Apakah Katolik itu Pluralis ?

temen2, gw pingin nanya nih. Katolik itu Pluralis gak sih ? bruce dengan serampangan ngatain kalo Katolik yg bener gak bakal ngurusin soal agama lain: Login

kalo kayak gini, hilang sudah deh citra yang pernah saya dengar di masyarakat mengenai 2 tokoh Katolik yg plural bernama Paus Yohanes Paulus II dan juga Bunda Teresa yg melakukan jalinan dan hubungan dengan agama lain. padahal 2 tokoh itu selalu jadi bahan pembicaraan agama lain seperti Protestan bahkan Islam. trims

ahhh itu hanya pendapat pribadi saja… banyak juga romo2 di indonesia yang sangat mengerti kebudayaan, tradisi, dan agama org lain… justru katolik yang benar adalah yang seperti Bunda Teresa sebab… dia adalah salah satu alat pilihan TUHAN… jadi bila ingin melihat katolik yang benar … lihatlah Bunda Teresa… ^^ sisanya masih dalam proses/perjalanan menuju kebenaran…

seharusnya sih pluralis…kan memang begitu ajarannya ya tetep Kasih bukan? contoh yg anda paparkan membuktikan memang katolik pluralis. karena mereka menunjukkan kasih nya kan. sehingga menjadi bahan pembicaraan org.

Katholik itu terdiri dari banyak ordo dan masing-masing ordo membawa misinya sendiri-sendiri. Sehingga saakan satu terlihat lebih plural dari yang lain dan yang lain lebih kaku dari lainnya. Semua dalah tentang misi yang dibawa oleh masing-masing ordo tesebut.

Katholik sendiri adalah sebuah anugrah untuk manusia agar manusia dapat menemukan jalan kepada Kristus dan lewat Kristus kita dapat sampai kepada Bapa di Surga dan menerima segala yang dianjikan Tuhan kepada kita. Jalan untuk sampai kepada Bapa hanya ada satu yaitu melalui Yesus, sedangkan jalan untuk sampai kepada Yesus ada banyak jalan yang masing-masing ordo menjadi pintu dan jalan bagi umat manusia agar menemukan Yesus dalam hidup mereka.

Semoga mencerahkan…

Mas bro world,

IMHO, pertanyaan mas kayanya ambigu untuk dua alasan:

  1. Tidak mungkin ada Representasi yang UNIFORM akan sikap suatu organisasi yang isinya 2 Milyard orang…
    walaupun ngakunya centralised leadership…

  2. Setiap ORANG dan INSTITUSI yang GAGAL untuk bersikap PLURALIS, padahal masih hidup & beredar di dunia sekarang… yah… BALIK aja ke JAMAN BATU… atau Balik ke HUTAN BELANTARA… ehehe…

Kedua tempat itu adalah simbolisme yg pas dimana Suatu Kelompok BISA BANGGA untuk bersikap EKSKLUSIF… lha wong soalnya memang KAGAK ADA interaksi dgn kelompok lain sih… ehehe…

Apalagi yang Sikap CHAUVINISTIK EKSLUSIF-nya itu di-BUNGKUS pake Istilah yang mahasuci dari kutipan Alkitab… biar kelihatan seolah-olah seperti IMANNYA SETIA dan TEGUH…
ehehe…
masih laku aja jualan model gini… ehehehe…

Well, anyway…
berhubung hakekat dunia yang memang mau-tidak-mau bersifat pluralistik…
kelompok ekslusif-chauvinistik ini juga punya hak untuk hidup kok… dan kita perlu menghargai co-eksistensi mereka…
biarin aja sih… asal jangan meng-agitasi orang-orang biar kembali ke jaman batu / hutan belantara aja sih…
ehehe…

Ya katholik itu Prularis
lihat KONSILI VATIKAN 2

GBU