Apakah orang gila bisa masuk surga ?

bro n Sis, jika ada seorang yang keburu gila sebelum mengenal Tuhan Yesus apakah bisa masuk surga?? :rolleye0014:

gmn menurut bro n sis… :undecided:

hak Tuhan untuk menentukan apakah orang gila masuk surga atau tidak.siapakah kita yg waras sehingga berhak menghakimi apakah orang gila masuk surga atau tidak,toh kita yg waras pun juga jauh dari sempurna(bisa jatuh dalam dosa).

Yup!

Terkadang saya berfikir mungkin orang-orang yang kita anggap jahat, tidak rohani dan sebagainya, mungkin juga mereka mendapat kasih karunia TUHAN, siapa yang tahu? Tetapi saya tidak berkeberatan jika mereka juga diselamatkan, bahkan jika seluruh manusia diselamatkan tanpa harus menjadi pemeluk agama Kristen. Termasuk juga orang-orang yang pernah berbuat jahat dan menyakiti hati saya.

Kita hanya hamba, yang melakukan apa yang harus kita lakukan, lainnya itu urusan Tuan kita dan bukan bagian kita menghakimi mereka. Saat ini perintahNya kepada kita hamba-hambaNya, adalah beritakan Kabar Baik, dan menjadikan mereka murid Kristus. Jika mereka menerima pemberitaan kita, mereka diselamatkan, jika tidak, itu urusan Tuan kita.

Yg jelas mereka2 yg GILA harta, tahta dan wanita, sepertinya bakal sulit masuk ke sorga.

banyak orang yg merasa waras tapi kebejatannya bisa mengalahkan orang yg gila beneran secara telak.

Orang yg luarnya baik, terkadang juga sakit jiwa alias gila. Bisa dikenali dari tulisannya yg suka berubah2 secara dramatis.
.
Tetapi gila tetaplah gila . . . Kasihan sekali.

iya kalau jawaban seperti itu saya juga tau bro…cuma sempat ada teman saya yang kakaknya dari stess berat akhirnya gak ketolong & jadi GILA bro… menanyakan bagaimana kalau orang gila nasib kerohaniannya? hehe… :smiley:

salam…

kalau ditanya kaynya jangan dijawab.karena kita bukan Tuhan,kita tidak tahu secara persis apa pikiran Tuhan. kalau urusan masuk surga atau tidak,tidak tahu.

BRo N’ Sis…sekarang aku sudah tau jawabannya…hehe :happy0062:

Jawabannya Yaitu:" tergantung orang tersebut sebelum menjadi GILA & penyebab terjadinya KEGILAAN orang tersebut…
*Jika orang tersebut sebelum GILA sudah hidup benar di dalam TUHAN YESUS, dan penyebab ke GILAannya itu adalah akibat suatu perubahan jaringan syaraf otak karena misalkan suatu penyakit (bukan karena tekanan stess/depresi hidup),dia pasti masuk surga, sebab saya yakin orang yg hidupnya berkenan pada Tuhan,tidak mungkin dirinya bisa stress karena tekanan hidup…
*atau Jika orang Gila/cacat otaknya sudah sejak lahir…,dia pasti masuk surga.(sebab bukan kehendaknya sendiri)
*Jika orang GILA tersebut sebelumnya sudah Kristen,tapi hidupnya serakah sehinggga terlibat hutang atau apa yg menyebabkan stress berat hingga menjadi gila, sudah pasti dia masuk neraka…hehehhe…

Jadi harus di lihat dahulu cerita latar belakang hidupnya dan penyebab kegilaannya…

gmn menurut bro N" Sis… :slight_smile:

kita yg waraspun juga kerap berbuat dosa(meskipun kita sadar 100% klo perbuatan tsb salah).berbeda dgn orang gila yg terkadang tidak sadar dgn apa yg dia lakukan.saya sih ga berani bikin2 teori ttg apa yg menjamin orang masuk surga,dalam Firman Tuhan aja dibilang klo kita diselamatkan bukan krn hasil usaha kita tp krn kasih karunia Allah.

Kalau secara hukum manusia dan pidana, maka orang gila tidak bisa dituntut mempertanggung jawabkan perbuatannya secara hukum pidana.

Pasal 44 ayat (1) KUHP:

“Tiada dapat dipidana barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya, sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal.”

Pasal 44 ayat (2) KUHP berbunyi:

“Jika nyata perbuatan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal, maka dapatlah hakim memerintahkan memasukkan dia ke rumah sakit jiwa selama-lamanya satu tahun untuk diperiksa.”

otaknya gila tapi hatinya gk gila kan ??

betul mas, Segala Perbuatannya sebelum menjadi GILA itulah yg hanya dapat di perhitungan, kalau setelah GILA maka segala perbuatannya menjadi cacad Hukum…hehehe… :smiley:

harus ditelusuri penyebab gilanya

CAKEP Bro jawabannya ! :afro: ;D
Cuma nambahin biar lengkap
Ulangan 28:
28 TUHAN akan menghajar engkau dengan kegilaan, kebutaan dan kehilangan akal, 29 sehingga engkau meraba-raba pada waktu tengah hari, seperti seorang buta meraba-raba di dalam gelap; perjalananmu tidak akan beruntung, tetapi engkau selalu diperas dan dirampasi, dengan tidak ada seorang yang datang menolong.
37 Engkau akan menjadi kedahsyatan, kiasan dan sindiran di antara segala bangsa, ke mana TUHAN akan menyingkirkan engkau.
Nah untuk kasus diatas karena ULAH nya SENDIRI …
15 Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:

Asal comot ayat, bro?

:mad0261:

pada akhirnya tergantung kepentingan masing2 penafsir,iya ngga coy :azn: ?

hahaha pertanyaan yang menarik. Secara logika dan pengetahuan Orang gila atau orang yang depresi atau orang yang sudah kehilangan kendali tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah. Bagaimana mungkin dia bisa mendapatkan bagian dalam Kerajaan Allah kalau dia sendiri tidak melakukan kehendak Allah? Simplenya seperti itu. Tetapi benar yang dikatakan rekan2 sekalian, Tuhan yang berhak menghakimi bukan kita sebagai manusia.
Hehehe