Apakah pergi ke gereja itu wajib?

Apakah kita umat kristiani diwajibkan untuk pergi ke gereja?

Apakah manfat atau pahala yang kita dapatkan dari pergi ke gereja?

terima kasih…

Yang terang di Gereja , kita :
1. Menguduskan Hari Sabat
2. Mendapatkan Santapan Rohani
3. Pada Hari2 tertentu (Protestan) melakukan “Peringatan akan Tuhan Yesus” dengan melakukan makan dan minum Perjamuan Kudus
4. Belajar Firman Tuhan yg disampaikan Pengkhotbah di Mimbar
5. Memberikan Ucapan Syukur berupa Persembahan yg di kolektif oleh Petugas Kolekte
6. Menaikkan Ikrar Iman Kristiani Rasuli … biar enggak lupa
7. Mengakui Dosa yg dilakukan Minggu yg lalu dan mohon ampun atasnya !!
8. Mendengarkan Warta Jemaat yg dibacakan salah satu Penatua !
9. Saling ber jemaah dan bersilahturahmi salam2an dan ngobrol2 sejenak sambil menikmati Hidangan dan minum tea atau kopi !

Kali2 ada yg mau nambahin…!!

Wajib klo untuk pemalas tapi klo untuk yang tidak pemalas ga ada istilah wajib…sudah otomatis hehehehehehe…

Apakah kita tidak mungkin melakukan itu diluar Gereja?

maybe yes…maybe no ;D

Apakah pergi ke gereja itu wajib?

jawabannya…kambing,anjing,kucing ga wajib pergi ke gereja :smiley: semogah mencerahkan anda

waduh… manusia dianalogikan hewan… parah. :’(

Ha ha ha INI dia nih SOBAT KENTAL gue’ …KERAS, KETUS , NYELEKIT dan tetapi BENAR adanya… kalau masih mau disebut Orang Percaya dan BUKAN kambing,anjing,kucing ya silahkan melakukan ke RELA dan ke SADAR an (bukannya WAJIB) ber GEREJA…sebagai Ungkapan Pernyataan SYUKUR karena telah di ADOPSI dengan Meterai Legalisasi Sorgawi menjadi Pewaris Kerajaan Allah, menjadi anak anak Raja Soprgawi.

Salam Kompak SELALU Bro !! :afro: :happy0025:

Lha TUBUH elo itu adalah GEREJA Bro, Bait dari Allah Roh Kudus…kalau elo mau melakukan SEMUA itu diluar Gereja (karena elo adalah Orang Percaya)…ya elo jadi BANGKE’ aja dulu deh…PASTI elo bisa melakukannya DILUAR Gereja. Gimana Bro, PAHAM ?! :coolsmiley: :happy0062:
Lagian juga yg namanya Gedung Gereja 'kan gak selalu merupakan bentuk GEDUNG…elo dirikan TENDA kek, buat Tanah Lapang kek, Kebaktian Padang kek…yg Penting Syarat2 adanya suatu Kebaktian Ibadah terpenuhi…

  • Ada Pembawa Firman
  • Ada Jemaat yg hadir
  • Ada Susunan Urut2an Ibadah nya
  • Ada Nyanyian Puji Syukur
  • Ada dinaikkan DOA, Puji Syukur dan Iman yg HADIR makin bertambah
  • Ada kebangunan dan Pertumbuhan Iman para Jema’atnya

Bukankah Bait Allah ada di setiap manusia?

Apakah kita selamat krn ke gereja ( dlm arti tempat )?, hanya krn Anugerah saja.
Ada org yg mentalnyapun terganggu, nalarpun tdk ketika diajak bicara, dapat bangunpun tdk krn lumpuh, tp org 2 ini ada yg selamat, krn dianugerahi hidup.

Apakah kegereja tdk bermanfaat?, bermanfaat, ketika di sana kita makan makanan rohani ( Injil asli)
Tetapi ketika kita tahu yg di bagikan adalah bkn FT yg asli/banyak muatan/banyak agenda yg menjadikannya, sama sekali berbeda dg FT yg asli, segera tinggalkan,
Why18:4 Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.
Peringatan ini sangat perlu kita perhatikan dlm zmn akhir ini krn:
Why18:21 Dan seorang malaikat yang kuat, mengangkat sebuah batu sebesar batu kilangan, lalu melemparkannya ke dalam laut, katanya: “Demikianlah Babel, kota besar itu, akan dilemparkan dengan keras ke bawah, dan ia tidak akan ditemukan lagi.
18:22 Dan suara pemain-pemain kecapi dan penyanyi-penyanyi, dan peniup-peniup seruling dan sangkakala, tidak akan kedengaran lagi di dalammu, dan seorang yang ahli dalam sesuatu kesenian tidak akan ditemukan lagi di dalammu, dan suara kilangan tidak akan kedengaran lagi di dalammu.
18:23 Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi di dalammu, dan suara mempelai laki-laki dan pengantin perempuan tidak akan kedengaran lagi di dalammu. Karena pedagang-pedagangmu adalah pembesar-pembesar di bumi, oleh ilmu sihirmu semua bangsa disesatkan.”
18:24 Dan di dalamnya terdapat darah nabi-nabi dan orang-orang kudus dan darah semua orang, yang dibunuh di bumi.
musik kecapi seruling mengibaratkan, harmoni dr firman Tuhan ditinjau dr banyak penulis 2 di Alkitab( PL&PB), suara mempelai laki2 = suara Allah/suara Kristus/roh kudus , diejawantahkan dlm bentuk Firman di Alkitab( bkn hal2 magis), suara pengantin perempuan= suara gereja Tuhan sejati ( orang2 percaya sejati= yg dibicarakan acuannya FT=keinginan tahunyapun jg ttg FT, bkn segala gemerlapnya dunia ).

Mt10:23 Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

rasul paulus selalu bersekutu dengan TUHAN walau dalam keadaan terisolasi di dalam penjara.
dan waktu ada orang - orang sakit sebagai jemaat gereja yang tidak mampu berangkat ke gedung gereja, TUHAN adakan penginjilan kunjungan dan penginjilan orang sakit (bahkan ada kunjungan/penginjilan orang mati).
pertanyaannya apakah kita yang di berikan kesehatan dan kebebasan dan hidup mempertanyakan keinginan TUHAN untuk “bersekutu” dengan dia sebagai satu jemaat ? (dua atau tiga orang yang berkumpul dalam nama KUdi situ AKU ada).
apakah ada pengecualian bagi…ini…itu (cuma tuhan pembohong yang memberikan pengecualian).
contoh hari ini gw ga pergi gereja pagi seperti biasanya, gw ga cari - cari alasan ada kesibukan…walaupun memang gw hari ini bantu teman tapi itu bukan alasan…jelas gw sebagai manusia pembohong di hadapan TUHAN gw ga ikutin maunya DIA “utamakan AKU di atas segalanya”. gw ga malu ngaku gw pembohong karena bukan gw yang di permalukan tapi si iblis yang di permalukan atas pengakuan dosa gw.
IA TIDAK MUNGKIN MENYANGKALI PERKATAANYA SENDIRI!.

pertanyaannya haruskah gereja?..ga harus! kenapa? itu nanti anjing gw si pico ga gw ajak masuk ke rumah TUHAN.ga ada urusan TUHAN bersekutu sama anjing - anjing mereka harus tinggal di luar rumah!

Shalom happy holy sunday :onion-head80:
Bersyukur bahwasannya di masa2 sekarang ini umat ‘beragama’ Kristen masih bisa pergi ke RUMAH IBADAH-nya untuk beribadah, seperti halnya umat beragama lainnya yg juga pergi ke rumah2 peribadatannya untuk menjalankeun aktifitas (doktrin) keagamaannya. :slight_smile:
Perihal wajib or sunah, bisa disimak ajaran2 di PL & PB, kemana-bagaimana-kapan saja umat Tuhan beribadat.
Di sikon2 ‘force majeur’ seperti sedang sakit keras, sedang dlm penjara/hukuman, jauh dr peradaban (hehee) dlsb, kegiatan beribadah ke ‘gereja’ - bergereja tetap bisa dilaksanakeun dg “cara khusus” ^^

Eventhou’ realita di negeri ini masih saja suliiiit mengurus 'perijinan pendirian" BANGUNAN rumah ibadah umat beragama Kristen dibanding umat beragama yg mayoritas, but its ok :slight_smile: itu bukan penghalang-toh apabila bangunan gereja tempat peribadatan tak dapat lagi berdiri secara fisikly-pun, tetap “Tubuh Gereja-Nya” masih akan ada, nyata tumbuh & kokoh berdiri di dalam KEBENARAN Firman-Nya.

Manfaatnya buanyaak, don’t u think ? :wink:
Perhaps Ytk. bro TS bisa sharing duluan give us testimo perihal manfaatnya ke gereja, kemudian dg senang hati kami bisa menambahkeunnya ^.^
Thank u. Selamat beribadah.

Cheers in Christ J!
JBus

bagi saya pergi ke gereja yang berupa gedung yang digunakan untuk ibadah… bila dikatakan wajib… kesannya seperti suatu pemaksaan… bagi seseorang yang rindu akan TUHAN sebenarnya ke gereja itu adalah suatu panggilan dan kita menyambut panggilan tersebut… kerinduan untuk berkumpul saudara seiman, saling menguatkan, saling belajar… meskipun saya banyak memperhatikan gereja2 sekarang sudah banyak teracuni oleh keegoisan… namun fungsinya masih tetap dibutuhkan… agar kiat tidak tercerai berai…

namun bila bagi anda yang banyak dikecewakan… bukankah ada tertulis “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka”

intinya masing2 saudara seiman janganlah kehilangan komunikasi… saling menguatkan, menghibur, mendoakan… dan janganlah berhenti untuk mencari kebenaran… sebab TUHAN lebih sering berada di ujung kegelapan yang tidak diperhatikan oleh banyak manusia… maksudnya jika bukan TUHAN yang memperhatikan siapa lagi yang mau mendengarkan jerit tangis kesusahan mereka… ?? bukankah kita juga seharusnya demikian… menjadi kepanjangan tangan TUHAN menolong sesama yang terlupakan… ???

Kalau kita berkumpul di FK ini …komunikasi… saling menguatkan, menghibur, mendoakan… dan janganlah berhenti untuk mencari kebenaran… apakah bisa disebut ber GEREJA juga , Bro ?

Jelas gak bisa lah, wong identitasnya pada kagak jelas! contohnya misalkan si liliput124 mau didoakan bagaimana? masa menggunakan nama liliput124. kasihan nanti penerima doa di atas sana kebingungan nyari data nama liliput124 di daftar nama ;D

  1. “Apapun yg kau lakukan pada sdr/imu yg sedang tertimpa KESULITAN, KESAKITAN, KEDUKAAN dan tak MEMPUNYAI…itu sama halnya dengan engkau melakukannya pada-Ku !”
    Kek nya elo gak perlu bikin ALASAN deh…gak usah merasa jadi Pembohong deh…bukankah kata2-Nya itu juga menyatakan saat elo BANTU TEMAN yg lagi…TIDAK MEMPUNYAI “sesuatu” itu, 'kan elo juga sedang melakukan Ibadah…malahan KEREN kok…IBADAH yg disertai Iman dengan Perbuatan

  2. Jdi benar dong kata Nubuatan “INI” :
    Wahyu 21 :
    27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta = jenis ANJING, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

Kalau saja si Anjing itu bisa berubah dan melakukan SIKAP RENDAH HATI yg Luar Biasa seperti Perempuan Yunani dan ber kata2 seperti ini…

Markus 7 :
26 Perempuan itu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Ia memohon kepada Yesus untuk mengusir setan itu dari anaknya. 27 Lalu Yesus berkata kepadanya: “Biarlah anak-anak (Umat Puilihan) kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing (bukan Orang Israel) .”
28 Tetapi perempuan itu menjawab: “Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak.”
29 Maka kata Yesus kepada perempuan itu: "Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan itu sudah keluar dari anakmu." 30 Perempuan itu pulang ke rumahnya, lalu didapatinya anak itu berbaring di tempat tidur, sedang setan itu sudah keluar
Nah si Perempuan yg berstatus Anjing (karena Non Yahudi) langsung diubah menjadi anak anak Allah juga karena Iman dalam perbuatan serta perkataannya itu…PASTI dibolehkan masuk ke Rumah-Nya untuk ber SEKUTU dengan- Nya !

Onde , macam mana pulak ini …masih ada Onde yg tidak paham bahwa si Penerima Doa diatas sana adalah Maha Tahu…sekalipun elo beralih rupa jadi Kecebong Item yg kepalanya peyang… bukan hanya sekedar ganti ID saja…, Bro !? :mad0261: :coolsmiley:

hahahaha bisa aja ngelesnya lu bro, tapi biar bagaimanapun juga tetap aja hal itu bakalan ngerepotin Tuhan karna untuk setiap 2 atau 3 orang berkumpul memanggil namanya dia bakalan ada di tengah2 mereka! bayangkan bila ada ratusan orang berkumpul di thread yang berbeda2 sambil memanggil namanya di internet? Kan repot Tuhan mesti cape2 dulu ngecheck/buka2 thread biar dapat hadir di tengah2 mereka apalagi klo sinyal internet yang dipake Tuhan lagi ngedown bakalan lama banget dah tuh ngebuka thread satu per satu hehehe < b`canda bro ;D>

Yeremia 9 : 24 , tetapi siapa yg mau bermegah baiklah brmegah karena yg berikut : bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah Tuhan yang menunjukkan Kasih Setia, keadilan dan kebenaran dibumi, sungguh semuanya itu Ku sukai, demikianlah Firman Tuhan.

Eh anak Kampret Idiot…Becanda Bro ! …Tuhan gue punya Internet ama Sinyal-Nya mah gak kek yg elo pake’ suka ngedown segala, pake repot segala…Bedanya bagaikan Bumi ama Langit Bro !
Ke CANGIHAN-Nya …wow…milyaran kali lipat alias tak TERHINGGA…baru di INGIN kan-Nya saja , gak pake dipencet segala …langsung Layar Monitornya menyuguhkan apa yg diingini-Nya !

Elo emangnya kenal Tuhan yg kek gimana sih…jangan2 cuma Jin Ngaprit yg suka gentayangan kesono kemari yg elo anggap TUHAN, ya Bro !!! Kechian deh elo Bro !!! :’( :ashamed0004:

Yesaya 55 : 8 – 9
“Sebab Rancangan-Ku bukanlah rancanganmu dan jalanmu bukanlah Jalan-Ku, demikianlah Firman Tuhan ….Seperti tingginya langit dari bumi demikianlah tingginya Jalan-Ku dari jalanmu dan Rancangan-Ku dari rancanganmu”. ………makna tersiratnya adalah JALAN dan RANCANGAN-Nya sukar dimengerti AKAL manusia tetapi mudah dipahami HATI manusia…apalagi Internet ama Sinyal-Nya, Bro !!! :afro: :happy0025: ;D :happy0062: