apakah menurut anda 'dosa' adalah suatu kedaulatan Tuhan yg sudah direncanakan??

Kita mengatakan Allah berdaulat dan sudah menetapkan apa yg telah terjadi… apakah menurut anda ‘dosa’ adalah suatu kedaulatan Tuhan yg sudah direncanakan??
:rolleye0014:

Kembali pada definisi Ketetapan dan Rancangan:

terus?sama pertanyaaanku d atas gmn bro?

numpang tanya: dosa itu apa? apakah termasuk salah satu ciptaan ketika Allah menciptakan dunia?

salam

Salam damai sejahtera.
Ijin untuk ikut belajar ya.

James 1:12-18
Happy are those who remain faithful under trials, because when they succeed in passing such a test, they will receive as their reward the life which God has promised to those who love him.
If we are tempted by such trials, we must not say, “This temptation comes from God.” For God cannot be tempted by evil, and he himself tempts no one.
But we are tempted when we are drawn away and trapped by our own evil desires.
Then our evil desires conceive and give birth to sin; and sin, when it is full-grown, gives birth to death.
Do not be deceived, my dear friends!
Every good gift and every perfect present comes from heaven; it comes down from God, the Creator of the heavenly lights, who does not change or cause darkness by turning.
By his own will he brought us into being through the word of truth, so that we should have first place among all his creatures.

Meminjam istilah Prof. Yopi : Tuhan merancang bukan menetapkan. Dan rancangan Tuhan adalah baik adanya.

GBU

Allah berdaulat menentukan dan menetapkan segala sesuatu yang menurut kehendak dan kerelaan Tuhan .

Dosa bukan di ciptakan oleh Tuhan, Allah Kudus, keadilan Tuhan tidak mengijinkan DOSA.

Pada mulanya Allah menciptakan manusia untuk memuliakan Tuhan dan bersekutu dengan Tuhan.

Manusia di beri kebebasan atau free will , dimana manusia mempunyai status dapat berdosa, dan dapat menolak dosa.

Manusia harus mempertanggung jawabkan kebebasannya , tuntutan moral, itulah tanggung jawab manusia di hadapan Penciptanya.

Dosa adalah ketidak taatan manusia pada penciptanya.
Manusia telah di peringatkan oleh Tuhan, sama seperti peringatan Tuhan pada kita sekarang, kalau engkau tidak taat, maka engkau mati.

Itu makanya, banyak sekali peringatan2 Allah, sehingga banyak orang mensalah artikan akan peringatan Tuhan, menganggap keselamatan dapat hilang.

Rencana Allah tidak pernah gagal, apa yang telah di tetapkan dan di rencanakan Allah di dalam kekekalan , pasti di genapi

Dosa adalah kegagalan manusia untuk taat pada Tuhan.
Dosa adalah kegagalan manusia mencapai standard Tuhan Ynag Maha Kudus.
Dosa adalah menusia meleset dari sasaran Tuhan.

Tuhan mengijinkan dosa terjadi, sehingga Kebenaran Allah dapat di nyatakan dengan benar.

Pada saat kejatuhan manusia, manusia baru menyadari kehidupan yang jauh dari Tuhan, sangat berbeda dengan kehidupan bersama Tuhan, seluruh hidup manusia harus bersandar kepada PENCIPTANYA.

Sepertinya penjelasan sis @Rita,udh cukup jelas.

Sama sekali tidak jelas, pada awalnya TUHAN memberikan freewill supaya ada kaum yang terpilih masuk neraka,

SADIS SEKALI ya? :smiley:

@de: kyakna pertanyaana salah ny…
de tw gak arti kedaulatan tu apa??
mnurut kamus indonesia kita ny tercinta…
kedaulatan tu kekuasaan tertinggi dari si pemimpin…
Kekuasaan Tuhan tu jauh lebih kuat diatas kuasa dosa…
buktinya dngan prwujudanNYA sbagai Yesus dah menebus dosa kita yg gak ternilai harganya >_<

klo mw tanya dosa berasal dari mana ya dari hati manusia itu sendiri…
sjak datuk adam kita tu memakan buah terlarang ~_~’’
tapi dengan adanya Yesus kita sudah diperdamaikan dan ditebus…
penebusan Yesus bukan berarti kita diijinkan berbuat dosa tapi kita menghancurkan dosa itu menjauhkannya dari hati kita…
panggilan Tuhan tuk tinggal dihatimu agar dosa tuh jauh darimu…
walaupun terkadang kita mengindahkannya sperti saat kita mw berbohong ati kita psti mrasa gak enak tpi kita ttap ja gak mw dengar…
tpi Tuhan ttap ada dihati amu karna Dya Bapa yg setia scpatnya lah kmbali pdaNYA Bapa kan slalu trima amu :slight_smile:
skali Dya ad dhati amu slamanya Dya kan da diatimu walaupun amu meninggalkanNYA karna He is The Best Father n who love us without reward… He just want us always happy…n the truth of happiness is inside Him…

pegang tanganNYA jgan pernah lepaskan >_<
klo lepas cepat2 pegang agi karna tanganNYA slalu dstu gak kmna2 brsedia mmgang tanganmu kmbali anakNYA yg dirindukan…

mkasih wat perhatianna…
Gbu all >_<

hmmmm :rolleye0014: :rolleye0014: setelah aq mikir jawabanku gini

Dosa adalah iblis yang merencanakan, karena pada mulanya iblis yang telah merusak tatanan Allah (Masih inget jatuhnya lucifer), dia pengen semua manusia menyembahnya sehingga dia mempengaruhi dengan berbagai cara untuk memisahkan hubungan kita dengan Tuhan. Hal ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan kedaulatan Allah bagi kita. Apa sih yang dimaksud kedaulatan?? Kedaulatan itu hampir sama dengan kekuasaan yang tidak bisa dipengaruhi oleh siapun juga. Jadi kalau Allah berdaulat itu Dia tidak perlu bertanya pada ahli teology, profesor, pendeta, nabi apalagi iblis untuk memutuskan sesuatu. Jadi KedaulatanNya tidak untuk sebuah dosa, karena memang Dia tidak merencanakan dosa tapi Dia merencanakan kekudusan. Kalau kita berbuat dosa itu karena kebodohan kita karena mau membuka celah bagi iblis walaupun Tuhan tahu sebelum terjadi kalau kita akan berbuat dosa, tapi Dia hanya mempengaruhi hati, pilihan tetap di pihak kita karena kita diciptakan bukan robot yang diremot tapi “free will” .
Kesimpulannya : tidak ada hubungannya sama sekali kedaulatan Tuhan dengan perencanaan dosa

saya setuju 100000 % dgn Yopi.

sebentar bilang freewill
sebentar bilang telah di rancang Tuhan

:monkeys55:

sip bro! Tuhan kok nyiptain hanya untuk dibinasakan, logika sederhana begini kok susah… :slight_smile: kalau sudah ditentukan, tak berati semua kehidupan ini.

TUhan memberi manusia menerima. artinya diperlukan kerjasama kita dalam keselamatan kita (yaitu menerima) dosa adalah berati manusia tidak mau lagi diajak kerjasama oleh Allah dalam karya keselamataNya unutk kita.

Tuhannya Para ROBOT
Mendestinasikan

ROBOT Kwalitas 1 : Didestinasikan masuk Surga
ROBOT Kwalitas 2 : Didestinasikan masuk Neraka

Tuhan Yesus yang saya kenal adalah penuh kasih dan bukan Tuhannya para ROBOT.

:ashamed0004:

Jer 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Tuhan tidak mungkin rancangkan dosa…krn Tuhan tahu …dosa itu buat maut
Ro 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Yup… kembali ke freewill dalam menanggapi Rancangan, dan Iman yang tunduk pada Ketetapan :slight_smile:

mnrt saia dosa itu segala hal yg tidak mendukung ketetapan TUHAN

dosa bukanlah rancangan namun pertanyaan yg lebih menyakitkan itu adalah

perbuatan yg membuat jd dosa itu apakah telah diketahui???

perbuatan yg membuat jd dosa itu apakah telah ditetapkan???

saia tergelitik “imajinasi” saia saat TUHAN YESUS berdoa begini sebelum disalibkan :

" sebagimana telah tertulis domba/umat MU yah BAPA yang telah Engkau berikan kepada KU tak
akan kubiarkan binasa kecuali dia yang telah ditentukan utk binasa" :mad0261:

ada yg bisa memberikan pandangan…sorri OOT tp klo ini bisa kita bahas/jawab kurasa

pertanyaan TS a.k.a bro liberty bisa terjawab

apakah dosa adalah kedaulatan TUHAN yg telah direncanakan???

Nb : soori bro liberti menggangu threadmu lagi yah he7 :smiley:

Salam damai Om MasterBlood.

Ini kan threadnya Sis Dee89 bukan Bro Liberty ???

:onion-head33:

Ini pendapat newbie yang baru belajar.

Bila seseorang percaya bahwa “Dosa” adalah suatu kedaulatan Tuhan yang sudah direncanakan berarti :

Tuhan Penuh Kasih…menjadi… “tuhan pilih kasih”

Kalau Tuhan Yesus yang saya kenal adalah Tuhan Yesus Yang Penuh Kasih.

GBU

:slight_smile:

@suvignon

oh yah berarti salah yah…mangap,

pdhl sebetulnya mau menyapa bro liberti aja biar damai getho wuakakak

tp pendpata kamu boleh jg bro…wlopun kurasakan da coocok/match dengan pertanyaan TS?? :char11:

dan ada juga ayat yg mengatakan…karena Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan…

@rayzz

klo ayat tersebut bisa saja dibantahkan oleh namanya rancangan ALLAH nah klo

perkataan YESUS sendiri sebagaimana yg dikatakan diatas, seperti

sebagaimana judul thread ini bahwasanya orang yg binasa tersebut telah ditentukan dari sejak

semula lalu logikan klo perbuatan si “pengkhianat” jg sudah ditentukan “harus” begitu.

Nah loh…berarti benar donk pertanyaan TS ini klo

dosa adalah suatu kedaulatan TUHAN yg sudah direncanakan??

makanya klo kita bisa mengulas dgn tuntas dan tentu saja yg Alkitabiah

makna/alasan yg mendekati prinsip kebenaran ke-iman-an KRISTUS ??

salam damai sejahter dalam KRISTUS.amin