Apakah kita masih berdosa?

Syalom,
Apakah kita orang kristen masih memiliki dosa?
Seperti yang kita ketahui sbg kristen bahwa Yesus telah datang ke dalam dunia dan TELAH menghapus segala dosa kita…
dengan begitu (kata kasarnya) secara otomatis sekarang kita sudah lepas dari dosa dan status kita tanpa dosa dong…
menurut pendapat kawan2 sekalian dengan pernyataan ini seperti apa?
Gb

sebagai tambahan, padahal setiap harinya kan kita tidak pernah luput dari perbuatan dosa…
jadi pernyataan alkitab tentang Yesus datang untuk menghapus dosa2 kita itu seperti apa ya maksudnya???
thanks

Benar sekali status / being kita kudus seperti di Ef 1 : 4.

Tetapi perbuatan / doing kita tetap dapat jatuh kedalam dosa, selama kita masih mengenakan tubuh daging yang lemah, tetapi Allah Tritunggal yang akan terus menjaga , memelihara dan memampukan kita menjalani proses pengudusan kita yaitu, pemisahan sifat2 lama kita yang tidak berkenan dengan Allah.

Memang merupakan perjuangan yang terus kita jalani, makin kita mengenal Tuhan melalui Alkitab, kita akan makin takut melakukan dosa.

1 Yoh 1 : 8, 9
1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

1:10 Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

Jadi status SUDAH kudus, SUDAH. tetapi perbuatan belum sempurna, masih dapat jatuh kedalam dosa, tetapi Tuhan YESUS menerima pengakuan dosa dengan sungguh, apabila kita jatuh kedalam dosa, BANGKITLAH AKULAH di hadapan Tuhan, dan memohon pengampunan dari Tuhan.

Tarikan antara SUDAH DAN BELUM, ALREADY AND NOT YET , MERUPAKAN KEHIDUPAN KITA SEBAGAI ANAK ALLAH.

Nanti apabila kedatangan Tuhan YESUS kedua kali, kita akan di ubah menjadi tubuh roh yang baru, barulah kita tidak pernah berbuat dosa lagi.

I Yohanes 3
3:6 Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.

Jatoh bangun jatoh bangun jatoh bangun … gmn kalo pas jatoh ketepatan pas meninggal dunia ya? Belom bertobat gtu :slight_smile:

Pemeliharaan Allah yang akan menatang kita dan menjaga kita, kalau memang saatnya di panggil pulang, Tuhan mengetahui waktunya kita, jadi kita tidak boleh seenaknya hidup, berusahalah menjauhi, kalau gagal, Tuhan Mengetahui MOTIVASI KAMU, sehingga usahamu tentu TIDAK AKAN SIA SIA.

Karena kita tidak lagi TERUS MENERUS BERBUAT DOSA LAGI, kita DAPAT JATUH KEDALAM DOSA, karena kedagingan kita lemah.

Itu makanya kita yang telah berpindah dari maut ke hidup yang kekal, harus hati2 hidupnya.

Peringatan Paulus, supaya kita senantiasa berdiri teguh, adalah mengingatkan kita senantiasa waspada, karena kita bukan melawan manusia, tetapi penguasa2 yang di udara Ef 6.

Yang senantiasa menggangu pikiran kita dan menggoda pikiran kita dan ego kita.

Tapi kan byk Sis, bencana2 belakangan, org bisa mati mendadak. Tentu ada yg masih dlm dosa dan belom tobat. Bener kata bro rod … apes :smiley:

Bro GoldenBoy,
Kematian Kristus di kayu salib itu utk memnuhi tiga hal :
Pertobatan : seseorg yg menerima Kristus akan dilahirkan baru (roh nya) > diputihkan menjadi kudus.
Pengampunan : dlm kehidupannya apabila berdosa ybs datang kpd Yesus minta ampun > dosanya diampuni > kembali menjadi kudus
Pembenaran : mungkin saja pd saat meninggal ybs blm mengakui/tdk menyadari dosanya > darah Yesus akan membenarkannya. > kembali menjadi kudus
Itulah sebabnya di dlm Kristus ada kepastian selamat, asal kita tdk pernah menyangkali Kristus sampai akhir hidup kita.
GBU Bro GoldenBoy.

Apakah Tuhan tidak Maha Kuasa, sehingga tidak mengetahui apa yang akan terjadi ?

God is control everything, kita manusia yang terbatas hanya mngetahui bahwa dia sedang apes, padahal itu memang sudah waktunya.

I Yohanes 3
3:6 Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.

Kok ambigu sis? Ktanya masih bisa berbuat dosa. Kalau pas ada bencana dan kebetulan jatuh dalam dosa dan mati gimana Sis? Masuk neraka ya?

Salam manis dan cantik

Tidak berbuat dosa, disini memakai present continues, jadi artinya, Dia tidak terus menerus berbuat dosa lagi, bukankah tadi saya sudah jelaskan bahwa orang yang sudah bertobat, tidak terus menerus hidup di dalam dosa lagi.

Kalau status nya sudah kudus, Yes 1 ; 18

1:18 Marilah, baiklah kita beperkara! – firman TUHAN – Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.

Itulah status kita sewaktulahir baru, pembenaran Allah atas diri kita, tanpa melihat apapun yang ada pada kita, Allah membenarkan kita , karena darah Kristus yang tercurah untuk kita.

Tentang orang yang mati masih jatuh kedalam dosa, biar Paulus yang menjawab buat kamu .

1 Kor 3 : 13 -15
3:13 sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

3:14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.

3:15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Keselamatan tidak pernah hilang sis yang manis dan cantik.

Bukankah Allah Tritunggal yang memelihara dan menjaga kita.

1 kor 1
1:7 Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.

1:8 Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

1:9 Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.

Yoh 14
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

Selama lama nya, jadi tidak mungkin hilang keselamatan kita.

Yer 32 : 40 Perjanjian kekal Allah dalam jaminan keselamatan.
Yes 42 : 5, 6 Memegang tangan kita.
Yes 46 : 4 Sampai masa tua.
Yes 51 : 16 Naungan tangan Tuhan.
2 Tim 4 : 18 Pertolongan Allah.
Fil 1 : 6 Tuhan yang memulai yang baik sampai kesudahan.
1 Kor 1 : 8 , 9 Tuhan akan menjaga sampai kesudahan.

Masih banyak PEMELIHARAAN ALLAH.

Semoga berguna

anda seperti memperlakukan “dosa” selayaknya “materi” dengan memakai kata “memiliki” dosa.
dosa tidak pernah dimiliki atau hilang selayaknya benda.

dosa itu keadaan dimana terjadi pelanggaran terhadap perintah/kehendak Allah.
bukan cuma manusia yg berdosa, malaikat pun melakukan dosa.
justru malaikat lah yg mengajarkan dosa pada manusia.

misi YESUS didunia adalah mengembalikan keadaan sama seperti sebelum manusia melakukan dosa.

begini, saat manusia melanggar perintah Allah (untuk tidak memakan “buah”) itulah kondisi dimana awal pemahaman bahwa manusia memang pasti berdosa dan terbukti memang sekecil apapun semua manusia pasti pernah ber"dosa".
YESUS membalikan kondisi ini dengan hidup tanpa melakukan Dosa seumur hidupNya. sebagai manusia normal, Dia juga dicobai, lapar,bisa merasakan sakit dan mati. jadi tidak ada alasan lagi bahwa tidak ada “manusia” yg bisa TIDAK BERDOSA selama hidupnya. kondisi ini mengembalikan kondisi seperti manusia belum melakukan dosa.
ini antara Allah (pemilik kebun anggur) dengan Iblis (yg mengolah kebun anggur en jahat). dengan YESUS sebagai anak Pemilik kebun anggur itu (yg dibunuh oleh pengolah2 jahat itu).
manusia adalah “anggurnya”, jadi kita sekarang telah kembali kepada pemilik yg benar (sudah ditebus). namun pohon yg tidak berbuah atau berbuah tidak baik tetap akan di tebang dan dibakar.

Hati hati dengan akal bulus si jahat.

ajaran keselamatan tidak bisa hilang, adalah ajarang yang bisa menjerat banyak manusia ke neraka !!!

hmmmm coba pikir sebentar, orang yang berfikir pasti selamat dan tidak mungkin binasa, sesungguhnya, 1/2 dari kaki orang itu sudah berada di neraka.

contoh : orang yang asik asik berbuat dosa, misalnya, mengkoleksi photo photo cabul / bf, dll. hati hati… pikirnya masuk ke sorga, tapi ternyata kelak masuk ke neraka. Piikirnya, allah tidak mungkin gagal untuk menyelamatkannya, padahal, … dia akan masuk ke neraka pada akhir hidupnya

ini saya kasih kisah kesaksian orang yang pernah melihat ke neraka.

ada seorang pemuda yang di datangi oleh Yesus.
Yesus membawa pemuda ini, dan memperlihatkan neraka yang penuh dengan kengerian
pemuda ini sangat takut melihat apa yang ada di depannya

kemudian, Yesus membawa kesebuah padang gersang yang panas sekali
panas , gersang, dan udara panas sekali menyengat disana

pemuda ini melihat, di sana, ada kumpulan besar orang
mereka lusuh dan lelah sekali

pemuda ini bertanya pada Yesus, siapakah kumpulan besar orang orang itu

yesus menjawab, kalau mereka adalah orang orang yang mengira kalau mereka akan selamat
mereka mengira keselamatan mereka tidak akan pernah hilang
namun mereka sekarang berada di tempat panas ini
penderitaan mereka tidak akan pernah berakhir

jangan suka melebih lebihkan, itu lebay

Tuhan memiliki KEMAMPUAN UNTUK MENGONTROL SEGALANYA
tapi itu tidak berarti TUHAN SELALU MENGONTROL SEGALANYA

apakah kamu bisa membedakan hal ini ?

Kalau ada orang yang hoby mengumpulkan poster poster cewek seronok, apakah itu berarti orang itu mengumpulkan poster cewek tak senonoh itu atas PERINTAH TUHAN ???

Jadi intinya gimana?. Orang lahir bru tdk mungkin berbuat dosa sama sekali karena pemeliharaan?

Salam sis yg manis

Osas memang kurang pas diterapkan pada agama kristen, aku baru menyadari hal itu.
keselamatan harus dijaga oleh kita dengan bantuan Allah.
bukan menyalahkan Allah jika ada orang yang murtad.

terus terang aku jijik dengan pornografi, dan jangan dibawa ke agama kristen bro.

Kalau ada orang yang hoby mengumpulkan poster poster cewek seronok, apakah itu berarti orang itu mengumpulkan poster cewek tak senonoh itu atas PERINTAH TUHAN ???
Mungkin maksudnya, org yg sudah lahir baru ga akan ngumpulin poster cewek seronok dalam bentuk apapun Ko. Baik poster, foto, patung, dll. Kan udh lahir baru?. Gitu Ko.

Salam hangat

nah dengerin tuh ceramahnya bro bejo specialist porno2an… ^^

jadi maksudnya, orang yg gemar kumpulin poster porno, photo dan patung porno, adalah orang yang belum lahir baru ???

mungkin saja ya.
orang yang lahir baru, suara hatinya akan menolak, bila berhubungan dengan pornografi.

Karena orang yang lahir baru, pasti akan menolak ngumpulin patung atau poster porno.

bukan begitu, ibamagi setuju kan ?