Apakah Malaikat memiliki free will?

Malaikat ketika diciptakan untuk melayani, artinya kehendaknya hanya 1 melayani Tuhan tidak ada yang lain, jadi ada memang kehendaknya

malaikat diciptakan dengan tidak punya pilihan

ketika malaikat itu jatuh oleh keinginannya sendiri itu dia telah mengingkari kodratnya sebagai roh2 yang melayani, tidak ada pilihan yang lain

Artinya kejatuhan lucifer tidak dipengaruhi oleh oknum lain selain dari dirinya sendiri ( buah pemikirannya )

Manusia diciptakan dengan kehendak bebas untuk memilih, jadi manusia diciptakan tidak mengetahui yang baik dan yang jahat dan belum hidup abadi baik roh,jiwa dan tubuhnya ( disini dia harus memilih )

Kejadian 1:9
Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Kejadian 1:16-17
16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

jadi ditengah taman itu ada 2 pohon
1.Pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat ( dilarang Tuhan )
2.Pohon kehidupan ( tidak dilarang )

disinilah manusia itu harus menggunakan freewill nya, yang berbeda dengan malaikat yang tidak diberi pilihan :slight_smile:

nah manusia itu salah memilih dalam kehendak bebasnya, manusia ( adam & hawa ) memilih pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat

kemudian apa yang terjadi

kejadian 3:22
22 : Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

manusia telah memilih untuk menjadi spt Tuhan , hal ini memang tujuan setan untuk mempengaruhi frewillnya manusia Kejadian 3:4-5 4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "[b]Sekali-kali kamu tidak akan mati,[/b] 5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, [b]dan kamu akan menjadi seperti Allah[/b], tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Setan jatuh karena ingin spt Tuhan, dan itu juga yang dianjurkannya kepada manusia

Pohon kehidupan sebenarnya adalah pilihan yang benar bagi manusia, tapi manusia salah memilih dan Pohon kehidupan harus diamankan Tuhan supaya jangan dimakan sehingga manusia itu menjadi abadi ( baik roh,jiwa dan tubuh ) pengertianku : bahwa manusia itu spt setan, bahkan lebih lagi coz manusia itu punya tubuh, dan menjadi seteru Tuhan abadi :)

Artinya juga disini misalnya manusia memakan pohon kehidupan terlebih dahulu dari pohon pengertian yang baik dan jahat, maka pohon pengetahuan yang baik dan jahat juga akan diamankan Tuhan ( coz sudah lulus dalam pengujian )

Maka freewill manusia itu selesai dan manusia akan menjadi pribadi ( bukan hanya roh, tapi jiwa serta tubuh ) melayani Tuhan abadi selama2nya ( kae di surga nanti lah :slight_smile: )

Apa yang dilakukan Tuhan kemudian dengan Pohon kehidupan itu

ayat 23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
ayat 24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

karena manusia telah memilih berdosa untuk tidak menaati Tuhan, Pohon kehidupan itu diamankan Tuhan, untuk menjaga supaya jangan dimakan manusia

Puji Tuhan…, Freewill manusia itu juga sekarang berlaku untuk memilih kehidupan atau kematian melalui Tuhan YESUS

jadi manusia diberi freewill untuk memilih, malaikat tidak baik ketika diciptakan ataupun ketika lucifer jatuh tetap tidak punya pilihan :slight_smile:

ini pemahaman saya loh, klo salah ya manusiawi lah, kan gak ada ayat2 lain yang menceritakan tentang itu, semoba bermanfaat

peace… :slight_smile:

maap sis, belum menjawab pertanyaan saya :slight_smile:
malaikat2 pun hamba Tuhan… tetapi akhirnya ada malaikat yang jadi setan… :stuck_out_tongue:
malaikat hidup di surga, tetapi akhirnya ada malaikat yang jadi setan… :stuck_out_tongue:

so gimana dong ? :smiley:

betul… ttp ketika mereka jatuh dlm dosa… Allah Bapa tidak pernah merencanakan mereka untuk serupa dengan Yesus…

Sedang manusia saat manusia jatuh … Dia sendiri turun tangan untuk memperbaiki manusia diserupakan dengan Yesus …yang taat sampai mati.

masih binun??

Tentu punya, yakni freewill untuk melayani Allah…^0^
Karena Tuhan Maha Tahu maka orang yang punya freewill memberontak, tentu tidak akan diijinkan masuk ke dalam Kerajaan Sorga…^-^

Salam

Tentu punya, yakni freewill untuk melayani Allah.....^0^ Karena Tuhan Maha Tahu maka orang yang punya freewill memberontak, tentu tidak akan diijinkan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.....^-^

Salam

munkin lebih tepatnya bukan freewill bro untuk malaikat, 1 kehendak saja yaitu roh2 yang melayani,apa istilahnya ya

ya spt penjelasan bro tony, Tuhan bukan punya freewill tapi Godwill

klo manusia dari awal memang ada freewill, baik sebelum berdosa ( ketika dicobai ) ataupun sekarang, tetap masih berlaku

jadi nanti ketika di surga manusia sama spt malaikat tidak punya freewill lagi yang ada kehendak untuk melayani Tuhan

peace… :slight_smile:

God will yang dipikirkan dan dilakukan secara bebas bukan? Sesuai kehendak Nya…^-^

Arti sebagai orang Kristen tetap tidak berubah, orang percaya memperoleh kebebasan dan kemerdekaan…^-^

Filemon 1
1:8. Karena itu, sekalipun di dalam Kristus aku mempunyai kebebasan penuh untuk memerintahkan kepadamu apa yang harus engkau lakukan,

Justru karena memiliki kebebasan penuh, seseorang percaya dapat mendedikasikan hidup-Nya (pikul salib) untuk melayani Allah di dalam dunia dan kekekalan dengan sukarela dan sukacita.

Salam

@Santo

yupe, untuk manusia selama masih di dunia ini itu memang freewill, jadi biar seorang kristen bisa berubah menyangkal coz masih di dunia ini

tapi ketika manusia itu sudah mati
baik yang ada di neraka ataupun di surga ngak ada freewill lagi, yang di neraka di hukum dan di surga melayani Tuhan

jadi artinya yang di surga ngak mungkin kembali berdosa lagi dan gak ada keinginan untuk berdosa, kenapa ?

nah ada kisah di wahyu kerjaan 1000 tahun damai
setan pada saat itu dimasukkan ke dalam jurang 1000 tahun, supaya dia tidak bisa menyesatkan lagi
jadi disini tidak berlaku lagi freewill

setelah 1000 tahun, setan dilepaskan lagi ntuk jangka waktu siangkat dan ia menyesatkan lagi, pada saat ini freewill berlaku lagi
berlaku untuk siapa ?
kalo bertolak dengan pandangan GBI ya ( ini misalnya loh, belum tentu benar juga :slight_smile: ), aku baca di buku SOM nya “Second Coming”
ada 2 macam manusia di kerjaan 1000 tahun, yaitu manusia rohani dan manusia jasmani

kpd manusia jasmani inilah berlaku freewill untuk percaya kpd Yesus atau menyangkal, coz waktu 1000 tahun damai tidak ada penyesatan jadi manusia jasmani itu otomatis tidak berdosa

maka setelah setan dilepaskan, ia akan menyesatkan lagi banyak orang spt pasir di laut untuk perang Gog dan Magog

peace… :slight_smile:

Pertanyaannya adalah kapankah freewill diberikan kepada manusia? Apakah sejak awal penciptaan? Ataukah setelah Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, memakan buah pengetahuan baik dan buruk (freewill timbul akibat pengetahuan baik dan buruk)?
Pada awal penciptaan, Tuhan menciptakan manusia yang sempurna, jika freewill telah diberikan kepada manusia sebagai hakekat jati dirinya yang adalah gambar dan rupa Allah maka keadaan kita-pun di surga akan memiliki hakekat gambar dan rupa Allah yang sempurna sesuai dengan maksud penciptaan manusia.

Salam

ya menurut pemahamaku pada postingan ke-2

pada saat manusia diciptakan sudah ada freewill, untuk patuh atau melanggar aturan Tuhan
dan freewill itu berlaku juga untuk sekarang sampe pada manusia itu mati

klo sudah mati, yang di neraka tidak ada freewill lagi, gak ada pilihan lagi, dan yang disurga juga tidak ada pilihan lagi :slight_smile:

manusia diciptakan segambar dengan Tuhan artinya manusia itu punya roh,jiwa dan tubuh

jiwa disini diartikan pikiran,kemauan/kehendak dan perasaan

nah ada pertanyaan : kenapa Tuhan memberikan larangan
coz memang manusia itu harus menentukan freewillnya apakah patuh kepada Tuhan atau menyangkalnya

peace…

Pertanyaan bagus, mengapa harus ada larangan…^-^
Masalahnya adalah di surga “ada larangan tidak” ?

Kejadian
3:22. Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

Jika mempunyai pengetahuan “baik” dan “buruk” bahkan dikatakan sebagai pengetahuan yang diketahui oleh Allah, apakah tidak ada larangan untuk hal yang “buruk” ?

Salam

nah disini dia bro maka aku dapat pehamaman itu

firdaus itu bukan surga, jadi ketika di firdaus ada freewill manusia untuk memilih 1

klo di surga ya tidak ada lagi pilihan :slight_smile:

nah pilihan kpd pohon pengetahuan yang baik dan jahat membuat pohon kehidupan itu diamankan, atau sebaliknya

jadi larangan Tuhan disini bahwa manusia itu harus memilih 1 dari 2, dan Tuhan tidak akan membiarkan 22 nya, coz akan menjadi spt Tuhan setan

misalkan
( jangan di debat ya coz nanti dikatakan berasumsi ria )
adam memilih pohon kehidupan maka pastilah firdaus itu akan menjadi surga, artinya tidak ada lagi pengujian disini, karena pohon pengetahuan yang baik dan jahat pasti diangkat Tuhan juga dalam arti kata freewill manusia telah berubah menjadi kehendak untuk melayani Tuhan
kenapa saya berpikir demikian?

ketika adam memilih pohon kehidupan, tentulah selanjutnya dia akan memiliki keturunan, adalah sangat riskan jika pohon pengetahuan yang baik dan jahat itu masih di tengah taman


nah setelah manusia jatuh ke dalam dosa, free will manusia itu tetap ada terlepas dari adam sudah memakan pohon pengetahuan itu

nah disinilah beda manusia itu dengan malaikat bro
manusia awalnya dengan freewill sedangkan malaikat adalah roh2 yang melayani

pengujian kepada manusia dan malaikat ( walau beda kasus ) tetapi tetap sama
manusia dengan freewill jatuh, masih ada kemungkinan ditebus coz freewillnya masih melekat pada manusia itu
setan jatuh dengan kehendak untuk melayani Tuhan, tidak ada lagi kemungkinan untuk ditebus

peace… :slight_smile:

Agak berabe juga pemahamannya, jika demikian freewill dipandang untuk dapat memutuskan jatuh ke dalam dosa…^0^
Bukankah jika demikian, Tuhan membuat manusia yang tidak sempurna (adanya freewill) yakni bisa memiih jatuh dalam dosa…^-^
Jika kita percaya bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan sempurna dengan tujuan yang sempurna maka komponen manusia misalnya freewill harus dipandang sebagai sesuatu yang sempurna.
Kita sudah tahu bahwa Tuhan tidak menciptakan robot namun menciptakan suatu ciptaan yang bernama manusia yang memiliki gambar dan rupa-Nya. Dalam hal kebebasan memilih dan menentukan itu juga merupakan gambar dan rupa-Nya. Namun tentu pilihan dan penentuan yang sempurna adalah pilihan dan penentuan yang “baik”, yang sesuai dengan kehendak-Nya. Saya rasa dalam kebebasan tetap sama saja, namun manusia yang ada di surga sama seperti malaikat yang ada di surga memiliki kepengetahuan penuh tentang Allah, dan memutuskan untuk melayani Dia dengan kehendak sucarela dan sukacita.

Salam

ya memang agak berabe bro Santo hehehehe

namanya juga gak ada dasarnya di alkitab :slight_smile:

Tuhan menciptakan manusia itu sempurna bro…jelas sempurna
sempurna sebagai manusia yang adalah gambaran Tuhan, bukan menjadi Tuhan

pilihan atas pohon pengetahuan yang baik dan jahat adalah upaya untuk menjadi Tuhan ( spt hasutan setan ), dan jika dilanjut makan pohon kehidupan, maka akan sempurna menjadi Tuhan setan yang akan menjadi seteru abadi Tuhan

namun manusia yang ada di surga sama seperti malaikat yang ada di surga memiliki kepengetahuan penuh tentang Allah, dan memutuskan untuk melayani Dia dengan kehendak sucarela dan sukacita.

yupe… :slight_smile:

yah klo mau belajar ini memang agak susah bro, referensi alkitab sedikit

peace… :slight_smile:

Iya sih, namun saya percaya manusia (Adam dan Hawa) dapat diampuni ketika jatuh dalam dosa karena mereka jatuh melalui pencobaan oleh pihak lain di samping ketidakpenuhan pengetahuan mereka tentang Allah.

Buktinya adalah ketika orang percaya tetapi melakukan kemurtadan dikatakan bahwa lebih baik baginya tidak mengenal kebenaran.

II Petrus 2
2:22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: “Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya.”

Salam

kl malaikat tidak mempunyai freewill, pasti tidak ada malaikat yg jatuh kedalam dosa bukan ?

@rusdinec

itu pengertian aku aja bro
malaikat diciptakan bukan dengan freewill, tapi malaikat adalah roh2 yang melayani

Ibr 1:14 Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?

artinya 1 kehendak saja : melayani Tuhan
kejatuhannya diakibatkan oleh niatnya sendiri, jadi tidak dipengaruhi oknum lain

Yesaya 14:13-14
14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
Yes 14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!

ayat ini adalah kejatuhan Raja Tirus, tapi kaenya semua meng-OK-kannya sebagai kejatuhan Lucifer

peace… :slight_smile: