apakah perceraian jalan terbaik???

aku butuh komen" atau masukan tentang pernikahanku yang akan berakhir… :’(
pernikahanku baru berjalan hampir 2 tahun tapi suami meminta cerai, aku menolak tapi suami tetap ingin bercerai dikarenakan aku yang tidak bisa dipercaya karna masalah uang…aku punya hutang lumayan besar dan suami baru tau terus dia ingin menuntut cerai…menurutku itu bukan masalah yang terlalu besar…aku cuma memikirkan mental & batin anakku nanti kalau kami bercerai…aku sudah mohon" untuk tidak bercerai…menurut teman" aku harus gimana ya?terimakasih…GBU :slight_smile:

Wahhh ibu Lynz mengalami pergumulan yang sangat susah ya. Kalo boleh tau, ibu Lynz bisa lebih detail lagi soal alasan suami ibu Lynz minta cerai? Saya ingin emngetahui apakah ini dikarenakan pengaturan keuangan yang salah, kepribadian ibu Lynz sendiri, atau ada faktor2 lain sehingga membuat suami ibu sangat keberatan untuk mempertahankan pernikahan? Trus bagaimana dengan janji pernikahan yang pernah diucapkan dulu?

Sebab dari yang saya lihat, alasan utamanya kan karena uang dan utang, jadi kalo kita bisa mengatasi akar utama dari permasalahannya, saya yakin perceraian itu pasti bisa ditunda.

aloo sist, biar bgmnpun Tuhan TIDAK suka dg perceraian, Jgn kompromi dg hal2 yg tidak d sukai Tuhan y ^^ aplg kl hny krn mslh keuangan rasane syg bgt qlo hrs mngorbankan prnikahan, d tmbh sdh pny anak, so complete your family ^^ yg hrs d lakukan? lkukan bgianmu, dtg sm Tuhan… krn suamimu adl milik Tuhan spenuhny, bw dy dlm doa, slnjutny tgl bgianny Tuhan de :smiley: dn 1 lg akar dr prmslhnny ==> mhn keuangannya lbh d managed lg, krn uang adl budak yg baik tetapi tuan yg jahat :char11:

Gbu n Fam

memang keuangan sangat tidak termanage…karena terlalu banyaknya pengeluaran…saya juga sudah konsultasi dengan konselor yang sama saat saya Bimbingan Pra Nikah…mohon dibantu doa dari semuanya biar keluarga saya dipulihkan & suami saya dilembutkan hatinya & agar Tuhan merubah hidup saya…agar Perceraian tidak terjadi dalam keluarga kami…karna saya benar" tidak menginginkan adanya perceraian…

yaudah sis buru2 minta maaf sama suaminya, udah blom?
kan dah ada konselor…pasti banyak masukan dari dia.

semoga cpt selesai masalahnya ya sis. GBU

waduhhhh… ternyata suami anda masih perlu dikuatkannn… masa cuma gara2 utang aja minta cerai… suami yang benar tu harusnya cari solusi ngeberesin utang dan pengendalian keuangan rumah tangga… sebenarnya bagi saya bila keuangan rumah tangga tidak termanage dengan baik, maka yang disalahkan sudah pasti keduanya yaitu suami dan isteri… ingat bahwa pernikahan itu perkara menjadi satu tubuh…

semoga keluarga anda bisa rukun kembali dan semua masalahnya bisa teratasi yaaa…
Tuhan YESUS memberkati… ^^

Emanknya hidup sederhana tuh susah ya ? :onion-head7:

Berdoa, minta sama Yesus, Sist.
Dicatat di alkitab, mujizat Yesus yang pertama adalah mengubah air menjadi anggur di sebuah perjamuan pernikahan. Yang pertama biasanya menunjukkah hal yang signifikan, artinya Yesus concern terhadap kehidupan pernikahan. Dia sanggup dan mau memulihkan pernikahan dari yang tawar seperti air, menjadi manis seperti anggur.

Serahkan juga masalah hutang juga kepada Yesus. Ada banyak kesaksian dibebaskan dari hutang secara supranatural. Salah satunya: http://www.visitnlcc.com/the-month-of-jubilee-supernatural-debt-cancellation/
Google aja: Supernatural cancellation of debt.

Submit sama suami, bila suami juga Kristen ajak doa bersama. Jadikan Kristus sebagai penyangga pernikahan. Bila ada ketidakpuasan terhadap pasangan, jangan menuntut tapi berdoa pada Yesus.

Tuhan memberkati…

saya cuma bisa ikut merasakan kesedihan sis aja …
karena saya sendiri juga mengalami masalah yang mirip
hanya saja istri saya yg menginginkan perceraian
mungkin karena saya belum bisa memberikan materi yang cukup
mengingat saya tinggal di kota kecil dan istri saya lebih memilih di kota metropolitan
tentu saja uang yang saya berikan kurang untuk kehidupan di sana
istri saya menolak tinggal bersama saya karena tidak betah tinggal di kota kecil
dan yang lebih menyakitkan sudah terjadi perselingkuhan antara istri saya dan teman baik saya
saya mencoba untuk memaafkan perbuatannya
tp saya memang manusia dan kadang merasa tidak bisa menerima kenyataan ini
saya mencoba untuk tidak memberitahukan perselingkuhan ini ke keluarga yg lain
tp istri saya tetap menghendaki perceraian
dan saya cuma mengingatkan adanya anak dalam pernikahan kami
saya hanya bisa berserah kepada Tuhan
apapun yang Tuhan rencanakan terhadap keluarga saya, pasti itu yang terbaik buat saya
saya tidak meminta untuk di lepaskan dari permasalahan ini
tapi memohon untuk di kuatkan dalam menghadapi setiap cobaan
semoga sis juga bisa mendapatkan jawaban yang terbaik dari Tuhan
GBU …

perceraian bukan jalan yang terbaik masbro

Yah jangan sampai cerailah, di usahakan jangan.
Kalo menurut saya:
Lakukan komunikasi, kan kayanya mbak yg salah yaa, hehe.

  1. Minta maaf sama suami,
  2. Tanya suami maunya apa selain cerai
    Apa keuangan, suami yg atur, atau kalo suami jg pusing mengatur uang, bisa pinjam uang ke bank, buat proposal untuk buka bisnis, semua pasti aja jalan keluarnya.

Kalo sedang dlm krisis keuangan, jarang keluarga yg menolong. Berusaha sendiri.
Ada prinsip orang membuat bisnis adl orang yang sudah tdk ada hrpan keuangan. Pikir usaha yg cocok. Kecil2 aja dulu

Mkan bubur (kiasan), jangan mahal2, jgn beli yg tdk penting dulu. Ada saatnya makan enak, kalo udah sukses. Sabar ini adl cobaan hidup

Sabar sabar. Buat usaha suami istri, kalo bersatu semua masalah pasti teratasi,

Kan suami lg kesel. Istrinya jadi rekan bisnis. Naa saatnya keluarkan keahlian, tangung jawab, kuantitas, tunjukin semua ketangguhan mbak ke suami pastinya juga mikir kok. Kalo mbak yg terbaik buat dia.

Di jamin no no no cerai,
Libat kan Tuhan Yesus dalam setiap tingkah laku mu, biar Tuhan yang berpekara.
Jesus bless you and family

aku udah minta maaf berkali" sampe mohon" supaya tidak ada perceraian dalam rumah tangga kami…kami juga sudah ke konselor berdua tapi dia tetap pada keyakinannya untuk bercerai…yang saya pikirkan terutama anak saya karena masih sangat kecil…saya tidak mau anak saya menjadi korban…sekarang memang dia tidak mengerti apa" tapi nanti kalo dia sudah besar saya takut mental & batinnya akan sakit…saya sudah jelaskan kepada suami saya akibat terhadap anak kami kalau nanti kami bercerai…saya sekarang hanya berdoa, puasa & berusaha untuk mendapat jawaban terbaik dari Tuhan Yesus. dan saya juga terus meminta kekuatan & kesabaran dalam menghadapi masalah ini karena saya takut ikut terbawa emosi yang akhirnya saya juga menghendaki adanya perceraian dalam rumah tangga saya. mohon doa dari teman" agar Tuhan Yesus juga melembutkan hati suami saya agar keputusan cerainya dibatalkan sampai kami dipisahkan oleh maut.amin.

Yang sabar yaa ibu/tante.
Mm, saya rasa kayanya ada masalah lain selain keuangan. Karena masalah keuangan masih bisa diatasi, tapi kenapa kok kayanya ngebet banget minta cerai.
Terus berdoa saja, minta tolong Tuhan Yesus.
PAsti Tuhan Yesus mau menolong, :slight_smile:

Tiap saat didoakan koq…semua orang yang tau juga bilang ga mungkin cuma masalah hutang koq ngebet minta cerai…pasti ada orang ketiga begitu kata orang yang tau masalah ini…tetapi saya percaya sama suami saya & saya serahkan kepada Tuhan Yesus aja…biar kehendakNya yang jadi…

Shalom Sis Lyn,
Sepertinya bukan cuma masalah uang / Hutang ya sis ? :mad0261: kalau boleh tahu Suami cuma Kristen atau memang sudah lahir baru ( kan sis dari Kharismatik ? ) kok cari penyelesaian CERAI ?

  1. Udah berapakali Sis dimaafkan dan masih terulang masalah Hutang ?
  2. Itu hutang sebelum nikah apa sesudah nikah?
  3. Seberapa terbuka urusan uang dlm Rumah tangga dari awalnya antara suami isteri ?
  4. Kalau udah Counseling Pra Nikah itu suami isteri atau sis sendiri ? Gimana komitmen kalian didepan
    conselor / Hamba Tuhan ? ( ini conselor sekuler atau dari Gereja ? )
  5. Ini masalah Komitment juga , gimana apakah ada komitment untuk bersama menata keuangan ke depan?
    dan masing-masing tidak melanggar komitmen?
  6. Adakah pihak keluarga yang ikut campur dalam urusan keluarga kalian ? ( baik pihak suami / isteri ? )

PERCERAIAN bukan jalan keluar ! apalagi kalau kalian benar2 sudah mengenal YESUS , andalkan DIA dalam segala laku kita … PASTI Tuhan akan buat jalan !

Memang urusan Uang nggak simple … jadi harus hati2 apalagi bila hutang sampai ratusan Juta ? :rolleye0014: ( sekedar kesaksian ya itu Pak Ciputra abis Krisis 98 punya hutang belasan TRILYUN tapi ketika sepakat dan mencari wajah TUHAN maka semua dibereskan hutang2 itu terselesaikan :afro: ) maukah kalian suami -istri SEPAKAT dihadapan TUHAN ? berseru memohon ampun dan PertolonganNYA ? Pasti tidak akan terlambat Sis… kita bisa jatuh tapi tak akan tergeletak ! Berapa kali sis minta maaf ? dan dimaafkan oleh Suami ?

PERCERAIAN bukan lah way out ! itu juga harus disadari oleh suami sis Lyn… Keep on Praying dan bersepakatlah dengan saudara2 sis *( bisa saudara kandung bisa saudara dalam Kristus ) untuk minta pertolongan TUHAN !

GBU.

terimakasih pak Susanto…suami saya cuma Kristen & sepertinya dia belum lahir baru…saya jawab per point ya…

  1. sudah 2 kali pak tapi menurut suami saya sudah lebih dari itu
  2. hutang setelah nikah karena jatah mingguan saya yang kecil sehingga kurang terus uangnya
  3. kurang terbuka masalah uang karena suami saya tidak mau tahu pengeluaran yang tidak dipakai bersama
  4. ini konselor dari Gereja…suami saya belum memberikan jawaban pasti atas masalah ini
  5. sudah ada komitment bahwa gaji kami pegang & urus masing" tanpa ada yang ikut campur & hutang saya, saya bayar sendiri…
  6. tidak ada yang ikut campur karena saya takut jadi tambah runyam masalahnya

saya juga tidak mau ada perceraian dalam rumah tangga saya. saya sudah mohon ampun & minta pertolongan kepada Tuhan. suami saya tipe orang yang tidak pernah berdoa & jarang sekali ke gereja. untuk doa makan aja saya tidak pernah melihat dia berdoa…doakan buat suami saya juga agar dia bisa lebih dekat dengan Tuhan sehingga dia bisa menjaga hati & kata"nya…

GBU.

saya berdoa minta dikuatkan & diberi kesabaran serta minta dirubahkan oleh Tuhan tentang cara hidup saya…saya yakin Tuhan pasti menunjukkan mujizatNya pada waktuNya Tuhan bukan waktu saya… :slight_smile:

Memang pada waktunya Tuhan, tapi km boleh koq minta segera mungkin. Jangan jemu2 memohon.
Jangan sampai didahului setan dng kehancuran pernikahan km. Skrg ini ibaratnya km sdg berjuang
mempertahankan pernikahan km.

iya, terimakasih… :afro: sekarang mungkin dalam proses jawaban dari Tuhan…karena suami saya sepertinya mulai dilembutkan hatinya…sikapnya sudah lebih baik & mau memikirkan kembali tentang pernikahan kami…meskipun dia masih kecewa dengan saya, tetapi saya percaya Tuhan mampu mengubahkan & melembutkan hatinya sehingga kekecewaannya bisa hilang & hidup utuh dalam rumah tangga kami… :slight_smile: