Apakah orang Kristen boleh merokok ?

Saya tau anda yang akan menjawab “Tubuh kita adalah bait ROH KUDUS” adalah anda yang tidak pernah merokok.
Jika anda menjudge seseorang berdosa karena merokok, anda harus tau keadaan orang merokok itu sebenarnya seperti apa.
Mari kita tinjau dahulu dari sudut pandang seorang perokok.

Saya sendiri mantan perokok, saya tau betul problema yang terjadi sebenarnya. Apa yang saya rasakan pada saat itu ?
1) Pada waktu saya belum mengenal rokok, saya melihat gadis yang merokok saya cap sebagai “gadis nakal”. Setelah saya merokok, saya baru mengerti bahwa ternyata rokok hanya masalah KECANDUAN . Saya sudah tidak lagi menjudge wanita perokok sebagai wanita nakal, justru ketika rokok saya habis, saya bisa minta kepada mereka.

2) Saya merokok karena adik saya, Jika kita memiliki hubungan sangat dekat dengan seseorang (Saya dekat dengan adik saya). Lambat laun kita akan bertukar kebiasaan. Entah itu kebiasaan baik atau buruk, semuanya menjadi satu. Oleh sebab itu, benar yang dikatakan Alkitab “Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik”.
Pada saat adik saya merokok, saya tanya “Apa sih enaknya rokok ?”
Dia hanya menjawab “Nggak tau”
Saya berpikir, tidak tau kok dihisap terus ? akhirnya saya penasaran dan mencoba sebatang demi sebatang. Rokok mulai membuat saya kecanduan sekitar 6 bulan. Dibawah 6 bulan, saya tidak merokok pun tidak masalah. Diatas 6 bulan, ketika tidak ada rokok saya mulai bingung.
Dan ketika saya sudah menjadi perokok aktif, ada teman saya yang bukan perokok menanyakan “Apa sih enaknya merokok ?”
Saya pun menjawab “Nggak tau” persis dengan jawaban adik saya bbrp thn yang lalu. Tetapi jika saya renungkan, memang rokok itu tidak ada enaknya, dan hanya asap. Tetapi kenapa saya membelinya ? karena KECANDUAN .

3) Saya selalu dinasehati Oleh beberapa orang untuk berhenti merokok, tetapi sangat sulit. Kenapa ? Karena mereka tidak tau apa yang saya rasakan. Memberitahu seseorang untuk “Jangan Mencuri” itu lebih mudah daripada “Jangan Merokok” Karena yang diserang sebenarnya adalah otak kita yang dibuat kecanduan.
Jika kita memberitahu seseorang untuk “Jangan Mencuri, kalau tidak saya usir dari rumah” mungkin orang itu ketakutan dan tidak mencuri lagi.
Tetapi jika kita memberitahu seseorang untuk “Jangan Merokok, kalau merokok saya usir”… yang terjadi adalah dia akan tetap merokok, tetapi di tempat yang tersembunyi.

4) Saya serasa ingin memberitahu semua orang di dunia yang ingin saya berhenti merokok SECARA INSTANT begini…
“Jangan kalian dengan gampangnya menyuruh orang kalau kalian tidak tau apa yang sebenarnya terjadi. Jika kalian ingin mengerti kenapa saya susah berhenti, kalian jadilah perokok aktif selama setahun. Setelah itu BERHENTILAH. Jika kalian bisa berhenti, berarti saya yang salah, tetapi jika kalian tidak bisa berhenti, itu yang saya rasakan” itu yang saya pikirkan pada saat itu.

5) Saya mulai menyalahkan orang lain karena selalu menjudge saya, Dan saya juga menyalahkan diri sendiri karena tidak mampu mengatasi kencanduan saya. Akhirnya saat itu saya tetap meneruskan merokok.

6) Saya mulai berpikir “Jika tau akhirnya akan begini, saya tidak akan merokok dari awal”. Yang ada hanya penyesalan, tetapi anehnya masih terus membeli rokok. Aneh bukan ? ya… Kecanduan memang tidak bisa dinalar dengan akal sehat

SEKARANG APA TANGGAPAN ALKITAB TENTANG MEROKOK ?

Apakah karena “Tubuh kita adalah bait ROH KUDUS” maka dengan merokok kita berdosa ? Belum tentu. Jika anda meneliti ayat tersebut secara lengkap dari ayat 1, Paulus sedang berbicara tentang dosa-dosa, diantaranya perzinahan.
Maksud dari Om Paul adalah, Tubuh kita adalah bait ROH KUDUS, jadi jangan mengotorinya dengan perbuatan DOSA

Jadi sebenarnya larangan merokok itu TIDAK DIJELASKAN DI DALAM ALKITAB.

APAKAH MEROKOK ITU BOLEH ?

Kita ambil ESENSINYA
“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”

  1. Jika kita merokok, umur kita berkurang
  2. jadi waktu yang kita gunakan untuk memuliakan Tuhan juga berkurang
  3. Waktu yang kita gunakan untuk berbuat baik, mengasihi sesama, juga berkurang
  4. Kita akan repot sewaktu semua orang memuji dan menyembah Tuhan didalam gereja, kita hanya bisa berbaring di rumah sakit.
  5. Seluruh anggota keluarga bisa jalan-jalan dengan kesehatan yang Tuhan sudah berikan, tetapi kita masih juga berbaring di rumah sakit.

Dengan bahaya diatas, sebenarnya kita sudah diberi HIKMAT, AKAL BUDI, dan KEBIJAKSANAAN dari Tuhan untuk memilih jalan hidup kita. Jika seseorang meniggal karena rokok, berarti dia meninggal karena KEBODOHANNYA

Bersambung…post 2

PERTANYAAN YANG SERING “SAYA INGIN BERHENTI MEROKOK TETAPI SUSAH”.

Jawaban ini hanya efektif dijawab oleh orang yang pernah merokok, dan BERHASIL BERHENTI.
Anda tidak bisa berkata “Merokok tidak baik untuk kesehatan”. Semua perokok juga sebenarnya sudah tau kalau rokok itu tidak baik untuk kesehatan. yang jadi masalah hanya BAGAIMANA SIH CARANYA BERHENTI ?
Menurut jawaban saya yang sudah berhenti merokok, jawabannya adalah NIAT

Silahkan anda yang merokok merenungkan arti kata “niat” sampai anda benar2 paham. Minta hikmat Tuhan, minta tuntunanNya, minta kekuatan supaya diberi keteguhan hati untuk berhenti merokok.
Bagi yang tidak merokok, jangan menjudge mereka yang merokok. Dengan anda yang bergaul enjoy dengan perokok, akan membuat perokok merasa diterima. Dan itu saya rasakan dulu sebagai bentuk dukungan yang sangat membantu pada perjalan saya untuk berhenti merokok.

[b]jadi intinya…

  • MEROKOK BUKAN SUATU DOSA
  • MEROKOK TIDAK DIJELASKAN DALAM ALKITAB
  • ROKOK PENUH DENGAN PENYAKIT
  • MEROKOK AKAN MERUSAK HIDUP ANDA
  • PEROKOK BUTUH SUATU DUKUNGAN UNTUK BERHENTI, BUKAN DIJUDGE.
  • BERHENTILAH MEROKOK DENGAN NIAT YANG SUNGGUH2, MINTA TUNTUNAN TUHAN.
  • JIKA ANDA BERHASIL, SAYA UCAPKAN SELAMAT…!!![/b] :afro: :afro:

Jawaban yang lebih simple dari Om Moderator

Kalau mencari jawaban langsung dari Alkitab pasti tidak akan ketemu perintah “Jangan merokok” karena pada masa Alkitab ditulis tanaman tembakau belum dikenal masyarakat di luar benua Amerika.

Saya sangat menyayangkan banyak pengkhotbah atau aktivis Kristen yang mengatakan merokok itu dosa dengan menggunakan ayat2 Alkitab secara tidak benar, seperti mengatakan tubuh adalah bait Roh Kudus.

Perbuatan membakar lintingan tembakau dan mengirup asapnya, pada hakekatnya bukan dosa. Tidak ada dasar Alkitab untuk mengatakan hal tersebut sebagai dosa.

Kita perlu membedakan antara perintah dan manfaat. Pelanggaran terhadap perintah Tuhan adalah dosa, tetapi melakukan yang tidak bermanfaat adalah kerugian. Sebagai contoh begini, jangan mencuri adalah perintah, jika dilanggar kita berdosa. Berbeda dengan anjuran jangan begadang kalau tiada artinya (meminjam istilah Rhoma Irama), itu adalah sebuah manfaat. Tidak ada perintah jangan begadang dalam Alkitab. Bukan suatu dosa kalau kita begadang, tetapi akibatnya tubuh bisa menjadi sakit kalau terlalu sering begadang. Apalagi kalau begadangnya malam Minggu, bisa dipastikan Minggu pagi terlambat bangun untuk ibadah pagi (terutama yang gerejanya tidak mengadakan ibadah sore).

Kembali ke soal rokok, apakah itu dosa, saya katakan tidak, karena tidak ada perintah Tuhan yang dilanggar. Namun perlu diingat, meminjam istilah rasul Paulus, segala sesuatu halal tetapi bukan semuanya berguna (I Korintus 6:12). Apakah merokok ada gunanya? Bagaimana dampaknya terhadap kesehatan? Belum lagi dampak finansialnya, karena membeli rokok berarti menghabiskan uang kita juga.

Merokok = boleh
Kecanduan rokok = tidak boleh.

Masalahnya, semua orang yang kecanduan rokok pasti diawali dengan merokok dulu. Jadi supaya aman sebaiknya tidak usah merokok :slight_smile:

Salam

Nah ini dia, Allah tidak menginginkan kita terikat oleh apapun, termasuk merokok. Itu kehendak Tuhan, kalau dilanggar kita berdosa. Lalu bagaimana dengan merokok itu sendiri? Memang tidak ada unsur berdosa dalam hal merokok tersebut, tetapi lama kelamaan jadi terikat dan merusak kesehatan serta menghabiskan dana. Makanya, walau tidak berdosa, manfaat merokok dipertanyakan.

Kesimpulan: merokok itu halal tapi sedikit sekali manfaatnya, malah lebih banyak merugikannya.

salah satu manfaatnya adalah :

mereka ini bisa memberi makan keluarganya

http://whatindonews.com/images/20131008-181717_24.jpg

Salam

Betul sekali, rokok belum ada waktu itu.

Bener banget, setuju :afro:

Bener banget, itu soal kebijaksanaan kita aja :afro:

Bener banget kata Om Paul

satu lagi yang perlu saya tambahin…
ternyata ini bro Deraya yah ? kok tumben kita nggak bentrok2an ? hahahaha

Nah, ini malah lebih simple… :afro:
Saya taroh di postingan ke 2 ya Om Moderator :afro:

Tapi klo dipikir2, mereka yang jadi buruh rokok sama aja kyk jualan narkoba yah…
dengan dosis dan efek merugikan yang lebih kecil :afro:

Kalau film bokep juga ada manfaatnya. Buat para pemainnya, mereka dapat fee yang tinggi sehingga bisa menghidupi keluarganya.

Kita sepakat yang halal belum tentu berguna.
:afro:

Klo gitu nanti gw bikin keributan lagi ya haha

situ member lama yah @sist m4rlin3? newbie stok lama? :char14:

salam…

ah enggak kok, beneran
tau forumkristen.com juga baru bbrp hr kemaren, lgsg bikin thread yg org Kristen tattooan
gw cm pgn berbagi apa yg udh gw alamin dgn Tuhan
poin2 yg gk bisa didapat d dlm gereja kita

gw cm pgn kasi penjelasan dgn mendalam dimana kebanyakan gereja2 kita cm berpikir kalau tidak ada di Alkitab brarti salah. padahal ada yg namanya “perintah” dan “manfaat” spt yg bro Deraya blg di postingan sebelumnya. Sisi “manfaat” itu hampir gak prnh disinggung loh, dlm gereja

Dalam Alkitab memang ada hal-hal yang tegas dikatakan boleh atau tidak, misalnya kawin boleh tapi berzinah tidak boleh. Tapi ada hal2 lain yang tidak dikatakan dalam Alkitab secara tegas, misalnya apakah setiap pagi kita perlu berdoa dan merenungkan Alkitab (istilah populernya “saat teduh”)? Tidak ada perintah untuk bersaat teduh setiap pagi. Akan tetapi hal tersebut merupakan bentuk “disiplin rohani” yang baik untuk meneguhkan iman kita. Kita tidak berdosa kalau tidak melakukannya, tetapi manfaatnya besar bagi rohani kita.

Soal merokok juga sama, hanya ini dalam hal negatif. Kita tidak berdosa kalau merokok, tapi merokok dapat merugikan kita dalam banyak hal, seperti kesehatan, keuangan, dan kejiwaan, yang pada gilirannya menyulitkan hidup kita sendiri.

Oh ya m4rlin3, itu profilnya gambar siapa ya? Aku jadi ingat teman SMP dulu yang tampangnya mirip dengan PP mu, dan orangnya jutek. Aku jadi ngebayang kamu tuh jutek orangnya.

Bener banget, gw disini jd byk pengetahuan

ha ? gambar siapa ? org itu artis kok
itu adegan di film 3d
gw gk terlalu suka artisnya cuman suka gayanya aja sok menghipnotis ;D
gw lg bikin thread, ntr judulnya “mengupas kewajiban dan kebutuhan suami & istri supaya harmonis”
ntar gw bikinin bhs nya yg gampang n to the point
ngeliat dr sudut pandang alkitab, tp lebih ke psikologis. sumber2nya dl gw dapetin dr buku, khotbah, sm seminar sekuler
paling ntar ayat2nya cm bbrp aja, gk banyak
tp ntar klo mo ada yg nambah2in ayat juga bisa request, soalnya gw gk terlalu apal ayat hehe

Wah, keknya mbak m4rlin3 spesialis yang nyerempet-nyerempet :char11:

Tentang merokok, keknya belum lama udah ada tritnya.

GBU

[email protected]

Makanya setelah kita mengenal KEBENARAN ( Tuhan Yesus Kristus ), ya hendaklah merokok itu kita lihat dari sisi /aspek kerohanian nya dong achh.( hidup secara roh / hidup secara batiiah )…!!!

BUKAN LAGI MENILIKNYA / melihat nya / menilainya DARI segi BERGUNA DAN MERUGIKAN LAGI., kARENA ITU adalah tinjauan hidup dari segi / secara jasmaniah / kedagingan kita ( hidup secara kedagingan kita )…itu pola hdup dan bepikir secara UMAT PERJANJIAN LAMA .yang berpiak pada Hukum Taurat ( hkm jasmaniah ).

Nah.sekarang kita harus jujur saja sebagai baian dari umtt percaya / pewaris kerajaan sorga…bahwa kita sekarang sudah hidup dalam zaman Perjajian Baru…dan disini kita dituntut untuk melakoni jalan hidup secara Roh dan Kebenaran.karena…bla.bla.bla…bukan.???

Jadi memang benar menurut saya bahwa merokok itu menjadi dilarang dan bedosa bagi orang yang sudah mejadi Kristen sejati…tapi bukan kristen abu-abu…loh ( kristen tai kotok, maaf )…
Sehingga dalam memaknai ayat yang meyatakan bahwa TUBUHMU ADALAH BAIT ALLAH…!! Maka itu harus DI-IMANI : "YA " DAN "AMIN " Karena disitu BERSEMAYAM ROH KUDUS YANG MEMEGANG SEMUA JANJI-JAJI TUHAN ALLAH DALAM NAMA TUHAN YESUS KRSUS.
Kemudian jika melanggar apa yang berbunyi dalam ayat tsb ,yang mana itu adalah sebagai Firman Tuhan.bukan…?? maka dng itu konsekwensinya adalah suatu perbuatan dosa,

Disamping itu perbuatan merokok itu adalah tidak baik bagi kesehatan tubuh dan tidak berguna bagi tubuh ( yng sudah menjadi BAIT ALLAH ). DAN itu sudah suatu pembuktian bahwa perbuatan seperti itu adalah hidup secara jasmani…bukan hidup secara Roh dan Kebenaran…Karena hasilnya pun sudah bisa dipastikan tidak baik dan merugikan, sehingga dikatakan berdosa. Karena ada nats Alkitab yang berbunyi sbb :Yakobus 4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

Jadi, merokok itu berdosa bagi orang kristen ( yang sudah menjadi kristen maupun yang baru jadi kristen )

Salam GBU…

Tubuh sebagai bait Roh berkaitan dengan kekudusan seksual, tidak ada kaitannya dengan kesehatan jasmani.

Lagi apa sebenarnya dasar melarang rokok ditinjau dari segi rohani? Saya sudah mencari ayat2 yang menunjang (tentunya bukan mencari ayat yang berbunyi “Jangan merokok”, tidak akan ketemu!) bahwa merokok itu dosa. Ternyata tidak ada. Makanya sejak awal saya tanya, apa dasarnya mengatakan “mengirup asap lintingan tembakau yang dibakar” sebagai dosa?

Mengapa jarang ada yang mengatakan terlalu banyak makan itu dosa, atau terlalu sering makan jeroan itu dosa. Jarang ada yang mengatakan begadang itu dosa, atau belanja asesoris (terutama wanita) yang tidak ada gunanya itu dosa?

[email protected]

HAHAHAHA…Jika semua orang pake cara berpola pikir seperti anda punya itu.?? mohon maaf Jika pola pikir yang seperti anda punya.itu…menjadi pegangannya…? maka saya yakin…semakin bodohlah orang Ksiten jadinya. Disamping itu sudah bodoh .?? tidak bijaksana lagi dalam mengambil keputusan.apakah harus tetep merokok ataupun berhenti merokok atau terus saja merokok…?? karena tidak ada ayat yang mengatakan perbuatan merokok itu berdosa…
Padahal ada ayat yang mengatakan suatu perbuatan dosa, jika si manusianya sudah tau yang dilakukannya adalah suatu perbuatan tidak baik ( merugikan apapaun itu namanya) namun si manusianya masih tetep melakukanya…itu lah salah satu ciri-ciri dari orang fasik.

Yakobus 4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

Jadi, merokok itu berdosa bagi orang Kristen ( yang sudah menjadi Kristen maupun yang baru jadi Kristen )

Salam GBU…