Apakah Maria itu Allah?

Biasanya katolik akan menjawab bukan, Maria bukan Allah. Sebuatan Bunda Allah (Theotokos) hanyalah menunjuk kepada fakta bahwa Maria adalah bunda Yesus yang adalah manusia sekaligus Allah.

Tetapi saya akan menanyakan bukan dari segi itu. Katolik sendiri meski menolak dikatakan menyembah Maria, namun sikap mereka terhadap Maria faktanya seringkali menunjukkan sikap penyembahan. Kalau disebut devosi (penghormatan), yang nampak adalah devosi yang berlebihan, sampai kepada sikap berdoa kepada Maria.

Nah, katolik kemudian akan menyatakan bahwa mereka tidak berdoa melainkan hanya menjadikan Maria (dan juga orang2 kudus lainnya) sebagai perantara. Kemudian mereka akan bertanya “apa bedanya kamu minta didoakan pendeta?” Tentu saja berbeda, pendeta orang yang masih hidup, sedangkan maria sudah mati (atau menurut katolik sudah diangkat ke sorga). Intinya adalah kalau dengan pendeta kita memang benar2 bisa berkomunikasi.

Memang sebagian orang kristen merasa imannya masih kurang kuat, merasa masih merasa berdosa, tidak bisa berdoa, dll. Karena itu mereka minta bantuan pendeta untuk didoakan. Tapi intinya, pendeta itu orang yang masih hidup dan bisa diajak komunikasi.

Bagaimana dengan Maria? Maria tidak ada di dunia (meskipun katolik yakin ada persekutuan semua orang kudus baik di sorga maupun di dunia). Tetapi bagaimanapun Maria tidak ada di dunia, dan karena itu berdoa kepada Maria, bahkan menjadikan Maria sebagai perantara sebenarnya telah menjadikan Maria sebagai Allah.

Coba pikirkan ini:

  • Ketika jutaan orang katolik berdoa kepada Maria, Maria tahu mereka berdoa kepadanya (melalui dia) dan tahu apa2 yang mereka doakan (Mahatahu/omniscience)
  • Ketika jutaan orang katolik berdoa kepada Maria, Maria mendengar doa mereka (Maha mendengar)
  • Selain keyakinan2 akan penampakan2 Maria, banyak orang katolik percaya ketika mereka berdoa kepada/melalui Maria bahwa Maria hadir di hadapan mereka (Mahahadir/Omnipresence)
  • Sebagai perantara doa, Maria bisa menyampaikan jutaan doa kepada YESUS agar doa mereka dikabulkan (Mahakuasa), bahkan mampu memeriksa hati setiap orang yang berdoa melalui dia (lagi-lagi Mahakuasa).

Cukup dengan beberapa sifat di atas saja sudah menjadikan Maria sebagai Allah, atau setidaknya hampir setara dengan Allah.

Apakah Maria itu Allah? BUKAN…

Mohon momod supaya trit ini di lock karena sudah banyak dibahas, dan dulu juga pernah ada trit yang sama Maria adalah Allah? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com
serta utk menghindari dimanfaatkan oleh pihak2 yang tidak bertanggungjawab…

Topik dikunci karena sudah pernah terjawab.

Tuhan YESUS memberkati.