Apakah mungkin sebenarnya perpecahan Protestan-Katolik krn sentimen antar ras ?

Sumber perpecahan gereja … yah manusia.

Sudah ribuan tahun tetep aja gak ada yang mau ngalah.

Sama-sama anggota tubuh Yesus kok begini. :slight_smile:

Karena ada setannya sejak manusia pertama kali jatuh dalam dosa.

Quote from: mbah.Sam on Yesterday at 01:39:34 PM

Anda ingin dilanjutkan mengenai paus Leo X,
Setelah keputusan sidang di Worms tgl. 25 Mai 1521, Martin disembunyikan oleh Frederick III di Castle of Wartburg. 

Kemudian pada Desember 1521 paus Leo X, mati, mungkin kuwalat sama Martin, saya tidak tahu.

Saya menjadi ragu-ragu, anda ini mengerti tidak dengan bahasa yang kita pakai,
Kalau mengerti, mengapa jawabannya menyimpang jauh.

Saya katakan: Kematian paus itu; Mungkin kuwalat sama Martin,
Anda simpulkan: Berarti yang kualat cuma Martin Luther.

Adakah perkataan saya yang membela paus,
Saya katakan paus hidupnya mewah, beranak, isteri.
Sebaliknya, Martin Luther seorang yang sederhana, rajin berdoa, mengaku dosa,tidak kawin, di suka sama umatnya,
Dia disuruh menjualkan surat indulgensi, dia tidak mau sebab berarti dia menipu umatnya.

Saya sama sekali tidak ada mempersoalkan ucapan anda dibawah ini;
Jadi Paus anda salah tidak?
Kalau Paus salah berarti ajaran indulgensianya menurut anda Alkitabiah?
Kalau salah ya kenapa anda bela?

Rupanya yang tertulis diatas hanya mengikuti perasaan sentimen anda, tidak terpikirkan lagi, sehingga jawabannya lebih mengarah kepelampiasan unek-unek belaka.

@Mbah Sam, sudah baca reply sy di halaman 2 :coolsmiley:

Kalau Yesus menyebut orang sesat, sebab Yesus adalah Tuhan, Dia tahu benar mana yang sesat, mana yang bukan.
Kalau anda menyebut sesat, apakah anda mau menyamakan diri anda sejajar Yesus !

Anda belajar dari mana bahwa ke-ILAHI-an Yesus pernah tidak EKSIS ?
Kalau ke-ILAHIAN-an Yesus pernah tidak EKSIS, berarti Yesus bisa melakukan dosa !
Padahal Yesus adalah satu-satunya manusia yang tidak pernah berdosa.

Jadi kesimpulan anda adalah SALAH.

Iblis ketemu Yesus saja, takut dan gemetar,
Lihat iblis yang diusir oleh Yesus dan masuk kedalam babi-babi, lalu masuk jurang.

Ya betul tujuannya menggenapi seluruh rencana Allah, untuk memberi pelajaran kepada umatNya.
Cara Yesus menjelaskan kepada kita, ada 3 macam:

  1. Dikatakan langsung dengan kata-kata yang jelas dan tegas, kadang-kadang di-ulang-ulang dan diberi pembuka kata “Sesungguhnya”.
  2. Berupa perumpamaan.
  3. Berupa kejadian pada diri Yesus sendiri.

Kejadian besar yaitu perpecahan gereja yang terjadi pada abad ke 16, antara Paus vs Luther, tentu Tuhan Yesus sudah tahu akan terjadi.
Kalau Yesus sudah tahu sebelumnya, tentu di Alkitab sudah dibayangkan, sepertinya sudah di beri aba-aba, supaya umatnya siap-siap menghadapinya.

Coba tunjukkan di Alkitab, ayat mana yang akan menunjukkan kejadian perpecahan umatnya itu ?

Sama2 merasa memiliki Will yg paling benar.

Salam

Benar tidak benar, dapat diuji dengan ayat FT yang menafsirkan ayat FT dengan pengertian ayat2 yang sejajar yang membetuk pengertian yang solid: BENAR.

Minimal dua atau tiga ayat.

1Co 2:13 Dan apa yang kami bicarakan, bukanlah berdasarkan perkataan yang diajarkan oleh hikmat manusia, tetapi berdasarkan apa yang diajarkan oleh Roh Kudus ketika membandingkan hal-hal yang rohani dengan hal-hal yang rohani.

Setan cuma pembisik penggoda

Kenyataan nya manusia lah yang bertanggung jawab.

Jangan salahkan semua pada setan :slight_smile:

Kenyataan nya manusia lebih menakutkan daripada setan :slight_smile:

yap setuju…

Jadi, kira-kira umat Katolik dan Kristen Protestan bisa akur ga?
sedih lihatnya… kayak ngelihat perang saudara…

Anda berkata begitu, karena setan tidak kelihatan pada anda.

Yang kelihatan adalah hasil karyanya yang tampak pada manusia yang anda lihat sangat menakutkan.

Itu baru hasil karyanya setan,

bagaimana kalau setan menampakkan dirinya?

Apakah anda yakin…, manusia lebih menakutkan daripada setan?

Manusia jahat, didor mati. Kalau setan?

gak ada mati-matinya…,

Ga tau deh. wong hampir semua orang percaya ngaku di tuntun Roh Kudus.

Nampak luarnya perang saudara, tetapi di dalamnya permainan setan.

Eph 6:11 Pakailah selengkap senjata Tuhan, yang dengannya kamu dapat berdiri teguh melawan rencana licik si iblis.
Eph 6:12 Sebab, pertarungan itu bagi kita bukanlah melawan darah dan daging, melainkan melawan penguasa-penguasa, melawan otoritas-otoritas, melawan penghulu dunia kegelapan zaman ini, melawan roh-roh jahat di alam semesta.

Setan hanya dapat dilawan dengan FT.

Jas 4:5 Apakah kamu berpikir bahwa kitab suci dengan tanpa maksud mengatakan, “Dengan kecemburuan Dia merindukan Roh yang telah berdiam di dalam kita.”
Jas 4:6 Namun Dia memberi anugerah yang lebih besar, karena itu Dia berfirman: “Tuhan menentang orang-orang yang takabur, tetapi Dia memberikan anugerah kepada orang-orang yang rendah hati.”
Jas 4:7 Oleh karena itu, tundukkanlah dirimu kepada Tuhan, lawanlah si iblis, maka dia akan melarikan diri dari padamu.

roh kudus memimpin kepada FT, di mana minimal dua atau tiga ayat FT membentuk pengertian solid/sejajar maka disebut: BENAR.

Di luar itu, kalau-kalau bukan roh kudus lagi yang pimpin. Tetapi roh kudis.

Joh 16:13 Namun bilamana Roh Kebenaran itu telah datang, [b]Dia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, [/b]karena [b]Dia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri, [/b]melainkan apa saja yang telah Dia dengarkan, Dia akan mengatakannya; Dia juga akan memberitakan kepadamu hal-hal yang sedang datang.

Joh 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran-Mu; firman-Mu adalah kebenaran.

1Co 2:12 Dan kita tidak menerima roh dunia, tetapi Roh dari Tuhan, supaya kita dapat mengetahui hal-hal yang telah dikaruniakan oleh Tuhan kepada kita.
1Co 2:13 Dan apa yang kami bicarakan, bukanlah berdasarkan perkataan yang diajarkan oleh hikmat manusia, tetapi berdasarkan apa yang diajarkan oleh Roh Kudus ketika membandingkan hal-hal yang rohani dengan hal-hal yang rohani.
1Co 2:14 Namun manusia jiwani tidak menerima hal-hal mengenai Roh Tuhan, karena hal itu adalah kebodohan bagi dia, dan dia tidak mampu untuk mengetahuinya, sebab hal itu teruji secara rohani.
1Co 2:15 Dan yang rohani memang menguji segala sesuatu, tetapi dia sendiri tidak diuji oleh siapa pun.
1Co 2:16 Sebab siapakah yang mengetahui pikiran YAHWEH? Siapakah yang akan memberi petunjuk kepada-Nya? Namun kami memiliki pikiran Kristus.

Anda katakan mungkin untuk paus, tetapi untuk martin luther anda tidak katakan demikian, anda malah kasih pertanyaan ke saya mana yang lebih kejam, pencetus ide (martin luther) atau pelaksana ide (hitler), giliran paus anda katakan mungkin.

Perkataan anda itu tidak menjelekkan Paus, tidak juga menjelekkan martin, jadi anda “ngambang”.

Anda tetap tidak berani jawab kan? Anda katakan anda tidak membela Paus, tetapi saya tanya tentang ajaran beliau yang tidak Alkitabiah anda tidak gubris. Apakah indulgensia yang beliau ajarkan dan ditentang oleh Martin itu salah?

Anda tidak pernah jawab sampai sekarang bro, jadi stop sakit hati sama Martin, saya aja ga pernah sakit hati sama Paus, mana pernah saya melakukan itu.

Salam… :slight_smile:

tergantung orang nya sih , saya sama teman katolik saya akur - akur aja. Malah jadi sahabat.

Bila saya dapat melihat setan, artinya Tuhan yang mengijinkan saya melihat setan.

Dan saya juga percaya bahwa kita sebagai anak Allah diberikan kuasa untuk mengusir setan.

Sekarang saya mau tanya ke anda, apakah semua perbuatan dosa manusia disebabkan oleh bisikan setan ?

Rom 3:23 sebab semua orang telah berdosa dan kekurangan kemuliaan Tuhan.

3Jn 1:11 Hai yang terkasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Siapa yang melakukan kebaikan, dia berasal dari Tuhan, tetapi siapa yang melakukan kejahatan, dia tidak melihat Tuhan.

Mat 15:19 Sebab, dari hati timbul pikiran-pikiran yang jahat: pembunuhan, perzinaan, percabulan, pencurian, kesaksian palsu, penghujatan.

1Jn 5:17 Semua ketidakadilan adalah dosa, tetapi ada dosa tidak sampai pada kematian.
1Jn 5:18 Kita mengetahui bahwa setiap orang yang dilahirkan dari Tuhan, ia tidak berbuat dosa, sebaliknya siapa yang lahir dari Tuhan, ia menjaga dirinya sendiri dan si jahat tidak menjamahnya.
1Jn 5:19 Kita mengetahui bahwa kita berasal dari Tuhan dan seluruh dunia terletak pada si jahat.
1Jn 5:20 Dan kita mengetahui bahwa Putra Tuhan sedang datang. Dan Dia telah mengaruniakan kepada kita akal budi, supaya kita dapat mengenal yang benar dan berada di dalam yang benar, di dalam Putra-Nya, YESUS Kristus. Dia adalah Tuhan yang benar dan hidup yang kekal.
1Jn 5:21 Hai anak-anak, jagalah dirimu sendiri dari berhala-berhala! Amin.

Gen 4:6 Dan YAHWEH berfirman kepada Kain, “Mengapa engkau marah, dan mengapa mukamu menunduk?
Gen 4:7 Jika engkau berbuat baik, tidakkah akan menengadah? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, di depan pintu ada dosa dan keinginannya yang mengintai terhadap kamu, tetapi engkau harus berkuasa atasnya!”

1Co 15:56 Dan, sengat maut adalah dosa dan kuasa atas dosa adalah torat.

Heb 2:14 Selanjutnya, karena anak-anak kecil itu telah memiliki persekutuan daging dan darah, maka Dia sendiri dengan cara yang sama telah ambil bagian dalam hal yang sama, sehingga melalui kematian, Dia dapat memusnahkan dia yang memiliki kuasa atas maut, yaitu si iblis;

Sekarang saya mau tanya ke anda, apakah semua perbuatan dosa manusia disebabkan oleh bisikan setan ?

jadi jawaban nya?

dimana cara berpikir dewasa dan CERDAS yg selama ini sy temukan dari post anda?
kalimat anda ini tidak cocok dalam diskusi

sama saja dengan ini :
tanya : kenapa Yesus bisa menyembuhkan orang sakit?
jawab : karena Yesus adalah Tuhan

kalau seperti itu cara menjawabnya anak sy juga tahu mbah bro, yg lebih CERDAS bisa gak Mbah?

Kalau anda menyebut sesat, apakah anda mau menyamakan diri anda sejajar Yesus !
knp anda berpikir hal itu ada dalam otak sy? :coolsmiley: memangnya ada orang mau menyamakan diri dengan Tuhan ? :coolsmiley: sampe jadi Mbah gitu mosok kagak tahu si Mbah kalo yg mau menyamakan diri dengan Tuhan itu cuma Iblis bro, sy mah domba mbah bro, :wink:

sy menyebut sesat karena sama sekali tidak Alkitabiyah, lebih ke duniawian dan kalo hal2 yg bersifat duniawi itu asalnya dari iblis, dan semua pengajaran dari iblis itu adalah SESAT

(catatan : hal2 duniawi yg sy maksud adalah tentang kekristenan)

Matius 18:7. Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya

Anda belajar dari mana bahwa ke-ILAHI-an Yesus [u][b]pernah tidak EKSIS[/b][/u] ? Kalau ke-ILAHIAN-an Yesus[u][b] pernah tidak EKSIS,[/b][/u] berarti Yesus bisa melakukan dosa ! Padahal Yesus adalah satu-satunya manusia yang tidak pernah berdosa.
disini kesalahan anda yg paling dasar rupanya Mbah bro, kalo KEILAHIAN Yesus itu EKSIS sepenuhnya dari lahir, maka si Ular itu bakal PROTES2 sama yg MAHA ADIL, dan YESUS tidak layak untuk menjadi syarat penebusan dosa,

dari kecil ke-ILAHIAN-Nya belum EKSIS, nanti setelah di baptis baru ROH KUDUS turun dan ke-ILAHIAN-Nya EKSIS sebagian untuk dipakai dalam pelayananNya dengan mujizat2, pengajaran dll

nih :
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

ke-ILAHIAN-NYA yg terakhir dipakai ketika menyambung telinga perwira Romawi yg hendak menangkap Dia
setelah itu YESUS menjadi manusia biasa lagi, kalo ke-ILAHIAN Yesus dalam posisi “active” saat disiksa sampe disalib maka si ULER itu bakal PROTES lagi sama yg MAHA ADIL itu gini :
"kok Tuhan yg disiksa, mana mungkin Tuhan merasakan sakit, mana mungkin Tuhan bisa mati, dll "
karena hanya sebagai manusia biasa yg tidak EKSIS ke-ILAHIAN-NYA makanya YESUS bisa merasakan sakit saat disiksa,

mosok sampe hal ini kudu saya ajarin Mbah bro, :coolsmiley: mau ngetes ya Mbah ?

Yesus tidak berdosa karena DIa dilahirkan dari BENIH ROH KUDUS, yg di"tanam" dalam rahim perawan MARIA, dan bukan lewat Sperma+Ovum=ZIGOTE,
sehingga dosa asal yg upahnya MAUT itu kagak ada dalam INSAN KUDUS itu, dan sifat2 kedagingan TIDAK ADA dalam diriNya

masih kurang jelas? :coolsmiley:

Jadi kesimpulan anda adalah SALAH.
SALAH dimananya Mbah bro?
Iblis ketemu Yesus saja, takut dan gemetar, Lihat iblis yang diusir oleh Yesus dan masuk kedalam babi-babi, lalu masuk jurang.
itu karena ke-ILAHIAN-NYA sudah EKSIS bro (tidak seluruhnya) baca diatas tuh :afro:

bersambung …

Ya betul tujuannya menggenapi seluruh rencana Allah,
:afro: YUP
untuk memberi pelajaran kepada umatNya. Cara Yesus menjelaskan kepada kita, ada 3 macam: 1. Dikatakan langsung dengan kata-kata yang jelas dan tegas, kadang-kadang di-ulang-ulang dan diberi pembuka kata "Sesungguhnya". 2. Berupa perumpamaan.
jangan dulu masuk situ bro, kita kan masih membahas puasa 40 hari dan pencobaan
3. Berupa kejadian pada diri Yesus sendiri.
kejadian yg mana dulu nih, kalo peristiwa puasa dan pencobaan itu penggenapan kitab para nabi, dimana bang Israel "terputar2" dipadang gurun selama 40 Tahun, mencobai Tuhan dengan cara mengujiNya, dan akhirnya TUHAN membuktikan pada bangsa itu bahwa DIA TUHAN yg benar dan tidak bisa di cobai, sama dengan peristiwa YESUS puasa dan di cobai, kan sudah sy berikan ayatnya bro :coolsmiley:
Kejadian besar yaitu perpecahan gereja yang terjadi pada abad ke 16, antara Paus vs Luther, tentu Tuhan Yesus sudah tahu akan terjadi. Kalau Yesus sudah tahu sebelumnya, tentu di Alkitab sudah dibayangkan, sepertinya sudah di beri aba-aba, supaya umatnya siap-siap menghadapinya.

Coba tunjukkan di Alkitab, ayat mana yang akan menunjukkan kejadian perpecahan umatnya itu ?


banyak bro,

nih 1
Roma 16:17. Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka!
16:18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.

tuh bro 1 contohnya,
maap ya nih bro kalo penjelasan sy dibawah jadi terkesan membela Luther

Luther menghindari mereka itu (ke-PAUS-an) karena mereka tidak melayani KRISTUS, tapi melayani perut mereka (membangun bangunan megah) dengan kata2 muluk dan bahasa manis yg menipu orang tulus hati seperti Luther dan jemaat
kan sudah anda ceritakan tentang PAUS vs LUTHER

gimana Mbah bro :happy0025: