Apakah manusia mempunyai roh ?

Saudara dan saudari belakangan ini saya diserang rasa tidak percaya bahwa "apakah manusia mempunyai Roh "? Mohon tanggapan saudara2 sekalian. Kalau bisa ajukan jawaban diluar Alkitab. Mungkin refrensi dari agama lain ataupun kepercayaan2 atau pengalaman pribadi.

Kenapa saya meminta pendapat diluar Alkitab ? ALKITAB menyatat bahwa kita terdiri tubuh , jiwa dan roh . Apakah ada informasi diluar ALKITAB yg mendukung bukti bahwa kita terdiri dari tubuh , jiwa dan roh ?

Terimakasih sebelumnya… Mungkin pertanyaan yg aneh. Mohon pencerahannya.

Kata lain dari roh adalah nafas yang dalam bahasa Ibraninya נָפַח [naphach (naw-fakh’)]

Salam,

Jadi setiap kita bernafas berarti kita mahkluk yang mempunyai Roh ? Bagaimana jika kita mati dan kita tidak mempunyai ROh ?

Bagaimana jika kita mati dan kita tidak mempunyai ROh ? … saya gak ngerti maksud pertanyaan saudara itu apa :ashamed0002:

Yang menjadi ketakutan dan keraguan saya adalah setelah kita mati , saya mempunyai pemikiran yang demikian “bahwa kita akan mati dan ternyata kita tidak mempunyai roh”. Pemikiran ini sering muncul ketika saya sedang berpikir dan merenung dan bertanya2 apakah ada bukti yang kuat diluar ALkitab , sampai saya pernah berpikir apakah saya perlu mati suri / mengalami okultisme mengenai pencabutan roh seseorang / mengalami pengusiran setan dengan mata kepala sendiri / mungkinkah Tuhan dapat membawa roh saya keluar dari tubuh ini , untuk memastikan ?

Saya sendiri bingung bagaimana saya dapat menjawab pertanyaan2 diatas.

Setiap manusia yang masih ber-nafas, artinya ia masih memiliki roh. Sedangkan manusia yang tidak lagi bernafas, ia tidak ada lagi roh-nya.

Dengan pengertian seperti di atas, (seharusnya) saudara tidak perlu khawatir. Yang perlu saudara khawatirkan adalah sekarang yaitu ketika saudara masih bernafas; Sebab, sekalipun saudara masih bernafas (yang artinya saudara masih memiliki roh) tetapi roh saudara itu ternyata mati (tidak hidup).

Hikmat pengertian ini terangkum dalam perkataan YESUS KRISTUS berikut ini:

Luk. 9:60 Tetapi YESUS berkata kepadanya: “Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana.”

Dan dalam ungkapan Paulus terhadap seorang janda yang kaya-raya.

1Tim. 5:6 Tetapi seorang janda yang hidup mewah dan berlebih-lebihan, ia sudah mati selagi hidup.

Salam,

Punya. Rasanya semua agama samawi percaya hal yg sama. Pembuktian semacam apa dulu yg diminta. Rasanya klo pembuktian ilmiah kok susah yah hehehe…kecuali mungkin diberi istilah lain. Roh khan istilah agamis.

Ya punya lah, kalau nggak punya berarti nggak hidup dong.

Shalom Metanoia,
Apakah kamu percaya TUHAN YESUS maha kuasa ?
JBU

Takut mati???

Coba baca dulu topik “Roh yang tertahan didunia”, diposting pertama kali oleh Fantioz.
Ini linknya: Roh yang tertahan di dunia. - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Kalau ada pertanyaan, silakan.

berarti ada roh ketakutan dong…?? hehehhe

tapi apakah binatang juga sama dng kita manausia…?? takut mati juga…??

Gimana tuh [email protected]…??? hehehhe hayoh…??

yup…^^ tubuh tanpa roh mana bisa hidup ^^
binatang??? nah itu dia…
aku juga bingung g mana jelasinnya^^

Kenapa bingung?

Gak ada bedanya nafas manusia dengan nafas binatang ups!

Pkh. 3:19 Karena nasib manusia adalah sama dengan nasib binatang, nasib yang sama menimpa mereka; sebagaimana yang satu mati, demikian juga yang lain. Kedua-duanya mempunyai nafas yang sama, dan manusia tak mempunyai kelebihan atas binatang, karena segala sesuatu adalah sia-sia.

Salam,

Sama juga binatang takut mati. Pernah lihat bikin erwe ???

Satu anjing digebukin ampe mati khan pasti kaing-kaing, yang lainnya yang masih diiket jadi panik.

Roh itu konteksnya Rohani… kalau minta pembuktian secara sains mungkin agak susah ya? hehe

repotnya lagi… jikalau manusia tidak mempunyai roh, maka manusia tidak dapat menyembah dan berkominikasi dengan Tuhan dengan benar (Manusia harus menyembah Tuhan Allah dalam Roh dan Kebenaran).
Jikalau konteks roh itu sendiri yang ditentang… maka konklusinya akan menuju Tidak Ada Tuhan (karena Tuhan adalah Roh)

:slight_smile:

Saya Percaya Bro Gangga

@exia : Jujur saya takut mati… karena naik pesawat pun takut.

ok thanks… saya baca dulu.
Gbu

saya dulu juga … tapi terus terang sekarang "tidak begitu lagi…^^
kalo naik pesawat aaaaaaaa… saya baru sadar ada orang yang sama seperti saya^^