Apakah orang yang duduk di tahta ini antikristus?

Serem ya ada salib terbaliknya dan dengan bangganya duduk di sana

Re: Apakah orang yang duduk di tahta ini antikristus?
Jawab:
Yang duduk di tahtanya raja adalah raja, yang duduk di tahta ‘suci’ antikristus ya antikristus. :smiley:

GBU

Multi intrepretation,

Setuju…

contohnya: Bukan antikris tapi ngkongnya antikris.

Salib dengan palang horisontal berada diatas tiang, ditengah tiang ataupun dibawah tiang, tidak berkaitan dengan penghinaan atau usaha perlawanan atau menunjukan sikap oposisi (anti).

Berapa jarak palang horisontalnya dari ujung tiang pada saat bangsa Romawi memakainya untuk menggantung orang masih diperbincangkan. Ada yang mengasumsikan bentuknya seperti huruf T ada yang menyebutkan bentuknya seperti huruf X atau yang mengatakan bentuknya seperti gambar seniman dengan 1/3 bagian diatas, ada yang hanya mengambarkan 1/8 bagian diujung. bahkan ada yang berfikir 1/2 bagian alias bentuk simbul +

Petrus dalam kisahnya disebutkan dia dihukum salib oleh Romawi dan karena rasa cinta dan hormatnya kepada Yesus, maka ia memilih disalibkan dengan cara terbalik. Sehingga didalam gereja Katholik juga dikenal adanya bentuk salib “terbalik” yang mana 1/3 bagian ada dibawah. Bentuk terbalik ini bukan penghinaan atau usaha menunjukan perlawanan, tetapi menunjukan sikap merendahkan diri.

Diduga jug satanic juga memakai simbul tersebut, tetapi sebenarnya salah kaprah saja. Simbol satanism silahkan lihat disini http://www.religioustolerance.org/satanism.htm

Salib terbalik dipakai oleh rocker jaman bahulu dan oleh film-film Hollywood untuk mengkamuflase simbul santanism sebenarnya, sehingga sampai hari ini banyak orang salah kaprah.

@Krispus
gambar salib terbalik ada dimana bro di web itu ?

Pernahkah anda sekalian membaca bukunya Dr. Martin Luther yang berjudul:
The Babylonian Captivity of the Church

Didalam bukunya Martin, mengatakan :

I now know for certain that the papacy is the kingdom of Babylon and the power of Nimrod, the mighty hunter. The papal office was the office of the antichrist. You see the whore of Babylon wearing a papal crown. You see the seven headed beast wearing a papal crown. The papacy, the papal office-not the individual popes but the papal church- was where satan was working to undermine christendom. We here are of the conviction that the papacy is the seat of the true and real antichrist.

Kalau di Indonesia kan : Aku sekarang tahu dengan pasti bahwa kepausan itu adalah kerajaan Babylon dan kekuatan dari Nimrod, pemburu yang berkuasa. Kursi paus itu adalah kursinya antichrist. Engkau tahu pelacur Babylon memakai mahkota-nya paus. Engkau tahu binatang berkepala tujuh itu memakai mahkota-nya paus. Kepausan, kursi paus, bukan paus perorangan, akan tetapi paus dari gereja adalah,dimana setan bekerja untuk meng-hancurkan kekristenan. Kami disini meyakinkan, bahwa kepausan itu adalah kursi dari antichrist yang sebenar-benarnya.
Bukti alasan yang Martin Luther pakai ialah : Karena adanya persamaan antara topinya pelacur-pelacur di Babylon dengan mahkotanya Paus.

Dapatkah dengan adanya persamaan yang dipakai dua orang, lalu disimpulkan bahwa kedua orang tsb. sama ?

buku “The Babylonian Captivity of the church“ itu, Martin Luther menghasut umat supaya membenci gereja katholik, dengan mengatakan bahwa kursinya Paus itu adalah kursinya iblis, Disini Martin Luther memutar balikan keadaan yang ada, bahwa gereja Katholik dibawah paus, bukan paus, secara perorangan, akan tetapi seluruh gereja katholik itu, adalah sesat.

Tujuan apa Martin Luther memutar balik keadaan ?
Setelah pengadilan di kota Worms, Martin Luther kalah, dia harus ditangkap, dan dia bersembunyi di Castle of Wartburg. Pada saat itu Martin Luther benar-benar dalam keadaan tertekan, dia sangat marah sama paus, dan dia takut dihukum.
Paus pada masa itu memang bukan paus rohani, dia adalah paus duniawi. Lihat: dia umur 38 tahun sudah menjadi paus, dan penggantinya berikutnya adalah saudara sepupunya, anak adik Lorenzo de Medici, ayah paus Leo X, paus pada saat itu dimonopoli oleh sehabat-sahabat keluarga Medici yang kaya dan terkenal.

Kalau Martin Luther berkata menurut keadaan yang sebenarnya, bahwa paus Leo X dan paus dari keluarga Medici itu yang iblis, maka umat katolik pada saat itu tidak ada yang meninggalkan gereja katolik.
Motivasi Martin Luther pada saat itu ialah untuk mencari pendukung agar dia bisa terhindar dari hukuman. Taktik Martin Luther ini ternyata berhasil dengan baik, banyak umat katolik ramai-ramai pindah ke Protestan, terutama di Europa bagian utara.

Yang betul sebenarnya adalah demikian: Tubuh kristus adalah kita, kita adalah umat, pastor, uskup, kardinal, paus. Kita belum tentu tubuh kristus. Buktinya, Yudas bukan tubuh Kristus, sekalipun dia adalah murid Yesus. Jadi kalau ada pastor, uskup atau paus yang tidak berjalan mengikuti ajaran Yesus, jangan dibalik bahwa gereja katholik yang salah.

Fitnah dan hasutan ini berhasil dengan baik, termakan oleh umat Protestant, maka umat protestant benci sama gereja katholik, dan ingin menolong umat katholik, dikeluarkan dari cengkraman iblis dan ditobatkan.

Martin Luther menulis Buku yang berjudul : " The Babylonian Captivity of the Church "
mempunyai tujuan yang sama dengan buku yang ditulis oleh Martin Luther yang lain, yang berjudul :
" On the Jew and their Lies ",
Tujuannya ialah untuk mencari dukungan bangsa Jerman.

Kalau buku The Babylonian, dia menghasut umat katolik supaya keluar dari gereja katolik, dan mengatakan bahwa kursinya paus itu adalah kursinya antichrist.
Sedangkan buku On the Jew, itu dia menghasut bangsa Jerman, sebab Martin sebagai bangsa Jerman tahu betul bahwa bangsa jerman itu tidak senang sama orang Yahudi, sebab dibanyak hal orang jerman kalah sama orang Yahudi, sedangkan bangsa jerman itu harga dirinya tinggi.

Kedua buku ini berhasil dengan baik, dalam waktu singkat banyak orang katolik ramai-ramai pindah mendukung Martin, dan juga orang-orang jerman banyak yang langsung mendukung Martin Luther.

Akibat pengaruh dari buku On The Jew and Their Lies, yaitu terjadinya Hollocaust, dimana sejumlah 6 juta orang Yahudi mati di consentrasi cam.

Anda lihat sendiri di COOGLE ; " Kristallnacht & Martin Luther "

Hamba TUHAN sebaik dan sesetia PAUS tidak memungkinkan sedikitpun sebagai antikristus yang dikenal sebagai para pencemooh, penghina, pemecah-belah, dan musuh ALLAH!

Berpeganglah pada firman TUHAN dan jangan bersandar pada pengertianmu sendiri! ~SYALOM.

Itu adalah takhta Petrus dimana Paus sebagai penerus petrus. Salib terbalik adalah lambang salib Petrus bukan salib anti Kristus seperti tudingan anda.

ih…

kok pikirannya parno gitu sih…

:wink:

Pope John Paul II, yang dihormati oleh banyak orang, dan segala bangsa,
dia dengan rendah hati mengakui kesalahan gereja katolik, dan minta maaf.
Termasuk minta maaf kepada saudara-saudara yang merasa telah dirugikan oleh gereja katolik.

Sebaliknya anda sekalian, dengan ejekan-ejekan, dengan memasang photo armarhum, kelihatan bahwa hati anda masih penuh dengan dendam.

Apakah hal ini yang diajarkan oleh Yesus, dimana anda mengakui sebagai pengikutnya ?

List of apologies made by Pope John Paul II

Pope John Paul II on 12 August 1993 in Denver (Colorado)
Pope John Paul II made many apologies. During his long reign as Pope, he apologized to Jews, Galileo, women, victims of the Inquisition, Muslims slaughtered by the Crusaders and almost everyone who had suffered at the hands of the Catholic Church through the years.[1] Even before he became the Pope, he was a prominent editor and supporter of initiatives like the Letter of Reconciliation of the Polish Bishops to the German Bishops from 1965. As Pope, he officially made public apologies for over 100 of these wrongdoings, including:
• The conquest of Mesoamerica by Spain in the name of the Church
• The legal process on the Italian scientist and philosopher Galileo Galilei, himself a devout Catholic, around 1633 (31 October 1992).
• Catholics’ involvement with the African slave trade (9 August 1993).
• The Church’s role in burnings at the stake and the religious wars that followed the Protestant Reformation (May 1995, in the Czech Republic).
• The injustices committed against women, the violation of women’s rights and for the historical denigration of women (10 July 1995, in a letter to “every woman”).
• The inactivity and silence of many Catholics during the Holocaust (16 March 1998)
• For the execution of Jan Hus in 1415 (18 December 1999 in Prague). When John Paul II visited Prague in 1990s, he requested experts in this matter "to define with greater clarity the position held by Jan Hus among the Church’s reformers, and acknowledged that “independently of the theological convictions he defended, Hus cannot be denied integrity in his personal life and commitment to the nation’s moral education.” It was another step in building a bridge between Catholics and Protestants.
• For the sins of Catholics throughout the ages for violating “the rights of ethnic groups and peoples, and [for showing] contempt for their cultures and religious traditions”. (12 March 2000, during a public Mass of Pardons).
• For the sins of the Crusader attack on Constantinople in 1204. (4 May 2001, to the Patriarch of Constantinople).
On 20 November 2001, from a laptop in the Vatican, Pope John Paul II sent his first e-mail apologising for the Catholic sex abuse cases, the Church-backed “Stolen Generations” of Aboriginal children in Australia, and to China for the behaviour of Catholic missionaries in colonial times.[2]
An excuse is worse and more terrible than a lie, for an excuse is a lie guarded.
— Pope John Paul II [3]

perpecahan lagi dehhh… sedihnyaaa…

PERSEPSI atau “Sudut Pandang Melihatnya” saja yg menentukan EMOSI apa yg muncul dari hati Pembaca :

  1. Bila melihatnya dari sudut Perpecahan…Yap, MENYEDIHKAN
  2. Bila dari " Sudut PERINGATAN" atas ke SESAT an dari Cawan Anggur Cabul yg memabukkan…seharusnya MENSYUKURI, karena ada yg PEDULI dan BERANI me LURUS kan “nya”…Ingat Yehezkiel pasal 3.
    Hanya sayangnya KEJUJURAN itu memang MENYAKITKAN Orang lain yg terkena PERINGATAN. Apalagibila ber JIWA PICIK dan KECIL hanya melihatnya sebagai KEBENCIAN semata bukan KASIH yrang rela DIMAKI MAKI setelah Peringatan itu dikemukakan.
    Memang itu DILEMMA, untung saja ada Perintah Tuhan di Yehezkiel psl 3 yg meminta Pertanggungan Jawab bagi “Yang MENGETAHUI KESESATAN ITU” tetapi MASA BODOH dan membiarkan KESESATAN itu terus BERDAMPAK dan MERUSAK.
    A. HAL seperti ini , kita juga bisa melihat pada Umat seberang yg PERCAYA dan mengimani Ajaran Gua Hira yg berukuran P X L X T = 6 x 6 x 6 kaki itu yg JELAS2 PARADOX terhadap Ajaran Alkitab , yg NYATA2 :
  3. Tidak mengakui adanya Dosa Asal pada manusia
  4. Tidak mengakui adanya PENEBUSAN
  5. Tidak mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruiselamat, padahal secara TERSURAT mengakui-Nya sebagai Yg TERKEMUKA baik di Dunia maupun di Achirat. Bahkan menyatakan “KAFIRlah orang2 yg mengatakan bahwa Yesus adalah salah satu dari Tuhan yg TIGA” Makanya terjadilah PELESETAN KASAT MATA …“La iILAH ha il Allah” diterjemahkan secara JAHIL (Bahasa Arab untuk kata BODOH) menjadi "Tiada Tuhan selain Allah (Al ILAH) " yg menunjukkan se akan2 Iman Kristiani yg menyatakan Yesus adalah Tuhan Allah…adalah Ajaran Sesat dan FATAL dengan Tuduhan bahwa Ajaran Kristen itu men DUA kan Tuhan = Ajaran SYIRIK ----> Dosa yg paling berat , kata mereka.
    Coba aja coba2 SENGGOL Kaum Mayoritas itu, kalau gak keluar TANDUK nya !!!

B. Yg MINORITAS kek sdr2 kita di L R K aja bisa TRANTUM MANIAC kalau dibilangin bahwa ada KESESATAN dari Ajaran mereka yg tercampur Ajaran Manusia yg dihafalkan…dikasih tahu malah TUDUHAN2 yg keluar dari BENAK dan MULUT mereka, padahal Pope Jhon II dengan RENDAH HATI mengakui ada KESESATAN dan KEBEJADAN didalam Ajaran di Lingkungan Roma Katholik…ITU INTIP aja DERETAN PERNYATAAN Beliau diatas dalam Bahasa Inggris, sebisa bisanya MENUTUPI nya, yg namanya ASAP dan BAU BUSUK mah tetap saja TERLIHAT dan TERCIUM…Tunggu kapan mau Insyaf ???

  1. Coba aja SERING2 main ke Ekaristi di GADOK Cipanas Jabar, lihat bagaimana CHUSYUK nya Umat LRK menghormati dengan cara “tangan kanan dan kiri dikatupkan, posisi sembah takzim” sambil mata mengikuti TONGKAT berlambang MATAHARI yg dibawa oleh Sang ROMO Yohannes mengelilingi Umat yg HADIR disana…SANGAT KASAT MATA bahwa Ajaran seperti ITU tidak ada di PL maupun PB nya Alkitab…tetapi TOH Muncul dan dilakukan didalam Gedung Kathedral tersebut !
    Bagaimana HAL INI kok dibiarkan malahan di PRAKTEK kan didalam Gedung Ibadah bahkan merupakan bagian dari IBADAH Sakramen EKARISTI ???
    Ya INI sih sebagai WARNING saja sih, mau PERCAYA atau TIDAK bahwa itu KESESATAN kembali kepada yg membaca dan merenungkannya sendiri.
  2. Belum lagi PELECEHAN atas KUASA PENGAMPUNAN dari Peristiwa Salib di Bukit Calvary Golgota…masih dianggap KURANG AMPUH , pakai harus memerlukan SARANA Api Kesucian segala agar bisa bisa masuk ke Rumah Bapa atau Perjamuan Kawin Anak Domba…udeh JELAS2 Alkitab menuliskan bahwa SAAT RAPTURE semua Orang Percaya baik yg sudah meninggal maupun yg Masih Hidup saat Peristiwa Rapture LANGSUNG diberikan TUBUH MULIA tanpa harus DIRENDAM dalam Api Kesuciannya Ajaran Katholik itu !!!

C. Yang sesama Protestan saja yg TERSESAT dalam Masalah Ajaran SESAT SALAH TAFSIR mengenai RAPTURE dan Orang Percaya…kata ajaran SESAT itu ada Orang Percaya yg TERTINGGAL gak kebawa RAPTURE sambil nyodorin Perumpamaan 10 gadis (Bijak dan BODOH) , Ajaran Tuhan Yesus soal " 2 orang di ladang, di Batu Kilangan dan di Tempat tidur" ditafsirkan SESAT dan SALAH bahwa ke DUA nya dalam CONTOH Perumpamaan itu adalah Orang PERCAYA …PAS di JELAS kan, malahan aye’ diajak ngomong Pelo ala Babah GLODOK yg masih TOTOK bukan Peranakan itu…Cialat dan Amsiong dah OWE dibuatnya… :mad0261: :mad0218:
Ya anggap saja ini SEKILAS INFO, bahasa kerennya Breaking News !! :happy0025:

Yakobus 3 :
17 Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
18 Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.
Penaburnya sih “dalam damai” … Tetapi kalau yg menerimanya Orangnya bawaan RUSUH dan HOBBY BERANTEM…ya apes aja sih aye’ nemuin Orang seperti itu !

Syalom

Damai bagimu Upil

Astaga, saudaraku Upil yang terkasih, jangan sampai menghina Yang Mulia Beato Paus Yohanes Paulus II, beliau adalah putera gereja yang sangat berdedikasi tinggi saudaraku, salib terbalik itu menandakan untuk mengingat Yang Mulia Santo Paus Petrus yang adalah Paus pertama dimana kemartiranya dengan salib terbalik, kerana Yang Mulia Beato Paus Yohanes Paulus II adalah penerus tahta Santo Petrus, demikianlah saudaraku upil, syalom

Anda membenci Paus, sebab anda sekalian telah termakan hasutan Martin Luther, yang menghasut umat, dan mengatakan bahwa kursinya paus itu adalah kursinya iblis.
Fitnah dan hasutan Martin Luther ini, dia tulis didalam bukunya:

The Babylonian Captivity of the church.
Didalam bukunya Martin, mengatakan :
I now know for certain that the papacy is the kingdom of Babylon and the power of Nimrod, the mighty hunter. The papal office was the office of the antichrist. You see the whore of Babylon wearing a papal crown. You see the seven headed beast wearing a papal crown. The papacy, the papal office-not the individual popes but the papal church- was where satan was working to undermine christendom. We here are of the conviction that the papacy is the seat of the true and real antichrist.

Kalau di Indonesia kan : Aku sekarang tahu dengan pasti bahwa kepausan itu adalah kerajaan Babylon dan kekuatan dari Nimrod, pemburu yang berkuasa. Kursi paus itu adalah kursinya antichrist. Engkau tahu pelacur Babylon memakai mahkota-nya paus. Engkau tahu binatang berkepala tujuh itu memakai mahkota-nya paus. Kepausan, kursi paus, bukan paus perorangan, akan tetapi paus dari gereja adalah,dimana setan bekerja untuk meng-hancurkan kekristenan. Kami disini meyakinkan, bahwa kepausan itu adalah kursi dari antichrist yang sebenar-benarnya.

Bukti alasan yang Martin Luther pakai ialah : Karena adanya persamaan antara topinya pelacur-pelacur di Babylon dengan mahkotanya Paus.

Dapatkah dengan adanya persamaan yang dipakai dua orang, lalu disimpulkan bahwa kedua orang tsb. sama ?

buku “The Babylonian Captivity of the church“ itu, Martin Luther menghasut umat supaya membenci gereja katholik, dengan mengatakan bahwa kursinya Paus itu adalah kursinya iblis, Disini Martin Luther memutar balikan keadaan yang ada, bahwa gereja Katholik dibawah paus, bukan paus, secara perorangan, akan tetapi seluruh gereja katholik itu, adalah sesat.

Kalau buku: The Babylonian Captivity of the church, Martin Luther menghasut umat agar membenci Paus dan gereja katolik.
Hasutan ini berakibat perang antara Protestant dan Katolik, pada abad ke 16 dan abad 17. dan sampai sekarang orang-orang protestant mempunyai rasa benci terhadap Paus dan gereja Katolik.

Buku Martin yang lain, yang berjudul: On the Jew and their lies., Martin Luther memfitnah dan menghasut bangsa Jerman agar merampas harta dan menganiaya orang yahudi.
Hasutan ini berakibat peristiwa Hollocaust, dimana 6 juta orang Yahudi mati.
Baca sendiri: Coogle; Kristallnacht & Martin Luther.

Manusia dengan tidak sadar telah mengikuti orang yang menjadi alat iblis.

Kelicinan Iblis.

Mana yang lebih kejam, antara orang yang punya ide, mempengaruhi, serta menghasut, supaya orang-orang Yahudi dianiaya, dan orang yang melaksanakan ide itu, seperti Hitller dengan gestapo SS nya. !
Kalau tokoh-tokoh Nazi, yang terlibat dengan peristiwa Holocaust, dibenci dan dikejar-kejar di seluruh penjuru dunia, ditangkap dan diadili.
Akan tetapi orang yang menyebabkan holocaust ini, justru di hormati dan disanjung-sanjung oleh sebagian besar penduduk dunia.
Disinilah letak kehebatan dan kelicinan iblis, sehingga mereka sama sekali tidak menyadari bahwa mereka juga telah menjadi alat iblis.

Setahu saya member katolik ngotot bahwa Vatikan adalah babel.

GBU

Wah, kalo gitu kesimpulannya mengenai “si durhaka yg duduk di bait Allah n menyamakan diri seperti Allah” jelas bukan interpretasi sosok Pope dunk ?

Kalo bait Allah literal yg di maksud adalah Jerusalem - (Solomon Temple/House of David/Dome of Rock), sisakan pelataran bagian luar diinjak2 bangsa asing… faktanya di Jerusalem sudah ada “bait allah” yg lain yg akan membantu Yahudi membangun kembali Solomon Temple di alkitab ?

Jadi vatikan atau Pope jelas bukan antikristus ya ? :slight_smile:

Mungkin penafsiran dia tentang ayat Alkitab ada yg tidak sesuai keyakinan iman kita…
Menurutku wajar aja, dia juga manusia biasa yg tak luput dari kesalahan… kayak kita lah, kadang salah menafsirkan… walau kitabnya satu… ayatnya tak berbeda… dan kupikir umat katholik masa buduh segala apa meski salah tetap ditelan ajaran melenceng… mereka bisa berpikir kristis la… banyak yg sudah convert ke kristen juga kan ^^… :slight_smile:

Bukannya belain… cuma ajak teman2 Kristen supaya jgn prejudis aja… ya kalo ya… kalo ternyata tidak kan namanya menfitnah - dosa. xD

Marilah kita melihat sejarah dan dari sejarah kita bandingkan, apakah kejadian disejarah tsb, merupakan penggenapan dari kitab Suci !!

Kita lihat pada saat terjadinya bentrokan antara pastor Martin Luther dan paus Leo X.
Siapakah pastor Martin Luther dan siapakah paus Leo X.

Paus Leo X, bukan orang rohaniwan, dia adalah dari keluarga kaya dan berpengaruh, yaitu keluarga Medici. Umur 38 tahun dia sudah menjadi paus. Paus berikutnya cuma berumur 1 tahun, matinya tidak ada yang tahu, kemudian penggantinya adalah saudara sepupu paus Leo X. Paus Leo X, punya anak dan tingkah lakunya sombong dan suka meninggikan diri.
Dialah yang dimaksud di 2 Tes. 2; 3- 4.
Disini dapat diambil kesimpulan, bahwa pada saat itu kursi paus di injak-injak oleh iblis.
Jangan heran sebab salah satu dari 12 murid Yesus juga diperalat oleh iblis.

Martin Luther adalah seorang pastor katolik, Dr. Theology dan Profesor bible, dia terpancing dan disesatkan oleh alat iblis yang di dudukkan bait Allah.
Masalahnya hanyalah persoalan sepele, dia menolak disuruh menjualkan surat indulgensi, dan bertindak melawan, penguasa tsb. sehingga posisi dia terjepit dan akan dihukum.
Untuk menghindar dari hukuman, dia berusaha dengan segala cara, dengan menghasut umat katolik, mengatakan bahwa kursinya paus itu adalah kursinya iblis, agar umat katolik ramai-ramai keluar dari gereja katolik, dan juga mencari pengaruh di masyarakat jerman, dimana dia tahu betul bahwa orang jerman itu tidak suka sama orang Yahudi, sebab dibanyak hal orang Yahudi lebih unggul daripada orang jerman, sedangkan bangsa jerman itu adalah bangsa yang harga dirinya tinggi.

1 Yoh.2 : 18-19.
18. Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus.
Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir,
19. Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita.

Dari ayat tsb. diatas, dapat kita simpulkan : Siapa orang yang telah disesatkan oleh orang yang duduk dibait Allah, yang meninggikan dirinya dan minta disembah sebagai Allah ??