapat pribadi) apakah hari Sabbath itu “Sabtu” atau “Minggu”.

Tks

Kalo sabat itu Sabtu, kalau ke gereja itu Minggu.

:cheesy: :cheesy:

Yang ingin saya tanyakan apakah perintah Tuhan ke 4 dalam hukum taurat yakni…“kuduskan hari Sabbath” itu harusnya umat kristen menghentikan kegiatan / kesibukan sehari hari dan beribadah kepada Tuhan harusnya hari Sabtu atau hari Minggu…

pendapat pribadi itu juga karena simanusianya sudah mendapat pengajaran…dan bukan lagi manusia yang masih minum susu…jadi jangan pernah membatasi apa yang anda mau jika ingin memahami Frman Tuhan broo…!!
Janganlah menunjukan keegoisme diri anda pribadi jika ingin salaing ajar mengajar mengenai Firman Tuhan,
Tapi hendaklah anda menjadi pribadi yang rendah hati…membuka diri/hati /pikiran dan ada ketulusan dan keikhklasan…bukan menunjukan otoriter diri pribadi anda yang sebetulnya dapat menyesatkan anda sendiri loh…!!
Memangnya siapakah diri anda dimata Tuhan broo…?? hehehehe Apakah anda khusus…??? hihihi

Tentang hukum Taurat:
Keluaran 20:1.
Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
20:2
"Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
Hukum Taurat ditujukan pada bangsa Israel yang dikeluarkan oleh Tuhan dari tanah Mesir.
Sedangkan orang Kristen tidak dibawa keluar oleh Tuhan dari tanah Mesir.

Umat Kristen tidak berurusan dengan hari Sabat
Efesus 2:15
sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Kolose 2:16.
Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;

Salam

tapi sebenernya spiritnya bagus juga om… mirip2 pause and pondering gitu… :rolleye0014:

Kita bukan dibawah Taurat.
Ini zaman anugerah gan.
Mana2 hari sama saja.
Yang mau ibadat pada hari Sabat, silakan,
Yang mau hari Kebangkitan/Minggu, silakan.
Di negeri2 bagian Timur Malaysia yg notabene menjalankan syariat Islam, libur jatuh pada hari Jumat. Jadi orang Kristen beribadat pada hari Jumat. Hari Minggu mereka berkarya gan…hehehe.

Justru karena saya menganggap diri saya bukan siapa siapa di mata Tuhan maka setiap keraguan dan adanya pendapat yang beragam atas hal tersebut diatas makanya saya bertanya… kenapa anda malah menganggap seolah-olah saya merasa khusus???

Terima kasih atas reply yang jelas dan disertai kutipan dari firman Tuhan dari alkitab…

Sehubungan dengan firman Tuhan dibawah ini, saya ingin bertanya apakah perintah perpuluhan yang terdapat dalam perjanjian lama ikut gugur (Malaeki 3:10)… Terima kasih

Efesus 2:15
sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Bukan cuma perpuluhan ikut gugur, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan berzinah dll juga gugur sebelum musim gugur :tongue:

GBU

Dalam tradisi Yahudi, hari Sabat adalah hari Sabtu.
Kenapa berubah menjadi Minggu? Hari Minggu ditetapkan sebagai Sabat bagi orang Kristen karena pada hari itulah Yesus bangkit mengalahkan maut dan menyelamatkan manusia.

It’s not fun… I’m not joking…

It’s not fun, I’m not joking…
Kalau mau fun, silahkan joging :tongue:

GBU

Nabi Yehezkiel menganggap Sabat sebagai salah satu tanda Umat TUHAN yang benar.
Yehezkiel 20:19-20 Akulah TUHAN, Allahmu: Hiduplah menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan lakukanlah peraturan-peraturan-Ku dengan setia, kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.

Tuhan Yesus pernah menegur seperti ini:
Matius 15:8-9 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."

Kalau ikut pendapat Rasul Petrus:
Kis 5:29 Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

Semoga bermanfaat.
Salam.

hmmmm… coba perhatikan yang tertulis dialkitab… intinya… beribadah itu bukan masalah hari, bukan masalah berapa jumlah materi yang harus diberikan untuk persembahan… ibadah itu masalah KASIH… perhatikan yang TUHAN YESUS lakukan setiap hari… TUHAN hendak mengajarkan bahwa agar kita berkenan dihadapan BAPA, apapun yang kita lakukan sekecil apapun sertakan TUHAN dengan penuh keikhlasan … bbrp yang dilakukan adalah menolong siapapun yang benar2 membutuhkan pertolongan… mengajar siapapun yang benar2 membutuhkan mata air kehidupan… lakukanlah untuk TUHAN…

Bukan berarti orang yang beribadah Sabat menyingkirkan apa yang bro tulis. Melakukan kasih itu sudah pasti harus dilakukan. Perlu bro pikirkan bahwa Yesus minta kita mengasihi pertama kepada tuhan dan kedua kepada manusia(Matius 22:36-40), jadi bukan hanya kasih ke manusia saja. Nah salah satu tanda mengasihi Allah adalah menuruti perintah2Nya (Yoh 14:15). Ibrani 4:9 mengatakan : Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah…dan ayat 11 mengatakan : Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorang pun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.

Jadi Tuhan masih mewajibkan hari khusus ibadah bro.

Damai bagimu…GBU.

Tuhan Yesus pernah juga menyebut hal ini:

Matius 5:19-20 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

So… Pilihan di tangan Anda masing-masing. Saya memilih menguduskan hari Sabat (hari Sabtu) untuk Tuhan.

Banyak ID sandiwara disini…

Penamaan hari dalam budaya Ibrani adalah penomeran, hari pertama, hari kedua, hari ketiga, keempat, kelima dan keenam. Pada hari ketujuh disebut Sabat yang artinya “berhenti” bukan dinomeri hari ketujuh lagi.

Penamaan hari dalam budaya Romawi menggunakan identitas dewa mereka dan setiap hari adalah hari salah satu dewa mereka yang diwakili dengan nama planet, selanjutnya gereja Kristen mula-mula juga mengikuti dengan sedikit memplesetkan hari saturnus (saturday atau dies Saturnī) menjadi dies Sabbatum, dan diikuti bahasa seluruh dunia menjadi Sabato, Sabado, Sambata, Sabtu dan lain-lainnya.

Kapan dimulai hari pertama, tiap bangsa sendiri-sendiri diseluruh dunia, didunia barat dan timur, juga tidak sama. Karena itu ditetapkan bersama standart kalender ISO 8601, dimana hari pertama adalah Senin atau Monday dan hari ketujuh adalah Minggu atau Sunday. Sehingga mereka yang hendak menerapkan hukum Taurat seperti apa tertulis didalamnya dan memelihara hari Sabat, tidak salah beribadah di hari Minggu, sebab hari pertama Senin, dilanjutkan hari kedua Selasa dan ketiga sampai keenam hari Sabtu dan hari ketujuh adalah hari libur yaitu Minggu sama seperti hari Sabbat orang Ibrani. Jangan terjebak dengan penamaan kata Sabtu, sebab sesungguhnya di kehidupan sehari-hari kita Sabtu itu hari ke enam, sebab kita mulai kerja di hari Senin.

Sekali lagi ingat nama hari di Ibrani itu hari pertama, hari kedua dan seterusnya dan hari ketujuh disebut hari perhentian alias libuuuuuur, tentang dicocokannya hari dengan kalender Indonesia Senin sampai Minggu atau kalender Inggris Monday sampai Sunday, itu tidak sama sebab Monday artinya bukan hari pertama tetapi hari bulan. Sementara secara tradisional (jaman lampau) mereka menuliskan hari pertama adalah Sunday (hari matahari). Tetapi dengan ISO dunia dibantu mencocokan hari pertama untuk mulai bekerja adalah Monday (senin) dan hari ketujuh adalah Sunday (Minggu). Jika dicocokan dengan kalender Ibrani yang namanya merupakan urutan angka, maka hari Pertama (yom Rishon) adalah Senin alias Monday dan hari Kedua (yom Sheyni) adalah Selasa atau Tuesday dan hari yom Shabbat adalah Minggu atau Sunday.

Kerancuhan penamaan hari ini sering menjadi kebingungan mereka yang hendak menjalankan ibadah cara Farisi di jaman Perjanjian Baru. Sebab mereka terjebak dengan penamaan yang diberikan manusia dan pengklopan hari dengan kalender Ibrani. Satu sisi mereka menganggap ibadah itu harus di hari Sabbat, yang penting nama harinya, disisi lain ada yang merasa ibadah itu yang penting hari ketujuhnya, nama modern itu tidak penting yang penting enam hari bekerja dan hari ketujuh adalah Sabbat. Sampai hari ini dilema bagi mereka sebab Sabtu harus bekerja dan Minggu mereka libur, mulai kerja lagi Senin.

Bagaimanapun juga kita yang telah dibebaskan dari ikatan hukum Taurat, tidak lagi mejalankan ibadah secara Farisi, sehingga Sabat yang sejati adalah waktu-waktu yang berharga yang kita berikan kepada Tuhan tanpa menyibukan urusan duniawi ini. Seperti halnya sunat, kita tidak lagi disunatkan secara jasmani karena tuntutan hukum Taurat tetapi kita bersunat secara rohani yaitu membuang kedagingan dari hati kita.

Kuduskanlah hari Sabbat, adalah perintah bagi kita untuk memberikan waktu kita untuk mencari Tuhan, seluruh jiwa, raga dan pikiran. Jika kita tidak pernah memeri waktu khusus untuk bersekutu dengan Kristus, kita telah mengabaikan hari Sabbat. Banyak orang beribadah di hari Sabtu atau Minggu, di gereja tentunya tetapi pikirannya melayang ke pekerjaan, ke acara jalan-jalan setelah ini atau rencana makan dimana habis ibadah. Terkadang kita menyanyikan lagu kidung pujian dengan mulut terbuka saja atau bahkan tidak membuka mulut sama sekali, itu sama dengan orang-orang yang tidak memelihara hari Sabbat walau telah bersabbat ria di hari Sabtu atau Minggu.

Semoga mencerahkan

Tentang nama hari silahkan pelajari disini http://en.wikipedia.org/wiki/Names_of_the_days_of_the_week

Hi Krispus,

Hukum Sabat diberikan oleh Tuhan kepada bangsa Israel melalui Musa.
Apakah bangsa Israel pernah mengganti hari ibadah mereka dengan hari yang lain?
Bila ada please cantumkan sourcenya.

Hari apa mereka menguduskan sabat menurut hukum mereka pada masa sekarang?

Salam.

Perpuluhan bukan termasuk Hukum Taurat nabi Musa bro, sudah ada sejak jaman Abraham, jadi gak ikut batal. . gampangnya gitu. . (Kejadian 14:18-20)

Coba cek sedari sebelum keluar Hukum Taurat kepada Musa (jaman ADAM s.d. MUSA), apakah TUHAN sudah melarang membunuh, mencuri, berzinah? Ya jelas. . sampai sampai di jaman Nabi Nuh terjadi banjir bandang karena dosa-dosa, walau sebenarnya belum ada Hukum Taurat.

kesimpulannya walau Hukum Taurat dibatalkan pun persepuluhan tetap valid, dan membunuh mencuri berzinah jelas-jelas tetap dilarang karena memang hal tersebut sudah ada sebelum Taurat ada dan merupakan kehendak TUHAN Allah.

(maaf OOT)