Apakah maksud dengan "HARI TUHAN" pada "AKHIR KITAB" Perjanjian Lama ?

apakah elohim Israel = Yesus + roh kudus.

dan apakah elohim bangsa2 lain = setan + roh kudus?

tks.

salam.

nampaknya Kejadian 1:1 = God memang benar, karena yang menciptakan langit dan bumi adalah God, bukan elohim. Mazmur 33:6, Amsal 8:26, Ibrani 1:10.

elohim = Yesus + roh kudus dimulai di Kejadian 1:2 dst., Efesus 3:11, 9.

Satu kesatuan, apakah semuanya sama statusnya?

tks.

salam.

kata: ‘elohim’ memang jamak, bukan tunggal.

elohim = Yesus + roh kudus, yang anda maksudkan sang pencipta adalah Tuhan (melalui roh kudus) menciptakan melalui Yesus, Efesus 3:9, di mana dimulai di Kejadian 1:2 dst, Efesus 3:11.

elohim bukan God (bentuk tunggal), Tuhan IEUE yang Esa.

Jadi mana yang ahlinya ?

Jadi Kej1:1-3 itu adalah YVHV / ELOHIM ESA !

Kej2:6 ( YVHV ELOHIM ) merujud Kej1:1-3 dan Kej1:26 ( KITA ) , yakni YVHV / ELOHIM ESA yakni ELOHIM Tritunggal !

Kej2:6
Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika YAHWEHELOHIM menjadikan bumi [color=red]dan langit, -

Kej1:26
Berfirmanlah Allah: ''Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita

Yohanes 1:1 dalam Ha-Berit, ada 'ELOHIM. Reff: הַבְּרִית הַחֲדָשָׁה: הַבְּשׂוֹרָה הַקְּדוֹשָׁה עַל־פִּי יוֹחָנָן פֶּרֶק א

בְּרֵאשִׁית הָיָה הַדָּבָר וְהַדָּבָר הָיָה אֵת הָאֱלֹהִים וֵאלֹהִים הָיָה הַדָּבָר׃
Translit, BERESYIT HAYAH HADAVAR VEHADAVAR HAYAH 'ET HA’ELOHIM VE’ELOHIM HAYAH HADAVAR

Note:
Kejadian 1:1 dimulai dari kata BERESYIT (pada mulanya) demikian juga Yohanes ada BERESYIT. Study kata RESYIT (mula, awal) di http://www.sarapanpagi.org/re-syit-studi-kata-ibrani-vt210.html#p408

saya tidak heran kalau penyesatan dimulai dari mulanya,

PL:

Gen 3:1 Adapun ular adalah binatang yang paling cerdik di antara segala binatang di padang yang telah dijadikan oleh IEUE, Tuhan. Dan dia bertanya kepada wanita itu, “Benarkah Tuhan berfirman bahwa engkau tidak boleh makan buah-buahan dari semua pohon yang terdapat dalam taman itu?”
Gen 3:2 Dan wanita itu menjawab ular itu, “Kami boleh makan semua buah dari pohon-pohon yang ada di taman ini,
Gen 3:3 kecuali buah dari pohon yang ada di tengah-tengah taman. Tuhan telah berfirman: Engkau tidak boleh makan atau menyentuhnya, karena engkau akan mati.”
Gen 3:4 Namun ular itu berkata kepada wanita itu, “Kamu sekali-kali tidak akan mati,
Gen 3:5 karena Tuhan mengetahui bahwa pada saat kamu makan buah itu, matamu akan terbuka dan kamu akan menjadi seperti Tuhan, yaitu mengetahui yang baik dan yang jahat.”

PB:

Mat 11:12 Dan dari masa Yohanes Pembaptis sampai sekarang, kerajaan surga menderita kekerasan dan para pelaku kekerasan mencengkeramnya.

Luk 16:16 Torat dan para nabi ada sampai Yohanes, dari sejak itulah kemudian kerajaan Tuhan diinjilkan dan setiap orang memaksa masuk ke dalamnya.

sehingga nyata ada kejanggalan terjemahan bahkan dari teks aslinya (katanya) di ayat Kejadian 1:1 dan Yohanes 1:1.

Yang memang persekutuan anda juga termasuk dimulai dari mulainya sesat !

Ular itu bukan iblis, Ular tua melambangkan si-iblis /Satan.

Wy20:2 Ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,

JIKA ular itu iblls, maka saya makan ular berarti saya makan iblis dong ! menangkap ular berarti menangkar satan dong ! hebat ya saya ini.

16:16 o <3588> {THE} nomov <3551> {LAW} kai <2532> {AND} oi <3588> {THE} profhtai <4396> {PROPHETS [WERE]} ewv <2193> {UNTIL} iwannou <2491> {JOHN:} apo <575> {FROM} tote <5119> {THAT TIME} h <3588> {THE} basileia <932> tou <3588> {KINGDOM} yeou <2316> {OF GOD} euaggelizetai <2097> (5743) {IS ANNOUNCED,} kai <2532> {AND} pav <3956> {EVERYONE} eiv <1519> {INTO} authn <846> {IT} biazetai <971> (5731) {FORCES.}

Artinya : Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan YESUS diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.

Ya katanya nabi hayatekrian !

MR OOT!

belum kompeten, silahkan anda menyimak dulu. tks.

Nabi kacao.

Jika sodara mengartikan akhiran “IM” pada kata ’ĕ·lō·hîm Sang Pencipta sebagai ‘plural of majesty’, “bentuk jamak keagungan”; Mengapa ’ĕ·lō·hîm berpihak kepada Iblis??

Perhatikan pernyataan Kitab Suci berikut ini:

Ayb. 1:16 Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: “Api telah menyambar dari langit dan membakar serta memakan habis kambing domba dan penjaga-penjaga. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan.”

Yang saya heran, sekalipun kata ’ĕ·lō·hîm itu tertulis dengan jelas, namun terjemahan LAI tidak menterjemahkannya seturut dengan aturan yang dibuatnya sendiri; malah berkesan menyembunyikan kata ’ĕ·lō·hîm tersebut di dalam terjemahannya… kenapa? :rolleye0014:

bersambung…

Kalau penjelasan tersebut berasal dari golongan Mesianik Yudaism saya tidak heran; sebab, bagi penganut Yudaism murni-yakni orang-orang Yahudi sendiri, Yesus Kristus menyatakan kepada mereka yang ngaku-ngaku τὸν Θεόν sebagai Bapa mereka-Yoh. 8:41 dengan mengatakan: “Iblislah yang menjadi bapamu…”

Yoh. 8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Alasan apakah Yesus Kristus mengatakan itu kepada mereka?
Alasan-Nya adalah Yesus Kristus tahu bahwa Bapa mereka sebenarnya adalah bukan τὸν Θεόν, melainkan Θεὸς (Theos) aliasa 'ELOHIM (’ĕ·lō·hîm).

Salam,

Selalu ada penjelasan jika mau mencari, itu lebih baik drpd sekedar menuduh.

אֵשׁ אֱלֹהִים - 'ES 'ELOHIM - THE FIRE OF GOD secara konteks adalah “halilintar” (lightning), kepada makna tsb, itulah sebabnya LAI tidak menerjemahkan kata "ELOHIM"nya, kita dapatkan sajian yang sama dalam terjemahan ILT/ MILT.

Dibawah ini penjelasan LAI-TB:

bandingkan keterangan dari ONLINE EXEGETE: Job 1:16-17

In this second tragedy, all of Job’s seven thousand sheep are killed by “the fire of God.” This could be a reference to lightning (as in 1 Kings 18:38), or to a storm of burning sulfur from a volcanic fissure such as that which destroyed Sodom and Gomorrah. This kind of an event is also used in the Bible as an example of the judgment of the Last Day (Psalm 11:6; Isaiah 30:33 and 34:9; Ezekiel 38:22 against Gog; several times in Revelation, and even once later in Job 18:15). Because of the early date of Job, some might see a possibility that if Job’s sheep were grazing close to the shore of the Dead Sea, they might actually have been destroyed in the very same lava-storm that destroyed Sodom and Gomorrah just after sunrise one day, along with the towns and vegetation of the area (Genesis 19:23-25). However, we can only leave that as a possibility, and not a certainty.

untung saya kacao, bersyukuran karena saya kacao mau berdiskusi dengan anda supaya anda jangan jadi kacao seperti saya. Karena andapun tidak kalah kacaonya dibandingkan saya.

paling tidak kita ada kesamaannya: sama2 kacao!

buat ngarang indah aja, supaya lebih banyak orang percaya atas kebohongan anda selama ini.

Sama-sama kacao ?

Yg kacao dan palsu adalah nabi Hayatek dulu bernubat sekarang diralat kemudian ditambah atau dikurangi !

Ini adalah diskusi pakai akal budi bukan spt anda pakai akal bulus yang diterangi oleh ha SATAN yg diutus oleh abba-nya bersama elohim-elohim disurga bergotong royong menciptakan langit dan bumi oleh karena rumit dan kelewatan gedenya jagad sehingga abba-anda sendiri menciptakan langit dan bumi tidak sanggup alias begott banget !

Semua agama klaim Tuhan mereka masing2 sanggup dan pasti yang menciptakan langit dan bumi, kecuali kepercayaa anda kelewat aneh !

Malu punya abba yang gak becus menciptakan langit dan bumi ! Sadar dong anda aliran pendukung Ha SATAN !

smoga api Elohim dari langit tidak menyambar kepada anda.

Tidak dapatkah bro Betanicus menyampaikan alasannya yang jelas daripada menuduh seseorang mengarang indah & berbohong dengan tuduhan yang tak dapat dibuktikan ??.. sedangkan seluruh dunia yang membaca tanya jawab ini juga dapat menilai siapa yang salah & yang benar… :happy0062:

Salam