apakah iblis di ampuni

pada saat tuhan yesus mati di salib saat itu adalah saat dimana dosa manusia ditebus,manusia tidak akan di binasakan di neraka dengan syarat menerima yesus sebagai juruselamat dan menuruti segala hukum nya.pertanyaan saya apakah pada saat itu dosa iblis juga di ampuni???iblis juga kan adalah mahluk ciptaan tuhan yg seharusnya juga diampuni…

Dear Yuko,

Alkitab menjelaskan bahwa Yesus Kristus mati bagi dosa seluruh umat manusia dan tidak disebutkan kematiannya juga untuk para malaikat yang telah jatuh (iblis).

Kenapa hanya manusia yang diselamatkan dan malaikat tidak diberikan kesempatan bertobat? saya tidak tahu jawaban pastinya, tapi yang jelas karena Tuhan sangat mengasihi manusia, kenapa dia mengasihi manusia lebih dari ciptaan yang lain, nah itu harus ditanya langsung kepada Tuhan sendiri :slight_smile:

jika iblis mau bertobat dan dibabtis… percaya pada injil, percaya pada yesus yg adalah jalan… maka dosanya akan diampuni… :smiley:

Iblis tidak bisa diampuni karena dia berdosa atas kemauannya sendiri

Berbeda dengan manusia , manusia berdosa karena bujukan dari iblis(bukan keinginannya sendiri ) , jadi masih bisa diampuni

Itulah sebabnya iblis berusaha semaksimal mungkin membawa sebanyak2nya manusia ke neraka
Karena iblis tau bahwa manusia akan menghakiminya juga pada akhir jaman

Karena kita akan memerintah bersama KRISTUS

:slight_smile:

iblis sudah menghujat Roh Kudus, Manusia yg Menghujat Roh Kudus juga , ngga ada ampun …

ada perbedaan mendasar antara manusia dengan malaikat.

manusia berdosa, bisa dapat pengampunan asal dia mau bertobat

tetapi malaikat, tidak.

Manusia berdosa justru oleh kehendak sendiri bukan oleh karena bujukan iblis. Mengapa Iblis tidak ditebus adalah karena iblis tidak mengenal TOBAT, sementara manusia meski telah jatuh dalam dosa, ia tetap memiliki kerinduan untuk kembali bersama Allah, ia memiliki keinginan untuk bertobat.

saya bicara iblis kok…
tapi masalahnya… adakah iblis yg bertobat dan dibabtis? ;D

saya pernah denger satu kotbah… katanya gini…

manusia melakukan dosa dalam dunia yang bersifat tidak kekal…
sedangkan iblis melakukan dosa di dunia yang bersifat kekal…

tapi kata bro onde2 ada bener nya juga :smiley:
ga ada iblis yg mau bertobat… padahal mereka mengenal Yesus…

Iblis adalah Malaikat yang jatuh.
Iblis tidak dapat diampuni:

Malaikat adalah ‘makhluk roh’ yang memiliki sifat ‘tidak-bisa mati’ ini bedanya dengan manusia.

Kita tahu di dalam Taman Eden ada 2 pohon :

  1. Pohon pengetahuan baik dan jahat
  2. Pohon Kehidupan

Manusia ‘bisa mati’ sebab manusia ‘tidak punya kesempatan’ memakan buah dari pohon kehidupan. Mengapa mereka tidak mempunyai kesempatan? Karena segera setelah manusia ‘tidak patuh akan perintah Allah’ yaitu manusia itu memakan buah pengetahuan baik dan jahat, Allah melakukan beberapa hal :

  1. Manusia (segera) diusir

* Kejadian 3:23
Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

  1. Manusia dihalau supaya tidak makan buah dari Pohon Kehidupan :

*Kejadian 3:24
Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

Menurut beberapa tafsiran, Allah menghalau manusia supaya tidak memakan buah kehidupan adalah karena kasihNya.

Reff :

* Kejadian 3:22
Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

Sifat manusia yang ‘mortal’ memungkinkan manusia mendapat pengampunan dengan ‘penebusan’. Inilah yang membedakan ‘makluk manusia’ dengan ‘makhluk malaikat’.

Anda bisa bayangkan, jika saja manusia setelah berbuat dosa kemudian memakan buah dari pohon kehidupan. Maka, tubuhnya dan dosanya bersifat tidak-bisa mati. Jika saja manusia pada taraf ini, maka kesempatan pengampunan dengan ‘darah’ tidak akan bisa dilakukan.

Reff :
http://www.sarapanpagi.org/pengampunan-dengan-darah-vt215.html#p413
dan posting saya di MENGAPA DARAH TUHAN YESUS DISEBUT SEBAGAI PENGHAPUS DOSA KITA? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com


Tuhan menghukum Malaikat yang jatuh : Dalam Yudas 6; 2 Petrus 2:4 dan Matius 25:41, dapat diketahui bahwa tidak ada kesempatan bertobat dan penebusan bagi malaekat yang jatuh.

Nasib akhir mereka adalah pemusnahan dalam api yang kekal :

* Yudas 1:6
Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar,

* 2 petrus 2:4
Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman

* Matius 25:41
Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya

Semoga Jelas.

Hanya manusia keturunan adam yang berhak atas penebusan Kristus.

Sebab seorang manusia (Adam Awal ) manusia jatuh kedalam dosa dan sebab seorang manusia (Adam ahir yaitu kristus ) manusia diselamatkan perhatikan bahwa manusia yang bukan keturunan adam murni tidak akan masuk surga
contohnya orang yang keturunan ular beludak sekalipun mereka dipermandikan mereka tidak akan luput dri murka yang akan datang (siksa naraka

Tuhan yesus memberkati
Han

Iblis/malaikat tidak dapat menerima pengampunan ALLAH oleh karena ia bukan ciptaan ALLAH.
Ia adalah “Roh” yang keberadaanya sama dengan ALLAH yaitu wajibul wujud.

Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran.

Yoh. 8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.
Perhatikan yang saya bold.

Sekiranya iblis/malaikat itu adalah ciptaan ALLAH (Yang adalah sumber Kebenaran), maka tidak mungkin Yesus akan mengatakannya seperti itu; Sebab, sekiranya iblis/malaikat itu ciptaan ALLAH, maka setidaknya (seharusnya) ia memiliki unsur Kebenaran (walaupun sedikit) karena ia diciptakan oleh Yang Maha Benar… tetapi ternyata tidak.

Salam,

Kenapa malaikat/iblis ‘tidak-bisa mati’ ???

Sebab malaikat/iblis itu berasal dari kekekalan di “alam hakekat”; Dan keber-ADA-annya sama seperti ALLAH “ADA” yaitu: Wajibul Wujud.

Salam,

kalau begitu, apakah iblis juga bisa mencipta mas vbn?

Jin-jin adalah salah satu contoh makhluk ciptaan iblis.

Salam,

wow…

kalau Tuhan ada karena memang ada tanpa alasan, Dialah Alpha… apa bro setuju?
apakah iblis juga demikian… sesuatu yg tidak dicipitakan, tidak terikat ruang waktu, dan tidak terkondisi…

jika demikian iblis dan Tuhan apakah berada pada “level” yg sama?

;D ;D

skak matt si zxcvbn…!

====

ayo zxcvbn pulang ke trit utk non kristen…! ;D

Iblis juga “ADA” tanpa alasan sama seperti ALLAH; Hanya saja, ALLAH-lah Yang Maha dari antara roh-roh yang ADA. Artinya, tidak pada level yang sama.

Salam,

logika yang mengada2…! ;D

kamu setuju tidak bahwa Allah itu Alpha…?