Apakah mungkin sebenarnya perpecahan Protestan-Katolik krn sentimen antar ras ?

di Eropa kok kesannya seperti ada pemisahan agama berdasarkan ras deh.

di Eropa kan awalnya Katolik semua cuman trus entah kenapa setelah masa reformasi yg jadi Protestan (dilindungi konferensi Germania) dominan di negara2 ras berambut pirang (Jerman, Prancis, dlsb) & yg ras Latin (Spanyol, Italia, dlsb) masih menganut Katolik & pemerintahannya masih mendukung Gereja Katolik Roma. aneh kan

apakah ini berarti perpecahan Protestan-Katolik adlh krn sentimen antar ras berambut pirang dgn ras Latin ?

Itu disebabkan oleh jaman kegelapan pada waktu itu, di mana agama katolik mendominasi politik dan kekuasaan. Sehingga automatically orang yang punya paham lain akan terpisah pada teritorial yang berbeda :slight_smile:

GBU.

SELEKSI IMAN.

Zec 13:8 Dan terjadilah di seluruh negeri,” firman YAHWEH, “dua pertiga di antaranya akan diangkut, mereka akan binasa, tetapi sepertiganya akan ditinggalkan di dalamnya. Zec 13:9 Dan Aku akan membawa yang sepertiga itu ke dalam api, dan Aku akan memurnikan mereka seperti orang yang memurnikan perak, dan Aku akan menguji mereka seperti orang yang menguji emas. Mereka akan berseru kepada Nama-Ku dan Aku akan menjawab kepadanya. Aku akan mengatakan: Mereka adalah umat-Ku. Dan mereka akan menjawab: YAHWEH adalah Tuhan kami!”

1Co 11:19 Sebab, harus ada pula penyesatan-penyesatan di antara kamu, supaya orang-orang yang teruji dapat menjadi nyata di antara kamu.

Mat 18:6 “Namun, siapa yang membuat tersandung seorang dari mereka yang kecil yang percaya kepada-Ku ini, lebih baiklah baginya bahwa sebuah batu kilangan keledai digantungkan pada lehernya dan dia ditenggelamkan ke dasar laut.
Mat 18:7 Celaka bagi dunia karena sandungan-sandungan itu. Sebab, memang perlu sandungan-sandungan itu muncul, tetapi celakalah bagi orang yang olehnya sandungan itu muncul.

Mat 20:16 Demikianlah mereka yang terakhir akan menjadi yang pertama dan yang pertama, terakhir; karena banyaklah yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih.”

Pedang bermata dua.

Yang tidak mengerti FT akan disesatkan,

yang mengerti FT akan teruji dan tambah maju.

Setuju :afro:

masa gara2 ras…
gara-gara perbedaan prinsip saja…

Bukan ras, sekali-kali bukan, anda harus mengikuti sejarah secara terbuka, dan jangan dilihat cuma dari satu sudut.
Pertama-tama kita harus melihat sebab perpecahan antara katolik dan protestant, yaitu bentrok antara paus Leo X dan pastor Martin Luther.

Siapa paus Leo X ?
Dia bukan paus yang benar-benar dipilih seperti paus sekarang, umur 38 sedah menjadi paus, dia dari keluarga Medici, yang sangat berpengaruh pada saat itu, maka setelah dia mati, tidak lama saudara sepupu nya juga menjadi paus.
Dia kaya mewah, punya isteri, anak.

Siapa pastor Martin Luther ?
Seorang pastor katolik dari ordo agustinus, tidak kawin, hidupnya sederhana,tidak punya apa-apa, rajin berdoa, mengaku dosa, Dr Theologi, Prof,Bible, sangat dihormati oleh umatnya di Jerman.

Penyebab bentrokan.
Waktu itu jaman Rainassance di Europa, jaman sepertinya saling berlomba dalam bidang architek bangunan, seni lukis, literatur,mesin cetak, music. pembuatan kapal untuk mencari daerah baru, dsb.
Rupanya paus sangat berambisi ingin membangun St. Peter, semua itu tentunya uang yang memegang peranan, lalu dia mengeluarkan surat indulgensi, untuk dijual.
Martin Luther menolak menjualkan surat ini, dia tidak mau menipu umatnya.
Semula dia menulis surat kepada atasannya, dengan cara yang baik tentunya, akan tetapi rupanya dia semakin ditekan dan diancam oleh paus, yang pada waktu itu umur mereka hampir sama.
Martin sebagai seorang yang sangat pandai dan dihormati oleh umatnya, merasa tersinggung, sebab maksud baiknya demi gereja katolik, dia malah ditindas, maka dia memasang 95 theses didepan pintu gerbang gereja di Wittenburg.
Bentrokan berlanjut, saling balas membalas, dan Martin Luther bertindak semakin berani sebab rupanya dengan 95 theses tsb, dengan cepat dia mendapat dukungan di Jerman dan sekitarnya.
Perlu diketahui disini, bahwa 95 Theses Martin itu, banyak ditujukan kepada Paus Leo X dan masalah surat indulgensi, dimana Theses no. 85 , dia mengatakan mengapa untk membangun St. Peter, paus tidak mau pakai uangnya sendiri yang sangat kaya, mengapa harus pakai uang umat yang miskin.
Martin tetap setia kepada gereja katolik, dia sangat menghormati Maria, dsb.,maka dari itu Martin tidak penah keluar dari katolik, akan tetapi setelah sidang di Worms, dia dikeluarkan dari gereja katolik.

Hasil sidang di Worms, Martin harus ditangkap dan dihukum dan dia bersembunyi di castle of Wartburg.
Sekarang hanya ada 2 pilihan bagi Martin,

  1. Dia menyerahkan diri, dimana tidak mustahil dia pasti dihukum berat.
  2. Dia lawan paus mati-matian, dengan semua cara pokoknya harus menang.

Cara yang kedua ini yang dipilih oleh Martin.
Martin sekarang berusaha dengan segala cara mencari dukungan, bukan melawan paus pribadi lagi akan tetapi melawan gereja katolik.
Beberapa usaha yang dia lakukan, diantaranya ialah:

  1. Martin adalah seorang jerman, dia tahu benar perasaan orang jerman terhadap orang yahudi, orang jerman tidak suka sama orang Yahudi, sebab banyak hal mereka terkalahkan.
    Maka Martin menulis Buku yang berjudul: " The Jew and their Lies"
    Isinya: menganjurkan bagi siapa yang nanti memerintah di Jerman, agar orang Yahudi di bantai, dan harta bendanya dirampas, dsb.
    Maksudnya: Mengambil simpatik bangsa jerman.
    Hasilnya: Anjuran Martin ini, ternyata dilaksanakan oleh Hitler, sehingga sebanyak 6 juta orang yahudi mati dalam peristiwa Hollocaust.

  2. Martin menulis Buku yang berjudul: " The Babylonian Captivity of the Church"
    Isinya: Kursinya paus adalah kursinya antichrist.
    Maksudnya: Agar umat katolik meninggalkan gereja katolik dan masuk gereja Martin Luther.
    Hasilnya;Umat protestant benci sama katolik, sehingga pada abad ke 16 dan 17, terjadi perang diantara mereka, dan sampai sekarang masih ada orang-orang protestant yang tanpa alasan sentimen sama paus dan benci sama katolik.

Ya tidak lah bro. Kan dimulai dari Martih Luther tidak setuju dengan penjualan surat pengampunan dosa.

Bentrokan antara Paus Leo X dan Pastor Martin Luther, sudah digambarkan oleh Yesus, pada waktu Yesus mengalami pencobaan di padang gurun.

Yesus dibawa ke kota suci, diatas bubungan bait Allah.
Bubungan bait Allah, artinya bukan umat biasa akan tetapi pimpinan gereja, yaitu paus, uskup atau pastor.
Dalam hal ini, bentrokan yang terjadi ialah antara paus Leo X dan pastor Martin Luther.

Yesus diperlihatkan harta kekayaan dunia.
Hal ini adalah masalah uang, karena uang paus melakukan penjualan surat indulgensi.

Yesus ditantang oleh iblis, disuruh menjatuhkan diri
Hal ini adalah masalah, harga diri,
Martin seorang yang pandai, harga dirinya tersinggung, dan dia mulai bereaksi atas aksi yang yang dilakukan oleh paus itu.

Yesus disuruh merobah batu menjadi roti, supaya nanti kalau tidak sadar roti tsb, lalu dimakan.
Yesus sangat lapar, berarti saat itu Yesus sedang menderita.
Martin Luther takut menderita, takut dihukum, untuk menghindar dari penderitaannya Martin dengan segala cara dihalalkan.

Intinya ialah: Manusia tidak akan tahan kalau mengalami 3 godaan.

  1. Masalah Uang. Ingat anak muda yang kaya, dia lebih berat kekayaannya daripada ikut Yesus.
  2. Masalah Harga diri, karena harga diri maka manusia berani mempertaruhkan nyawanya.
  3. Masalah Menderita, kalau perlu kedukun menyembah setan, asal cancernya bisa sembuh.

dapet ajaran SESAT dari mana itu bro :mad0261:

masa sih Yesus yg adalah Allah, ketika berpuasa 40 hari dan dicobai iblis “untuk” menggambarkan hal semacam gitu bro :coolsmiley: :happy0062:

Mbah itu memang suka mengarang bro, Paus X kok ga dibahas lg abis jual surat indulgensia? Jadi bahas Martin Luther, sakit hati si mbah sama tokoh protestan ini ga kelar-kelar?

Salam… :afro:

Pertama-tama saya katakan, jangan gampang-gampang menuduh ajaran sesat, itu tidak baik.

Anda tahu Yesus itu adalah Tuhan,
dan setanpun tahu bahwa Yesus itu adalah anak Allah, jadi mencobai Yesus tentu saja tidak ada gunanya.
Kalau tidak ada gunanya, lalu maksud apa Yesus dicobai oleh iblis di padang gurun ? (Mat.4:1-11.)

Coba anda jawab, pelajaran apa yang Yesus ingin berikan kepada kita ?

Anda tahu, setiap kejadian mengenai Yesus, Tuhan mempunyai maksud untuk mengajar kepada kita.
Misalnya: Yesus tertidur diburitan kapal, ketika badai mengancam, dsb.

Jangan cuma bisa menuduh dengan tuduhan yang tidak bersahabat.

Anda ingin dilanjutkan mengenai paus Leo X,
Setelah keputusan sidang di Worms tgl. 25 Mai 1521, Martin disembunyikan oleh Frederick III di Castle of Wartburg.
Kemudian pada Desember 1521 paus Leo X, mati, mungkin kuwalat sama Martin, saya tidak tahu.

Saya sama sekali tidak ada sakit hati sama Martin Luther,
Sekalipun Martin Luther didalam bukunya “The Babylonian Captivity Of the Church”, telah memfitnah bahwa kursinya paus itu adalah kursinya antichrist.
Sekalipun Martin Luther yang memberi ide dan gagasan kepada Hitler, untuk membantai orang Yahudi dan merampas harta bendanya, dimana oleh Hitler telah dilaksanakan sehingga 6 juta manusia yang tidak bersalah telah menjadi korban.

Anggota nazi SS, dikejar-kejar diseluruh penjuru dunia, ditangkap dan diadili.
Sedangkan pencetus ide, tetap dihormati diseluruh penjuru dunia, termasuk anda ikut mengagung-agungkannya.
Saya tidak mengarang, saya tidak memfitnah, semua dapat dibuktikan, dan anda bisa baca sendiri buku-buku Martin Luther kalau anda kurang percaya.

Saya tanya kepada anda, mohon dijawab ?
Mana yang lebih kejam,
Orang yang memberikan gagasan dan yang menghasut,
atau
Orang yang melaksanakan ide itu.

Kok mungkin? Berarti yang kualat cuma Martin Luther? Jadi Paus anda salah tidak? Kalau Paus salah berarti ajaran indulgensianya menurut anda Alkitabiah? Kalau salah ya kenapa anda bela?

Betul, sampai-sampai anda buat thread khusus tentang Martin Luther, hanya untuk menyaingi bro jackson yang juga sering buat thread mengenai katholik. Jadi harusnya anda sama bro jackson dapat penghargaan.

Demi Tuhan deh, justru saya menghormati Paus, tokoh-tokoh agama yang lain, kalau mengagung-agungkan itu berlebihan, itu pendapat anda, mungkin di Katholik biasa mengagung-agungkan Paus dan santo, tetapi saya tidak. Saya ini tidak pernah merasa Martin Luther itu agung atau kudus, lah saya orang Baptis, sebelum reformasi Gereja umat Baptis sudah bergumul dengan Roma Katholik.

Betul, sama seperti bro jackson yang sering membawa topik tentang Katholik, Paus, masih hangat semua kok.

Tetap orang yang melaksanakan ide itu, jadi kalau anda katakan Martin Luther kejam, ya kejam terhadap siapa? Umat Katholik? Ya saya mohon maaf deh kalau memang Martin Luther kejam terhadap Katholik, tetapi harusnya masalah Martin Luther itu mati bersama dengan orangnya, Paus sudah mati, dia juga sudah mati, terus kenapa anda dan member Protestan masih saling bahas masa lalu?

Salam… :slight_smile:

Paus yang tidak pernah salah itu sudah menyesal dan “bertobat” dari kesalahannya :slight_smile:

GBU

Dasar Gereja dipindah dari Yesus ke Petrus.
Kemudian Petrus dibajak menjadi milik untuk kepentingan segelintir orang.

Sehingga terjadilah penyesatan seperti yang mas maksudkan :slight_smile:

Untunglah kemudian ada orang yang menolak disesatkan dan mengembalikan dasar gereja pada Yesus Kristus, yang tadinya dibajak dan dikuasai oleh satu orang untuk kepentingan politik.

GBU

Kalau demikian katolik roma juga manusia yang mendirikan buktinya pecah jadi Protestan juga.

17:16 Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya."
17:17 Maka kata Yesus: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!”

mengapa Yesus menyebut murid2Nya SESAT?

apakah anda mau mengatakan pada-Nya :
Pertama-tama saya katakan, jangan gampang-gampang menuduh murid-muridMu sesat, itu tidak baik.

Anda tahu Yesus itu adalah Tuhan, dan setanpun tahu bahwa Yesus itu adalah anak Allah, jadi mencobai Yesus tentu saja tidak ada gunanya. [b]Kalau tidak ada gunanya, [/b]lalu maksud apa Yesus dicobai oleh iblis di padang gurun ? (Mat.4:1-11.)
yg anda tidak tahu (mungkin anda tahu) bahwa saat itu ke-ILAHI-an Yesus tidak EKSIS sepenuhnya.

namanya juga IBLIS bro, ;D
saat itu kan dia (iblis) lagi dapet peluang PAS sama MOMENTnya biar dia bisa “menundukkan” Anak Allah,
si uler minyak itu kan PENGEN di sembah sama seperti Allah, makanya dia berontak melawan Allah,
nah PAS tuh Anak Allah sang PEWARIS TAHTA lagi dibumi nyaru jadi manusia, kesempatan itu gak di sia2kan sama itu uler, dikiranya bisa nenundukkan Anak Manusia
ehhhh malah di USIR ( ;D becanda bro )

puasa Yesus itu tujuannya menggenapi seluruh rencana Allah (termasuk pencobaan)
ini sy masukan dalam kategori PALING SULIT DIPAHAMI di bawah ini :

Coba anda jawab, pelajaran apa yang Yesus ingin berikan kepada kita ?
yang MUDAH DIPAHAMI aja ya bro, nih : Yesus saja dicobai, apalagi kita2 ;D

mau yg SULIT DIPAHAMI bro :coolsmiley: nih :
I Korintus 10:9 Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular.

mau yg PALING SULIT DIPAHAMI :wink: nih :
Ibrani 3:7. Sebab itu, seperti yang dikatakan ROH KUDUS: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
3:8 janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,
3:9 di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya.

gimana, masih mau yg lain ?

Anda tahu, setiap kejadian mengenai Yesus, Tuhan mempunyai maksud untuk mengajar kepada kita. Misalnya: Yesus tertidur diburitan kapal, ketika badai mengancam, dsb.
YUP, :afro: dan hal2 tsb sering dipakai untuk khotbah2 di gereja
Jangan cuma bisa menuduh dengan tuduhan yang tidak bersahabat.
maap, sy tidak menuduh, sy jelas2 MENYATAKAN sy SENSITIF terhadap pengajaran yg tidak ALKITABIYAH

seperti cara anda menghubungkan pencobaan YESUS dengan “keributan” Paus vs Luther