Apakah kutukan mmg ada ?

Shalom. saya ingin bertanya

bbrp hari yg lalu saya mendengar cerita dr salah satu paman saya, dia blg seperti ini pada saat menasehati saudaranya
saudaranya terkena kanker jadi ktnya “kamu pergi ke kuburan ayah dan ibu mu lalu minta maaf krn dulu mrk tidak sejutu kamu menikah dengannya”

Saya mau menyela tp saya binggung gimana menjelaskan kepada mereka yang belum bener2 percaya kepada Tuhan. mohon bantuan.

Than memberkati

Kutukan memang ada,kalau yang bersangkutan membuka celah.
Tetapi setiap kutukan dapat dipatahkan dengan darah Tuhan Yesus Kristus :slight_smile:

Kutuk memang ada. Tetapi seperti yang dikatakan bro diatas, tergantung masing2 pribadi untuk menrima kutuk atau menolak kutuk itu. Anak Tuhan seharusnya tidak bisa dikutuk asalkan memnuhi beberapa syarat antara lain:

  • iman terhadap Tuhan kuat
  • menolak kutuk itu didalam nama Tuhan
  • tidak mempercayai kutuk itu
  • tidak melakukan kesalahan sehingga membuat celah bagi iblis untuk bekerja atau bagi penghukuman Tuhan.
    Kutuk bisa dilepaskan dengan doa.

Tetapi harus juga diperhatikan bahwa anak Tuhan harus tahu kesalahn dirinya karena seringkali apa yang dikatakan sebagai kutuk sebenarnya bukan kutuk tetapi hukuman Tuhan atas kesalahan tertentu, seperti misalnya “tidak menghormati orang tua”. Seakan akan dia kena kutuk ortu padahal bukan, tetapi hukuman atas kekurangajarannya pada orangtua.

Kalau mau minta ampun, maka minta ampun pada Tuhan dan minta Tuhan untuk melepas hukuman atau kutuk itu. Tentang meminta maaf terhadap orangtua yang sudah tiada, saya kira itu dimulai dari kesdaran akan kesalahannya. Ketika dia menyadari kemudian dia memikirkan bahwa dia memang salah. Saat itu sebenarnya dia sudah minta maaf. Hanya setahu saya ini.

Kutukan memang ada pada zaman perjanjian Lama (kitab para nabi) tetapi masa berlaku kitab para nabi sudah habis karena kitab para nabi berlaku sampai zaman Yohanes dan segala kutuk telah ditanggung Yesus.
maka kita yang percaya akan perkatan injil telah bebas dari segala kutuk ,termasuk kutuk taurat perpuluhan (kutuk belalang pelahap)

Tetapi bagi orang dijaman ini yang menganggap Taurat tidak batal dan masih mau hidup dibawah hukum Taurat maka kutuk hukum taurat masih melekat padanya

Galatia 3
3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan HUKUM TAURAT, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat.”

Galatia 3
3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

Tuhan Yesus memberkati
Han

Singaktnya : Segala kutuk telah ditanggungYesus dikayu salib , termasuk kutuk Hukum Taurat

GBU