Apakah Martin Luther & Gerakan Protestantism Alkiktabiah?

bro sis,

Apakah Martin Luther & Gerakan Protestantism Alkitabiah, dan mengapa mereka merasa lebih baik (memperbaiki) aliran yang sudah lebih dulu ada?
Padahal di Alkitab TIDAK DISEBUTKAN adanya MARTIN LUTHER dan PROTESTANTISM

ini satu dari dua thread.
Yang satunya: Apakah para Paus-Paus itu Alkitabiah? - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Monggo didiskusikan, dan mari kita terlibat dalam diskusi yang bermutu.
Dan pada akhirnya, kita semua bisa menilai kedua grup ini

Salam,

Kenapa ada reformasi di gereja Katolik ? Apa yang menyebabkan adanya gerejakan protestan ?

Aliran yang sudah ada lebih dulu itu apa ? Coba jelas kan ?

Apa ada di Alkitab disarankan untuk tinggal di dalam ajaran yang sesat ? Baca Alkitab kamu

Kata Trinitas juga tidak terdapat di Alkitab. Apa jadinya cadangdata juga tidak mengimani Trinitas?

Istilah Martin Luther maupun reformasi protestan memang tidak ada di Alkitab, namun konsep yang mendasari pemikiran Martin Luther dan gerakan reformasi adalah biblical/alkitabiah (bagi umat protestan/evangelical christian).

alkitab tidak mengatakan siapa itu martin luther.

yang menjadi pertanyaan, adalah mengapa sampai dia memisahkan diri dari tempat dia beribadah ??
kemudian mendirikan aliran yang baru ??

iyah… mohon dijawab cadang data…

pertanyaannnya banyak tuh…
dijawab satu2 yah…

biar lebih timbal balik…

protestan itu bukan memisahkan diri dari katolik tp yg benar adalah berusaha kembalikepada kristen yang mula-mula.

kami tidak tunduk pada luther, calvin, agustinus dll

kami hanya tunduk kpd YESUS KRISTUS yg dikenalkan sempurna dalam alkitab.

luther itu :afro:

tapi bukan berarti ajaranya tidak bisa salah, hanya Tuhan dan firmanya yg tidak bisa salah…

apa yg kami percaya dari luther dll adalah mereka berusaha kembali kpd kristen yg mula-mula dan ide inilah yg kami amin kan, bukan semua ajaran yg dia katakan. emangnya dia Tuhan?

Gerakan Protestant muncul mengkritisi keadaan Kristen pada waktu itu…
Dimana mayoritas ataupun otoritas… belum tentu benar atau sesuai dengan apa yang telah tertulis (Alkitab).

Martin Luther… membuka kesempatan ini dan mempertaruhkan nyawanya untuk itu.
Kitab suci bukan hanya untuk kaum Rohaniawan exclusive saja… tapi juga untuk diketahui oleh orang banyak.
Sehingga semua orang bisa menilai praktek mana yang sesuai, dan praktek mana yang kurang ataupun tidak sesuai dengan Kitab Suci.

Salam.

dengan penemuan mesin cetak 1456 oleh John. Gutenberg,
maka buku pertama yang di cetak adalah alkitab.
sedangkan sebelumnya, alkitab sangat sulit didapat dan mahal.
alkitab ini tersebar di eropa dalam bahasa mereka masing masing dan ternyata mereka menyadari bahwa apa yang tertulis dalam alkitab / pb jauh dari esensi yang selama ini mereka terima.

Marthin Luther kagak ada di Alkitab.
Dan Protestan kagak ngurusi Marthin Luther :smiley:
Protestan taat kepada Firman Allah.

GBU

hallo,

  1. Apakah mereka alkitabiah? sebuah tindakan ada karena alasan. Alasannya apa? Silakan baca sejarah gereja untuk hal ini, saya tidak mau membuka borok lama karena katolik yang sekarang telah banyak berbenah dan tidak seperti katolik pada jaman Marthin Luther, dll.
    2.trinitas tidak ada dalam Alkitab namun sebuah istilah yang diberikan untuk mempermudah pengertian. Sama saja kalau saya bilang gereja,chapel atau kathedral sebenarnya tidak ada dalam Alkitab krna sebenarnya waktu itu orang Yahudi beribadah di bait Suci atau sinagoge. Gereja, chapel, kathedral adalah istilah yang dibuat untuk mempermudah pengertian. Kalau anda hendak bertanya seharusnya mengajukan bukti letak kesalahan trinitas dan bukan sekedar mengkritik sebuah istilah :slight_smile:

Tuhan menyempurnakan gerejaNya dari waktu ke waktu,

Gereja mula-mula, tanpa bentuk dan berbagai pengajaran simpang siur, tiap orang dapat mengajar dan kadang mengatasnamakan rasul-rasul KRISTUS.

Disempurnakan…

Gereja Katholik, membentuk sebuah lembaga yang berotoritas untuk mentertipkan dan menyatukan serpihan gereja mula-mula sehingga menjadi satu lembaga, satu kitab dan satu doktrin.

Disempurnakan…

Gereja Protestan, setelah melewati masa yang panjang, campuran budaya dan legenda masyarakat mulai disingkirkan oleh Tuhan untuk dimurnikan sehingga gereja kembali kepada satu-satunya kitab suci.

Disempurnakan…

Gereja Kharismatik, setelah melewati masa studi yang panjang akan kitab suci dan semua orang sudah mulai melihat hanya kepada Alkitab saja, sekarang saatnya Allah melengkapi mereka bukan hanya dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kuasa lewat karya ROH KUDUS.

Disempurnakan…

Gereja “XYZ”, saatnya akan tiba mulai dari gereja mula-mula yang tak beraturan, menjadi gereja yang Katholik dan memiliki doktrin dan kitab yang terotorisasi dan kemudian Allah membuang semua sisa-sisa budaya dan tradisi masyarakat pagan menjadi gereja yang hanya berdasar Alkitab saja lewat protestan, dan kini Allah melengkapi juga dengan kuasa ROH KUDUS lewat manifestasi karunia dan pekerjaan Roh Allah, akan tiba saatnya gereja akan bangkit kemudian adalah gereja yang meletakan KRISTUS sebagai satu-satunya kepala Gereja, dan kebangkitan jabatan Rasul, Nabi, Guru, Penginjil dan Gembala akan mewarnai setiap pelayanan mereka yang didasari hanya atas Alkitab dengan disertai manifestasi ROH KUDUS untuk membawa gereja kepada kesempurnaan KRISTUS.

Efesus 4:11-13
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.

Ini yang terakhir sebelum YESUS datang…
Jika kita meletakan ego aliran kita dan melihat sejarah panjangnya maka kita melihat semua berjalan dalam satu garis untuk menjadi gereja yang sempurna.

Barusan… aye’ SMS an dengan Om Martin Luther…ini SMS jawabannya…

Ini Pengalaman Om Martin yg diberikan kepada ku…

…Sesudah tujuh hari datanglah Firman Tuhan kepadaku: 17 Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka atas nama-Ku.
18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! --dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. 19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.

20 Jikalau seorang yang benar berbalik dari kebenarannya dan ia berbuat curang, dan Aku meletakkan batu sandungan di hadapannya, ia akan mati. Oleh karena engkau tidak memperingatkan dia, ia akan mati dalam dosanya dan perbuatan-perbuatan kebenaran yang dikerjakannya tidak akan diingat-ingat, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
21 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu."

22 Maka di sana kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia berfirman kepadaku: “Bangunlah dan pergilah ke lembah, di sana Aku akan berbicara dengan engkau.”
23 Aku bangun dan pergi ke lembah; sesungguhnya di sana kelihatan kemuliaan TUHAN seperti kemuliaan yang telah kulihat di tepi sungai Kebar, dan aku sujud.
24 Tetapi masuklah Roh ke dalam aku dan ditegakkannya aku, lalu Ia berbicara dengan aku, kata-Nya: "Pergilah pulang, kurunglah dirimu di dalam rumahmu.

25 Dan engkau, anak manusia, sesungguhnya, engkau akan diikat dengan tali dan akan dibelenggu, sehingga engkau tidak bisa keluar masuk di tengah-tengah mereka…alias DIDEPAK dan DIKUCILKAN dari mereka para pembuat Kesesatan itu !!!

Jawab Om Martin : “Siap Bosss, laksanakan !!!”…maka ia langsung menempelkan Surat Protes atas Kesesatan Penjualan Surat Masuk Sorga yg dikeluarkan Rohaniwan Sesat di Masa Kegelapan Gereja2 itu di Pintu Gerbang Depan Kathedral nya !!!

Begitu tuh SMS dari Om Martin anaknya Opa Luther !!!

aliran baru ??

kapan dimulai ??

Gereja XYZ itu gereja apaan ?

kenapa martin luther keluar dari gereja asal ??

tentunya ada sebab sebab yang sangat tidak dapat diterima, sehingga dia berani mengambil resiko untuk keluar.

Karena dia baca kitab suci, lalu menemukan banyak pertentangan dengan praktek katolik maka dari itu dia berani memberontak.

dan andapun ikut ikutan :cheesy:

Yah dan terjadi pemberontakan lagi dalam protestan dan muncul lagi pendiri gereja lain, terjadi lagi pemberontkan dan demikian terus menerus hingga gereja protestan terpecah menjadi 34.000 denominasi. Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Christianity#Demographics

Apakah ini bukti Allah terus menyempurnakan? kalau memang Alkitab saja (Sola Scriptura) adalah benar, mengapa gereja tidak bersatu padu setelah Martin Luther? Mengapa terjadi perpecahan, dan semua mengatakan bahwa ajarannya berdasarkan Alkitab saja?

Kalau memang apa yang diajarkan oleh pendiri Protestan adalah benar – yang mengklaim untuk kembali kepada ajaran KRISTUS yang murni – malah membawa begitu banyak perpecahan terjadi? Seharusnya kalau kembali kepada ajaran KRISTUS yang murni, maka semuanya harus menjalankan pesan KRISTUS, termasuk pesan: “supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” (Yoh 17:21)

Kalau kita mempercayai bahwa ROH KUDUS adalah Roh pemersatu dan bukan Roh pemecah, seharusnya kita melihat adanya persatuan umat Allah. Dengan demikian, gereja-gereja seharusnya dapat bersatu.

martin luther itu bukan ALKITABIYAH…

karena nama martin luther tidak satupun ditemukan di Alkitab…

protes luther, adalah seperti dibawah ini saya kutip …

Luther meningkatkan serangannya ke jantung masalahnya betul: mengingkari kekuasaan Paus, Dewan Gereja. Martin Luther menegaskan dia cuma tunduk pada tuntunan Injil dan dengan alasan pikiran sehat. Bisa dimengerti, gereja tidak senang dengan pendapat Luther ini. Luther diperintahkan datang menghadap pembesar-pembesar gereja dan sesudah saling dengar pendapat dan adu argumen serta perintah supaya Martin Luther mencampakkan pendapatnya, dia akhirnya dinyatakan “murtad” dan dinyatakan bersalah dan dikucilkan oleh dewan persidangan (1521) dan semua tulisan-tulisannya dinyatakan terlarang dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Teologi Luther --tentu saja-- mustahil bisa dijabarkan di sini secara ringkas dalam ruang terbatas. Salah satu dari gagasan kuncinya adalah doktrin perlunya keyakinan terhadap kepercayaan semata-mata, suatu gagasan berdasar tulisan-tulisan St. Paul. Luther yakin, manusia menurut kondratnya menjadi suram karena dosa-dosanya dan semata-mata lewat perbuatan dan kerja lebih baik saja yang dapat menyelamatkannya dari kutukan abadi. Penyelamatan hanya datang lewat kepercayaan dan dengan berkat pengampunan Tuhan.

Protesnya terhadap gereja katolik

Karena itu, menurut Luther, jelaslah sudah bahwa perbuatan gereja menjual pengampunan adalah tidak pada tempatnya dan sia-sia. Dengan begitu sekaligus berarti, pendapat tradisional yang sudah berkarat yang menganggap gereja itu perantara yang tak bisa disingkirkan antara seorang Kristen dengan Tuhan adalah sesungguhnya sesuatu yang sesat. Jika seseorang menganut doktrin Martin Luther, itu artinya hak hidup Gereja Katolik Roma tersapu habis sekali pukul.

namun motivasi yang mendorong nya adalah yang Alkitabiah…
sperti tulisannya : Penyelamatan hanya datang lewat kepercayaan dan dengan berkat pengampunan Tuhan.
yaitu melalui kepercayaan terhadap Yesus kristus…

Hanya TUHAN lah yang mampu mendirikan gereja bukan manusia. Sebab hanya TUHAN lah yang bisa menjamin bahwa Gerejanya akan bertahan sampai akhir jaman dan alam maut tidak akan menguasainya. (lih Mat 16:18-19). Jika ada manusia mencoba membangun gereja maka gerejanya akan pecah berkeping keping karena si pendiri tidai bisa memberikan jaminan bahwa gerejanya bertahan, dan setiap manusia yang mencoba mendirikan gereja maka akan melahirkan pemberontak baru didalam gereja itu begitu seterusnya dan sejarah sudah membuktikannya/

Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah , sia-sialah usaha orang yang membangunnya (Mazmur 127:1)

Oleh karena itu kita harus berSyukur atas GEREJA yang dibangun TUHAN bukan oleh manusia
Baca disini Syukur atas GEREJA yang dibangun TUHAN bukan oleh manusia - Ajaran Kristen - ForumKristen.com