Apakah Lazarus dan Orang Kaya adalah Tafsiran Harafiah?

Luk 16:19 “Dan ada seseorang yang kaya, dia selalu mengenakan jubah ungu dan kain linen indah sambil bersenang-senang setiap hari dengan nikmatnya.
Luk 16:20 Dan ada seseorang yang miskin, bernama Lazarus, yang selalu terbaring di dekat pintu rumahnya, dengan dipenuhi borok.
Luk 16:21 Dan selagi penuh harap agar dikenyangkan dengan remah-remah yang jatuh dari meja orang kaya itu, sebaliknya malah anjing-anjing, sambil menghampiri, mereka menjilati boroknya.
Luk 16:22 Dan terjadilah bahwa orang miskin itu meninggal, dan dia dibawa oleh para malaikat ke pangkuan Abraham. Dan orang kaya itu juga meninggal, dan dikuburkan.
Luk 16:23 Dan di alam maut, ketika mengangkat matanya sementara berada dalam siksaan, dari jauh dia melihat Abraham dan Lazarus di pangkuannya.
Luk 16:24 Dan sambil berteriak, dia berkata: Bapak Abraham, berilah aku kemurahan dan suruhlah Lazarus agar dia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat menderita dalam nyala api ini.
Luk 16:25 Namun Abraham berkata: Nak, ingatlah bahwa engkau telah menerima hal-hal baikmu dalam hidupmu, sedangkan Lazarus hal-hal yang buruk. Dan sekarang ini dia dihibur, sedangkan engkau menderita.
Luk 16:26 Dan di samping semua hal ini, di antara kami dan kamu terbentang jurang yang besar, sehingga mereka yang ingin menyeberang dari sini kepada kamu tidak dapat menyeberang dan mereka yang dari sana pun tidak dapat menyeberang kepada kami.
Luk 16:27 Dan dia berkata: Jika demikian, aku mohon kepadamu, bapak, kiranya engkau mengutus dia ke rumah ayahku,
Luk 16:28 sebab aku mempunyai lima orang saudara, supaya dia bersaksi kepada mereka, sehingga mereka pun tidak masuk ke dalam tempat siksaan ini.
Luk 16:29 Abraham menjawab kepadanya: Mereka mempunyai Musa dan para nabi, biarlah mereka mendengarkannya.
Luk 16:30 Namun dia berkata: Tidak, bapak Abraham! Sebaliknya, jika ada seseorang dari antara yang mati pergi kepada mereka, mereka akan bertobat.
Luk 16:31 Dan dia berkata kepadanya: Apabila mereka tidak mendengarkan Musa dan para nabi, mereka tidak pula akan diyakinkan bilamana seseorang dapat bangkit dari antara orang mati.”

Penafsiran harafiah dari ayat2 di atas mengatakan bahwa orang mati di luar Tuhan, langsung ke neraka.

Benarkah?

Silahkan Bro members, tks.

Itu adalah cerita, entah cuplikan kisah nyata atau bukan. Tetapi dipercaya bahwa Yesus tidak bercerita berdasarkan doktrin yang tidak benar.

Fakta bahwa orang mati di luar Tuhan ditempatkan di hades, bukan hanya muncul pada Lukas pasal 16. Berikut ini adalah ayat-ayat lain yang mengatakan hal yang sama :

Mat 11:23, Luk 10:15, KPR 2:27, KPR 2:31, dan yang paling jelas adalah Wahyu 20:13.

Tidak ada padanan kata bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang standard untuk hades, sehingga baik hades maupun gehena=neraka keduanya diterjemahkan sebagai neraka / hell.

GBU

Ini adalah perumpamaan, bukan kisah nyata tetapi kiasan.

Kiasan artinya dalam pengertian rohani; perumpamaan akan kebenaran kerajaan surga.

Seperti yang saya tulis bahwa itu adalah cerita.
Tetapi cerita tidak selalu harus fiktif. Tidak ada bukti yang membenarkan atau menyalahkan bahwa cerita tersebut diambil dari kisah nyata atau bukan. Kita tidak boleh menyimpulkan semau-maunya sendiri tanpa dasar.

GBU

bijaksana :smiley:

Lalu berdasarkan doktrin pilihan dan tidak pilihan ? atau Freewil atau doktrin kadal ?

Orang yang meninggal yang gak percaya Tuhan Yesus, sementara tinggal dialam maut (Luk 16:23), kalau tentang letaknya dimana ? ya di-alam maut, @Dya lah mungkin mau pergi kesono untuk coba masuk. ! Dya kan jagoan komentarnya seadanya dia .!

Setelah manusia2 diadilin, barulah Iblis - nabi palsu duluan dimasukan neraka, kemudian orang2 gak percaya dimasukan ke nereka ( kitab wahyu )

Tinggal nunggu komentar lanjutan Kwek Kwek ama Mbak Dyah deh …
Cuma numpang nanya aja nih … lalu orang2 yg percaya Tuhan Yesus ditaruhnya dimana ? Soalnya di Pemakaman Tanah Kusir … satu Lokasi sih … cuma dibedakan Kelompoknya …ada Kelompok yg nisannya berbentuk atau ada Gambar SALIB dan kelompok lainnya ada tulisan Arabnya …
Atau Tanah Kusir itu yg disebut Alam maut … lalu kok ada yg dimakamin disana tuh yg pakai SALIB ?

kalau mau tahu dimana alam maut, gampang ! suruhlah mereka masuklah keliang kubur tuh. !

Itu mah bukannya jawaban Orang Ber Hikmah Alkitabiyah … anak kecil juga tahu kalau jawabannya kek gitu … malahan langsung dibawain alat nya sekalian , bisa Baygon , Tali buat gantung diri, Pisau buat nusuk jantung, dll
Jadi menurut anda Tanah Kusir itu Alam maut ya ? :coolsmiley: :happy0062:

Kuburan itu bukan tempat alam maut. ! melainkan tempat tulang dikubur ! anak kecil jauh lebih pinter jawabnya dari pada orang dewasa. ! ha…ha…ha…

Lalu si Orang Percaya sebelum dibangkitkan tempatnya dimana ? Nabi2 zaman dulu aja kalau gak dijemput Tuhan Yesus dalam keadaan ROH Allah … disimpannya di Penjara Maut ?
Terus apa bedanya dengan Jurang Maut, Kerajaan maut di Wahyu 20 …1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; 2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, 3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut,
13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
Bukankah Tuhan Yesus mengatakan … mati itu adalah sedang Tidur/Istirahat Total … contoh pada anak perempuan yg disuruh Bangun :"Talita… !
Nanya terus nih ye’ ! :coolsmiley: :happy0062:

Payah anda ini, baca tuh ketika dikayu salib, sipenjahat yang ada disamping Yesus yang bertobat, lalu Yesus berkata apa dengannya ? baca sendiri ah… semalam malam. tidur dulu.

Firdaus ?
He he he … lha belum dapat Tubuh Mulia bagaimana ditaruh di Firdaus ? Moyang kita aja sejak NAJIS melakukan Dosa Pertama , malah diusir keluar dari sana ? Kalau udeh di Firdaus ngapain lagi ada RAPTURE ? Buat apa ada Kebangkitan Pertama ? Apalagi orang2 percaya abad XX ini yg dosa perbuatannya kek orang2 sebelum Air Bah Nabi Nuh atau zaman Sodom dan Gomora … coba ah dipikirin dulu !? Kamu bikin bingung anak2 SM saja deh !

Betul,

Namun Lukas 16:23 adalah neraka, karena terlulis dalam siksaan.

Quote from: liliput124 on Today at 12:04:37 AM

Lalu si Orang Percaya sebelum dibangkitkan tempatnya dimana ?

Siapa bilang belum diangkitkan?

Col 3:1 Oleh karena itu, jika kamu telah dibangkitkan bersama Kristus, carilah hal-hal yang di atas, di tempat Kristus berada, di sebelah kanan yang diduduki Elohim.

Wah MABUK nih si Ponakan ! "dibangkitkan bersama / didalam Kristus nya mah NANTI nunggu RAPTURE sebelum Masa Anti Kristus … sebab selama masih ada Para Domba di Bumi ini , baik yg masih Hidup maupun yg sudah Mati , si AK gak bakalan muncul !
2 Tesalonika 2 :
1 Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara,
2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.
3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga!

6 Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia (si AK) , sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.
7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan (di RAPTURE) ,
8 pada waktu itulah si pendurhaka (si AKL) baru akan menyatakan dirinya

Markus 4 : 22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.
Lukas 8 : 17 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan.

Kalau pakai terjemahan Orang2 yg dipimpin ROH KUDUS … apanya lagi yg mau ditanya sampai kebingungan kek gitu ? :mad0261: :’( :ashamed0004:

Rom 8:1 Oleh karena itu, sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus YESUS, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

Joh 5:24 Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, siapa yang mendengarkan firman-Ku, dan percaya kepada Dia yang telah mengutus Aku, ia memiliki hidup kekal dan tidak masuk ke dalam penghakiman, melainkan telah berpindah dari kematian kepada kehidupan.”

2Co 5:1 Sebab kami tahu, bahwa manakala rumah tabernakel duniawi kita ini dibongkar, kita memiliki suatu bangunan dari Elohim, yaitu sebuah rumah yang tidak dibangun oleh tangan manusia, yang kekal, di surga.

Dari 3 ayat di atas terbentuk pengertian orang kristen tidak dihakimi/dihukum lagi, ketika mati langsung ke surga mendapatkan tubuh rohani/tubuh yang baru.

Dan ini sesuai seperti yang dinyatakan dalam perumpamaan pangkuan Abraham/surga.

Luk 16:24 perumpamaan siksaan dalam nyala api/neraka adalah perumpamaan, karena hal ini belum terjadi.
Bukan aktual, hanya gambaran saja.

Kenapa?

Karena hari penghakiman belum tiba.

Ha ha ha yg berubah BARU HANYA Statusnya dari kambing (orang2 yg akan Binasa) menjadi Domba (orang2 yg akan mendapat Hidup Kekal di Rumah Bapa di sorga !)
Kalau mati langsung ke Sorga , lalu bagaimana anda akan menjelaskan ayat ini :
1 Tesalonika 4 :
15 Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.
Emangnya Kedatangan Tuhan yg dimaksud ayat tsb sudah terjadi Bro ? :mad0261: :coolsmiley: :happy0062:

16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus (Domba2 yg sudah meninggal saat ITU) akan lebih dahulu bangkit;
17 sesudah itu, kita (Domba2) yang hidup, yang masih tinggal (SAAT ITU), akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.
Silahkan Bro … jelaskan ya ! :coolsmiley: :happy0062:

Dan ini sesuai seperti yang dinyatakan dalam perumpamaan pangkuan Abraham/surga. Luk 16:24 perumpamaan siksaan dalam nyala api/neraka adalah perumpamaan, karena [u][b]hal ini belum terjadi.[/b][/u] Bukan aktual, hanya gambaran saja. Kenapa? Karena hari penghakiman [u][b]belum tiba[/b][/u].
Nah DIDEPAN nya ngomong lain, di BELAKANG nya LAIN LAGI ?! :cheesy: :coolsmiley: :happy0062: :ashamed0002: Udeh tahu [u][b]Penghakiman[/b][/u] orang2 Percaya alias Pengadilan Kristus bagi para Domba-Nya [u][b]belum terjadi [/b][/u]..... gimana caranya Orang2 Kristen yg belum dihakimi si Bro katakan [u][b]setelah mati langsung[/b][/u] ke [b]Sorga[/b] ? :cheesy: